Pantai Ngurtavur

Alamat: Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku, Indonesia

(5/5) Baca ulasan

Apabila Anda memiliki rencana untuk berlibur atau menjelajahi Maluku Tenggara, maka pastikan bahwa Pantai Ngurtavur ada di dalam bucket list Anda. Karena kalau tidak, maka dijamin akan menyesal berkepanjangan. Pantai Ngurtavur merupakan objek wisata paling populer di Kepulauan Maluku. Sebab pantai ini menyajikan fenomena keajaiban yang tidak biasa, yaitu laut terbelah.

Di Pantai Ngurtavur, wisatawan bisa merasakan sensasi berjalan di atas pasir putih sepanjang 2 km, sementara di kanan kiri Anda adalah lautan yang jernih dan sangat luas. Membayangkannya saja sudah membuat jantung berpacu, bukan? Jika selama ini Anda hanya menyaksikan kejadian seperti itu di dalam film Holywood, maka sekarang saatnya mencoba di dunia nyata.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngurtavur

Sebenarnya masuk ke Pantai Ngurtavur ini gratis, wisatawan tidak akan dikenakan biaya sepeserpun. Selain itu, tidak juga akan menemukan loket tiket masuk. Yang membuat destinasi wisata ini mahal adalah transportasinya. Khususnya bagi wisatawan yang datang dari luar pulau. Tidak heran jika kemudian banyak yang berpikir berkali-kali atau memilih menyerah saja.

Apabila datang dari Jakarta, maka setidaknya Anda membutuhkan uang minimal Rp 8.000.000. Itu pun hanya bisa mengcover biaya transportasi tiket pesawat pp dan sewa kapal saja. Belum termasuk biaya penginapan, makan, dan sebagainya. Oleh karena itu, pastikan bahwa tabungan Anda mencukupi sebelum datang ke tempat ini.

Rute Menuju Pantai Ngurtavur

Pantai Ngurtavur terletak di Pulau Warbal, yang masih masuk ke dalam wilayah Kepulauan Kei, di Provinsi Maluku Tenggara. Apabila datang dari Ibukota Jakarta, maka waktu tempuh yang dibutuhkan untuk bisa sampai ke tempat ini cukup lama. Oleh karenanya, tidak heran jika destinasi ini masuk ke dalam daftar wisata yang sepi dari pengunjung, apalagi budget yang dibutuhkan juga besar.

Berikut di bawah ini adalah panduan untuk pergi ke Pantai Ngurtavur :

  • Mengambil penerbangan Jakarta – Ambon
  • Melanjutkan penerbangan Ambon – Tual
  • Naik kapal dari pelabuhan Debut di Tual (Pulau utama) ke Ngurtavur. Waktu tempunya sekitar 1 – 2 jam

Objek Wisata di Pantai Ngurtavur

1. Pasir Timbul

Pantai Ngurtavur merupakan salah satu dari segelintir pantai di dunia dengan fenomena pasir timbul yang sangat mengagumkan. Karenanya, datanglah di saat yang tepat dan Anda akan menyaksikan lautan terbelah ketika sedang surut. Menakjubkannya lagi, jalan di tengah laut ini memiliki panjang sekitar 2 km dengan tekstur meliuk bagaikan ular.

2. Snorkeling

Selain pulau gosongnya yang membuat lidah tidak berhenti berdecak kagum, keindahan alam bawah laut Pantai Ngurtavur juga tidak kalah eksotis. Bagi Anda yang memiliki hobi snorkeling atau diving, jangan lupa untuk sekalian membawa peralatan guna menjelajahi kekayaan laut Ngurtavur. Dijamin Anda tidak mau pulang lagi kalau sudah mencobanya.

3. Berenang

Pesona jernihnya perairan di Pantai Ngurtavur yang sangat menggoda tidak mungkin bisa ditolak oleh siapapun. Wisatawan yang berhasil mencapai tempat ini pasti akan langsung menceburkan diri ke dalam air. Bayangkan saja berenang di lautan lepas seakan tanpa tepi, apalagi ditemani fenomena langka munculnya pulau gosong di tengah lautan, who can stand?

4. Penangkaran Penyu

Ketika berkunjung ke Pantai Ngurtavur, jangan lupa pula untuk menjenguk penangkaran penyu Belimbing atau Tabob. Hewan jenis ini merupakan salah satu dari beberapa spesies penyu langka yang masih eksis di dunia. Karena terancam punah, maka kemudian dibangun tempat penangkaran untuk melindunginya. Tempat ini sendiri dikelola oleh World Wide Fund for Nature.

5. Menonton Burung Pelikan Australia

Apabila kebetulan Anda berkunjung saat musim migrasi, maka akan beruntung melihat sekelompok burung Pelikan Australia yang sering mangkal di Pantai Ngurtavur. Bagi masyarakat Indonesia, kehadiran unggas ini merupakan suatu hal yang cukup langka. Jadi sayang sekali kalau tidak diabadikan dengan kamera.

6. Hunting Foto

Keindahan Pantai Ngurtavfur memang sukses mengundang para pencinta fotografi dari dalam dan luar negeri datang ke tempat ini. Maha karya alam yang indah dan langka ini memang apik ketika diabadikan dengan kamera. Apalagi bagi pengguna drone, pastinya tangan akan langsung gatal untuk mengambil foto pulau gosong yang indah dari udara.

7. Berburu Sunset

Fenomena sunset atau matahari tenggelam di Pantai Ngurtavur bukan kepalang indahnya. Oleh sebab itu, tidak mengherankan apabila kemudian wisatawan yang datang rela menunggu lama demi menyaksikan karya alam ini. Disini, Anda bisa melihat bayangan matahari tenggelam di atas lautan tanpa terhalang oleh apapun, sungguh luar biasa.

Mahalnya anggaran yang harus dikeluarkan untuk sampai ke Pantai Ngurtavur memang membuat nyali banyak orang menjadi ciut. Namun traveler sejati tentu tidak akan menyia-nyiakan kesempatan mengunjungi surga tersembunyi yang ada di Sulawesi Tenggara ini, bukan? Percayalah bahwa uang yang dikeluarkan, akan sebanding dengan apa yang Anda dapatkan.

8 Ulasan dari Pengunjung Pantai Ngurtavur

  1. Pantai uang indah dan menyimpan rahasia Tuhan atas tercipatnya pantai ini.

    13 April 2018, 07:21 WIB

  2. Love it… bagus banget. πŸ˜€

    1 Juni 2018, 20:35 WIB

  3. Saya belum kesini tapi saya yakin pantai Indonesia sangat Indah.

    8 Juni 2018, 07:38 WIB

  4. Salah satu pantai terbaik di Indonesia,, pastikan kamu kesiniπŸ‘Œ

    22 Juni 2018, 19:20 WIB

  5. The Best Best Best number one beach that i had ever seen. Perjalanan kesini begitu terasa di hati, deburan air ke wajah selama perjalanan selama hampir kurang lebih sejam dikapal kita terjang, dan saya belum tahu sebagus apakah pantai disana. Setelah hampir sampai dari kejauhan dari pantai. Saya sudah girang sekali karena melihat pasir sejauh hampir kurang lebih 2 km menuju ke laut, itu saja sudah indah banget, tapi masih dapat bonus lagi. Saya dapat burung pelikan dari alam liar yang sedang mampir ke pantai itu, kabarnya mereka migrasi terbang dari Australia kesini, kumpulan mereka sungguh banyak sekali.. Dan ketika kaki menginjak ke pantai benar benar rasa syukur saya pernah menginjakkan kaki disini dengan perjuangan yang luar biasa.. Pantai disini indah banget, sampe tidak terasa hampir lebih 2 jam kita disini, panas? Iya, tapi the Best beach here β›±πŸŒŠ . Kalo kesini datanglah pagi pagi, karena kalo udah jam 9 pagi air mulai pasang, pantai sejauh 2 km tidak sepanjang itu lagi, dan air mulai memenuhi pantai.. Di saat perjalanan balik, kita juga sempat menemui lumba lumba 🐬 lompat lompat dari dalam air. Beruntung sekali kapal kita waktu itu πŸ›Ά. Untuk masuk kesini, ada biaya sebesar 200 ribu

    11 Juli 2018, 18:19 WIB

  6. Pantai pasir putih terpanjang yang membelah 2 pantai 😍😍 jangan terlalu siang karena kalau siang airnya pasang tidak bisa melihat belahan itu…

    27 Juli 2018, 08:25 WIB

  7. Tuk menikmati view nya, bagusnya bawa drone πŸ™‚

    30 Agustus 2018, 05:43 WIB

  8. tempat yg wow banget. perlu perjuangan melewati gelombang utk sampai disana

    20 September 2018, 02:23 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Ngurtavur

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *