Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang

Jl. Pasir Panjang No.89, Sedau, Singkawang Sel., Kota Singkawang, Kalimantan Barat 79163, Indonesia

15 Ulasan

Pergi liburan kemana saja tentunya dapat meredakan stress setelah menjalani rutinitas  pekerjaan tiap harinya yang kadang membosankan. Namun berlibur ke pantai memberikan pengalaman  yang berbeda untuk Anda melepas penat.

Sebuah penelitian bahkan mengungkapkan bahwa tinggal di daerah yang dapat melihat hamparan berwarna biru seperti air laut akan dapat menurunkan tingkat psikologis seseorang. Hal ini juga di sebabkan otak kita yang dapat memproses latar belakang alam dengan lebih baik.

Saat ini pantai juga merupakan salah satu wisata alam favorit saat ini bagi wisatawan untuk menghabiskan waktu luang bersama keluarga dan orang terkasih. Ada banyak pantai yang dapat menjadi pilihan untuk dijadikan referensi bagi Anda di akhir pekan ini.

Salah satu wisata pantai yang selalu ramai pengunjung adalah pantai pasir Panjang yang berada di Kalimantan Barat. Silahkan simak ulasan lengkap mengenai HTM, rute dan obyek wisata di Pantai ini.

Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang Singkawang

Kalimantan seperti tak pernah habis menyuguhkan keindahan alamnya, dan salah satu keindahan yang dapat Anda temukan adalah Pantai Pasir Panjang. Pantai yang tepatnya berada Jalan Raya Sedau, Kecamatan Tujuh Belas, Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat.

Kota Singkawang sendiri dikenal sebagai Kota Amoy dan China Town-nya Indonesia. hal ini karena mayoritas penduduknya adalah orang Tionghoa.

Pantai Pasir Panjang sendiri menjadi ikon pariwisata Kota Singkawang dan telah di kembangkan menjadi paket wisata terpadu yang bernama Taman Pasir Panjang.

Pantai Pasir Panjang merupakan sebuah obyek wisata andalan di Kota Singkawang yang telah banyak dikenal wisatawan.  Dinamakan Pantai Pasir Panjang karena pantainya yang membentang panjang dan seperti melengkung di laut lepas.

Pantai ini sangat ramai dikunjungi para wisatawan lokal bahkan mancanegara, biasanya mereka datang untuk berenang di Pantai Pasir Panjang ini. Selain itu sunset di pantai ini sangatlah indah sehingga tidak mengherankan apabila saat sore hari pantai ini ramai akan pengunjung.

Saat suasana cerah Anda akan beruntung dapat mengintip negara tetangga Malaysia, menjelang senja sunset cantik nan eksotis akan siap di abadikan. Dan pada separuh matahari terbenam keperaduan-nya segerombolan ikan terbang ‘menari’ menghiasi pemandangan laut-nya.

Harga Tiket Masuk Pantai Pasir Panjang

Untuk dapat memasuki kawasan ini Anda diwajibkan untuk membeli tiket seharga Rp 10.000 di hari biasa, dan pada hari libur seharga Rp 20.000. Dan untuk jam operasional pantai ini diberlakukan buka pada pukul 08.00 dan di tutup pukul 18.00 waktu setempat.

Rute Menuju Lokasi Pantai Pasir Panjang

Dari pusat Kota Singkawang Anda hanya memerlukan waktu sekitar 20 menit dengan jarak kurang lebih 17 kilometer. Sedangkan waktu tempuh yang dibutuhkan jika berangkat dari ibukota Provinsi Kalimantan Barat, Pontianak adalah sekitar 5 sampai 6 jam.

Anda dapat menggunakan jalur darat saat memulai perjalanan dari Kota Singkawang, dan Anda juga dapat dengan mudah menemukan wisata pantai ini. Jadi tidak perlu khawatir salah mengambil rute saat berkunjung ke Pantai Pasir Panjang ini.

Jika Anda memulai perjalanan dari Bandara Supadio, Kabupaten Kubu Raya maka Anda bisa memulai perjalanan dari kota Pontianak menuju arah Singkawang hingga sampai di Jalan Sei Duri Singkawang.

Setelah itu lanjutkan perjalanan menuju Jalan Raya Sedau Singkawang kemudian belok kiri ke arah Jalan Pasir Panjang.

Setelah sampai di Jalan Pasir Panjang belok kanan, silahkan ikuti jalan hingga sampai di kawasan Pantai Pasir Panjang. Jika Anda tidak terkena macet maka Anda akan tiba di tujuan dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam 18 menit.

Obyek Wisata Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang ini merupakan salah satu pantai favorit yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Oleh karenanya pemerintah daerah setempat sangat menaruh perhatian pada pengembangan pantai ini karena potensinya yang luar biasa.

Anda tidak perlu mengkhawatirkan soal fasilitas karena fasilitas pendukung di tempat ini sudah lumayan lengkap. Ada kamar mandi yang bisa Anda gunakan untuk membasuh badan dan keperluan lainnya dimana kondisi tempatnya cukup bersih dan juga terawat.

Pondok-pondok wisata juga banyak tersebar di sepanjang pantai sehingga Anda dapat menikmati indahnya pemandangan lebih rileks lagi.

Ada juga penginapan atau hotel yang telah dibangun sehingga Anda tak perlu khawatir jika ingin bermalam di pantai ini. Harga yang ditawarkan juga cukup bervariasi sehingga Anda bisa memilih penginapan sesuai dengan budget Anda.

Bagi Anda yang membawa serta anak-anak tak perlu untuk khawatir karena di kawasan Pantai Pasir Panjang ini juga tersedia area khusus untuk bermain anak.

Di kawasan pantai juga terdapat pusat informasi pariwisata dan masih banyak fasilitas lainnya. Silahkan simak ulasannya di bawah ini.

1. Pemandangan Alam

Wisata Pantai Pasir Panjang

Keunikan Pantai Pasir Panjang ini terletak pada pasir-nya, dimana warna pasir-nya berwarna putih bersih dan juga lembut  menjadi daya tarik tersendiri  bagi para wisatawan.

Sesuai dengan namanya Pantai Pasir Panjang memiliki hamparan pasir yang cukup panjang yakni sejauh 3 kilometer.

Hamparan pasir yang luas dan juga indah membuat pantai ini nyaman digunakan untuk aktivitas berjemur, bermain voli bahkan olahraga pantai lainnya.

Keindahan pantai juga di tambah dengan pepohonan pinus yang mengelilingi pantai menambah nuansa asri dan sejuk udara pantai.

Dari bibir pantai, Anda dapat menikmati panorama biru-nya laut dengan latarbelakang langit yang juga biru. Di kejauhan terlihat pulau Lekumutan, Pulau Randayan dan Pulau Kabung yang dibatasi oleh perairan laut Natuna.

2. Menikmati Sunset

Sunset Di Pantai Pasir Panjang

Selain dari keindahan alam Pantai Pasir Panjang, momen tenggelam-nya matahari adalah hal yang ditunggu-tunggu oleh para pengunjung.

Di pantai ini sangat indah untuk menyaksikan detik-detik tenggelam-nya matahari dibalik pulau-pulau yang ada di kawasan wisata ini.

3. Bermain Air dan Pasir

Bermain Pasir Di Pantai Pasir Panjang Singkawang

Pantai Pasir Panjang ini memiliki karakter ombak yang tergolong  tenang sehingga cukup aman jika digunakan untuk berenang dan juga bermain air. Pasir-nya yang lembut dan bersih sangat cocok untuk bermain istana pasir dan permainan pasir lainnya.

Namun tetap hati-hati jika Anda pergi bersama dengan anak-anak, pastikan mereka tetap dalam pengawasan Anda.

4. Kolam Renang

Berenang di pantai merupakan satu kepuasan tersendiri namun ada beberapa orang yang tidak terbiasa dengan hal tersebut. Nah, di Pantai Pasir Panjang ini juga menyediakan kolam renang bagi Anda yang ingin berenang di air tawar.

5. Banana Boat

Baik Banana Boat Di Pantai Pasir Panjang

Bila Anda merasa bosan dengan hanya berenang atau bermain pasir saja,maka Anda bisa mencoba wahana yang bisa memacu adrenalin yaitu banana boat. Olahraga air ini cocok untuk Anda yang memiliki jiwa pemberani dan penuh tantangan.

6. Hunting Foto

Di Pantai Pasir Panjang ini Anda akan dapat menemukan banyak spot foto yang tentunya sangat instagramable. Anda tidak perlu merasa khawatir karena setiap sudut di pantai ini memiliki keindahan yang sangat cocok untuk dijadikan latar foto Anda

7. Speed Boat

Jika Anda ingin menjelajah Pantai Pasir Panjang lebih jauh lagi maka Anda bisa naik speed boat yang telah disediakan oleh pengelola.

Menyusuri  Pantai Pasir Panjang diatas perahu motor diiringi sapuan angin dan hangatnya udara laut akan menjadi sensasi tersendiri.

8. Sepeda Air

Agar pengunjung semakin betah dan juga nyaman, pengelola juga telah menyediakan wahana permainan yang dapat dinikmati bersama keluarga yakni sepeda air.

Sepeda air ini adalah wahana yang cukup ringan berbeda dengan banana boat yang cukup ekstrem.

9. Bumi Perkemahan

Pengelola juga menyediakan lahan yang luas bagi Anda yang berniat untuk mendirikan tenda dan menginap di pantai ini. Jangan lupa menyiapkan segala sesuatunya agar pengalaman berkemah Anda semakin mengesankan.

10. Berburu Souvenir

Anda bisa mendapatkan berbagai jenis souvenir disini dari kerajinan tangan berbentuk kalung, gelang atau gantungan kunci dengan desain yang menarik, sebagai oleh-oleh untuk kerabat atau teman Anda.

11. Kuliner

Tersedia warung-warung kecil, cafe hingga restoran yang menjual berbagai macam makanan dan minuman yang bisa memanjakan lidah para pengunjung.

Ada juga pedagang-pedagang keliling yang menjual barang dagangan mereka mulai dari makanan ringan, minuman hingga berbagai macam snack.

Anda dapat berbelanja hasil laut yang masih segar, atau apabila Anda ingin membeli olahan ikan untuk oleh-oleh, Anda bisa membeli ikan yang telah di asin-kan supaya lebih tahan lama dan juga awet saat dibawa pulang.

Apabila Anda berkunjung ke pantai Pasir Panjang ini jangan lupa untuk mengunjungi dan melihat-lihat kehidupan warga kampung nelayan yang letaknya tidak terlalu jauh dari lokasi wisata.

Demikianlah ulasan mengenai wisata bahari Pantai Pasir Panjang Singkawang. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi berlibur Anda di akhir pekan nanti.Jangan lupa menyiapkan segala sesuatunya agar perjalanan dan liburan Anda menjadi nyaman dan menyenangkan.

15 Ulasan untuk Pantai Pasir Panjang, Kalimantan Barat

  1. Kurang rapi dan bersih, pantainya di bagi dua pemilik, jd kalau mau ke pantai sebelah harus bayar lagi dan Tinggal dijaga kebersihannya

  2. Sebagai icon kota singkawang sayang nya kurang terawat.. semoga segera mendapat perhatian dari pemerintah setempat

  3. lumayan. gitu2 aja…semoga lebih ditambah lagi fasilitas dan wahana.

  4. Pantainya cukup bagus. Dengan pemandangan dan fasilitasnya. Hanya saja kebersihan. Dan biaya didalamnya cukup tinggi

  5. Salah satu tujuan Touring para bikers ke Pasir Panjang cukup menarik, selain pemandangan laut lepas kita juga bisa menikmati sunset dan pasir putih. Salam satu aspal…

  6. Tempat nya oke. Malam sebelumnya ada acara di situ , sound sistemnya MANTAB, tapi pencahayaannya kurang

  7. kurang sarana untuk water sport. htm 25.000 dengan fasilitas minim

  8. tempat kesukaan saat wisata, murah meriah sangat ramah, syang nya kebersihan masih belum baik

  9. Pantainya memiliki pemandangan yang indah dan menawan, tapi cukup sepi juga, dan harga masuknya agak mahal dengan fasilitas yang minim. semoga pihak pengelola bisa mengembangkan fasilitas di pantai ini dan mohon dipertimbangkan lagi untuk harga tiket masuknya.

  10. Tempat yg asri dgn udara yg msh segar…Villa yg luas & banyak ruang terbuka..Disebelah depan villa/hadap Timur bs mendptkan udara segar-gunung,diteras sblh barat villa manjakan pandangan dgn suasana pantai&laut serta pulau2..Sore hari melihat sunset & mlm kelap-kelip lampu2 dr nelayan sekitar pulau Kabung…😊🏖⛱🚣‍♂️🏊‍♀️🏃‍♂️🎣👍👌

  11. Harga tiket terlalu mahal per org kena 25000 tdak sesuai fasilitas..pantas sepi pantainya

  12. Tempatnya seru banget, tujuan liburan yg dekat dari kota pontianak, seru banget jalan jalan sama teman, pacar, rekan kantor atau keluarga.. Ada pendopo pendopo kecil untuk tempat berteduh & berisitrahat..

  13. Ramai,tp kotor,toilet & air bersih susah.

  14. Majoh makan sianh di pantai pasir panjang dengan kawan2 baru, ditambah kuah nasi padang

  15. Transportasi pergi ke pantai ini masih bisa dijangkau grab , tetapi jika pulang dari pantai ini layanan transportasi sangat susah ,, tempatnya cukup bersih ,, walaupun airnya sedikit warna coklat ,, harga tiket masuk Rp.25000

Tinggalkan Balasan