Pantai Sembukan

Alamat: Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Indonesia

(4.4/5) Baca ulasan

Pantai sembukan yang berada di Wonogiri merupakan salah satu pantai yang sangat terkenal, serta menjadi salah satu tujuan para wisatawan ketika datang ke Wonogiri dan sekitarnya. Pantai sembukan hadir dengan ombak khas pantai Selatan sehingga sedikit ngeri ketika kita dekati.

Akan tetapi, keindahan mengenai pantai sembukan ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Meskipun di balik keindahannya tersebut tersimpan mitos mengenai pantai satu ini. Salah satunya mitos yang berhubungan dengan Ratu Pantai Selatan. Untuk itu, langsung saja kita bahas secara lengkap mengenai pantai sembukan Wonogiri.

Harga Tiket Masuk di Pantai Sembukan

Tentu untuk dapat menikmati keindahan di sebuah tempat wisata kita harus membayar tiket masuk terlebih dahulu. Tapi tenang saja, Anda cukup dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 3.000 saja untuk bisa menikmati keindahan pantai Sembukan. Tiket tersebut sangat murah jika dibandingkan dengan keindahan pemandangan alam yang ada di pantai Sembukan ini.

Jika Anda sudah sampai di pantai Sembukan ini, jangan memiliki keinginan untuk berenang di pantai. Hal itu dikarenakan cukup berbahaya. Ombak Pantai Selatan sangatlah besar, di sisi lain karang-karang pantainya juga cukup tajam. Anda cukup Menikmati keindahan pantai dengan duduk-duduk di sekitar pantai.

Rute Menuju Lokasi Pantai Sembukan

Akses untuk bisa sampai di pantai sembukan ini sama saja ketika kita mengakses pantai Nampu. Yang membedakannya hanya ketika kita sudah sampai di pertigaan yang memisahkan antara pantai sembukan dan pantai Nampu.

Silakan Anda lurus untuk baju pantai sembukan. Jika Anda memilih alur kekanan maka Anda akan sampai di pantai Sadeng mudahnya rutenya yaitu, Solo – Sukoharjo – Pracimantoro – Paranggupito kemudian pantai Sembukan.

Jika Anda kebingungan, maka Anda bisa menggunakan Google Map. Lokasi Pantai sembukan bisa Anda temukan di Google map dan Ikutilah rutenya untuk sampai di pantai sembukan.

Obyek Wisata di Pantai Sembukan

1. Keindahan Karang

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya tadi, pantai sembukan ini memiliki karang yang besar dan indah. Keberadaan karang tersebut menjadi salah satu daya tarik tersendiri untuk para wisatawan. Dengan demikian, jika Anda sudah sampai di pantai sembukan, jangan lupa untuk mengabadikan foto di sekitar karang-karang yang indah dan menarik tersebut.

Namun Anda juga harus berhati-hati, mengingat karang-karang tersebut sangat tajam sehingga jika Anda tidak berhati-hati bisa saja melukai Anda sendiri.

2. Pesona Alam yang Sangat Indah

Sudah tidak perlu diragukan lagi mengenai keindahan alam pantai sembukan. Meskipun baru akhir-akhir ini pantai ini terkenal, namun pesona dan keindahan alamnya bisa bisa kita nikmati.

3. Kuliner di Sekitar Pantai

Yang namanya tempat wisata tentu kerap menghadirkan wisata kuliner. Hal ini ternyata juga berlaku di pantai sembukan. Banyak sekali jajanan atau makanan ringan dan makanan berat yang dijual oleh penduduk lokal di pantai sembukan.

Untuk itu, jika Anda sedang berkunjung ke pantai sembukan jangan lupa untuk menikmati sajian kuliner khas pantai sembukan itu sendiri. Rasanya sangat sayang sekali Jika ada sampai melewati wisata kuliner di pantai sembukan.

4. Menikmati Segarnya Es Degan di Sekitar Pantai

Di pantai sembukan, sangat lengkap sekali rasanya jika menikmati es degan di pinggiran pantai. Hal ini juga menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan. Es degan yang dijual di pinggir pantai ini merupakan degan yang diambil langsung oleh penduduk pantai sembukan. Tentunya masih sangat alami sangat segar untuk dinikmati.

5. Hunting Foto di Pantai Sembukan

Rasanya sangat kurang sekali Jika kita berkunjung ke suatu tempat tidak mengabadikan momen indah di tempat tersebut. Untuk itu jika Anda berkunjung ke pantai sembukan jangan lupa untuk menangkap momen- momen spesial Anda bersama teman atau kerabat Anda.

6. Menikmati Ombak Pantai Selatan

Ombak Pantai Selatan memang unik dan memiliki ciri khas tersendiri. Ombak yang besar membuat kita untuk ke bibir pantai. Namun ombak Pantai Selatan ini sangat indah apabila kita nikmati dari kejauhan. Untuk itu, Anda yang berkunjung ke pantai sembukan jangan lupa untuk duduk dari kejauhan pantai dan menikmati hamparan ombak khas Pantai Selatan.

7. Keberadaan Mitos Pantai Sembukan yang Menarik

Mitos yang terdengar di masyarakat luas yaitu bahwa pantai sembukan ini merupakan gerbang Nyi Roro Kidul menuju ke Keraton Surakarta. Mengingat di waktu-waktu tertentu memang dilakukan upacara khusus di pantai Sembukan ini.

Beberapa pemancing yang kerap mancing di malam hari juga melihat penampakan ganjil di pantai Sembukan. Namun tentu mitos ini tak perlu Anda jadikan salah satu alasan untuk tidak berkunjung ke pantai sembukan. Jika Anda tetap berhati-hati tentu Anda tidak akan mendapatkan hal buruk.

8. Memancing Ikan di Pantai Sembukan

Pantai sembukan merupakan surganya para pemancing. Untuk itu jika Anda merupakan salah satu orang yang memiliki hobi memancing ikan maka datang ke pantai sembukan merupakan salah satu jawaban yang tepat.

Jadi, tidak perlu bingung untuk mencari tempat wisata yang asik ketika berkunjung ke Wonogiri. Anda tentunya bisa mengunjungi Pantai Sembukan yang indah ini. Selamat berlibur!

12 Ulasan dari Pengunjung Pantai Sembukan

  1. Banyak banget karang dan ombak yang lumayan besar, namun keindahan terletak pada indahnya karang,ombak yang menghantam karang, Serta pemandangan laut lepas dari atas bukit. Namun dibalik itu semua masih perlu adanya perbaikan seperti kamar mandi yang harus ditambah, dan lagi disana sudah terfasilitasi tempat sampah yang mewadai, namun mungkin karena kurangnya himbauan membuang sampah pada tempatnya membuat banyak sekali sampah berceceran di sekitar objek, terutama pada karang dekat pantai, dimana di tempat itu banyak sekali pengunjung bersantai bersama keluarga. Maka dari itu semoga pengunjung dapat introspeksi diri, agar tetap menjaga kebersihan pantai serta memanfaatkan fasilitas yang tersedia. Semoga membantu.

    18 Juni 2018, 17:41 WIB

  2. Tempatnya sejuk..lain dari pd yg lain bila dibandingkan dgn pantai lainnya..dikelilingi bukit2 yg menjulang..sayang blm dikelola dgn baik

    12 Juli 2018, 09:58 WIB

  3. Pantai nya sih biasa saja, cuman yang bikin so beautiful beach adalah ketika kamu berada di tebing atau bukit ya namanya, kami akan menaiki tangga per tangga yang membawamu pada panorama yang seolah sejajar dengan air laut. 😂

    15 Juli 2018, 16:30 WIB

  4. Pantai yg masih sepi kunjungan walaupun alamnya sangat bagus dan fasilitas dan akses masuk sudah cukup lengkap.

    25 Juli 2018, 16:14 WIB

  5. Hembusan angin, pasir pantai putih, ikan” yg terjebak dibebatuan karang yg tersapu ombak.amazing beach

    30 Juli 2018, 23:31 WIB

  6. Pantai karang dengan ombak yang cukup besar.. Jadi agak kurang tepat untuk “main air”. Tetapi saya mendapatkan pemandangan yang luar biasa dengan sedikit mendaki menyusuri anak tangga ke atas bukit.. . Saya datang sore hari dan pedagang disana sudah tutup. Jadi sebaiknya bawa minum & cemilan sendiri. Dan ingat.. jangan buang sampah sembarangan!

    23 Agustus 2018, 19:07 WIB

  7. Pantai yang mirip dengan jajaran pantai di gunung kidul, kalau datang kesini usahakan saat pasang, jadi bisa bermain dengan ombak. Tiket masuk per otsng 5rb rupiah. Cukup murah untuk bisa menikmati keindahan pantai sembukan.

    11 September 2018, 17:13 WIB

  8. Pantai Sembukan adalah pantai spiritual nya kabupaten Wonogiri. Banyak yg melakukan ritual kejawen di pantai ini

    9 Oktober 2018, 01:06 WIB

  9. Pantai sembukan menjadi destinasi wisata Wonogiri selanjutnya yang wajib anda kunjungi. Pantai sembukan merupakan objek wisata favorit dan banyak dikunjungi wisatawan, apalagi pada saat akhir pekan. Pantai ini masih berada di Kecamatan Paranggupito.. . Pantai Sembukan. Selain air lautnya yang bersih dan biru, pemandangan di sekitar pantau juga sangat mempesona dan memanjakan mata yang memandang.. . Selain menikmati suasana indah dan damai, pantai Sembukan juga bisa dinikmati dengan kegiatan memancing. Bahkan warga setempat kerapkali mengadakan acara adat di pantai Sembukan.

    23 November 2018, 20:32 WIB

  10. Warung pinggir pantai banyak yg tutup pas hari kerja

    3 Desember 2018, 19:11 WIB

  11. Semoga lebih ramai lagi obyek wisata diwonogiri

    16 Desember 2018, 20:47 WIB

  12. Terakhir kesana pagi jam 10.. Feels like my own beach yaa, just me and my friends there.. Just listen to sound of waves.. Banyak karang dan masih natural.. Sepertinya juga tempat ritual ritual.. Sayangnya kurang perawatan, kamar mandi yg kurang layak.. Mungkin jika perawatan di tingkat kan akan menambah daya tarik pengunjung. Dan. Maju terus pariwisata Wonogiri.

    21 Desember 2018, 05:24 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Sembukan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pantai Keren Lainnya