Pantai Nampu

Alamat: Gunturharjo, Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah 57678, Indonesia

(4.6/5) Baca ulasan

Apabila orang membicarakan pantai indah dan memiliki pasir putih di daerah Solo, kita akan merujuk ke barisan pantai yang ada di Gunung Kidul atau Pacitan Jawa Timur. Tapi masih ada orang yang tidak mengetahui keberadaan pantai di Wonogiri yang di mana memiliki barisan pantai yang tidak kalah indah dengan pantai-pantai lainnya. Salah satunya pantai Nampu ini.

Dia adalah pantai Nampu, bila mendengar namanya bisa dipastikan bahwa masih banyak orang tidak mengetahui pesona indah dari pantai yang berada di Wonogiri ini. Sebenarnya Wonogiri mempunyai potensi wisata yang cukup banyak salah satunya destinasi pantai, seperti pantai Banyutowo, pantai Klothok, pantai  Pringjono, pantai Njujungan, pantai Sembukan, pantai Sadeng, pantai Miring, pantai Kijingan, pantai Mbut Manis, dan banyak lainnya.

Harga Tiket Masuk di Pantai Nampu

Harga tiket masuk sangat murah, wisatawan hanya dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 untuk satu orang dan parkir motor juga sebesar Rp 5.000 serta Rp 15.000 untuk parkir mobil

Selain dari itu Anda akan mengeluarkan biaya untuk sekedar membeli minuman atau menikmati sajian menu-menu makanan yang dijual dikawasan pantai nampu, harganya pun relatif murah karena menu yang disajikan pun adalah menu sederhana.

Tapi sebelum membeli makanan atau minuman yang ada di warung, carilah warung yang sudah menulis harga makanan yang biasanya terpampang di depan warungnya atau cobalah menanyakan terlebih dahulu harga menu-menu yang ada di warung tersebut, karena tetap saja ada oknum penjual yang memasang harga yang berkali-kali lipat kepada wisatawan yang bukan merupakan penduduk setempat.

Pantai nampu tidak memiliki fasilitas yang lengkap karena sudah diketahui sebelumnya bahwa pantai tersebut memang memiliki potensi alam yang bagus tapi karena kurangnya pengelolaan membuat semuanya menjadi terbatas seperti fasilitas kesehatan, jauh dari pusat perbelanjaan, tidak ada mesin ATM, tidak ada tim SAR atau lainnya.

Tidak ada villa atau cafe apalagi dalam bentuk mewah, di pantai nampu hanya ada warung-warung sederhana atau penjual makanan keliling, karena tidak adanya villa akhirnya penduduk setempat timbul pemikiran untuk membuka homestay yang bisa disewa oleh wisatawan.

Ada paket wisata untuk para wisatawan. Pada paket wisata ini adalah kombinasi wisata alam dan wisata ekosistem. Selain wisatawan bisa beristirahat dengan nyaman di homestay, wisatawan akan diajak berburu tupai, memancing serta jalan-jalan dan menikmati makanan khas desa serta meilhat langsung proses pembuatan gula merah.

Rute Menuju Lokasi Pantai Nampu

Dari pusat Kota Wonogiri menuju pantai nampu berjarak 70 km, bisa ditempuh dari Pacitan, Yogyakarta ataupun Solo. Bila wisatawan mulai dari Solo akan membutuhkan waktu 3 jam perjalanan.

Anda akan melalui Kabupaten Sukoharjo serta Waduk Gajah Mungkur sampai menemukan petunjuk arah yang memiliki petunjuk jalan. Silakan Anda pilih jalan menuju Yogyakarta atau Pracimantoro kemudian lakukan perjalanan terus sampai di perempatan. Jika sudah sampai di perempatan silakan Anda ambil jalan menuju Pacitan kemudian ikutilah hingga sampai di perempatan.

Jika sudah ketemu perempatan maka silahkan ambil arah menuju Paranggupito, kemudian di pertigaan Anda akan menjumpai papan petunjuk yang akan mengantarkan Anda menuju Pantai Nampu.

Obyek Wisata di Pantai Nampu

1. Pemandangan Alam yang Indah

Siapa sangka bila pantai nampu memiliki pesona keindahan dan ciri khas tersendiri? Apabila wisatawan berkunjung akan langsung disuguhkan pesona keindahan pantai satu ini meski baru sampai di tempat parkir.

2. Berada di Ketinggian Sehingga Menarik untuk Dikunjungi

Karena dilihat dari ketinggian yang di mana lokasi pantai yang landai sehingga para wisatawan bisa langsung menikmati suguhan alam yang indah dan menarik para pengunjung untuk berlari menuju pantai nampu dengan segera, selain itu memang tampak jelas bibir pantai yang diselimuti pasir putih meski dilihat dari kejauhan.

3. Terdapat Puluhan Anak Tangga yang Menarik

Bila wisatawan berkunjung, setelah memarkir kendaraan mereka akan menuruni puluhan anak tangga yang terbentang untuk sampai ke garis pantai. Tangga tersebut dibangun ada tahun 2002 oleh pemerintah daerah setempat.

Tapi tidak perlu ragu untuk menuruni anak tangga karena setelah wisatawan menuruni anak tangga yang lumayan membuat capek, lelah yang terasa akan sekejap hilang ketika kaki sudah menyentuh pasir putih halus yang ada dikawasan pantai nampu.

4. Bermain di Pantai

Bermain di area pantai  bisa menjadi aktivitas yang seru untuk para wisatawan, dan bisa berlari-lari bebas di sepanjang bibir pantai. Bila ingin bermain ombak atau menceburkan diri ke laut sangat bisa dilakukan karena meski ombak yang ada di pantai Nampu terbilang besar. Tapi masih terbilang aman karena tidak terlepas dari kawasan pantai yang landai. Walaupun begitu tetap tidak dianjurkan bila ingin berenang lebih jauh ke tengah laut, di sana wisatawan akan bertemu dengan karang-karang yang tajam dan membahayakan.

5. Memiliki Batu Karang yang Indah

Batu karang akan terlihat lebih jelas ketika air laut sedang surut, di sana wisatawan bisa melihat pemandangan yang berbeda, di mana ketika air laut sedang surut, karang tersebut bisa diinjak tanpa membasahi tubuh. Di sana pengunjung bisa melihat ikan-ikan kecil dengan bermacam-macam bentuk dan warna yang terjebak di genangan sela-sela karang.

6. Menyaksikan Cumi-Cumi

Di saat itu pula, para wisatawan bisa melihat secara langsung para penduduk sekitar memburu cumi-cumi, biasanya mereka memburu cumi-cumi di sela-sela karang pada saat air laut surut. Hasil tangkapan tidak untuk dijual, mereka akan gunakan cumi-cumi yang sudah ditangkap untuk dikonsumsi sendiri.

7. Menikmati Segarnya Es Degan

Selepas bermain di laut, wisatawan bisa bersantai atau berteduh di pinggiran pantai dan sambil menikmati es degan yang bisa dibeli di kawasan pantai. Penduduk setempat akan selalu menyediakan berbagai macam sajian makan dan minuman, selain menjual es degan warung-warung yang ada di lokasi tersebut juga menjual makanan, meski makanan yang dijual adalah sajian menu yang sederhana.

Sambil beristirahat, menikmati berbagai macam menu makanan dan meminum es degan sambil menyaksikan pemandangan yang indah ke arah laut akan menjadi momen yang paling asyik dan akan menjadi lebih mengasyikan lagi apabila wisatawan dalam kondisi tersebut dibarengi dengan proses terbenamnya matahari yang biasa disebut sunset.

Itulah penyebab banyaknya pengunjung yang belum angkat kaki sebelum melihat atau menikmati sunset di pantai Nampu, rasanya kurang afdol bila ke pantai tapi tidak mendapatkan sunset atau bahkan ada juga wisatawan yang justru membangun tenda dan bermalam di pantai sehingga mendapatkan sunrise di pagi hari.

14 Ulasan dari Pengunjung Pantai Nampu

  1. Sudah beberapa kali ke nampu dan kali ini bener2 takjub krn jauh lebih bersih dari terakhir datang kesana.. Penjual2 ternyata membersihkan.. Alangkah indahnya kalau pengunjung juga sadar tidak meninggalkan sampah disana. Saya masih melihat sedotan plastik dan botol2 minum di pantai dekat air, rawan terbawa arus ke laut. . . Tapi overall udah jauh lebih bersih… Perjalanan kesana harus ekstra hati2 ya.. Jalannya sempit dan tepinya jurang.. Untuk papasan 2 mobil ngeri mepet jurang bgt. Ada pendudukan yg bantu pas rame.. Tapi pas sepi ya usaha sendiri.

    26 Juni 2018, 03:20 WIB

  2. Pasir putihnya mantab. Pantainya lebar. Ombaknya merdu, dan view nya bagus. Hati” ya, jalan lumayan menantang naiknya, pastikan driver anda tidak mengebut karena jalan tidak selebar yang anda pikirkan, cukup pas untuk berpapasan.

    14 Juli 2018, 03:36 WIB

  3. Pantainya bagus…ombaknya kalo sore tinggi2..akses menuju lokasinya yg menguji adrenalin..kalo naik mobil hati2 ya..jalannya s3mpit banyak jurang..tp kalo dah smpe sana puas bangett

    18 Juli 2018, 19:00 WIB

  4. Salah satu pantai yang memikat hati para wisatawan yang pernah mengunjungi kawasan pantai wonogiri. Wisata Pantai Nampu Wonogiri dengan nuansa alam pantai yang eksotis beragam bentuk warna keindahan yang masih asri akan mebuai dan mengajak kita melihat sisi lain keindahan yang tersembunyi di balik bukit karts.

    21 Juli 2018, 19:52 WIB

  5. Indah banget ciptaan Allah,. Sampe sana jam 10, belum ada pengunjung sama sekali padahal weekend, sendiri kaya private beach, mungkin keeksistensiannya masih kalah saing sama tetangganya banyu tibo, tapi ga bakalan nyesel kesini. Sekitar jam 1an air laut surut sehingga karang² mulai keliatan dipermukaan. Tapi jangan kaget, pasirnya bagus banget bulet bulet sempurna.. Disini bisa renang bebas. . Oiya sempat kenalan juga sama ibu ibu yang jualan deket situ, ibunya ramah dan gaul, penduduk pribumi, saya akhirnya mencoba menu seafood disitu ikan tuna sambel pedas, tongkol, sama ikan nila kalo ga salah, mantap rasanya dan cuma habis 45.000.

    29 Juli 2018, 02:20 WIB

  6. Kesini salah musim…. Pas ombak agak besar dan lautnya agak kotor,, kalo kesini hati hati karena pantainya ber karang masih banyak apa ya namanya kayak bulu babi atau landak laut apalah namanya yang bulet lancip lancip , kalo kena kaki duh am sayange sakit banget bro….. . Biasanya kalo jam 2 siang lautnya surut banyak nelayan atau orang yang cari octopus / gurita dikarang karang.. Biasanya boleh dibeli… Harganya kisaran 40/kg….. Beli bijian juga boleh kayaknya….

    14 Agustus 2018, 17:21 WIB

  7. Perjalanan yang lumayan nyaman,karena jalan wonogiri sampai ke lokasi pantai nampu sangat lancar dan tidak macet,tempat lokasi pantai nampu sangat bagus,cocok sekali untuk semua usia,cocok juga buat ngecamp,bisa main air,pokoknya recomended banget buat liburan.

    9 September 2018, 05:46 WIB

  8. Udah dua kali kesana, kesan pertama bagus banget, pantainya biru banget ombaknya duh manteb dah. Pasir putih. Pantainya juga masih sepi. Pedagang juga masih jarang disana. Akses jalan masuk kesana masih kecil dan naik turun, kalo ada truck papasan harus berhenti dulu.

    10 September 2018, 08:41 WIB

  9. Jalannya lumayan sempit tp beraspal, pemandanganya dari atas bagus banget , kl mau ke pinggir pantainya harus menuruni tangga yg lumayan licin karena pasir, anak2 bisa berenang, ada warung juga buat makan, hati- hati banyak bulu babinya,, kamar mandinya ada di atas,, kl di atas banyak yg jual,, dan belum banyak pengunjungnya.

    12 September 2018, 02:02 WIB

  10. Pantai nya bagus. Belum banyak pengunjung. Harga makanan murah. Hanya saja pantai kotor. Dan karena kurang banyak pengunjung menjadi tempat orang berbuat mesum.

    14 September 2018, 16:20 WIB

  11. Pantainya asik, pasir putih yg bikin ngangenin. Deket dari rumah uti, jadi jadwal rutin tiap mudik ke parang gupito sempatkan dulu ke pantai nampu 😍

    30 September 2018, 06:45 WIB

  12. Pantainya bersih, gag begitu ramai di hari minggu. Jarak pantai, parkir, fasilitas cukup dekat. Akses jalannya sdh halus, tp kurang lebar untuk papasan bis pariwisata, dianjurkan elf atau mobil pribadi.

    14 Oktober 2018, 06:39 WIB

  13. Fasilitas mushola/masjid masih belum memadai, parkir juga kurang rapi dan tertata, pedagang jga kurang lengkap. Untuk akses jalan sudah lebih baik dan nyaman.

    22 Oktober 2018, 19:08 WIB

  14. Hidden paradise. Bersyukur bisa menikmati pantai seindah ini tanpa banyak orang lalu lalang

    30 Oktober 2018, 01:29 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Nampu

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pantai Keren Lainnya