Pantai Banyutowo

Alamat: Beji, Bumiharjo, Keling, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59454, Indonesia

(4.8/5) Baca ulasan

Salah satu pantai Jepara yang belum banyak diketahui wisatawan yakni pantai Banyutowo. Pantai yang masuk desa Balong, kecamatan Kembang ini berjarak sekitar 30 km dari pusat alun-alun kota Jepara.

Destinasi pantai yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IX ini juga masih alami dan sangat cocok untuk Anda yang ingin berpetualang, karena letak pantai berada di balik hutan dan perbukitan.

Harga Tiket Masuk Pantai Banyutowo

Pantai banyutowo dikelola secara langsung oleh perusahaan PTPN sehingga harga tiket untuk masuk lokasi pantai tidak gratis. Untuk memasuki lokasi, Anda akan dikenakan biaya Rp 2.000 saat hari biasa dan Rp 5.000 ketika akhir pekan atau libur nasional. Tiket masuk sudah mencakup parkir motor dan dipakai oleh perusahaan untuk pengembangan dan perawatan pantai.

Rute Menuju Pantai Banyutowo

Akses jalan menuju desa Balong bisa ditempuh dengan motor melalui pertigaan Ngemplas lalu melewati hutan jati dan bukit karet. Setelah menaiki bukit, ambil rute jalan menuju desa Dermolo hingga ke proliman atau simpang lima Balong. Jalan menuju pantai lumayan jauh dan belum beraspal. Sekitar 5 km selanjutnya Anda akan melewati hutan karet dengan akses jalan yang tidak rata dan berbatu.

Obyek Wisata di Pantai Banyutowo

1. Pantai dengan Kadar Garam Rendah (Banyu Towo)

Sesuai dengan namanya, pantai Banyutowo memiliki air laut dengan kadar garam yang sangat rendah sehingga bersifat tawar. Adapun asal mula penamaan Banyutowo karena di dekat pantai ini terdapat sebuah sumur yang rasa airnya tidak payau melainkan towo (tawar). Selain itu, air laut di pantai ini juga sangat jernih dan tidak akan menyebabkan kulit menjadi lembab setelah dipakai untuk berenang.

2. Pantai Berpasir Hitam

Di pantai Banyutowo terdapat hamparan pasir cokelat kehitaman yang sangat lembut dan alami, berbeda dengan pantai Jepara lainnya yang berpasir putih. Pasir yang berwarna hitam ini mengandung unsur besi sehingga disebut juga pasir besi. Karena kandungan tersebutlah maka di dekat pantai juga banyak dimanfaatkan oleh pemerintah untuk lokasi penambangan pasir berkualitas ekspor.

3. Pemandangan Hijau yang Alami

Panorama pantai Banyutowo sangat sejuk dengan adanya pemandangan hutan karet yang sangat luas, membentang dari sisi selatan hingga ke utara. Selain itu juga terdapat pemandangan pohon kelapa yang menjulang tinggi dan berayun-ayun di sekitar pantai. Di dekat bibir pantai juga terdapat banyak pohon waru yang bisa digunakan untuk berteduh sembari menikmati udara laut yang segar.

4. Area Mandi dan Berenang

Beberapa masyarakat percaya dengan mitos bahwa mandi saat dini hari di pantai Banyutowo akan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain memiliki air yang jernih dan tawar, pantai ini juga memiliki ombak yang tidak terlalu besar sehingga aman digunakan untuk mandi, berenang, atau hanya sekedar bermain air. Untuk Anda yang ingin mengarungi lautan di sekitar pantai juga bisa menyewa perahu-perahu kecil disini.

5. Wahana Bermain dan Tempat Makan

Selain bisa menikmati wahana pasir dan air laut, Anda juga bisa mengajak keluarga dan anak-anak untuk menikmati wahana bermain seperti ayunan, jungkat-jungkit, dan perosotan. Selain itu Anda juga bisa berteduh di gazebo pinggir pantai sembari menikmati laut. Jika Anda dan keluarga merasa lapar setelah bermain maka bisa juga mengunjungi warung makan yang berada di sekitar pantai.

6. Minuman Kelapa Segar

Pantai Banyutowo terletak di seberang perbukitan karet dan kopi. Selain itu dalam perjalanannya, Anda akan menemui banyak pepohonan kelapa yang tumbuh menjulang di sekitar pantai. Jadi selama perjalanan jauh melewati perbukitan maka Anda bisa mencoba minuman kelapa muda yang segar untuk melepas lelah. Kelapa ini bisa dipetik langsung dari pohonnya, dan bisa dinikmati sembari menyaksikan hamparan pasir dan lautan Banyutowo.

7. Pemandangan Dermaga dan PLTU

Panorama laut lepas pantai Banyutowo tampak eksotis dengan latar pepohonan dan bukit karet yang hijau. Selain itu, Anda juga bisa melihat pemandangan dermaga tempat kapal pengangkut pasir berlabuh dan PLTU yang terletak tidak jauh dari pesisir pantai. Pemandangan laut akan semakin eksotis dengan siluet pepohonan dan dermaga kala matahari terbenam dan membuat langit berubah menjadi jingga.

Pantai Banyutowo merupakan destinasi wisata di Jepara yang mampu memberikan Anda petualangan tersendiri.  Mulai dari sektor pertanian, pelayaran, dan pertambangan yang bisa menjadi latar foto yang sangat epik. Selain itu Anda juga bisa menyaksikan pemandangan langsung dari para pekerja yang mengambil getah pohon karet selama perjalanan menuju pantai. Dan meskipun jauh dari kota, namun akses komunikasi tidak terkendala dengan sinyal.

5 Ulasan dari Pengunjung Pantai Banyutowo

  1. Akses untuk ke pantai agak sulit kalo waktu hujan karena harus melewati perkebunan karet . Suasana pantai yg masih sepi cocok untuk menjadi tempat liburan bersama teman2

    28 Juni 2018, 20:01 WIB

  2. yang butuh suasana alam yg tenang pantai ini cocok bgt…tp aksesnya cukup jauh dari jalan raya, siap2 sering tanya2 warga sekitar biar ga nyasar

    17 Juli 2018, 23:49 WIB

  3. Masih segar bersih alami karna belum bnyk orang yg kesini. Jangan lupa slalu jaga kebersihan guys, biar ttep indah dipandang mata 😊

    25 Juli 2018, 21:05 WIB

  4. Masih segar bersih alami karna belum bnyk orang yg kesini. Jangan lupa slalu jaga kebersihan guys, biar ttep indah dipandang mata 😊

    25 Juli 2018, 21:05 WIB

  5. Pantai Banyutowo atau Pantai Soimah adalah objek wisata pantai di Banyutowo Dukuhseti Kabupaten Pati Jawa Tengah. . Pantai ini terletak sekitar 36 kilometer sebelah utara kota Pati (Pendopo Kabupaten Pati). . Pantai dengan jarak tempuh dari Kota Pati sekitar 36 kilometer arah ke Tayu. . Pemandangan pantai terlihat indah dan pengunjung juga dapat menikmati pemandangan perahu nelayan yang bersandar di tepi pantai. . Pengunjung juga dimanjakan dengan adanya jeti (sandaran kapal) yang baru. . Sehingga nyaman dalam menikmati pemandangan laut maupun aktivitas nelayan usai melaut. . Pengunjung yang ingin menyalurkan hobi mancing juga dipermudah dengan adanya keberadaan jeti maupun jembatan panjang yang menjulur ke laut. . Setiap tahun tepatnya bulan besar diadakan upacara sedekah laut sebagai rasa syukur atas hasil tangkapan ikan yang diperoleh nelayan. . Dan berharap Tuhan selalu memberikan keselamatan dalam melaut untuk mencari ikan

    27 Agustus 2018, 08:35 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Banyutowo

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *