Pantai Pailus

Alamat: Karanggondang, Mlonggo, Sawah, Karanggondang, Mlonggo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59452, Indonesia

(4.4/5) Baca ulasan

Pantai Pailus terletak di desa Karanggondang, kecamatan Mlonggo, kabupaten Jepara. Kondisi pantai ini masih perawan atau belum banyak dikunjungi wisatawan sehingga masih alami dan bersih dari sampah. Selain itu, di sekitar pantai juga bebas dari bangunan warung atau pedagang yang berkeliaran di sekitar pantai. Jadi Anda bisa lebih leluasa menikmati pantai yang sepi dari hiruk pikuk kota ini.

Untuk mendukung suasana pantai yang sunyi, bersih, dan alami tersebut, maka pemerintah desa Karanggondang membuat larangan dan sanksi bagi siapapun yang ingin mendirikan bangunan di sekitar pantai. Selain untuk menghindari tumpukan sampah warung atau pedagang di sekitar bibir pantai, larangan ini juga dibuat untuk mendukung suasana pantai agar terasa seperti milik pribadi.

Harga Tiket Masuk di Pantai Pailus

  • Tiket masuk pada hari senin-sabtu gratis
  • Tiket masuk untuk motor pada hari minggu atau libur nasional Rp 3.000
  • Tiket masuk untuk mobil pada hari minggu atau libur nasional Rp 5.000
  • Tiket masuk saat libur lebaran atau pekan syawalan Rp 10.000
  • Biaya untuk mandi bilas Rp 2.000
  • Biaya untuk sewa ban kecil Rp 5.000
  • Biaya untuk sewa ban besar Rp 10.000

Rute Menuju Lokasi Pantai Pailus

Akses jalan menuju pantai Pailus kini mulai dibenahi, ada gapura dan juga penunjuk jalan sehingga Anda tidak akan bingung. Jalan menuju pantai Pailus juga sudah beraspal sehingga bisa dilalui mobil atau motor. Jika Anda datang dari Semarang maka bisa menaiki bus arah Jepara, kemudian ganti bus arah Mlonggo. Sesampainya di kecamatan Mlonggo, Anda bisa menyewa ojek hingga ke Pailus.

Jarak pantai Pailus dengan pusat kota Jepara hanya sekitar 13,4 km ke arah utara, atau sekitar 26 menit dengan menggunakan kendaraan motor atau mobil pribadi. Dari alun-alun Jepara kemudian menyusuri jalan Jepara-Bangsri, di lampu merah pertigaan belok kiri ke arah jalan Mlonggo-Blondo hingga melewati gapura pantai Blebak. Lokasi pantai di sebelah utara pantai Blebak dan hanya dibatasi oleh beberapa sawah.

Obyek Wisata di Pantai Pailus Jepara

1. Pantai yang Alami

Di sekeliling pantai Pailus jarang sekali ditemukan warung makan atau tempat persewaan ban/pelampung ataupun perahu. Kondisi pantai sangat alami dengan beberapa pohon rindang menghiasi pinggiran laut. Selain itu hamparan pasir putih di Pailus juga masih bersih dan jauh dari sampah. Bahkan di dekat pantai bisa Anda saksikan pemandangan sawah hijau yang mampu menenangkan pikiran Anda dari hiruk pikuk perkotaan.

2. Dekat dengan Pemukiman Warga

Jarak antara rumah warga dengan pantai yakni sekitar 10 meter sehingga tidak jauh dari bibir pantai. Dan jika pengunjung membutuhkan sesuatu maka bisa mendatangi rumah warga yang sebagian besar merupakan nelayan dan buruh pengrajin yang sangat ramah. Selain menyediakan olahan seafood, beberapa rumah juga menyediakan tempat penginapan untuk Anda yang bermalam. Dengan begitu Anda bisa mendorong perekonomian warga agar maju.

3. Pantai Pribadi

Meskipun rumah penduduk sangat dekat dengan pantai, namun Anda tetap bisa menikmati suasana “private beach” di Pailus ini. Garis pantai Pailus yang sangat panjang ditambah dengan deretan pohon waru, pandan dan sebagainya membuat kondisi pantai semakin rindang dan sangat romantis untuk dikunjungi bersama pasangan. Anda bahkan bebas mendirikan tenda untuk berkemah bersama komunitas karena jauh dari hiruk pikuk pedagang.

4. Spot Instagramable

Suasana pantai yang rindang, sunyi, dan bebas dari khalayak umum membuat pantai Pailus sangat cocok untuk kegiatan hunting foto instagram. Ada beberapa spot menarik yang bisa Anda coba, seperti kursi santai yang terbuat dari tali anyaman di sekitar pohon. Selain itu ada juga gazebo bertuliskan “Pantai Pailus” dengan background pantai yang menjadi ikon berburu foto untuk pengunjung domestik maupun mancanegara.

5. Cocok untuk Berenang

Selain bisa menikmati pemandangan di pantai, Anda juga bisa mengajak keluarga untuk berenang.  Pasalnya pantai Pailus merupakan sebuah teluk yang landai dan memiliki ombak yang tidak terlalu besar, sehingga aman digunakan untuk berenang atau hanya sekedar bermain air disana. Selain terdapat tempat bilas, di pantai Pailus juga menyediakan tempat penyewaan pelampung atau ban dengan harga yang murah.

6. Tempat Pengumpulan Ikan

Selain berlibur, Anda juga bisa menyaksikan para nelayan yang sedang bersantai ketika siang hari, dan bersiap melaut ketika sore hari. Anda juga bisa menemukan tempat pengumpulan ikan tidak jauh dari pantai Pailus. Jadi Anda bisa membeli ikan hasil tangkapan nelayan secara langsung di tempatnya. Bahkan beberapa penduduk juga memiliki tambak bandeng sendiri yang tidak jauh dari bibir pantai.

7. Sunset dan Sunrise

Dari pantai Pailus Anda bisa melihat pemandangan PLTU yang mempesona, apalagi di kala senja ketika langit di atas laut menjadi kuning kemerahan. Suasana menjadi sangat damai dengan disertai semilir angin darat yang menyejukkan jiwa. Keindahan saat matahari terbit juga tidak kalah mempesona, dimana sinar matahari akan memantul di atas hamparan pasir putih dan permukaan air laut pantai Pailus.

Menikmati liburan memang paling sempurna di tempat wisata yang tenang, sepi, dan sejuk, sehingga pikiran yang suntuk akan kembali fresh. Untuk itu, jika Anda di sekitar Jepara maka lebih baik singgah terlebih dahulu ke pantai Pailus. Waktu berkunjung yang baik yakni mulai dari pagi hingga sore hari. Dan sebaiknya menikmati pantai ketika kemarau agar air laut tidak keruh akibat hujan.

8 Ulasan dari Pengunjung Pantai Pailus

  1. Tempat ini bagus dan nyaman. Pantainya sangat landai dan nyaman untuk digunakan berenang. Akses ke sini pun cukup mudah. Ada tempat bilas dan sewa ban sebagai pelampung ketika bermain di laut. Pasirnya putih bersih. Masih banyak pepohonan yang bisa digunakan untuk bersantai. Recommended untuk keluarga yang ingin liburan di pantai dengan biaya murah.

    20 Desember 2017, 15:38 WIB

  2. Pantai yang cukup bersih dengan pasir putih. cocok untuk sekedar melepas penat. Pantai ini bersebelahan dengan pantai Blebak dan pantai Empu rancak. Tidak ada yang istimewa selain pantai sepi berpasir putih. senang pernah menemukannya.

    15 April 2018, 04:39 WIB

  3. Ini merupakan review yang saya tulis karena teringat akan KKN pada bualan Februari tahun 2016.. . Perjalanan dari Pantai Empu Rancak menuju Pantai Pailus iniadalah searah. Pantai ini di tahun 2016 merupakan pantai yang masih asri berpasir dan airnya lebih bersih dibandingkan Pantai Empu Rancak. banyak sekali pohon waru yang tumbuh disekitar pantai.Tidak ada restribusi yang ditarik di pantai ini. Angin terasa sekali semilir dipantai ini.. . Namun sayangnya, perjalanan yang jauh dari jalan raya menuju pantai ini sangatlah jauh. sehingga kita harus melewati perkampungan penduduk. Untuk sarana prasarana pada saat itu juga kurang memadai sekali karena untuk ke toilet, atau wudhu itu kita harus berjalan cukup jauh ke salah satu warung. Sholatpun kami lakukan di tempat yang saat itu kami rasa paling bersih yakni di joglo-joglo. Dan penjual makanan dan minuman juga masih jarang sekali.. . Tapi setelah saya lihat review sekarang, sepertinya sudah banyak pembenahan yang dilakukan sana-sini. Semoga pengunjung juga masih dapat menjaga keasrian pantai dengan cara tidak membuang sampah secara sembarangan.

    24 April 2018, 03:20 WIB

  4. Tempat berenang yang asik…warga sekitar juga ramah…

    21 Juni 2018, 08:38 WIB

  5. Buat nongkrong, buat nyantai sama teman teman cocok banget pantai ini. Pantai pailus merupakan deretan pantai wisata yang ada di Jepara. Pantai ini mudah dijangkau akses masuknya. Seperti deretan pantai yang lainnya, tempat ini bisa dijadikan alternatif destinasi wisata yang ada di daerah Jepara. Khusunya di desa Molonggo. Banyak sekali deretan sepanjang pantai yang sudah dikelola oleh masyarakat maupun pemerintah setempat untuk dijadikan tempat rekreasi.

    13 Agustus 2018, 02:10 WIB

  6. Suasana nya nyaman. Sepi dan tenang.

    16 Agustus 2018, 19:02 WIB

  7. Pailus Beach has a beauty that is not inferior to other beaches in Jepara. This beach is still very lacking in terms of facilities because the beach is open to the public, with no entrance fees and parking fees. Usually the local people collect entrance fees only during the holiday season, the cost is only Rp 5.000,- per vehicle. Even though the existing facilities are not as good as other beaches in Jepara, the Pailus beach is quite comfortable. Many mangroves around the beach make the air very cool. This beach is my favorite beach because of the many wonderful memories I got on this beach with my friends. So for those of you who have never visited this beach, immediately visit here🤗🤗

    24 September 2018, 02:02 WIB

  8. Tempat yg sangat nyaman untuk berenang bersama keluarga. Tempat nya banyak pohon rindang.

    3 Oktober 2018, 01:42 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Pailus

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *