Pantai Ujung Piring

Alamat: Unnamed Road,, Rw8, Jambu, Mlonggo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59452, Indonesia

(4.8/5) Baca ulasan

Pantai Ujung Piring berada di desa Jambu, kecamatan Mlonggo, kabupaten Jepara. Salah satu pantai yang sepi pengunjung ini juga memiliki pemandangan yang tidak kalah cantik dengan pantai lainnya yang berada di Jepara. Anda bisa menemukan hamparan pasir putih yang bersih dari sampah dan air laut yang jernih berwarna biru yang cocok digunakan untuk mandi dan berenang.

Selain keindahan pantai Ujung Piring, Anda juga akan menemukan banyak rawa dan tambak serta beberapa pohon bakau yang menghiasi pinggiran pantai. Suasana pantai masih sangat alami sehingga cocok untuk Anda yang ingin menyendiri dari hiruk pikuk kota yang ramai. Selain itu, akses menuju pantai ini juga sudah cukup mudah dan bisa dilalui kendaraan motor ataupun mobil.

Harga Tiket Masuk di Pantai Ujung Piring

  • Tiket masuk hari biasa gratis
  • Tiket masuk akhir pekan atau libur nasional Rp 5.000

(biaya masuk ke pantai Ujung Piring bisa berubah sewaktu-waktu, bergantung kebijakan atau adanya event dan hari-hari tertentu).

Rute Menuju Lokasi Pantai Ujung Piring

Akses jalan menuju pantai cukup mudah dan banyak tersedia penunjuk jalan hingga ke bibir pantai. Adapun jarak dari pusat kota Jepara yakni sekitar 15,8 km atau sekitar 31 menit perjalanan dengan menggunakan mobil pribadi. Anda bisa mengambil jalur ke arah timur laut, melewati Jl. Kartini lalu menuju Jl. Ahmad Yani. Dari situ ambil jalur menuju Jl. Jepara-Bangsri hingga ke Mlonggo-Bondo.

Untuk Anda yang berada di pantai Blebak juga bisa langsung mampir ke pantai ini. Pasalnya letak pantai Ujung Piring berada di sebelah pantai Blebak. Dari pantai Blebak Anda bisa meneruskan rute menuju ke pertigaan, lalu ambil arah ke kiri hingga pertigaan selanjutnya. Ambil jalur ke kiri lagi dan ikuti jalan batako, setelah itu belok ke kanan hingga 50 meter selanjutnya.

Obyek Wisata di Pantai Ujung Piring Jepara

1. Tempat Bermeditasi dengan Alam

Di pantai Ujung piring Anda akan merasakan suasana pantai yang sangat alami dan bahkan seperti belum pernah terjamah sama sekali. Anda juga akan merasakan sensasi pantai yang asri dengan hamparan pasir yang terbentang panjang ditambah dengan keindahan laut lepas yang menenangkan. Selain itu Anda juga bisa mendapati kondisi pantai yang sepi senyap sehingga cocok untuk bermeditasi dengan alam bebas.

2. Pantai Karang

Pantai Ujung Piring memiliki hamparan pasir putih dengan banyak karang-karang kecil sehingga kurang cocok untuk bermain pasir bersama anak-anak. Meskipun begitu, Anda bisa menikmati suasana pantai yang tenang dengan berjalan-jalan di tepian dan menghirup udara yang segar. Bahkan Anda juga bisa menikmati suara-suara desiran ombak yang syahdu untuk mengobati rasa jenuh setelah lama berutinitas.

3. Spot Foto Pohon Bakau Jomblo

Untuk Anda yang gemar berfoto landscape maka bisa mendatangi pantai ini. Pasalnya keindahan pantai Ujung Piring banyak dijadikan spot foto pemandangan alam yang tentunya berbeda dari pantai lainnya. Anda akan menemukan pantai dengan karang dan satu pohon bakau yang tumbuh di tengah laut yang tidak jauh dari pantai. Jadi sangat cocok untuk Anda yang ingin mengambil siluet dengan pemandangan tersebut.

4. Ombak yang Tenang

Selain keindahan lautnya, Anda juga akan mendapati pantai dengan permukaan air laut yang tenang. Pasalnya pantai yang menyerupai teluk ini tidak memiliki ombak yang besar sehingga aman digunakan untuk berenang atau sekedar bermain air. Untuk Anda yang ingin menikmati kesegaran air laut yang tenang tersebut maka bisa mendatangi pantai ketika pagi hari.

5. Tempat Berkemah dan Memancing

Suasana pantai yang sangat alami dan sepi dari hiruk pikuk kota ini banyak dimanfaatkan oleh wisatawan untuk berkemah di sekitar pantai. Selain itu Anda juga bisa memancing ikan di laut dengan menggunakan umpan cacing laut. Hasil tangkapan bisa Anda bakar dan nikmati di samping tenda yang Anda dirikan bersama dengan teman atau keluarga Anda.

6. Sunset dan Sunrise

Pantai ujung piring sangat cocok dinikmati kala sore hari ketika matahari akan tenggelam. Siluet pohon bakau di tengah laut akan menghiasi pemandangan langit yang berubah menjadi jingga. Ditambah lagi dengan desiran ombak yang mengikis pasir pantai dan menambah syahdu. Kondisi saat matahari terbit juga tidak kalah mempesona dimana Anda bisa melihat pantulan sinar matahari di permukaan laut yang masih sunyi.

7. Muara Sungai

Di pantai Ujung Piring Anda akan mendapati pantai dengan banyak rawa dan tambak, karena pesisir pantai ini merupakan ujung tombak muara sungai yang berfungsi untuk menghadang naiknya air laut. Maka dari itu, Anda akan menemukan banyak pohon bakau yang tumbuh di sekitar pantai. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi abrasi oleh air laut.

Pantai Ujung Piring bisa menjadi pilihan yang tepat ketika Anda ingin berlibur mencari ketenangan di kota Jepara. Anda bisa datang ketika siang hingga sore hari ketika pesona lautan sangat syahdu dengan panorama sunset dan pohon bakau. Bahkan pantai ini juga bisa menjadi tempat yang sangat ampuh untuk menghilangkan kejenuhan dengan bermeditasi dan menyendiri dari hiruk pikuk keramaian di kota.

8 Ulasan dari Pengunjung Pantai Ujung Piring

  1. Pemandanganya indah kalau mau lihat sunset, terbaik. Tapi jangan lupa bawa lotion anti nyamuk, kalau udah sore banyak sekali nyamuknya, dan nyamuknya sangat ganas!!! 😂 Beneran!

    1 Januari 2018, 08:01 WIB

  2. Pantai yang masih asri yang jauh dari keramaian, serta ekosisitem yang berada di tempat ini masih cukup bagus. Tempat yang cocok untuk mencari kesendirian

    21 April 2018, 23:34 WIB

  3. tempatnya masih alami… masih bersih dari sampah… 😍😍😍

    19 Juli 2018, 03:44 WIB

  4. Best place for healing! Pantainya sepi, syahdu.. Yang butuh ketenngan dan suara desiran ombak, bisa datang kemariii

    27 Juli 2018, 07:26 WIB

  5. Pokoe men enak neng kene gae luru wangkas, iwak…. Jih bau² alami sepi tapi syahdu…

    8 Agustus 2018, 04:51 WIB

  6. bukan tempat yang recommend buat tamasya bareng keluarga, karna pantainya gak berpasir halus, lebih dominan pasir yang masih berbentuk karang karang kecil.

    1 September 2018, 23:14 WIB

  7. Pantai Ujung Piring, terletak di kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.. Pantai dengan pasir putih yang bersih, tidak banyak sampah, dan masih asri.

    8 September 2018, 02:23 WIB

  8. Pantai yang indah dan tenang. Spot foto sunset yg ajib dengan foreground pohon bakau jomblo dan batu karang nya. Sudah ada warung jadi tidak perlu khawatir bila haus/lapar. Terdapat kapal nelayan/nelayan yg sedang memancing/menjala ikan

    13 September 2018, 08:30 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Ujung Piring

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *