Pantai Pungkruk

Pantai Pungkruk, Jepara, Jawa Tengah

Rw. 01, Mororejo, Kec. Mlonggo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Indonesia, Jepara, Jawa Tengah

15 Ulasan

Berada di Jepara rasanya belum lengkap jika tidak mengunjungi pusat kuliner pantai Pungkruk. Pantai yang terletak di desa Mororejo, kecamatan Mlonggo, kabupaten Jepara ini memang berbeda dari beberapa pantai lainnya, yang notabennya untuk wisata bermain air atau pasir. Meskipun begitu pemandangan di pantai ini sangat memanjakan mata. Anda bisa menikmati semilir angin dan birunya laut sembari menikmati makanan khas Jepara.

Sebelumnya, kawasan pantai Pungkruk ini dikenal sebagai daerah Pantura yang dipakai untuk pusat hiburan malam orang-orang dewasa seperti cafe dan karaoke. Namun pada tahun 2015, pantai ini telah direvitalisasi menjadi pusat kuliner laut khas Jepara. Disini Anda bisa menemukan beberapa rumah makan yang tertata cukup rapi. Selain itu juga tidak melupakan fungsinya sebagai pusat berbagai wahana air dan permainan pantai.

Harga Tiket Masuk di Pantai Pungkruk

  • Tiket masuk hari biasa Rp 2.000/anak dan Rp 5.000/dewasa
  • Tiket masuk akhir pekan atau libur nasional Rp 3.000/anak dan Rp 7.000/dewasa
  • Harga rata-rata seafood mulai dari Rp 35.000
  • Harga rata-rata minuman mulai dari Rp 5.000
  • Biaya penginapan di sekitar pantai berkisar antara Rp 150.000 sampai Rp 500.000

Rute Menuju Lokasi Pantai Pungkruk

Pantai Pungkruk berjarak sekitar 9,5 km dari pusat kota atau alun-alun Jepara. Akses jalan menuju pantai ini sudah sangat baik dan beraspal sehingga bisa dilewati motor ataupun mobil. Untuk mencapai bibir pantai dari alun-alun Jepara maka dibutuhkan sekitar 18 menit perjalanan dengan menggunakan mobil pribadi melalui Jl. Jepara-Bangsri dan Jl. Suwawal-Mororejo.

Dari alun-alun Jepara, lanjutkan perjalanan ke arah timur laut menuju Jl. Kartini dan Jl. Ahmad Yani. Kemudian belok kiri menuju Jl. Shima, dan belok kiri lagi mengikuti Jl. Jepara-Bangsri hingga 3,9 km selanjutnya. Di perempatan lampu merah yang menunjukkan arah Jl. Suwawal-Mororejo lalu belok kiri, hingga 3,5 km selanjutnya akan bertemu dengan gapura pantai Pungkruk.

Obyek Wisata di Pantai Pungkruk

1. Pantai Karang

Pantai Pungkruk merupakan daerah yang datar dan landai dengan disertai beberapa batu karang yang menghiasi sudut pantai. Jadi jangan harap bisa bermain pasir di pantai ini. Meskipun demikian Anda tetap bisa menikmati pemandangan lautan lepas, dimana Anda bisa melihat gulungan ombak yang pecah ketika menghantam karang. Suatu panorama yang indah dan hampir sama seperti di pantai Parangtritis, Yogyakarta.

2. Gazebo di Atas Air

Yang menjadikan pantai Pungkruk sangat unik yakni adanya “Gazebo Atap Wuwungan” atau rumah tradisional Joglo khas Jepara. Gazebo ini didirikan di atas air laut yang menjorok dari bibir pantai. Selain untuk menikmati indahnya lautan, gazebo ini juga dijadikan sebagai tempat kuliner dimana Anda bisa menikmati sajian seafood sembari menikmati birunya laut. Gazebo ini juga sering digunakan untuk merayakan acara-acara spesial.

3. Seafood Khas Jepara

Menikmati sajian makanan laut di atas laut akan menjadi daya tarik sendiri di pantai Pungkruk ini. Namun bukan hanya suasananya saja yang menawan, tetapi sajian makanan di tempat ini juga terkenal sangat lezat dan murah. Anda bisa memesan makanan khas Jepara seperti ikan bakar dan pindang serani yang segar karena didapat langsung dari nelayan di laut.

4. Wahana Bermain

Untuk Anda yang sedang berlibur bersama keluarga maka bisa juga mengunjungi taman bermain anak-anak (Kid’s Park) yang terdapat di pantai Pungkruk ini. Ada berbagai jenis permainan seperti jungkat-jungkit, perosotan, ayunan, dan taman bermain yang sangat cocok untuk anak kecil. Selain itu, Anda juga bisa menyewa wahana seperti becak air untuk mengarungi pantai.

5. Mangrove

Untuk Anda yang ingin menikmati suasana rindang di pinggir laut maka bisa bersantai di area Mangrove. Deretan pohon-pohon ini ditanam oleh pemerintah setempat untuk menghindari abrasi laut, selain itu juga menambah eksotis pantai. Anda bisa melihat pepohonan hijau ini di sekeliling laut yang biru sehingga mampu merefresh otak disaat sedang jenuh.

6. Spot Foto Menarik

Mengunjungi wisata pantai Pungkruk untuk menambah koleksi foto instagram juga sangat cocok. Pasalnya keindahan panorama laut disini sangat jernih, bersih, dan asri. Selain itu juga terdapat banyak spot-spot foto yang tidak kalah mempesona seperti di Maladewa. Ada juga ikon tulisan “Pungkruk” yang bisa menjadi latar belakang foto Anda. Dan ada pula pemandangan kapal maupun perahu yang berada di dermaga.

7. Tempat Melepas Penat

Biasanya pengunjung akan menikmati keindahan alam pantai Pungkruk dengan bersepeda ria. Apalagi akses jalan setapak di pantai ini juga sudah cukup bagus. Selain itu, mereka juga biasanya menikmati wahana pemancingan umum untuk melepas kebosanan. Dan jika Anda senang berbelanja maka di pantai ini juga menyediakan los souvenir dan plasa utama yang menjual oleh-oleh dan hasil laut khas Jepara.

Jika Anda ingin menikmati destinasi pantai dengan suasana yang sejuk dan nyaman maka pantai Pungkruk merupakan pilihan yang tepat. Mulai dari pemandangan ombak dan karang, tempat makan di gazebo yang menarik ditemani hidangan yang lezat, dan destinasi permainan yang dapat dinikmati bersama anak-anak. Jadi tunggu apalagi, jika Anda berada di Jepara maka segera kunjungi pantai ini.

15 Ulasan untuk Pantai Pungkruk, Jepara, Jawa Tengah

  1. Salah satu pantai di kota Jepara yang memiliki berjuta pesona dengan Keindahanya untuk bersantai berlibur bersama keluarga menikmati deburan Ombak dengan penuh ketenangan menikmati indahnya Sunset/Matahari terbenam dengan warna merah jingga yg mempesona untuk memanjakan Mata… . Untuk kaula Muda juga tersedia tempat berKongko Ria bersama Teman, sahabat dan kawan menimati Karaoke di tepi pantai dan berwisata Kuliner dengan Menu Seefood yang tentunya untuk memanjakan Lidah Kita. @Ony Osj Sangkar Jepara Jaya.

  2. Indah pokok nya . Ada warung warung menjual segala ikan kepiting dan dengan suasana yang sangat permai sekali di waktu sore sore gini sambil nikmatin sunset wah gak kebayang kan rasanya kalo di pantai punggkruk

  3. Aku di pantai pungkruk yang dekat pemukiman warga, tempat wisata gratis, ombak pun gak ada, airnya bersih pula, kalau pas lebaran disini rame, bahkan gak di mintai biaya parkir roda 2 maupun 4,ada yang nyewain ban buat anak,

  4. Lumayan bagus….tempate kurang terawat tapi pemandangan oke punya

  5. jalannya sudah oke, parkir luas, ada warung dan tempat bilas, cukup sunyi dan perlu pembenahan lagi

  6. Wisata Kuliner Pantai Pungkruk di Mororejo Jepara Jateng memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota jepara tidak mengunjungi wisata pantai yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

  7. Bagussss suka tempatnya.. sering kesini sama keluarga buat makan bersama.. enak deh kesini makan makan sama keluarga sambil bercengkrama dengan angin pantai sepoi sepoi dan panorama pantai yang keren..

  8. Langsung Masuk aja. Wisata Pantai Pungkruk ini masih Gratis!! Tanpa tiket masuk. waah asik kan!! emang yang tanpa keluar biaya alias “gratis” selalu diburu banyak orang, termasuk saya.. hehe. Nah ternyata setelah masuk ke pantainya tuh memang gak banyak yang bisa kita nikmati, hanya sedikit taman yang ada, itupun belum terkelola dengan baik.. Pantainya pun gak seperti pantai pantai yang lain. yang ini lebih pasnya disebut pantai karang. Nah ini uniknya, pantai karang sperti ini saat siang hari banyak orang ramai ramai berburu mahluk laut yang orang sana menyebutnya “Kijing” dengan cara “jungkruk”.. Kalau anda ingin menikmati pantai yang “berbeda” dengan biasanya, Pungkruk inilah salah satunya!!!

  9. Facilitas udh ok, tp sayang tidak perorangan ataupun kelompok yg menjaga dan merawat. Sangat disayangkan

  10. Anak saya ketagihan terus dlm 1 minggu 3 kli lihat ptung kerbau

  11. Salah satu tempat wisata pantai di kabupaten Jepara. Terdapat berbagai fasilitas di pantai ini, yaitu warung makan, toilet dan taman bermain untuk anak-anak. View dari pantai ini cukup bagus karena langsung menghadap ke arah pantai. Untuk menuju ke pantai ini cukup mudah karena sarana dan prasarana sudah cukup memadai.

  12. Sampah masih banyak berserakan, saran saya setiap gasebo dikasih tempah, agar sampah tidak tercecer

  13. Mulai ramai.. Tempatnya mulai tambah asik buat nongkrong atau bisa juga mampir hiburannya music karaoke

  14. Bagus sekali tempat ini pantainya yg bersih banyak pohon bakau nya kelestarian karang” masih sangat alami

  15. Sangat indah, saat matahari terbenam… Dan tak dupungut biaya masuk, alias gratis tis….

Tinggalkan Balasan