Pantai Bandengan

Alamat: Rw. I, Bandengan, Kec. Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59411, Indonesia

(4.4/5) Baca ulasan

Pantai merupakan tempat yang sangat cocok untuk dijadikan Objek Wisata. Selain bisa menikmati keindahan alamnya berupa air Laut, Pasir dan sekelilingnya, Pantai yang ada saat ini tentunya memiliki fasilitas lain yang tidak kalah menarik.

Begitupun dengan Pantai Bandengan Jepara ini. Bagi para pecinta alam maupun yang sudah memiliki hobi berkaitan dengan aktivitas maupun olahraga di air, maka Pantai Bandengan ini sangat cocok untuk Anda. Tidak sedikit turis yang mengunjungi Pantai Bandengan ini hanya untuk menikmati pemandangan alam maupun fasilitas yang ada.

Pantai Bandengan ini merupaan Pantai di Kota Jepara yang memiliki pasir berwarna putih dan bertekstur halus. Hal ini tentunya menjadi pemandangan yang sangat indah yang dapat dinikmati oleh setiap mata yang memandang.  Selain itu, Pantai ini juga memiliki garis Pantai yang cukup panjang, sehingga Anda dapat beraktivitas di Pantai ini secara bebas karena memiliki lokasi yang cukup luas.

Kondisi air laut yang ada di Pantai ini pun cukup baik dan jernih, sehingga dapat menimbulkan kesan indah dan lebih bersih. Pantai ini sangat cocok bagi anak – anak maupun orang dewasa yang ingin berwisata di Pantai, sambil menikmati keindahan alamnya maupun sekedar bermain di Pantai ini.

Harga Tiket di Pantai Bandengan, Jepara

 

Harga tiket masuk Pantai Bandengan untuk setiap orang berbeda beda tergantung dari apakah masuk kedalam kategori weekday (Senin – Kamis), weekend (Sabtu – Minggu), atau ada Syawalan / event nya. Harga ketiga kategori tersebut juga dibedakan sesuai usianya yaitu anak-anak dan orang dewasa.

Harga tiket masuk ke Pantai Bandengan pada kategori weekday untuk anak – anak sebesar Rp 2.000 sedangkan untuk orang dewasa yaitu sebesar Rp 5.000. Selanjutnya, untuk harga tiket masuk pada kategori weekend untuk usia anak – anak dikenai biaya sebesar Rp 3.000 dan untuk orang dewasa yaitu sebesar Rp 7.000. Lalu untuk tiket masuk pada kategori syawalan / event maka harga tiketnya untuk anak – anak yaitu sebesar Rp 7.000 dan untuk orang dewasa yaitu dikenal biaya sebesar Rp 10.000.

Harga tiket masuk untuk kendaraan yang akan memasuki Pantai Bandengan Jepara ini bergantung pada jenis kendaraan yang digunakan. Apabila Anda menggunakan motor, maka harga tiketnya yaitu sebesar Rp 1.000. Apabila Anda menggunakan kendaraan minibus, maka harga tiketnya yaitu Rp 4.500. Lalu jika menggunakan bus maka harga tiket masuknya yaitu sebesar Rp 10.000.

Rute Menuju ke Lokasi Pantai Bandengan Jepara

Pantai Bandengan merupakan Pantai yang berlokasi di Desa Bandengan, Jepara, Jawa Tengah. Jarak Pantai Bandengan ini dari Kota Jepara terpaut kurang lebih 7 kilometer. Pantai Bandengan ini juga terletak di sebelah timur kota Semarang bahkan tidak begitu jauh dari Kota Semarang.

Selanjutnya, jika Anda ingin mendatangi Pantai Bandengan ini maka kendaraan yang digunakan bisa beragam. Kendaraan tersebut misalnya motor, mobil, maupun bus. Rute yang dilalui untuk mencapai Pantai Bandengan ini menggunakan motor maupun mobil yaitu dengan melewati jalan raya yang menuju ke arah Kota Jepara yang dapat dilalui dari Kota Demak ataupun Kota Kudus yang seara dengan Kota Jepara.

Apabila Anda masih mengalami kesulitan dalam mencapai Pantai Bandengan ini, maka Anda dapat menggunakan fasilitas Google Maps maupun dengan menggunakan aplikasi GPS yang ada pada smartphone Anda.

Apabila Anda telah mencapai pusat Kota Jepara, maka selanjutnya Anda dapat mencari petunjuk jalan yang mengarahkan ke Pantai Bandengan Jepara. Jika Anda berangkat dari Kota Kudus menuju Kota Jepara, maka waktu yang ditempuh yaitu kurang lebih 1 jam apabila kondisi jalan dalam keadaan normal.

Namun, apabila Anda berangkat dari Kota Semarang menuju ke Kota Jepara maka waktu tempuhnya yaitu selama kurang lebih 2 jam. Sebagai tambahan, tentunya Anda tidak perlu khawatir mengenai kondisi jalan menuju ke Pantai Bandengan Jepara ini, karena kondisi jalannya sudah sangat baik dan juga sudah mampu dilewati oleh kendaraan baik motor, mobil, maupun bus.

Objek Wisata di Pantai Bandengan Jepara

Keindahan alam yang ada di Pantai Bandengan ini tentunya didukung pula oleh objek wisata maupun fasilitas yang ada di pantai ini. Ada banyak objek wisata yang dapat Anda dapatkan di pantai ini, yaitu sebagai berikut.

1. Watersport

Salah satu objek yang bisa dijadikan untuk berwisata di Pantai Bandangan ini yaitu berupa sarana untuk melakukan olahraga air atau watersport. Bagi Anda yang senang untuk melakukan olahraga air, Pantai Bandengan ini merupakan tempat yang cocok bagi Anda.

Fasilitas yang ada di Pantai Bandengan ini yaitu di antaranya terdapat wahana ombak buatan untuk berselancar, Jetski, Banana boat, Water-Flying Fish, dan juga Water Jetpack. Fasilitas tersbeut dapat diakses oleh Anda apabila ingin melalakukan bermacam olahraga air. Selain itu, fasilitas lainnya yaitu terdapat Kano, ATV dan sandal raksasa.

2. Penyewaan Pelampung

Selain olahraga air yang sangat mengasyikkan, di Pantai Bandengan ini juga menyediakan pelampung untuk Anda yang hanya ingin sekedar beredang dan mengapung menikmati laut. Pelampung tersebut yaitu di antaranya Donut Buoy yang merupakan pelampung berbahan dasar ban bekas dalam mobil.

Selain itu juga terdapat pelampung yang diberi nama Duck Buoy yang merupakan pelampung berbentuk bebek yang dapat Anda gunakan untuk berenang di laut.

3. Saung / Gazebo di dekat Pantai

Bagi Anda yang telah lelah beraktivitas seharian di Pantai maupun memang sengaja datan ke Pantai untuk bersantai saja, maka di Pantai Bandengan Jepara ini telah menyediakan Saung / Gazebo yang ada di dekat Pantai. Anda dapat menikmati pemandangan yang ada di sekitar Pantai dengan bersantai di dalam saung / gazebo ini.

4. Festival

Salah satu keistimewaan lain yang dimiliki oleh Pantai Bandengan ini yaitu sewaktu – waktu dapat diadakan beberapa festival yang mengasyikkan. Festival tersebut di antaranya ada festival layang – layang, festival boat dan festival motorcross. Festival tersebut tentunya dapat Anda nikmati dan akan menjadi pengalaman yang menarik untuk Anda kenang di Pantai ini.

5. Penginapan dan Hotel

Bagi Anda yang berasal dari tempat yang jauh maka tidak perlu khawatir. Pantai Bandengan ini juga menyediakan penginapan dan hotel khusus untuk Anda yang ingin menginap maupun beristirahat setelah berakhtivitas seharian di Pantai ini.

6. Parkir Mobil dan Motor yang Memadai

Bagi kendaraan yang telah masuk di Pantai Bandengan ini juga telah disediakan tempat parkir khusus mobil dan motor yang cukup memadai. Sehingga kendaraan Anda akan tetap bisa diparkir dengan rapi dan di tempat yang memadai.

7. Rumah Makan, Kuliner dan Pusat Oleh-Oleh

Di Pantai Bandengan ini tentunya juga terdapat beberapa rumah makan dan tempat kulier bagi Anda yang ingin menyantap makanan di Pantai ini. Selain itu, di Pantai Bandengan ini juga menyediakan tempat menjual oleh – oleh bagi Anda yang ingin berbelanja oleh – oleh.

8. Sarana Ibadah

Sarana ibadah yang memadai juga telah disediakan di Pantai Bandengan ini. Sehingga, Anda tidak  perlu khawatir apabila ingin melaksanakan ibadah di pantai ini.

9. Toilet dan Tempat Bilas

Bagi Anda yang ingin ke toilet, maka telah disediakan pula toilet yang memadai. Bagi Anda yang telah beraktivitas di Pantai seharian juga dapat membersihkan diri di tempat bilas yang telah disediakan.

10. Taman yang Luas berlokasi di bibir Pantai

Selain Pantai, di Pantai Bandengan ini juga menyediakan taman yang luas yang berlokasi di bibir Pantai. Taman ini juga cocok untuk Anda yang ingin menikmati pemandangan yang lainnya.

11. Tempat Penitipan Barang

Di Pantai Bandengan ini juga menyediakan fasilitas tempat penitipan barang, sehingga barang bawaan Anda dapat disimpan dengan baik.

15 Ulasan dari Pengunjung Pantai Bandengan

  1. Untuk pantainya bagus. Tapi banyak sampah, untuk gelar tiker disarankan ke tempatnya langsung ada sewa tiker nya kok kalo harga mah tanya sama ibu ibunya yang sewain tiker ya standar mah jangan takut (15k – 35k(pakai payung)nb : pas lebaran). Pasir putih ada wahana airnya . Ada kapal yang menuju pulau panjangnya (perorang 20k nb: pas lebaran). Untuk wisata anak anak recomend

    18 Juni 2018, 20:15 WIB

  2. Pantainya lumayan bagus buat masyarakat umum. Tempat bilas dan toilet masih cukup bersih. Harga makanan juga terjangkau. Tapi masih perlu pembenahan dan penangganan yg bagus spy mampu menampung pengunjung saat puncak liburan.

    20 Juni 2018, 18:53 WIB

  3. Tempatnya bagus tapi sayang banyak sampah dimana mana, kalau mau nyewa tiker disana juga ada kok jada penyewaat tikar. Disana juga ada penyewaan balon buat anak anak yang mau renang disana. Tempat bilasnya juga bersih. Saran aja sih, buat kebersihan pantai tolong lebih dijaga. Sayang kan kalau pantai yang bagus tapi jadi jelek karna sampah yang berserakan

    21 Juni 2018, 23:14 WIB

  4. Tempat rekreasi yg cukup murah, bisa bermain air, sekedar istirahat menikmati suasana pantai, atau berfoto dengan spot sunset, yang mau berenang, ada persewaan ban bebek, ban double, naik kapal ke pulau panjang, main atv atau banana boot, ada tempat bilas yg dikelola masyarakat setempat menyatu dengan rumah makan dan suvenir

    26 Juni 2018, 01:32 WIB

  5. Tempat wisata yang asik dengan pemandangan eksotis, bisa untuk renang bersama keluarga, teman, pacar dan selingkuhan, juga ada layanan penyeberangan ke pulau panjang.. jadi jangan ragu lagi kalau mau wisata ke pantai tirto samudro Bandengan jepara

    27 Juni 2018, 17:52 WIB

  6. Salah satu pantai yang berada di Jepara ini menawarkan pesona pasir pantai yang bersih, pemandangan pantai yang indah, serta berbagai permainan air penunjang. Permainan tersebut diantaranya adalah banana boot, berenang menggunakan pelampung/ ban, jetski, ada pula bola besar di air. Kita juga dapat menyebrang ke pulau panjang dari bandengan menggunakan jasa perahu motor. Selain itu, kita dapat menikmati makanan di tepi pantai, untuk lebih hemat kita bisa membawa masakan dari rumah. Tidak lupa kita untuk selalu menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan. Harga tiket masuk dan parkir di Pantai Bandengan juga sangat terjangkau.

    11 September 2018, 22:29 WIB

  7. Great beach.. . Superb pokoknya, kmarin main kesini Gak nyesel lah. Walaupun harus menempuh perjalanan sekitar 6 jam(start jam 16.00 sampai jam 22:00) Dari Semarang tapi Gak Sia”. . . Kita kesana milih tempat Yang bukan dijadiin wisata, Kalo Dari pertigaan SD N 1 bandengan(Kalo Gak Salah nama sdnya) luruuuus Pol masuk kedalem. Nanti nemu pantai Yang tepinya bukan pasir tapi bebatuan koral Yang Pas banget buat ngecamp, ombaknya kecil rindang, Banyak tempatnya Yang viewnya bagus. Ya walaupun cukup susah buat diriin tenda disitu Karena dasar tanahnya bebatuan. . . Walaupun pantainya bagus,, akses ke situ juga Gak susah Ada hal Yang perlu dibenahi pihak pengelola, Salah satunya adalah kamar Mandi/ ruang ganti Yang Gak terawat Yang menjadikan kurang nyaman.

    12 September 2018, 01:42 WIB

  8. Pantai Bandengan terletak di desa Bandengan, kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Pantai yang terletak di pesisir pantai utara Jawa ini menjadi salah satu tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Pada musim liburan, pantai Bandengan ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. . Sebutan nama Pantai Bandengan ini erat kaitannya dengan salah satu legenda asal usul kepulauan pulau karimunjawa, yang dalam legenda dikisahkan Amir Hasan putra Sunan Muria yang diperintahkan untuk pergi memperdalam dan sekaligus mengembangkan ilmu agama ke Kepulauan Karimunjawa. Ketika sampai di pantai ini, mereka menemukan banyak Ikan Bandeng sehingga wilayah itu dinamakan Desa Bandengan yang lantas pantainya biasa juga disebut sebagai Pantai Bandengan.. Pantai ini sebenarnya bernama Pantai Tirta Samudera atau Pantai Tirto Samudro yang merupakan salah satu obyek wisata unggulan di Jepara, kota kelahiran salah satu Pahlawan Nasional R.A. Kartini. Pantai ini airnya jernih dan berpasir putih ini berjarak sekitar 7 KM dari pusat kota Jepara. Dahulu Pantai Bandengan ini dikelola warga sekitar, dan mulai tahun 1987 pengelolaannya di ambil alih oleh Pemerintah Kabupaten Jepara dengan tetap memprioritaskan pemberdayaan masyarakat setempat. Pantai ini cocok untuk menjadi tempat wisata pantai seperti berenang, berperahu, bermain voli pantai atau sekadar bersepeda di pinggir pantai.. Satu lagi yang menarik yakni hamparan pepohonan yang rimbun dan hijau di sekitar pantai yang membuat suasana di Pantai Bandengan begitu sejuk dan nyaman. Keindahan pantai di sini sebenarnya tak kalah dibandingkan dengan keindahan pantai di Bali. Jika lelah dan ingin beristirahat, di Pantai Bandengan ini terdapat resort yang dapat dijadikan tempat menginap. Setelah beristirahat malam hari, pada pagi hari Anda juga dapat menikmati sajian panorama matahari terbit di Pantai Bandengan.. Anda dapat menikmati rimbunnya pepohonan pandan atau pohon perdu di sepanjang pesisir pantai. Pantai Bandengan memiliki struktur pantai yang landai, air yang jernih dan bersih, karena merupakan pantai utara jawa maka ombaknya tidak besar, sehingga cocok untuk menjadi tempat wisata pantai seperti berenang, ataupun berjemur.. Di pantai ini pengunjung bisa menikmati berbagai macam wahana bermain air yang sangat menyenangkan mulai dari menaiki perahu, bermain air yaitu dengan menggunakan bantuan ban dan juga bermain banana boat seperti permainan yang ada di pantai-pantai bali. Biaya yang ditawarkan untuk bermain wahana air itu pun tidak terlalu mahal, disini anda juga bisa menikmati pesona panorama laut yang begitu indah dan cantik seperti matahari terbenam dan matahari terbit yang sayang untuk anda lewatkan.

    18 September 2018, 16:24 WIB

  9. Tempatnya bagus.. sedikit saran bnyak rumput laut yg ikut ombak.. jdi kesanya rada kotor pntainya… Ditingkatkn lgi kbersihanya…. Dan untuk keamanan tolong untuk remaja yg mlakukan hal2 diluar batas diusir ya.. soalnya banyak anak kecil juga.. masak gthuan didepan umum.. harus diperketat lagi ya…

    19 September 2018, 23:08 WIB

  10. Pantainya bersih.. Cocok untuk menikmati pemandangan pantai bersama keluarga sambil mandi air pantai. Banyak penjual makanan dan minuman, menu2 seafood, parkiran luas. Di dalm temlat wisata juga terdapat beberapa hotel

    23 September 2018, 20:05 WIB

  11. Suasana pantai Bandengan mirip seperti pantai di Jogja sih menurutku. Pasirnya putih, cukup bersih, yang membedakan di sini ombaknya tenang.. Cukup dengan membayar tiket masuk 5000 perorang kita bisa menikmati semua fasilitas yang ada di dalamnya.. Di sini tersedia permainan air seperti banana boat dan jetski. Ada yang menyewakan ban pelampung. Tersedia kapal2 untuk menyeberang ke Pulau Panjang juga. Atau jika hanya ingin sekedar duduk2 di tepi pantai bisa menggunakan tikar yang disewakan oleh pengelola.. Tak perlu khawatir kelaparan di tempat ini. Tersedia banyak warung makan dengan berbagai macam variasi, warung2 itu juga menyediakan tempat bilas untuk mandi setelah bermain di pantai.. Atau jika Anda ingin bermalam di dekat pantai, Anda bisa memilih hotel mana yang Anda inginkan. Ada 2 penginapan (kalau tidak salah) di dalam kawasan pantai ini. Sedangkan di luar kawasan pantai pun tersedia banyak pilihan lainnya.

    14 Mei 2019, 17:08 WIB

  12. Untuk view dan panorama eksotis pantai utara Jawa ini termasuk bagus. Tidak seperti pantai utara Jawa yang lainnya. Meskipun saya mengakui kalau pantai utara Jawa memang belum tuntas jelajah. Namun, untuk view lumayan lah. Khususnya sore hari selalu lihat sunset Matahari.. Dianjurkan untuk keluarga yang membawa anak-anak atau rombongan yang berniat untuk berenang di bibir pantai karena ombak disini sangat tenang. Untuk perbandingan pantai sebelah di Jepara memang satunya tidak bisa untuk berenang karena sebagai pelabuhan nelayan dalam mencari mata pencaharian mereka.. Semoga pantai ini selalu mengeksotis dan harapan saya bisa kesana lagi.

    23 Juni 2019, 05:57 WIB

  13. Tempat wisata yg berada dikota jepara jawa tengah…pemandangan cukup bagus bs menikmati sun set..bs berenang..ada jg jet sky..foto2 keluarga..selfi2..ada jg sewa perahu utk tujuan sekitar pantai bandengan ( tirta samudera)…harga tiket masuk cukup terjangkau gk trrlalu mahal..cocok jg utk mkn2 bersama keluarga dipinggir pantai sambil menikmati angin pantai dan pasir putih yg cukup bersih…pas banget buat liburan akhir pekan…kalo mau bermalam jg tersedia beberapa hotel yg pemandangannya cukup bagus krn berada dipinggir pantai bandengan…

    14 Juli 2019, 03:20 WIB

  14. Tempat yang murah meriah untuk berwisata. Hanya membayar tiket masuk 5 ribu per orang, kita sudah bisa menikmati fasilitas yang nereka miliki seperti pendopo, atau tempat lainnya. Disini juga disewakan tikar untuk alas kita duduk dan peralatan seperti ban buat renang. Tapi kalau di siang hari sangat panas. Harus hati-hati dengan pecahan atau batu yang tajam.

    14 Juli 2019, 04:35 WIB

  15. Katanya untuk masuk sini digratiskan krn milik pemda. Tp ternyata pas kesini ttep bayar 5000 per orang. Dan tdk dapat karcis. Itu pungli atau apa kurng tau. Tp seharusnya kalau memang gratis ya seharusnya bener gratis. Tp peraturan sama kenyataan di lapangan jauh berbeda. Di dalem parkir juga masih bayar lagi.

    21 Juli 2019, 04:20 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Bandengan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *