Pantai Kartini Jepara

Alamat: Rw. IV, Bulu, Kec. Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59418, Indonesia

(3.4/5) Baca ulasan

Siapa yang tidak mengenal sosok R.A. Kartini dan Kota Jepara? Beliau ialah seorang pejuang emansipasi wanita Indonesia. Berkat perjuangannya, saat ini kaum wanita Indonesia memiliki kesetaraan derajat dengan kaum pria. Jepara adalah sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, tempat Raden Ajeng Kartini dilahirkan. Maka, karena jasanya namanya dikenang menjadi nama Pantai di Tanah kelahirannya tersebut.

Pantai Kartini menjadi salah satu kebanggaan pariwisata masyarakat Jepara. Tidak hanya sebagai wisata alam, Pantai ini juga dilengkapi berbagai Wahana seru untuk edukasi dan rekreasi anak serta tempat piknik yang ramah bagi keluarga. Di Pantai ini setiap tahunnya digunakan untuk Agenda Budaya Tradisional “Lomban”, yang pada akhirnya menjadi daya tarik tersendiri untuk mengundang wisatawan.

Harga Tiket di Pantai Kartini Jepara

Berkunjung ke Pantai Kartini dikenai biaya retribusi sebesar Rp 5.000,00 – Rp 7.500,00 per orangnya. Selain itu, untuk wisatawan berkendaraan akan dikenaka biaya tambahan sebagai retribusi parkir. Besar biaya yang dikenakan bervariasi, tergantung kendaraan apa yang digunakan, yaitu berkisar Rp2.000,00 – Rp 12.500,00. Biaya tersebut tergolong murah, mengingat banyak hal yang ditawarkan oleh Pantai ini.

Rute Menuju ke Pantai Kartini Jepara

Pantai Kartini berlokasi strategis di Desa Bulu, yaitu sekitar dua setengah kilometer dari Kantor Pemerintahan Bupati Jepara. Medan perjalanan untuk mencapai Pantai ini sudah sangat bagus dan bisa dilewati oleh berbagai kendaraan. Jadi bagi Anda, yang berada di luar kota dan hendak membawa sanak famili berwisata ke Pantai Kartini tidak perlu khawatir dalam berkendara.

Jika Anda ingin menuju ke Pantai Kartini dengan transportasi umum, dari Kota Semarang (Terminal Terboyo) Anda bisa menggunakan bus dan berhenti di Terminal Jepara. Dari terminal, jika bersedia Anda bisa berjalan kaki sekitar lima belas menit untuk mencapai lokasi Pantai tersebut. Apabila tidak, silakan menaiki becak. Dengan senang hati mereka akan mengantar Anda selamat sampai tujuan.

Jika Anda jauh dari luar kota, misalnya Palembang. Anda dapat menaiki pesawat terbang dan mendarat di Bandar Udara Ahmad Yani. Jika dari Jakarta dan hendak menggunakan kereta api, silakan berhenti di Stasiun Tawang. Kemudian perjalanan dapat ditempuh kembali dengan taksi atau travel yang menyediakan perjalanan Semarang – Jepara.

Apabila Anda menggunakan motor atau mobil pribadi, jalur yang bisa ditempuh adalah rute Semarang – Demak – Jepara. Jika Anda melewati rute ini, Anda sudah akan dipandu oleh papan penunjuk jalan, sehingga Anda tidak perlu bingung lagi. Nantinya setelah sampai di Kota Jepara, ambillah jalan ke arah barat sekitar 3 kilometer dan Anda akan tiba di depan Pintu Gerbang kawasan wisata Pantai Kartini.

Objek Wisata di Pantai Kartini

Sedikit berbeda dengan Pantai kebanyakan, Pantai Kartini menyuguhkan beragam wahana pelengkap objek wisata. Anda tidak akan menyesal telah membawa keluarga Anda untuk bersuka ria di tempat ini. Beberapa objek wisata tersebut diantaranya adalah:

1. Kura-Kura Ocean

 

Sebuah gedung berbentuk kura-kura raksasa ini sangat ikonik di Pantai Kartini ini. Didalamnya terdapat dua lantai, lantai pertama menawarkan aquarium super besar, fish spa, dan kolam sentuh kura-kura. Spot ini sangat nyaman untuk orang tua yang ingin berelaksasi sekaligus menunggu anak-anaknya bermain. Selain itu terdapat juga papan informasi touch screen untuk belajar dan toko souvenir dari pengelola.

Di lantai kedua terdapat tempat edukasi bagi anak-anak. Banyak hal menarik yang dipertontonkan di tempat tersebut, misalnya kipas angin tanpa baling-baling, simulator pesawat terbang, alat peraga sensor manusia. Hal yang paling menarik dan selalu ramai disambangi pengunjung adalah IMAX Deep Sea 3D. Untuk menikmati Kura-kura Ocean ini, pengunjung wajib merogoh kocek Rp 12.500,00 – Rp 17.500,00.

2. Bersantai di Gazebo Pantai Kartini

 

Tersedia banyak gazebo yang sering digunakan oleh pengunjung untuk berbincang bersama, menikmati Pantai, dan tak jarang pula digunakan sebagai latar belakang foto pre-wedding. Gazebo-Gazebo di Pantai Kartini ini berjajar terhubung oleh sebuah jembatan melengkung semi permanen yang tentunya menambah cantiknya panorama Pantai Kartini. Terlebih pada saat sunset.

3. Pemandian

Terletak di bagian barat dari Pantai Kartini, ada sebuah pemandian. Orang-orang sekitar percaya apabila seseorang mandi di pemandian tersebut maka segala macam penyakit yang dideritanya akan hilang, seperti rematik, paru-paru, eksim, panu, dan beragam penyakit kulit lainnya. Tak khayal, para wisatawan yang datang pun ikut mempercayai dan mencobanya.

4. Pulau Panjang

 

Kawasan Pantai Kartini merupakan gerbang menuju tempat wisata lain di sekitarnya. Salah satunya adalah Pulau Panjang. Pulau ini berfungsi sebagai suaka alam flora fauna yang dilindungi oleh pemerintah. Pemandangan di pulau tersebut juga sangat cantik dengan pasir putihnya. Anda akan dikenakan tarif sebesar Rp 50.000,00 – Rp 70.000,00 jika menyebrang dengan perahu motor menuju ke pulau tersebut.

5. Wahana Hiburan dan Pendidikan

Pantai Kartini dilengkapi dengan berbagai wahana untuk bermain anak, misalnya spoor mini, rumah kecek, catur raksasa, pesawat terbang TNI AU, dan lain-lain. Pemerintah Kabupaten Jepara menjanjikan wahana lain yang akan segera dibangun nantinya. Keberadaan wahana-wahana ini semakin membuat semakin ramai kunjungan terlebih saat libur sekolah.

Sebenarnya masih banyak objek wisata di sekitar Pantai Kartini yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Jika Anda masih belum menemukan tempat untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga, Pantai Kartini ini sangat direkomendasikan. Cocok untuk piknik bersama keluarga dan pas untuk berbagai kalangan usia.

7 Ulasan dari Pengunjung Pantai Kartini Jepara

  1. Saya bernostalgia dengan pantai ini setelah pada jaman dahulu kala pernah magang di BBAP Jepara yg letaknya berada di dalam kompleks pantai ini. Maksud hati ingin menyeberang ke Pulau Panjang dan menghabiskan hari dengan berenang dan bermain pasir putih di sana, tapi angin terlalu kencang sehingga ombaknya besar, batal lah rencana sebenarnya kami mengunjungi Pantai Kartini hari itu. Setelah duduk2 di warung mamin yg bertebaran di pantai, kami berjalan2 di sekitar pantai yg di dalamnya jg terdapat pelabuhan. Ada beberapa spot baru (bagi saya), yaitu taman bermain dan kolam renang. Karena batal berenang di Pulau Panjang, anak2 mengalihkan sasarannya di kolam renang. Sayangnya kolam renangnya kotor. Sepertinya tidak dirawat. Anak2 yg sdh siap utk berenang jadi mundur teratur melihat air kolam yg keruh banget. Jika saja pengelola lebih peduli dgn perawatan kolam renang, biar harus bayar pun pengunjung pasti akan kembali. Saya rasa Pantai Kartini berada di level objek transit saja sebelum berkunjung ke Pulau Panjang yang lebih indah. Semoga di masa depan ada perbaikan pada spot2 yg ada saat ini dan yg akan datang.

    11 April 2018, 18:23 WIB

  2. Terakhir kesini tgl 11-12 mei 2018. Retribusi masuk lokasi pantai kartini 7,5K di hari weekend. Parkir motor sekitar 15k (menginap). Dari sini kita bisa ke pulau panjang dengan naik kapal dg biaya 20k PP setiap orangnya. Perjalanan ke pulau panjang sekitar 15menit. Sesampai di dermaga pulau panjang, ada retribusi masuk kawasan pulau 5k per orang. Jika mau ngecamp di pulau panjang, biaya naik kapal jadi 40k. Di pulau panjang kita dapat keliling pulau dengan jalan kaki atau dengan sepeda(sewa). Jika mau ngecamp, saya sarankan bawa air yg cukup karena disini tidak ada air tawar, adanya air payau yg jika dikonsumsi buat mual. Terdapat fasilitas umum sepertikamar mandi dan mushola. Tentunya kalau mau mandi bayar 5k, BAB 3k, kencing 2k.

    14 Mei 2018, 23:12 WIB

  3. Fasilitas umum perlu ditambah Parkir Inap, toilet umum dan terminal tiket msh panas walopun sdh pake AC, krn banyak oengunjung yg msh merokok di dalam sdh pintu dan jendela selalu terbuka. Perlu adanya ketegasan dr pengelola utk dilarang merokok di area tiketing.

    16 Juni 2018, 18:54 WIB

  4. Masuk pantai kena 10rb, ddlmnya kita bisa menikmati keindahan pantai Jepara bnyk pedagang kok, tp klo g hari libur sepi bngt, liburan hari Raya rekommeded bngt cz ruame poll,,, bagi yg pengen ke pulau pnjng, bisa lewat pantai kartini, cuma 20rb PP naek perahu 5 menit…

    20 Juni 2018, 15:49 WIB

  5. Banyak sampah, pasir’y cuma sedikit.. prioritas pantai ini utk penyeberangan kpulau panjang dan karimun jawa. Kalau hanya utk sekedar ngadem boleh lah.. adem soal’y.

    20 Juni 2018, 17:27 WIB

  6. Banyak sampah, pasir’y cuma sedikit.. prioritas pantai ini utk penyeberangan kpulau panjang dan karimun jawa. Kalau hanya utk sekedar ngadem boleh lah.. adem soal’y.

    20 Juni 2018, 17:27 WIB

  7. Banyak sampah, pasir’y cuma sedikit.. prioritas pantai ini utk penyeberangan kpulau panjang dan karimun jawa. Kalau hanya utk sekedar ngadem boleh lah.. adem soal’y.

    20 Juni 2018, 17:27 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Kartini Jepara

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *