Pantai Kartini

Pantai Kartini, Jepara, Jawa Tengah

Desa Bulu, Kec. Jepara, Jepara, Jawa Tengah

18 Ulasan

Siapa yang tidak mengenal sosok R.A. Kartini dan Kota Jepara? Beliau ialah seorang pejuang emansipasi wanita Indonesia. Berkat perjuangannya, saat ini kaum wanita Indonesia memiliki kesetaraan derajat dengan kaum pria. Jepara adalah sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, tempat Raden Ajeng Kartini dilahirkan. Maka, karena jasanya namanya dikenang menjadi nama Pantai di Tanah kelahirannya tersebut.

Pantai Kartini menjadi salah satu kebanggaan pariwisata masyarakat Jepara. Tidak hanya sebagai wisata alam, Pantai ini juga dilengkapi berbagai Wahana seru untuk edukasi dan rekreasi anak serta tempat piknik yang ramah bagi keluarga. Di Pantai ini setiap tahunnya digunakan untuk Agenda Budaya Tradisional “Lomban”, yang pada akhirnya menjadi daya tarik tersendiri untuk mengundang wisatawan.

Harga Tiket Masuk

Berkunjung ke Pantai Kartini dikenai biaya retribusi sebesar Rp 5.000 – Rp 7.500 per orangnya. Selain itu, untuk wisatawan berkendaraan akan dikenaka biaya tambahan sebagai retribusi parkir. Besar biaya yang dikenakan bervariasi, tergantung kendaraan apa yang digunakan, yaitu berkisar Rp2.000– Rp 12.500. Biaya tersebut tergolong murah, mengingat banyak hal yang ditawarkan oleh Pantai ini.

Rute Menuju Lokasi

Pantai Kartini berlokasi strategis di Desa Bulu, yaitu sekitar dua setengah kilometer dari Kantor Pemerintahan Bupati Jepara. Medan perjalanan untuk mencapai Pantai ini sudah sangat bagus dan bisa dilewati oleh berbagai kendaraan. Jadi bagi Anda, yang berada di luar kota dan hendak membawa sanak famili berwisata ke Pantai Kartini tidak perlu khawatir dalam berkendara.

Jika Anda ingin menuju ke Pantai Kartini dengan transportasi umum, dari Kota Semarang (Terminal Terboyo) Anda bisa menggunakan bus dan berhenti di Terminal Jepara. Dari terminal, jika bersedia Anda bisa berjalan kaki sekitar lima belas menit untuk mencapai lokasi Pantai tersebut. Apabila tidak, silakan menaiki becak. Dengan senang hati mereka akan mengantar Anda selamat sampai tujuan.

Jika Anda jauh dari luar kota, misalnya Palembang. Anda dapat menaiki pesawat terbang dan mendarat di Bandar Udara Ahmad Yani. Jika dari Jakarta dan hendak menggunakan kereta api, silakan berhenti di Stasiun Tawang. Kemudian perjalanan dapat ditempuh kembali dengan taksi atau travel yang menyediakan perjalanan Semarang – Jepara.

Apabila Anda menggunakan motor atau mobil pribadi, jalur yang bisa ditempuh adalah rute Semarang – Demak – Jepara. Jika Anda melewati rute ini, Anda sudah akan dipandu oleh papan penunjuk jalan, sehingga Anda tidak perlu bingung lagi. Nantinya setelah sampai di Kota Jepara, ambillah jalan ke arah barat sekitar 3 kilometer dan Anda akan tiba di depan Pintu Gerbang kawasan wisata Pantai Kartini.

Hal Menarik

Sedikit berbeda dengan Pantai kebanyakan, Pantai Kartini menyuguhkan beragam wahana pelengkap objek wisata. Anda tidak akan menyesal telah membawa keluarga Anda untuk bersuka ria di tempat ini. Beberapa objek wisata tersebut diantaranya adalah:

1. Kura-Kura Ocean

Sebuah gedung berbentuk kura-kura raksasa ini sangat ikonik di Pantai Kartini ini. Didalamnya terdapat dua lantai, lantai pertama menawarkan aquarium super besar, fish spa, dan kolam sentuh kura-kura. Spot ini sangat nyaman untuk orang tua yang ingin berelaksasi sekaligus menunggu anak-anaknya bermain. Selain itu terdapat juga papan informasi touch screen untuk belajar dan toko souvenir dari pengelola.

Di lantai kedua terdapat tempat edukasi bagi anak-anak. Banyak hal menarik yang dipertontonkan di tempat tersebut, misalnya kipas angin tanpa baling-baling, simulator pesawat terbang, alat peraga sensor manusia. Hal yang paling menarik dan selalu ramai disambangi pengunjung adalah IMAX Deep Sea 3D. Untuk menikmati Kura-kura Ocean ini, pengunjung wajib merogoh kocek Rp 12.500,00 – Rp 17.500,00.

2. Bersantai di Gazebo Pantai Kartini

Tersedia banyak gazebo yang sering digunakan oleh pengunjung untuk berbincang bersama, menikmati Pantai, dan tak jarang pula digunakan sebagai latar belakang foto pre-wedding. Gazebo-Gazebo di Pantai Kartini ini berjajar terhubung oleh sebuah jembatan melengkung semi permanen yang tentunya menambah cantiknya panorama Pantai Kartini. Terlebih pada saat sunset.

3. Pemandian

Terletak di bagian barat dari Pantai Kartini, ada sebuah pemandian. Orang-orang sekitar percaya apabila seseorang mandi di pemandian tersebut maka segala macam penyakit yang dideritanya akan hilang, seperti rematik, paru-paru, eksim, panu, dan beragam penyakit kulit lainnya. Tak khayal, para wisatawan yang datang pun ikut mempercayai dan mencobanya.

4. Pulau Panjang

Kawasan Pantai Kartini merupakan gerbang menuju tempat wisata lain di sekitarnya. Salah satunya adalah Pulau Panjang. Pulau ini berfungsi sebagai suaka alam flora fauna yang dilindungi oleh pemerintah. Pemandangan di pulau tersebut juga sangat cantik dengan pasir putihnya. Anda akan dikenakan tarif sebesar Rp 50.000,00 – Rp 70.000,00 jika menyebrang dengan perahu motor menuju ke pulau tersebut.

5. Wahana Hiburan dan Pendidikan

Pantai Kartini dilengkapi dengan berbagai wahana untuk bermain anak, misalnya spoor mini, rumah kecek, catur raksasa, pesawat terbang TNI AU, dan lain-lain. Pemerintah Kabupaten Jepara menjanjikan wahana lain yang akan segera dibangun nantinya. Keberadaan wahana-wahana ini semakin membuat semakin ramai kunjungan terlebih saat libur sekolah.

Sebenarnya masih banyak objek wisata di sekitar Pantai Kartini yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Misalnya saja Anda bisa melanjutkan liburan Anda dengan cara menyeberang ke Karimunjawa.

18 Ulasan untuk Pantai Kartini, Jepara, Jawa Tengah

  1. Saya bernostalgia dengan pantai ini setelah pada jaman dahulu kala pernah magang di BBAP Jepara yg letaknya berada di dalam kompleks pantai ini. Maksud hati ingin menyeberang ke Pulau Panjang dan menghabiskan hari dengan berenang dan bermain pasir putih di sana, tapi angin terlalu kencang sehingga ombaknya besar, batal lah rencana sebenarnya kami mengunjungi Pantai Kartini hari itu. Setelah duduk2 di warung mamin yg bertebaran di pantai, kami berjalan2 di sekitar pantai yg di dalamnya jg terdapat pelabuhan. Ada beberapa spot baru (bagi saya), yaitu taman bermain dan kolam renang. Karena batal berenang di Pulau Panjang, anak2 mengalihkan sasarannya di kolam renang. Sayangnya kolam renangnya kotor. Sepertinya tidak dirawat. Anak2 yg sdh siap utk berenang jadi mundur teratur melihat air kolam yg keruh banget. Jika saja pengelola lebih peduli dgn perawatan kolam renang, biar harus bayar pun pengunjung pasti akan kembali. Saya rasa Pantai Kartini berada di level objek transit saja sebelum berkunjung ke Pulau Panjang yang lebih indah. Semoga di masa depan ada perbaikan pada spot2 yg ada saat ini dan yg akan datang.

  2. Terakhir kesini tgl 11-12 mei 2018. Retribusi masuk lokasi pantai kartini 7,5K di hari weekend. Parkir motor sekitar 15k (menginap). Dari sini kita bisa ke pulau panjang dengan naik kapal dg biaya 20k PP setiap orangnya. Perjalanan ke pulau panjang sekitar 15menit. Sesampai di dermaga pulau panjang, ada retribusi masuk kawasan pulau 5k per orang. Jika mau ngecamp di pulau panjang, biaya naik kapal jadi 40k. Di pulau panjang kita dapat keliling pulau dengan jalan kaki atau dengan sepeda(sewa). Jika mau ngecamp, saya sarankan bawa air yg cukup karena disini tidak ada air tawar, adanya air payau yg jika dikonsumsi buat mual. Terdapat fasilitas umum sepertikamar mandi dan mushola. Tentunya kalau mau mandi bayar 5k, BAB 3k, kencing 2k.

  3. Fasilitas umum perlu ditambah Parkir Inap, toilet umum dan terminal tiket msh panas walopun sdh pake AC, krn banyak oengunjung yg msh merokok di dalam sdh pintu dan jendela selalu terbuka. Perlu adanya ketegasan dr pengelola utk dilarang merokok di area tiketing.

  4. Masuk pantai kena 10rb, ddlmnya kita bisa menikmati keindahan pantai Jepara bnyk pedagang kok, tp klo g hari libur sepi bngt, liburan hari Raya rekommeded bngt cz ruame poll,,, bagi yg pengen ke pulau pnjng, bisa lewat pantai kartini, cuma 20rb PP naek perahu 5 menit…

  5. Banyak sampah, pasir’y cuma sedikit.. prioritas pantai ini utk penyeberangan kpulau panjang dan karimun jawa. Kalau hanya utk sekedar ngadem boleh lah.. adem soal’y.

  6. Banyak sampah, pasir’y cuma sedikit.. prioritas pantai ini utk penyeberangan kpulau panjang dan karimun jawa. Kalau hanya utk sekedar ngadem boleh lah.. adem soal’y.

  7. Banyak sampah, pasir’y cuma sedikit.. prioritas pantai ini utk penyeberangan kpulau panjang dan karimun jawa. Kalau hanya utk sekedar ngadem boleh lah.. adem soal’y.

  8. Indah, pasir putih..minusnya cuma kurang bersih pantainya, tp printilan2 bentuk yg kekinian disekitarnya cocok buat ootd 👍 tiap agak sorean banyak anak2 kecil minta koin (tp hanya di tepi pantai). Tiket masuk weekend 7rb dan weekday 5rb, parkir motor 1rb, objek didalam kura2 itu juga ada cuma monmaap saya gk tau harga tiket masuknya

  9. Pantai Kartini sangat cocok buat teman” yang suka berlibur ke alam. Pemandangan di pantai ini sangat indah, dengan air laut yang masih jernih. Di seberang pantai kartini juga ada makam salah satu Ulama, jadi bila anda berkunjung ke tempat ini ada bisa berlibur sekaligus berziarah ke Makam Habib Abu Bakar bin Ahmad bin Syekh bin Yahya Ba’alawi yang terletak di Pulau Panjang. Untuk menuju pulau panjang anda harus menyeberang dengan kapal kecil dari Pantai Kartini dengan biaya Rp. 15000 per orang (pulang pergi). Dengan estimasi penyeberangan sekitar 20 menit.

  10. Pantai kartini yang terletak di Jepara ini merupakan wisata yang sangat khas dengan nama kota Jepara. Tempatnya bersih, tersedianya mainan atau wahana permainan seperti kereta, motor dll. Dipatung kura kura sendiri juga terdapat tampilan atau akuarium rakaasa dengan berbagai jenis ikan. Tersedianya warung makan menjadikan wisata lebih lengkap dan tersedia juga jasa cetak foto bersama keluarga maupun teman

  11. pas kesana tgl 25/12/18…didalam moseum kura”masih ada aquarium yg blm terisi, kolam didepan pintu masuk yg dlm kok ikan dan kura”nya sedikit ya, trs tolong jgn buang sampah disitu, pdhl sudah ada tempat sampah

  12. Ombaknya cukup besar, riuh, airnya jernih, sepii banget kalau hari biasa, ada kura-kura besarnya juga yang didalamnya ada aquarium besar, tapi aku belum sempat masuk kesana. Karena aku kesana sore hari dan sudah tutup. Sangat cocok untuk menikmati sunset. Letaknya di samping pelabuhan kartini.

  13. Tempat wisata ini seperti tempat wisata lainnya yang pengunjungnya sangat padat pada waktu liburan. Saran saya kalau mau berkunjung dan ingin menikmati suasana lebih baik dihari biasa. Harga tiket masuk sebesar 15k per orang dewasa pada waktu hari besar atau hari libur. Pengelolaan parkir sangat kurang atau buruk menurut saya. Untuk roda dua sangat semprawut pada tahun baru 2020 kemarin pas saya berkunjung. Sebaiknya sepeda motor dilarang masuk ke dalam atau dibuatkan lahan parkir diluar wisata. Ditambah lagi anak2 yang main motor kecil banyak yang ugal2an dan sangat membahayakan, terlebih lagi ada kereta yang lalu lalang sangat tidak nyaman buat para pejalan kaki. Para pedagangpun sangat banyak dipinggiran jalan. Sekarang ada kolam renang anak. Airnya juga kotor. Jika ingin berfoto dengan background kura2 raksasa bisa menggunakan jasa tukang foto dengan biaya 10k sekali jadi. Ada masjid juga disini. Toilet juga banyak sebagian besar dirumah warga. Biaya masuk ke kura2 besar 20k orang dewasa dan 15k buat anak2. Saya sangat tidak merekomendasikan berkunjung ke tempat ini saat hari libur/besar. Semoga kedepan bisa diatur lagi soal parkir sepeda motor.

  14. Pantai Kartini berada di Bulu, Jepara, Jawa Tengah. Pantai Kartini ini sendiri juga merupakan dermaga jalur transportasi menuju pulau Karimunjawa dan pulau Panjang. Kawasan Pantai Kartini juga memiliki Potensi wisata yang cukup bagus, salah satunya yang cukup terkenal dan pasti dikunjungi para wisatawan dari luar kota  adalah  Ocean Park. 
    Jadi berwisata disini sangat cocok sekali sebagai wisata keluarga. Di dalam Ocean Park lantai bawah terdapat banyak aquarium dengan ukuran yang cukup besar yang berisi berbagai macam biota laut dintaranya ikan pari, ikan hiu, ikn buntal, angel fish dan masih banyak yang lainnya.

  15. Pantai yg indah jika saja kita semua sadar akan kebersihan lingkungan.
    Saya sempatkan mampir ke pantai ini terutama karena ingin memberi anak anak pengalaman baru di kota Jepara,dan ini salah satunya aquarium besar didalam bangunan berbentuk penyu yg semestinya dirawat dengan baik😥.
    Utk tiket masuk ke pantai karena kebetulan tgl 15 Jan 2020 hari Rabu maka TDK dikenakan pembayaran tiket masuk hanya membayar parkir saja 2ribu rupiah.
    Waktu menunjukan hampir jam 5 sore tp Alhamdulillah wahana masih buka,kami masuk dengan membayar sesuai tarif tp TDK diberi karcis/tiket dan kondisi sebagian besar sdh mati lampu,sangat disayangkan kondisinya TDK terawat dgn baik😥😥😥
    Padahal bagus sekali sebagai wahana edukasi anak anak belajar mengetahui dan pengalaman mengenai berbagai jenis hewan dan biota laut.
    Kurang lebih 10menit saja kami didalam karena lumayan mengganggu Indra penciuman areanya karena kurang terawat.
    Semoga saja Pemda setempat atau jika memang bisa dikerjasamakan dgn pihak swasta bisa memperbaiki kondisi sepanjang pantai Kartini.
    Dan semoga saja pengunjung wisatawan sadar utk TDK membuang sampah sembarangan dan turut membantu menjaga lingkungan dgn tdk merusak fasilitas yg ada.

  16. Tiket masuk 10rb/orang, terdapat museum kura-kura (yang seharusnya Penyu).. Penyebutan yang benar-benar salah kaprah.. Kebersihan & perawatan kurang terpelihara. Sampah masih tersebar dimana-mana, ini juga sangat dipengaruhi perilaku pengunjung.
    Pantai kurang nyaman untuk bermain air, karena pantai yang kurang bersih & tak tertata. Lebih baik di Bandengan jika mau basah2an di pantai.
    Penjual makanan & souvenir cukup banyak, bahkan yang dari luar kota dapat menemukan penginapan disekitar lokasi.

  17. Pantai laut utara, menurutku sih bagus enak buat jln2 santai, kalau mau ke pulau panjang bisa naik kpal itu 20 rb an, pantai kartini ini redup bnyak pnjual tp kalo buat berenang ak ga suka, ak lbih suka berenangnya d parangtritis krn ombak yg besar, pntai kartini ini pasir nyo putih bilo mau ke pntai bandengan dekat kok kurang lebih 4km, kalo ke sna jgn lpa beli ikan asin, trasi, jenang kudus, dll

  18. Ke pantai kartini awal agustus 2019, pengalaman yang tak terlupakan. karena belum pernah pergi ke arah kota jepara akhirnya mengandalkan google map, langsung ketik arah tujuan pantai kartini. Sangat menikmati perjalanan sampai akhirnya sadar bahwa kita disesatkan google map. Melewati tambak garam yang jalannya lumayan sempit dan ekstrim… Dan ternyata arahnya malah lebih jauh… Baru tau setelah sampai tanya sama penduduk bahwa memang jalur yang kita tempuh bukan jalur umum kendaraam roda empat.. Tapi terbayar dengan keindahan pantainya…

Tinggalkan Balasan