Pantai Teluk Awur

Alamat: Jl. Tlk. Awur, Telukawur, Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Indonesia

(4/5) Baca ulasan

Pantai Teluk Awur terletak di desa Telukawur, kecamatan Tahunan, kabupaten Jepara. Destinasi pantai yang banyak digemari sebagai tempat nongkrong kawula muda ini hanya berjarak 4km atau sekitar 30 menit dari pusat kota Jepara. Selain cocok untuk nongkrong, pantai yang masih dikelola masyarakat setempat ini juga menawarkan keindahan laut yang tenang dengan hamparan pasir putih yang sekarang jauh lebih bersih.

Destinasi pantai Teluk Awur yang landai dengan ombak yang tenang ini sangat cocok digunakan untuk berlibur bersama keluarga dan komunitas. Apalagi tiket masuknya juga sangat murah bahkan gratis di hari-hari kerja, dijamin sangat puas. Untuk wisatawan dari luar kota juga tidak perlu khawatir, karena di dekat pantai juga terdapat penginapan villa dan juga hotel.

Harga Tiket Masuk di Pantai Teluk Awur

  • Tiket masuk hari senin-kamis gratis
  • Tiket masuk hari jum’at-minggu Rp 2.000/orang
  • Tiket masuk hari libur nasional atau tanggal merah Rp 2.000/orang
  • Tiket masuk libur lebaran atau pekan Syawalan Rp 10.000/orang
  • Harga parkir motor gratis
  • Harga parkir mobil Rp 5.000
  • Biaya toilet untuk mandi dan bilas Rp 3.000
  • Sewa pelampung bebek Rp 10.000
  • Sewa ban renang Rp 10.000

Rute Menuju Lokasi Pantai Teluk Awur

Akses jalan menuju pantai Teluk Awur bisa dibilang sangat mudah dan lancar, selain itu juga terdapat banyak penunjuk jalan yang mengarahkan hingga ke lokasi. Dari kota Semarang, pantai Teluk Awur berjarak sekitar 76,5 km atau sekitar 2,5 jam perjalanan. Sedangkan dari kota Kudus, pantai ini berjarak sekitar 39,6 km atau 1 jam lebih perjalanan.

Kedua rute akan melewati jalan Kudus-Jepara, kemudian melewati pasar Pecangaan, lurus hingga perempatan jalan belok kiri ke arah jalan Sunan Mantingan. Jika pada perempatan tersebut Anda memilih lurus maka akan menuju pantai Kartini, sedangkan jika belok kanan akan menuju pantai Tirto Samudra Bandengan. Setelah melewati Sunan Mantingan kemudian tetap lurus hingga ke Teluk Awur.

Obyek Wisata di Pantai Teluk Awur

1. Pesona Pasir Putih dengan Mangrove

Hamparan pasir putih di pantai Teluk Awur sangat nyaman untuk dipakai duduk dengan beralaskan tikar bersama keluarga atau komunitas. Anda bisa menikmati keindahan pantai sembari menunggu dan mengawasi anak-anak bermain pasir disana. Bahkan mata Anda akan dimanjakan dengan pesona eksotis pohon mangrove yang selain untuk penahan abrasi juga sebagai peneduh di pantai Teluk Awur.

2. Pesona Sunset

Selain menikmati pemandangan di pantai, Anda juga akan dimanjakan dengan pesona matahari tenggelam yang paling mempesona di pantai Jepara ini. Efek fatamorgana akan membuat langit barat di atas lautan Teluk Awur tampak berwarna jingga atau kuning kemerah-merahan. Ditambah lagi dengan semilir angin dan deburan ombak yang tenang, sehingga menciptakan harmoni alam yang menenangkan pikiran.

3. Fasilitas Mandi dan Berenang

Mitos masyarakat sekitar menyebutkan bahwa air Teluk Awur mampu menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Air ini sangat bersih, jernih, dan bebas dari kapal atau perahu nelayan. Ombaknya juga sangat aman untuk aktivitas mandi dan berenang. Untuk menikmatinya, Anda bisa menyewa pelampung bebek atau ban. Atau bisa juga menyewa wahana seperti Flying Fish Boat, Banana Boat, dan Jet sky untuk mengarungi pantai.

4. Tempat Memancing

Selain mendukung aktivitas mandi, berenang, snorkeling dan berbagai wahana penyewaan perahu, di pantai Teluk Awur juga menyediakan tempat atau spot untuk Anda yang hobi memancing. Jadi jika mendekati weekend atau hari libur maka Anda bisa mengajak komunitas untuk memancing bersama sembari menikmati semilir angin dan pesona pantai yang menenangkan pikiran.

5. Festival Tradisional

Sama halnya pantai-pantai lain di Jepara, pada puncak pekan Syawalan atau satu minggu setelah Idul Fitri di pantai Teluk Awur selalu diadakan Pesta Lomban atau perlombaan sedekah laut. Pesta Lomban (bakda kupat) ini telah menjadi tradisi tahunan masyarakat Teluk Awur Jepara sebagai bentuk kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa. Selain menjadi tradisi, Pesta Lomban juga difungsikan agar banyak menarik para wisatawan.

6. Cafe dan Rumah Makan Pinggir Pantai

Meskipun kebanyakan pengunjung ke pantai Teluk Awur ini untuk berwisata bersama keluarga, namun tidak menutup kenyataan bahwa lebih banyak kawula muda yang singgah di pantai ini. Kebanyakan mereka berkumpul bersama komunitas atau pasangan untuk menikmati makanan di pinggir laut atau sekedar nongkrong di warung kopi yang banyak berdiri di pantai Teluk Awur ini.

7. Penginapan Villa dan Hotel

Untuk Anda yang dari luar daerah maka tidak perlu repot mencari penginapan yang jauh dari pantai. Anda bisa menggunakan penginapan kelas menengah atas di sekitar pantai Teluk Awur seperti Ocean View Beach Resort, Jepara Beach Hotel, Jepara Marina, dan Bayfront Villa. Bahkan dengan segala fasilitasnya yang memadai dijamin liburan Anda akan semakin berkesan.

Jika Anda berada di sekitar Jepara sekarang maka jangan lupa mengunjungi destinasi pantai Teluk Awur ini bersama keluarga, komunitas, atau pasangan Anda. Dijamin puas!! Selain mudah diakses dari pusat kota Jepara, pantai Teluk Awur juga banyak menyediakan warung makan dan cafe yang cocok dikunjungi kawula muda ketika sore dan malam hari untuk makan atau sekedar ngopi pinggiran pantai.

8 Ulasan dari Pengunjung Pantai Teluk Awur

  1. Kebersihan pantai kurang dijaga kalah jauh Ama Karimunjawa hehe… Maaf saya bandingkan pengalaman saya di Karimunjawa ,pantai di Karimun bersih itupun karena yang jualan di pantai dengan senang hati membersihkan areanya baik di pantai batu topeng , ujung gelang, sunset dll tingkat kan pengelolaan nya biar harum namamu membuat pengunjung terpesona dengan pemandangan mu membuat orang mau berkunjung dan berkunjung lagi membuat citra destinasi Jepara tidak mengecewakan memang itu g mudah tapi mungkin suatu saat bisa ….

    17 Juli 2018, 12:15 WIB

  2. Sekarang terkelola dengan baik. Sehingga pasir putih yg bersih bisa dinikmati para pengunjung. Penginapan juga mulai bermunculan. Jadi bagi yg dari luar kota tdk perlu khawatir. Tapi belum ada yg kelas melati. Penginapan paling murah dg rate 370rb. Selebihnya diatas 800rb. Tidak perlu khawatir juga. Karena jarak ke pusat kota tak begitu jauh. Sehingga bisa mencari penginapan yg sesuai budget.

    25 Juli 2018, 03:36 WIB

  3. Hari ini di senja sore ini menggunakan mobil rental yang disewa salah satu teman(fatkul muin) menuju tempat ini untuk melihat kekuasaan Allah pergantian siang menuju malam dan juga terdapat keindahan cahaya senja

    29 Juli 2018, 04:23 WIB

  4. Sekarang pantai pasir putihnya lebih bisa dinikmati karena di kelola dg lebih baik. Lebih bersih bebas dari sampah. Baik yg terbawa aliran sungai maupun sampah pengunjung. Deretan warung kuliner menyediakan tempat santai yg asri. Bahkan pengunjung dari luar daerah yg singgah tdk perlu jauh2 mencari penginapan. Tersedia penginapan di sekitar pantai. Tapi sayang kelasnya masih menengah keatas dg tarif paling murah 380rb per malam.

    29 Juli 2018, 17:37 WIB

  5. Sangat indah jika di kunjungi waktu malam hari ,untuk berlibur kelurga sangat nyaman ,banyak warung warung yang menyajikan makanan makanan khas ,makanan laut yang sangat enak dan ikannya masih segar ,untuk berlibur pada hari sabtu malam dan minggu pagi sangatlah ramai dan juga di hari libur lainnya seperti hari raya harap berangkat pagi pagi biar dapat tempat duduk yang enak untuk menikmati matahari tenggelam di sana di temani kopi sangatlah nikmat sekali.

    31 Juli 2018, 22:23 WIB

  6. Murah meriah, kalau sekadar ingin ngopi di tepi pantai gratis tanpa tiket masuk, tanpa parkir, banyak kedai kopi/warung di sepanjang garis pantai, walaupun Jepara memiliki banyak Wisata Pantai, Teluk Awur memiliki tempat tersendiri bagi anak muda, selain murah meriah juga mudah diakses dari tengah kota, tidak sampai 30 menit dari pusat kota, bisa ngopi pinggir pantai tanpa mikir tiket masuk, tanpa mikir parkir dan harga mahal, semoga semakin maju wisata di Jepara ✌️🍻

    25 Agustus 2018, 09:32 WIB

  7. Pantai yg blm lama di buka dan dikelola oleh masyarakat. Tiket masuk dan parkir lumayan murah, sayang tempat parkir kurang luas. Motor masih bisa masuk ke pantai, membahayakan anak2 yg lagi main.

    9 September 2018, 15:41 WIB

  8. Lumayan murah dan nyaman…gak terlalu padat waktu saya kunjungi. Namun nyesel beli rujak di situ,, buahnya sudah gak fresh

    23 September 2018, 05:23 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Teluk Awur

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *