Pantai Taipa

Pantai Taipa

Desa Taipa, Kecamatan Lembo, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara 93352, Indonesia.

13 Ulasan

Indonesia merupakan negara Bahari dimana 60 persen wilayahnya merupakan kawasan perairan yang memiliki panjang dengan garis pantai sepanjang 99.093 kilometer menurut Badan informasi Geospasial.

Dan salah satu provinsi dengan wisata bahari-nya adalah Provinsi Sulawesi Tenggara yang menyuguhkan keindahan laut yang mempesona. Bahkan kecantikan wisata bahari di pulau ini telah banyak dikenal bahkan dikunjungi banyak turis mancanegara.

Di Sulawesi Tenggara ini Anda akan banyak menemukan destinasi wisata yang siap memanjakan mata karena keindahan-nya. Salah satu destinasi wisata yang ada di Provinsi Sulawesi Tenggara ini adalah Pantai Taipa yang berada di Konawe Utara.

Pantai Taipa

Pantai Taipa

Pantai Taipa sendiri memiliki arti buah mangga, dimana kata tersebut sangat berkaitan mengingat disekitar pantai terdapat berbagai jenis dan bermacam pohon mangga.

Pohon mangga yang terdapat di Pantai ini membuat wisatawan dapat mencicipi rasanya apalagi jika saat musim buah tiba.

Kabupaten Konawe berada di Provinsi Sulawesi Tenggara yang dikenal popularitas-nya karena banyak terdapat banyak pilihan destinasi wisata.

Salah satunya adalah Pantai Taipa yang berada di Kecamatan Lembo yang merupakan destinasi wisata bahari unggulan Provinsi Sulawesi Tenggara.

Pantai Taipa ini merupakan pantai favorit bagi wisatawan serta penduduk lokal. Pantai ini menawarkan keindahan yang masih murni dan nuansa pantai yang nyaman, mirip dengan Pantai Kuta yang ada di Bali.

Pantai ini tak kalah indahnya dengan pantai lainnya yang ada di Sulawesi Tenggara. Pantai ini merupakan salah satu pantai di balik pulau batu karang yang terletak di Kota Kendari, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi tenggara.

Harga Tiket Masuk Pantai Taipa

Tidak semua tempat wisata menetapkan tarif yang mahal untuk dapat menikmati keindahan alam pantainya. Banyak pantai yang menawarkan harga tiket terjangkau untuk para wisatawan.

Untuk dapat masuk ke kawasan Pantai Taipa ini Anda akan membayar harga tiket yang cukup bersahabat dimana Anda hanya perlu membayar sebesar Rp. 10.000 untuk bisa menikmati semua keindahan wisata alam Pantai.

Penambahan biaya terjadi apabila Anda menyewa fasilitas tertentu seperti penginapan atau menikmati ragam kuliner-nya yang menggoda lidah.

Namun tentu saja harga tiket diatas dapat berubah kapan saja tergantung pada pihak pengelola pantai. Pengelola juga tidak menentukan jam operasional pantai, yang berarti Anda bisa datang kapan saja.

Rute Menuju Pantai Taipa

Pantai Taipa Konawe Utara

Pantai Taipa berlokasi di Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara. Lokasinya sekitar 65 kilometer dari Kota Kendari menuju ke Pantai yang indah ini. J

Jarak tempuh ini tidaklah terlalu jauh karena akses dari pusat kota tersebut dapat ditempuh dengan banyak cara.

Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau beragam transportasi lainnya yang tersedia . Apabila Anda datang dari luar pulau atau dari luar kota Anda bisa menjadikan Bandara Wolter Mongisidi sebagai patokan-nya.

Setelah tiba di bandara Anda langsung bisa menuju ke Kota Kandari dengan transportasi yang tersedia. Perjalanan ke Pantai Taipa sendiri dari Kota Kendari  memakan waktu sekitar 1,5 jam saja.

Jalan masuk ke kawasan wisata ini berada di dekat jalan poros Kendari-Kelaka yang merupakan jalan darat utama menuju ke Kota Makasar. Rute menuju ke obyek wisata Pantai Taipa ini serasa naik turun.

Namun tidak perlu khawatir karena kondisi jalan sudah sangat baik hingga ke pintu gerbang. Setelah melewati perjalanan panjang rasa capek dan lelah akan segera terobati karena keindahan pantai yang sangat menyejukkan mata.

Obyek Wisata Pantai Taipa

Ada beragam penawaran wisata unik yang dapat Anda nikmati disini, salah satunya adalah hamparan pasir putihnya yang indah serta pemandangan Laut Banda yang terlihat memukau.

Anda dapat menikmati keindahan pemandangan serta melakukan berbagai aktivitas yang bisa Anda lakukan di obyek wisata Pantai Taipa ini. Aktivitas-aktivitas itu diantaranya:

1. Hamparan Pasir Putih

Pantai Taipa Kendari

Obyek wisata Pantai Taipa dikenal dengan pasir putihnya yang indah dan memiliki tekstur yang nyaman sehingga Anda dapat melakukan aktivitas berjalan kaki disepanjang bibir pantai tanpa takut terluka.

Garis pantai memiliki luas sepanjang 3 kilometer sehingga Anda dapat dengan leluasa menjelajahi  area pantainya. Selain itu Anda dapat dengan aman bermain pasir bersama dengan keluarga dan anak-anak.

Bermain istana atau benteng dari pasir atau permainan pasir lainnya akan menjadi kegiatan yang menyenangkan di Pantai Taipa ini.

2. Burung Maleo

Burung Maleo Di Pantai Taipa

Daya tarik obyek wisata Pantai Taipa lainnya adalah keberadaan Burung Maleo. Jika beruntung bahkan Anda bisa secara langsung menyaksikan burung-burung ini bertelur di atas pasir.

Burung Maleo sendiri dianggap sebagai burung endemik di Provinsi Sulawesi sehingga dapat disaksikan dengan mudah di wilayah Sulawesi. Ukuran burung-nya sendiri setara dengan ayam betina, alih-alih mengerami telur-nya, Burung Maleo akan mengubur telurnya di pasir.

Dan salah satu lokasi favorit mereka adalah Pantai Taipa karena tekstur pasir-nya yang aman dan juga hangat. Ada satu peraturan yang harus Anda patuhi yaitu dilarang untuk merusak telur-nya karena akan merusak populasi Burug Maleo.

3. Berenang dan Bermain Air

Wisata Pantai Taipa

Belum lengkap rasanya jika ke pantai tidak melakukan aktivitas air seperti  bermain dan juga berenang. Namun jangan khawatir karena Pantai Taipa di Kendari ini cukup aman untuk berenang dan bermain air di tepian-nya.

Hal ini merupakan kegiatan favorit yang dilakukan wisatawan di pantai ini. Selain gelombang yang tenang juga karena laut-nya yang cukup landai.

4. Menikmati Sunset dan Sunrise

Sunset Di Pantai Taipa

Belum lengkap kiranya apabila kita datang ke pantai tidak menyaksikan momen sunset dan juga sunrise.

Pantai Taipa merupakan destinasi wisata yang tepat untuk momen keduanya, bahkan momen sunrise serasa lebih spesial dan indah di pantai ini.

5. Mendaki Tebing

Tebing Di Pantai Taipa

Di Pantai Taipa yang berada di Konawe Utara ini juga terdapat tebing dan juga bukit yang dapat didaki bagi wisatawan yang memiliki jiwa petualang. Dimana pada puncak bukit tersebut Anda dapat menemukan gua kelelawar.

Dari atas bukit tersebut Anda akan melihat pemandangan pantai yang memukau, dan bukan hanya Pantai ini melainkan pantai-pantai lain yang ada di sekitarnya. Kelelahan setelah tracking ke atas bukit akan terbayar-kan dengan sajian pemandangan yang indah.

6. Cottage dan Pendopo

Pantai Tanjung Taipa

Apabila Anda berniat bermalam di kawasan Pantai Taipa maka telah disiapkan cottage serta pendopo. Biaya penyewaan cottage adalah sebesar Rp 500.000, sedangkan untuk menyewa pendopo adalah sebesar Rp 100.000.

7. Goa Golo Oti

Ada lagi sebuah tempat yang menarik di Pantai Taipa ini yaitu keberadaan Gua Golo Oti, yang dalam bahasa setempat ‘Tolo Ati’ yang berati arus kering. Di dalam gua tersebut terdapat makam tokoh yang bernama Lasanama.

Sebagian dari warga Tanjung Taipa menganggap makam ini sebagai makam keramat.

8. Wisata Kuliner

Anda dapat menikmati beragam menu sajian seafood di Pantai ini. Di tempat ini pula  terdapat makanan khas Sulawesi  yang bernama Gogos. Dimana Anda wajib mencobanya sambil mencicipi menu khas lainnya yang tersedia di pantai ini.

Fasilitas di Pantai Taipa

Bagi Anda yang ingin sekedar bersantai, Anda dapat menggelar tikar sembari mengobrol dan menikmati pemandangan alamnya. Di kawasan sekitar pantai juga banyak tersebar gazebo yang bisa Anda manfaatkan untuk tempat bersantai.

Selain gazebo obyek wisata Pantai Taipa di Kendari ini bisa dibilang masih minim fasilitas pendukung namun fasilitas seperti toilet, kamar mandi bahkan tempat peribadatan seperti musholla telah tersedia di tempat ini.

Pengelola dalam beberapa tahun terakhir ini bahkan melakukan penambahan fasilitas umum berupa bangunan pendopo, gazebo bahkan cottage. Dan bagi Anda yang hobi dengan kuliner Anda dapat menikmati sajian menu khas seafood yang tersedia tak jauh dari pantai ini.

Lebih jauh masih perlu ditingkatkan mengenai sarana dan prasarana di Pantai Taipa ini.

Jika Anda berkunjung ke Konawe Utara, Anda dapat mengunjungi pantai Taipa ini atau Pantai lainnya seperti Pantai Toronipa yang juga memiliki pemandangan yang indah.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Taipa di Kendari ini. Semoga menambah wawasan bagi Anda yang sedang mencari referensi tempat untuk berlibur di akhir pekan nanti

13 Ulasan untuk Pantai Taipa, Konawe, Sulawesi Tenggara

  1. Indah.. Cocok tuk rekreasi kapanpun

  2. Pantai yang sunyi dan menenangkan. Bisa berenang di pantai karena ada area yang visa digunakan tidak terlalu dalam. Biaya masuk gratis. Sayangnya pantai tidak diurus. Gubuk-gubuk tempat makan tutup dan tidak beroperasi. Sarana dan prasarana air bersih dan toilet sangat minim. Tapi, untuk sekadar hangout menikmati pantai cukup bagus.

  3. Indah tapi jauh

  4. Lokasi pantai dengan view dan pasir yang sangat baik, wisata pantai dengan pemandangan yang bagus, dengan pantai yang bersih baik bersama keluarga anda, dengan fasilitas di lokasi point rate 1

  5. Wawww pemandangan yg sgt indah 😍😍😍

  6. Sangat indah

  7. Cukup nyaman untuk perjalanan dengan keluarga. Namun banyak kois yang tidak buka jika datang tidak di hari libur atau musim liburan

  8. Pantaix bagus..bnyak ppohonan dtepianx..tapi syang bnyak sampah..

  9. Bagus… hanya saja jauh dari kota dan fasilitas mesti ditingkatkan lagi baik dari segi kuantitas maupun kualitas

  10. Di kabupaten Konawe Utara. Sudah mengalami banyak perbaikan da tempatnya sangat di rekomendasikan untuk berlibur bersama teman atau keluarga

  11. Bersih, ada tanjung, ombak nya bagus untuk belajar berselancar

  12. lumayan pantainya..

  13. Pantai Taipa Konut Sultra. Walaupun sepi tapi lumayan segar dan bersih ketika cuaca cerah. Pasir putih sepanjang kira2 1.5km, banyak gasebo tersedia. Jln masuk sudah aspal hingga bibir pantai. Sedikit kotor oleh binatang peliharaan kambing dan sapi

Tinggalkan Balasan