Pantai Toronipa

Pantai Toronipa, Konawe, Sulawesi Tenggara

Unnamed Road,, Toronipa, Soropia, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara 93351, Indonesia, Konawe, Sulawesi Tenggara

26 Ulasan

Jika berkunjung ke Sulawesi Tenggara, salah satu pantai yang paling direkomendasikan untuk dijelajahi adalah Pantai Toronipa. Pantai ini terletak di Kabupaten Konawe. Keunikan dari pantai ini adalah letaknya yang begitu strategis yakni diujung timur teluk yang mengapit Kota Kendari, Ibu Kota Sulawesi Tenggara. Pantai ini membentang sepanjang 4 km langsung menghadap ke Laut Banda yang luas dan indah.

Asal muasal kata Toronipa sendiri berasal dari bahasa daerah setempat yakni bahasa bugis yakni “toro” dan “nipa”. Toronipa berarti pohon nipa lentur dimana pohon nipa inilah  tumbuh disepanjang pantai Toronipa. Selain jajaran pohon yang menambah kesan unik dari pantai ini, dengan adanya pohon tersebut suasana pantai menjadi semakin sejuk dan sangat nyaman untuk bersantai bersama keluarga.

Harga Tiket Masuk Pantai Toronipa

Untuk dapat menikmati pesona Pantai Toronipa sebenarnya tergantung pada kendaraan yang digunakan serta hari apa Anda berkunjung. Pada hari weekdays (senin-jumat) untuk satu unit sepeda motor dikenakan biaya karcis sebesar Rp 5000-, dan mobil Rp 10.000-,. Namun jika Anda berkunjung pada hari weekend (sabtu-minggu) biasanya akan dikenakan biaya karcis lebih tinggi dari weekdays.

Untuk satu unit mobil beserta penumpang yang masuk ke pantai Toronipa pada hari weekend dikenakan baya karcis dan parkir sebesar Rp 30.000-,. Jadi bagi pengunjung yang ini menikmati pesona Pantai Toronipa menggunakan kendaraan besar, sangat direkomendasikan bersama keluarga atau sahabat karena dapat menghemat biaya masuk. Pada kondisi tertentu, biaya masuk akan dihitung per orang.

Rute Menuju Lokasi Pantai Toronipa

Rute menuju Pantai Toronipa bisa dikatakan cukup mudah karena pantai ini memiliki jarak yang cukup dekat dengan kota lama Kendari. Dibutuhkan waktu skeitar 30 menit saja dari pusat kota Kendari menggunakan kendaraan. Bagi yang datang dari Kota Kendari, cukup melewati jalan raya Edi Sabara lurus ke timur sampai jalan Ir. H. Alala diakhiri pada Jalan Pembangunan.

Dari Jalan Pembangunan, diteruskan menuju Jalan R.E Martadinata lurus sampai menemukan beberapa simbol atau tanda jalan yangmengarahkan menuju Pantai Toronipa. Di sepanjang perjalanan, pengunjung akan melewati beberapa destinasi wisata seperti Desa Bokori yang menyajikan keindahan alam dan hamparan pantai dari atas desa ini. Pengunjung juga akan melewati jajanan kaki lima sepanjang jalan.

Obyek Wisata di Pantai Toronipa

1. Pasir Putih

Berkunjung ke pantai pastinya kita selalu menginginkan pantai dengan pasir putih dan bersih. Pantai Toronipe merupakan destinasi wisata yang wajib dituju jika menginginkan pasir putih. Pasir putih Pantai Toronipa membentang sepanjang 4 km mengikuti bibir pantai. Warna putih dan bersih berpadu indah dengan  birunya air laut serta jajaran terumbu karang berwarna warni yang memanjakan mata.

Pasir putih dan halus ini sangat nyaman digunakan untuk beraktifitas seperti berjemur, bermain voli pantai, bermain pasir dan lainnya. Pasir pantai ini sangat ramah anak sehingga bagi pengunjung yang ingin membawa serta anak-anak sangat direkomendasikan. Pasir putih Pantai Toronipa tidak menyebabkan alergi pada kulit  dan tidak mudah tertelan atau masuk ke dalam tubuh  anak.

2. Air Laut yang Bersih dan Jernih

Bila dilihat dari ketinggian atau kejauhan akan tampak gradasi yang sangat indah pada laut Pantai Toronipa. Gradasi warna tersebut dikarenakan adanya alga yang bervariasi yang tumbuh didalam air laut. Namun, jika dilihat lebih dekat, air pantai Toronipa sangat jernih dan bersih. Tentunya air pantai sangat aman bagi pengunjung yang ingin bermain air dan atau berenang di Pantai Toronipa.

Bagi yang membawa anak-anak pastikan untuk berenang ketika sore hari saat air laut surut  dan ombak tidak terlalu keras agar lebih aman. Air yang  jernih tersebut membuat isi laut seperti pasir di dasar pantai, terumbu karang, rumput laut, maupun ikan-ikan kecil yang berenang tampak jelas dari permukaan air laut. Ditambah lagi corak terumbu karang pantai Toronipa terkenal bervariasi dan beragam.

3. Jajaran Pepohonan yang Unik Dan Rindang

Sesuai dengan namanya dalam bahasa bugis yang berarti pohon nipa lentur, pantai Toronipa memang dipenuhi oleh pepohonan disebagian besar bibir pantainya, khususnya pohon cemara. Pepohonan ini membuat pantai tampak sangat rindang dan udara sejuk. Pantai sangat nyaman dikunjungi kapan saja karena pengunjung bisa menggunakan pepohonan untuk berteduh jika cuaca sedang terik.

Dibawah pepohonan seringkali dijadikan lokasi piknik keluarga. Dengan menggelar tikar menghadap pantai ditemani dengan beberapa camilan. Makan siang dibawah pohon pantai Tonipa akan sangat berkesan. Pepohonan tersebut juga sangat indah digunakan sebagai background photo. Pastikan untuk tidak melewati sesi photo sebagai kenang-kenangan telah mengunjungi pantai Toronipa.

4. Terumbu Karang dan Kerang Laut

Ketika air laut pantai Toronipa surut, pengunjung dapat menyaksikan jajaran terumbu karang dengan mata telanjang. Beragamnya terumbu karang pada pantai ini begitu indah karena klestariannya masih terjaga dengan sempurna baik oleh pengelola maupun warga sekitar. Pengunjung bisa membawa terumbu karang unik dengan syarat tidak merusak alam dan membawa seperlunya saja untuk hiasan.

Pada sore hari, pengunjung akanmenyaksikan warga sekitar mulai berdatangan mencari kerang laut atau yang disebut pokea. Pengunjung juga bisa turut serta mencari kerang laut bersama warga. Warga yang mencari kerang laut tidak menggunakan peralatan yang membahayakan makhluk laut lain atau tidak merusak ekosistem laut sehingga aman dan kelestarian Pantai Toronipa tetap terjaga dan alami.

5. Banana Boat

Bagi pengunjung yang ingin sensasi berbeda dengan menjelajahi permukaan pantai Toronipa, menyewa banana boatakan terasa mengasyikkan. Dengan merogoh uang sebesar Rp. 35.000-, per orang, pengunjung akan diajak berkeliling sekitar Pantai Toronipa selama sekitar 10-15 menit menggunakan banana boat yang dapat memacu adrenalin. Tampak bibir Pantai Toronipa sangat indah dari kejauhan.

Menggunakan fasilitas babana boat cukup aman karena dipandu oleh operator yang berpengalaman. Pengunjung akan diberikan arahan serta dijelaskan mengenai peraturan yang tidak boleh dilakukan selama banana boat beroperasi. Setelah itu, pengunjung akan diberikan jaket pelampung untuk keselamatan. Namun tidak perlu khawatir karena banana boat hanya beroperasi di sekitar bibir pantai.

6. Sunrise

Bagi pengunjung yang ingin menikmati matahari terbit, tidak ada salahnya untuk menyaksikan sang surya terbit dari Pantai Toronipa. Karena Pantai Toronipa langsung menghadap ke timur maka, posisi pantai ini sangat strategis menanti matahari terbit. Untuk menikmati sunrise, pengunjung harus datang lebih awal agar tidak ketinggalan. Jika tidak ingin tergesa, bisa menyewa penginapan terdekat dengan pantai.

Setelah menikmati matahari terbit, pastikan untuk tidak tergesa pulang karena pengunjung tidak boleh melewatkan nikmatnya suasana pagi yang cerah di Pantai Toronipa. Pasirnya yang lembut dan putih sangat cocok digunakan untuk beraktivitas dipagi hari seperti olah raga atau sekadar berjalan menelusuri bibir pantai. Udara yang segar dan bersih dipagi hari pantai Toronipa sangat menyehatkan.

7. Fasilitas Toilet, Bilas dan Gazebo

Dengan adanya fasilitas toilet dan ruang bilas ini menjadikan pengunjung semakin nyaman.  Toilet dan ruang bilas ini disediakan sendiri oleh pengelola atau dikelola oleh warga setempat. Ruang bilasnya cukup nyaman bagi yang ingin membersihkan diri setelah puas bermain air dan pasir pantai Toronipe. Toilet yang disediakan pun bersih dan tertata sehingga sangat nyaman bagi pengunjung segala usia.

Pengelola menyediakan beberapa gazebo bagi pengunjung. Gazebo yang menghadap ke pantai sangat nyaman digunakan untuk beristirahat terlebih bagi pengunjung yang datang dari jauh. Hembusan angin dan irama deburan ombak pantai Toronipa akan membuat istirahat pengunjung semakin asyik. Gazebo bisa digunakan untuk tidur maupun sebagai tempat sersantap bersama keluarga atau rombongan.

8. Wisata Kuliner

Bagi pengunjung yang tidak ingin direpotkan dengan membawa makanan dari rumah atau ingin menikmati wisata kuliner daerah konawe, pastikan untuk tidak ketinggalan mencicipi makanan khas pantai Toronipa. Disepanjang Pantai Toronipa, warga menjajakan makanan baik makanan khas maupun camilan. Makanan khas yang ditawarkan adalah  sate pokea, gogos yang lezat, dan es krim waffle.

Sate pokea merupakan sate kerang laut dengan bumbu kacang yang pedas. Rasa kerangyang manis berpadu dengan gurihnya bumbu kacang khas Toronipa membuat pengunjung tidak dapat melewati berburu sate pokea. Sedangkan gogos merupakan makanan khas Makasar yang  disajikan hangat dijual di sepanjang pantai Toronipa ini mirip seperti lemper dengan berbagai isian yang menggugah selera.

Tidak lupa pula disediakan seafood yang terdiri dari hasil tangkapan warga sekitar Pantai Toronipa. Ikan bakar yang segar dengan bumbu khas Toronipa sangat direkomendasikan sebagai lauk sarapan atau makan siang yang sempurna. Semilir angin serta nikmatnya ikan bakar Toronipa beserta rempah khas Sulawesi tenggara dijamin dapat membuat pengunjung tidak dapat melupakan nikmat serta kelezatannya

9. Penginapan

Disekita pantai Toronipa terdapat beragam penginapan mulai dari hotel, homestay, ataupun wisma yang dapat disewa oleh pengunjung. Penginapan sendiri merupakan penginapan milik warga sekitar sehingga aman bagi pengunjung maupun wisatawan mancanegara. Penginapan akan dibutuhkan bila pengunjung ingin menikmati pantai Toronipa dalam beberapa hari terutama menyaksikan matahari terbit dipagi hari.

Bagi Anda yang berlibur atau sekedar mengunjungi Sulawesi Tenggara, pastikan untuk tidak melewati pesona Pantai Toronipa dengan keindahan alam yang menakjubkan serta  memanjakan mata dan pikiran. Dan masih banyak lagi destinasi wisata alam yang dapat dikunjungi di Sulawesi Tenggara. Bila berkunjung ke Pantai Toronipa, pastikan  untuk menjaga kelestarian alam dan  tidak mengotori pantai.

26 Ulasan untuk Pantai Toronipa, Konawe, Sulawesi Tenggara

  1. Banyak potensi alam yang di bisa digali, trus pantainya indah punya banyak kenangan. Seruuu bangat deehh. Tapi sayangnya jauh perjalanannya

  2. Masih banyak org yg gak Sadar kebersihan. Buang sampah sembarangan sampe di lautnya jg.. -_-

  3. Karna di pantai toronipa tersedia banyak air tawar☺ jadi kami tidak ragu untuk mandi di pantaiii krna kami tau ada bnyak air tawar yg bisa qta gunakan untuk mmbersihkan badan😍👍

  4. Pantai paling ujung dr kota kendari ini sangat wajib dikunjungi jika anda berkunjung di kota kendari ini.pasirnya yang putih,serta pantainya yang mempunyai karakter khusus karna merupakan pantai yang sangat sangat panjang.. Cobalah berkunjung dihari libur,kamu aman disuguhkan keramaian yang luar biasa,ada juga persewaan banana boot.

  5. Pasir putih.. Banyak pohon kelapa.. Bersih dan banyak fasilitas WC.. Banyak bintang laut beserta hewan laut lain yang bagus untuk edukasi buat anak anak.

  6. Pantai toronipa yang terletak sedikit jauh dari kota kendari. Apabila ditempuh menggunakan mobil bisa memakan waktu hampit 2 jam., jika menggunakan motor mungkin bisa sekitar 1,5 jam. Pantai ini sangat luas. Mulai dari arah pintu masuk hingga sampai ujung. Banyak tempat-tempat berteduh yang disediakan. Biasa disebut dengan Gazebo, setiap gazebo yang ada tidak gratis, biasa disewakan minimal 50 rb per gazebo hingga ada yang mencapai 100 rb. Selain gazebo ada juga terdapat vila yang disewakan khusus untuk orang yang ingin bermalam.

  7. Pantai memiliki air yang jernih, lingkungan juga sangat bersih. Banyak pohon rindang jadi sejuk. Disana kita bisa menyewa pendopo dengan harga kurang lebih 150rb. Jika datang sore hari, harga sewa hanya 50rb.

  8. Baguussss….. tp panas klo siang.. WC nya masih kurang memadai… Perlu ditingkatkan lagi

  9. Salah satu wisata pantai di kendari-sultra yg lmayan bagus uuntuk kalian kunjungi gaes

  10. Pantai yg indah..namun sayang, pengelola dan pengunjung tidak begitu peduli dgn sampah di pesisir pantai 😖

  11. jauh ki sakit jg kita duduk baru sampai cak…wkwwk.. terbaiklah pantai toronipa, sarannya kebersihannya dan fasilitasnya ditambah lagi.

  12. Lokasi wisata ini terletak di Tanjung Toronipa, di pesisir pantai – dihiasi hamparan pasir putih yang cukup panjang dan indah dengan pepohonan yang rindang dan banyak pohon kelapa.. . Lokasi ini semula merupakan bagian dari kota Kendari, tetapi setelah ada pemekaran wilayah, tempat wisata ini masuk ke dalam kabupaten Konawe.. . Terletak di Kabupaten Konawe di ujung timur salah satu teluk yang mengapit, ibu kota Sulawesi Tenggara, Pantai Toronipa adalah tempat santai yang indah yang menghadap ke Laut Banda yang indah. Toronipa sendiri berasal dari kata Bugis “toro nipa” yang berarti “pohon nipa lentur” yang menghiasi sebagian besar pantai.. . Pantai ini memiliki sekitar 4 km pantai berpasir putih yang membentang tanpa henti di seluruh teluk. Luasnya hamparan pasir lembut yang bisa menampung sejumlah besar pengunjung mungkin adalah alasan mengapa Toronipa menjadi favorit Pantai Kendari terutama pada akhir pekan.. . Ini adalah pantai yang sempurna untuk semua anggota keluarga. Dengan hamparan pasir putih yang melebar luas, membangun istana pasir, bermain bola voli pantai, sepak bola pantai, dan aktivitas menyenangkan lainnya di pasir pasti akan menjadi pengalaman yang mengasyikkan.. . Bagi mereka yang menginginkan sedikit aksi mendebarkan, ada sejumlah operator banana boat yang siap memberi Anda sedikit percikan kegembiraan.

  13. Sampah plastik semakin banyak. Butuh kepedulian semua pihak..

  14. Pantai nya bagus hanya sayang kurang pengolahan untuk di bersihkan, banyak banget sampah berserakan baik di pinggir pantai maupun di daratnya sendiri

  15. Sebenernya bagus, tapi kotor, banyak sampah plastik, salah satu ciri khas tempat wisata yang tidak di kelola dengan baik,..sampah plastik, sampah plastik, sampah palstik….

  16. Pantainya asik pemandangannya jga menarik banyak gazebo jadi bisa di pakai buat kumpul keluarga dan kerabat.

  17. Tempat rekreasi keluarga ,outing karyawan dan permandian umum dengan beberapa wahana (banana boot )

  18. Mantap pantainya indah dan ada wahana banana boat nya

  19. Tempat nya yang bersih seolah ingin berlama lama disini

  20. Lokasi mudah diakses dari kota kendari,walaupun akses jalan sebagian msh berlubang.tapi pantainya layak untuk dikunjungi

  21. Pantainya Indah.. laut yg jernih.. sangat nyaman utk bersantai

  22. Toronipa itu luaas banget tergantung kita pilih bagian mna, tpi kemaren yg kita pilih baguus sampahnya ga banyak terus ada ayunannya bagus banana bootnya bagus banget seru buat lupa uang yg keluar😂 untuk banana boot 15-20k gazebonya 100k uang masuk motor 10k mobil 15-20k,, bagus deh👍

  23. Pantai ini tidak terlalu jauh dari kendari, ya ga nyampe sejam lah kalo dr kendari… cuma akses kesana agak sulit karena tidak ada angkutan umum (cmiiw) serta jalannya sempit dan banyak yang rusak…. . Cuma ga kecewa sih kalo dah sampe pantai ini… Pemandangannya bagus, airnya juga terlihat jernih… Hanya saja fasilitas yang ada disini kurang oke… Toilet sih ada, cm kalo mau pake toiletnya, kita mesti beli air yang dijual per jerigen sama masyarakat sekitar…. . Disini ada yang nyewain ban buat berenang, gazebo ada juga kalo mau nyewa (kalo ga salah sih ga sampe 100rb, cm lupa berapanya), tiker juga ada sih yg nyewain… Kalo pedagang, paling cm ada kelontongan sm tukang pop ice dan kelapa muda… Kalo makanan keknya setau sy sedikit sih yg jual, jadi mendingan bawa bekal… Trus jg ga ada yg jualan baju, jadi jangan lupa bawa baju ganti kalo mau maen air… Oiya, buat masuk pantai ini ada retribusinya, cm lupaa berapanya tp ga mahal kok…

  24. Salah satu pantai yang berada di Kabupaten Konawe. Waktu tempuh kurang lebih 1 jam dari pusat kota… . Pantai pasir putih dan di lengkapi dengan beberapa fasilitas permainan yang menarik seperti banana boat..

  25. Pantai santai. . Tempat bersantai bersama keluarga maupun teman dan sahabat. . . Berjarak, Sekitar 1 jam perjalanan dari kota kendari, menyusuri jalan berkelok yang sedikit sempit untuk berpapasan kendaraan. Semua-nya impas saat tiba di lokasi.. . Pasir kuning di pantai yang landai, bisa buat berlalri dan bermain bola bersama keluarga, tapi kudu hati-hati dengan karang-karang kecil yang cukup tajam.. . Ombak yang tenang, air dan dasar pantai yang cukup bersih. Walau tak ada pemandangan bawah laut yang cocok untuk snorkling, tapi cukuplah untuk relaksasi denga berenang dan mengapung.. . Sayangnya, banyak sampah di bibir pantai. Perlu sedikit kepedulian bagi pengunjung, pengelola dan warga sekitar menjaga kebersihan.. . Gazebo-gazebo yang di sewakan cukup terawat. . . Fasilitas pendukung seperti toilet dan kamar mandi yang disiapkan oleh warga sekitar cukup baik. cukup dengan membayar harga shampo dan sabin, pengunjung bisa membilas badan sampai bersih dan luas dengan air tawar. Warung-warung milik warga, menjadi pelengkap pantai uang cukup dikelola dengan baik.. . Ada banana boat dan sledding boat yang di sewakan bagi pengunjung. Menjadi atraksi tersendiri bagi pengunjung. Lumayan untuk sedikit memicu peningkatan adrenalin.. . Sayangnya lagi, tidak didukung sarana ibadah yang baik. Hanya ada mushalla kecil yang butuh antri dalam penggunaanya, walaupun jumlah pengunjung di pantai tidak terlalu banyak.. . Saat ini, sepertinya pemerintah membangun jalan yang cukup lebar untuk akses ke pantai ini. Semoga makin mempermudah bagi masyarakat dalam memanfaatkannya.

  26. Lumayan dekat dari kota Kendari hnya 1 jam perjalanan, ya meskipun jalanan yg masih terbilang blum rata dibeberapa bagian tapi cukup nyaman untuk dilalui kendaraan

Tinggalkan Balasan