Pantai Nambo

Pantai Nambo

Desa Nambo, Kecamatan Abeli, Kabupaten Kendari, Sulawesi Tenggara 93236, Indonesia.

14 Ulasan

Indonesia merupakan negara kepulauan dimana setiap pulau menawarkan keindahan pada dataran tinggi dan juga dataran rendahnya. Dataran tinggi di Indonesia menyimpan banyak keindahan pada gunung serta hutan-nya, sementara di dataran rendah keindahan banyak terdapat pada pantainya.

Dan salah satu dataran rendah yang menyimpan keindahan wisata bahari-nya terdapat di Sulawesi Tenggara. Sebagai informasi bahwa wilayah Sulawesi Tenggara telah dikenal akan keindahan laut-nya terutama alam bawah laut.

Dan kali Anda akan diajak menjelajahi ke suatu wilayah destinasi wisata bahari dengan keindahan pantainya yang tak memukau yaitu Pantai Nambo.

Pantai Nambo

Pantai Nambo

Kota Kendari memiliki sebuah tempat favorit yang seringkali dikunjungi wisatawan. Tempat tersebut adalah Pantai Nambo yang merupakan obyek wisata yang menarik dan juga memukau.

Lokasi Pantai Nambo sendiri terletak di Kelurahan Nambo, Kecamatan Abeli, Kabupaten Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara yang berjarak 12 kilometer dari pusat Kota Kendari. Pantai ini belum dikenal secara luas dan masih dikunjungi dikalangan masyarakat lokal saja.

Namun justru hal itulah yang menjadikan kawasan wisata ini sangat cocok untuk disinggahi. Hamparan pasir putih yang membentang, udara yang sejuk serta suasana yang tenang semakin menambah daya tarik Pantai Nambo ini.

Harga TiketĀ  Masuk Pantai Nambo

Untuk dapat memasuki kawasan wisata Pantai Nambo ini, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, Anda hanya perlu membayar biaya tiket sebesar Rp 10.000 untuk orang dewasa dan Rp 5.000 harga tiket untuk anak-anak.

Dan untuk biaya parkir, Anda hanya perlu membayar sebesar Rp 10.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 20.000 untuk kendaraan roda empat.

Rute Menuju Lokasi Pantai Nambo

Rute Pantai Nambo

Ada dua cara untuk bisa sampai ke tempat ini yakni melewati jalur darat dan juga udara. Jalur udara diperuntukkan bagi Anda yang berada diluar pulau Sulawesi.

Setelah Anda sampai di Kota Kendari, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan mobil atau kendaraan umum lainnya untuk sampai ke Pantai Nambo ini.

Pantai Nambo memiliki jarak yang cukup dekat dengan Bandar Udara Wolter Monginsidi. Apabila Anda menggunakan angkutan roda empat Anda akan membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit untuk sampai di lokasi wisata ini.

Di sepanjang perjalanan menuju pantai Anda akan melewati spot wisata lain yang tidak kalah canti-knya. Spot cantik tersebut adalah Jembatan Kuning arah Bungkutoko dan juga Ruang Terbuka Hijau.

Sedangkan apabila Anda mengakses-nya dari Pelabuhan Kendari Anda bisa menggunakanĀ  perahu tradisional. Anda bisa mengakses pantai ini kapanpun Anda mau karena pantai ini terbuka selama 24 jam penuh.

Obyek Wisata Pantai Nambo

Pantai Nambo merupakan salah satu obyek wisata milik pemerintah Kota KendariĀ  yang terletakĀ  di bagian timur Kota Lulo. Kata nambo sendiri menurut masyarakat lokal berati ‘Pantai Bagus’.

Pantai Nambo menurut cerita pada awalnya merupakan hutan bakau yang sangat lebat, yang kemudian ada seorang pengusaha bakau yang membuka kawasan Pantai tersebut menjadi tempat wisata yang hingga sekarang ramai dikunjungi wisatawan.

Hamparan pasir yang membentang sekitarĀ 300 meter yang didukung kondisi air lautĀ  yang jernih serta ombak-nya yang tenang menjadikan tempat wisata ini menjadi kawasan wisata masyarakat Kota Kendari.

Wisata Pantai Nambo dengan wajah baru kini keindahannya semakin terlihat indah. Saat Anda sampai di gerbang obyek wisata Pantai Nambo, Anda akan disambut dengan bangunan rumah adat suku Tolaki.

Anda bisa melakukan banyak aktivitas dan menikmati obyek wisata di kawasan pantai Nambo ini, diantaranya:

1. Pemandangan Pantai

Pantai Nambo Kendari

Pantai Nambo merupakan sebuah pantai yang landai dengan hamparan pasir putihnya sepanjang kurang lebih 300 meter.

Di sepanjang Pantai ini terdapat bongkahan batu karang yang besar sehingga para wisatawan dapat dengan leluasa melihat garis horizon panjang yang mempertemukan langit dan lautan.

Selain itu memiliki gradasi warna laut yang sangat cantik. Gradasi warna tersebut yakni perpaduan antara warna biru dan kehijauan yang sangat menakjubkan.

Pemandangan indah lainnya adalah adanya barisan pepohonan yang berjejer rapi yang berdiri di sepanjang tepi pantai. Pohon-pohon tersebut juga dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk berteduh disaat terik matahari menyapa kawasan pantai.

Buah pada pohon tersebut bahkan dimanfaatkan oleh penduduk setempat dijual kepada para wisatawan untuk mengobati rasa dahaga.

2. Sunrise dan Sunset

Sunset Di Pantai Nambo

Anda dapat menikmati momen terbitnya matahari di ufuk timur atau momen terbenam-nya matahari di Pantai ini. Keindahan siluet-nya di pagi dan sore hari bisa menjadi background yang eksotis untuk Anda yang hobi Photography.

Momen warna langit yang kuning keemasan dipadukan dengan warna jingga yang sangat indah membuat panorama langit sangat luar biasa.

3. Berenang dan Bermain Pasir

Wisata Pantai Nambo

Permukaan air laut-nya yang tenang serta kondisi pantai yang cukup landai menjadikan Pantai Nambo ini sangat cocok untuk dijadikan tempat berenang.

Air yang jernih dan juga segar akan membuat Anda untuk betah walau hanya sekedar bermain air atau berenang di pantai ini.

Hamparan pasir yang membentang merupakan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan di Pantai Nambo ini. Anda dapat melakukan beragam kegiatan bermain pasir seperti membuat istana pasir, bermain voli atau sekedar bersantai dengan berjemur di tepian pantainya.

4. Hunting Foto

Pantai Nambo Kota Kendari

Kegiatan yang satu ini pasti sayang sekaliĀ  untuk Anda lewatkan saat berkunjung ke tempat wisata yang instagramable. Dapatkan spot-spot menarik dengan berlatar belakang panorama indah Pantai Nambo yang memukau.

Biru-nya laut dengan hamparan pasir putih merupakan background yang sempurna. Ada juga spot foto berupa lukisan besar Pantai Nambo dan juga spot-spot menarik lainnya.

5. Snorkeling

Snorkeling Di Pantai Nambo

Keindahan bawah laut Sulawesi Tenggara tidak diragukan lagi, begitu juga keindahan di Pantai ini. Anda dapat melakukan aktivitas snorkeling untuk bisa melihat keindahan terumbu karang, biota laut serta keindahan terumbu karang di perairan Pantai ini.

Warna air laut-nya yang biru berpadu hijau yang cantik disertai airnya yang jernih menandakan bahwa terdapat banyak hewan yang tinggal di habitat Pantai Nambo ini.

6. Camping

Camping Di Pantai Nambo

Apabila Anda ingin menginap di pantai dengan menikmati suasana alamnya maka berkemah adalah jawabannya. Dengan tekstur pasir putihnya membuat kegiatan berkemah ini akan lebih mudah dilakukan.

Anda bisa camping di Pantai Nambo dengan menikmati suasana Pantai di malam hari sembari menunggu momen terbitnya fajar di pagi hari.

Fasilitas di Pantai Nambo

Konsep pembangunan gazebo sendiri melambangkan ciri khas kesatuan suku-suku di wilayah Kendari. Tarif untuk penyewaan gazebo sendiri dipatok dengan harga sekitar Rp 100.000.

Fasilitas pendukung yang tersedia di obyek wisata Pantai Nambo-pun sudah tertata rapi di lengkapi dengan area parkir yang luas dan juga penunjuk arah untuk para wisatawan agar tidak tersesat.

Fasilitas lainnya adalah tersedia-nya toilet serta warung-warung makanan yang tersebar di sekitar pantai sehingga Anda tak perlu khawatir akan lapar dan haus saat berkunjung ke pantai ini.

Apabila Anda ingin menginap di Pantai Nambo ini maka telah tersedia penginapan-penginapan yang berada di sekitar pantai. Penginapan-penginapan tersebut dibanderol dengan harga yang sesuai dengan budget Anda.

Tersedia juga panggung hiburan dan juga gedung pertemuan dimana Pantai ini selalu mengadakan Festival Pantai Nambo.

Dana yang masuk ke pantai ini nantinya akan digunakan sebagai biaya pemeliharaan pantai baik dari segi penataan pantai atau kebersihan. Karena kedepan-nya akan ada penambahan fasilitas atau bangunan baru.

Jika Anda sedang berkunjung ke Kendari, jangan lupa untuk singgah ke pantai-pantai yang ada di sekitarnya. Misalnya ke pantai Nambo ini atau ke pantai Lakeba atau pantai Kaluku.

Dengan banyaknya aktivitas menarik yang ada di Pantai ini, maka tidak heran jika wisata Pantai Nambo ini layak untuk dijadikan destinasi wisata liburan Anda selanjutnya bersama keluarga dan juga orang terkasih.

14 Ulasan untuk Pantai Nambo, Kendari, Sulawesi Tenggara

  1. Pantai Nambo dengan kenangannyašŸ˜ŠšŸ˜Ž. 19 Juli 2008 perdana rekreasi bersama keluarga besar Perumnas Cabang Sultra

  2. pantaix bersih…tertata rapi….suka

  3. Pernah liat pemandangannya…biasa aja

  4. Pantai di Sultra, perlu penataan kembali.

  5. Tempat liburan faforit

  6. lautnya teduh dan banyak batu kerikil kecil di pantai.

  7. Salah satu pantai yang mudah untuk di tempuh,

  8. Bagus buat bercengkrama dgn keluarga

  9. Tenang, teduh, anginnya kuat, namun sayang infrastrukturnya banyak yg sdh rusak

  10. Pantai Nambo salah satu destinasi terbaik yang ada di Kendari, anda wajib berkunjung jika anda ke Kendari

  11. Cocok untuk berlibur keluarga šŸŒžšŸ‘

  12. Pantai ini punya hamparan pasir putih yang membentang lebih dari 300 meter. Ombaknya tenang, airnya pun jernih.

  13. Maju terus pariwisata kota kendari, semoga nambo bisa jd destinasi wisata favorit

  14. Pantai terdekat dengan kota kendari tapi banyak sampah dan harus bayar kalau masuk

Tinggalkan Balasan