Pantai Talise

Pantai Talise

Desa Lolu, Kecamatan Palu Timur, Kota Palu, Sulawesi Tengah 94235, Indonesia.

11 Ulasan

Apabila Anda mempunyai rencana berlibur ke daerah Sulawesi Tengah, maka pastikkan bahwa Pantai Talise masuk ke dalam daftar destinasi wisata yang Anda kunjungi.

Karena jika tidak, maka Anda akan menyesal berkepanjangan. Pantai Talise merupakan tujuan wisata yang tepatnya berada di Kabupaten Palu, Sulawesi Tengah.

Pantai Talise adalah salah satu dari sekian banyak pantai yang menawarkan keindahan panorama alam yang sangat indah, hal ini akan membuat Anda merasa betahs serta nyaman untuk berlama-lama berwisata di pantai tersebut.

Sejarah Pantai Talise

Pantai Talise Palu

Pantai Talise Palu ini ternyata memiliki cerita unik. Menurut masyarakat setempat, dahulu kala disekitar pantai ini banyak terdapat pohon ketapang.

Bahkan Talise sendiri adalah sebuah kata yang diartikan dalam bahasa Kaili yang berarti Ketapang. Oleh karena itu, pantai ini diberi nama menjadi Pantai Talise.

Namun, terlepas dari hal itu kondisi Pantai Talise sudah banyak sekali para wisatawan baik lokal sampai mancanegara.

Harga Tiket Masuk Pantai Talise

Tidak semuanya tempat destinasi wisata menetapkan tarif yang begitu mahal untuk bisa menikmati keindahan pesona alam pantainya.

Banyak pantai yang menawarkan harga tiket terjangkau bagi para pengunjung baik lokal ataupun mancanegara.

Pantai Talise buka selama 7 hari dengan harga tiket masuk yang beragam tergantung Anda pada saat hari weekdays ataupun weekend.

Tarif yang harus Anda bayarkan untuk masuk ke tujuan wisata pantai ini sebesar Rp 5.000 per orangnya.

Penambahan biaya dapat terjadi jika Anda menyewa fasilitas yang disediakan di pantai tersebut seperti gazebo, penginapan ataupun menikmati beragam kuliner.

Rute Menuju Lokasi Pantai Talise

Lokasi Pantai Talise ini berada di Desa Lolu, Kecamatan Palu Timur, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Untuk bisa tiba ke lokasi pantai ini, maka Anda harus menempuh perjalanan sepanjang 7 kilometer dari arah Kota Palu.

Apabila Anda menggunakan kendaraan umum maka akan menempuh perjalanan selama kurang lebih 30 menit.

Untuk dapat sampai ke lokasi pantainya, Anda bisa lewat melalui jalur kirisimpang dua Jalan Yos Sudarso tepatnya ke arah selatan Kota Palu.

Namun, jika Anda memilih lewat arah utara Kota Palu maka ambillah rute Jalan Yos Sudarso lalu belok ke arah kanan tepat di simpang tiga dengan patokan Rumah Makan Kampung Nelayan.

Akses untuk menuju ke lokasi pantai Talise ini sudah cukup baik, jalannya sudah beraspal serta jalan yang lebar juga rute mudah ditempuh.

Objek Wisata di Pantai Talise

Selama berada di Pantai Talise Anda bisa menikmati obyek wisata yang telah ditawarkan dan sangat menarik tentunya. Berikut ini adalah beberapa objek wisata yang sangat megagumkan.

1. Berenang di Pantai Talise

Rasanya kurang pas bila saat datang ke pantai namun tidak berenang serta menjejakkan diri untuk sekedar membasahi tubuh di Pantai Talise ini.

Permukaan pantai yang tidak begitu curam atau landai serta ombaknya yang tidak begitu besar membuat Pantai Talise cocok dijadikan untuk berenang.

Ditambah airnya yang jernih dan perpaduan gradasi warna biru juga hijau membuat Anda akan semakin betah untuk sekedar bermain air bersama anak ataupun berenang di pantai tersebut.

Hamparan pasir putih yang membentang adalah daya tarik bagi Pantai Talise untuk menarik para wisatawan datang. Dimana Anda bisa melakukan kegiatan seperti berjalan-jalan di pinggiran pantai, bersantai, bermain voli dan lain-lainnya.

2. Melihat Sunrise dan Sunset

Pantai Talise merupakan salah satu pantai dengan pemandangan sunrise dan sunset yang menakjubkan, didukung dengan bersihnya pantai serta hamparan pasir putih yang memanjang di sekitaran pantai.

Ditambah juga dengan berjejernya pegunungan Gawalise yang rapi seolah olah memagari Teluk palu dengan membentuk barisan.

Pada pagi hari fenomena sunrise sangatlah indah di pantai ini, pasalnya karena pantulan sinar matahari di permukaan laut juga muncul dari pegunungan Gawalise yang tampak memukau juga menakjubkan.

Begitu pula dengan fenomena alam sunset-nya, seolah-olah matahari seperti dimakan oleh pegunungan Gawalise ini juga pantulan dari sinar matahari di permukaan laut yang membuat semakin mengagumkan juga memanjakan mata.

Tidak lupa bagi Anda membawa peralatan fotografi untuk mengabadikan setiap momen-momen indah saat fenomena sunrise juga sunset ini.

3. Menikmati Keindahan Pantai Talise

Pemandangan indah dan mengagumkan Kota Palu bisa Anda telusuri, dari Pantai Talise ini atau tepatnya lewat jembatan IV yang hampir roboh.

Keindahan dari obyek destinasi wisata Pantai Talise ini sudah tak perlu diragukan lagi.

Anda dapat menikmati hembusan angin sepoi-sepoi sambil melihat pemandangan laut jernih dengan gradasi biru juga hijau serta berlindung dibawah pohon Talise dari teriknya sinar matahari.

Anda juga bisa menikmati keindahan pantai Talise yang mengagumkan sambil di atas sepeda motor ataupun mobil. Bahkan juga sempat terlihat ada beberapa ekor buaya yang sedang berjemur di sekitar bawah jembatan IV.

Pantai Talise sering sekali didatangi oleh bule dan banyak dikunjungi oleh wisatawan dari luar bahkan lokal.

Para wisatawan ini datang untuk berjemur sambil menikmati pemandangan menakjubkan dengan hamparan pasir putih yang membentang di sepanjang bibir pantai dari Pantai Palu terkenal di Sulawesi Tengah ini.

4. Memancing

Apabila Anda memiliki hobi memancing, tak usah bingung-bingung. Pasalnya pantai satu ini memiliki akses yang dapat digunakan sebagai tempat memancing.

Ikan yang ada disini pun sangatlah banyak mulai dari yang ukurannya kecil hingga ukurannya cukup besar. Anda dapat mencobanya serta tentunya merasa sangat asik mengingat ikan yang diberikan cukup banyak.

5. Menyelam

Pantai Talise memiliki air yang jernih dan ombak yang tidak terlalu besar. Sehingga banyak para wisatawan-wisatawan yang datang berkunjung untuk melihat serta merasakan keindahan di bawah laut pantai Talise ini.

Sampai-sampai wisatawan baik lokal juga mancanegara sering melakukan aktivitas ini menggunakan kamera dengan memotret keindahan dari bawah laut Pantai yang terkenal di Sulawesi Tengah satu ini.

Anda tidak perlu khawatir soal perlengkapannya. Pantai Talise ini menyediakan jasa penyewaan perlengkapan apabila Anda yang senang akan hobi ini.

Palu memang taka da habisnya, apabila berbicara mengenai wisatanya. Anda pun harus berkeliling kota Palu untuk mendapatkan suasana baru serta semangat baru.

Oiya, jangan lupa juga Anda mengunjungi Pantai Kampung Nelayan yang juga memiliki keunikan tersendiri serta jaraknya tidak jauh dari Pantai Talise.

Demikian informasi mengenai obyek wisata Pantai Talise. Sangat menarik untuk dikunjungi bukan? Yuk agendakan untuk berlibur ke pantai Talise Palu ini.

11 Ulasan untuk Pantai Talise, Palu, Sulawesi Tengah

  1. Memandang laut di teluk palu bersama debur ombak, hembusan angin, pisang pepe dan segelas kopi susu hangat saat aenja

  2. Pantai palu yg enak buat berenang dipagi hari

  3. View yg luar biasa….pantai berwarna biru dan hijau dikelilingi kota palu dengan latar belakang pegunungan hijau menjulang…awesome..pujasera di sekeliling pantai..termasuk pusat durian ini 😃

  4. Pantai yang sangat cantik dengan pemandangan gunung dan jembatan Ponulele nya. Kalau malam banyak penjual kopi, jagung, dan pisang goreng yang berjajar menghadap pantai sampai larut malam. Kalau pagi untuk mandi di laut oleh warga palu.

  5. Ke palu kalo ga mampir kesini kurang afdol.. Ayo visit ke pantai talise sulteng..

  6. Innalillahi wa inna ilaihi raajiun.. musibah gempa dan tsunami di kota palu,jumat 28 sep 2018… Semoga Allah menggantikan dengan yg lbh baik dan semoga dengan musibah ini bisa diambil pelajaran bagi yg mau mengambil pelajaran…. نسأل الله السلامة والعافية في الدّنيا والآخرة

  7. Semoga pantai ini menjadi lebih baik lagi dan menyadarkan penghuninya agar bisa menjaga alam dan semoga yang meninggal di terima di sisi Allah SWT 🙏

  8. Pantai di donggala sulteng yang pada bulan agustus 2018 terkena gempa dan tsunami hebat ..yang membuat lulu lantah dan memakan banyak korban

  9. Hancur porak-poranda usai diterjang tsunami. Semoga tempat ini cepat dibangun kembali

  10. Hancur porak-poranda usai diterjang tsunami. Semoga tempat ini cepat dibangun kembali

  11. Pantai yang indah di Teluk Palu, tapi sayang sekarang sedang rusak karena diterjang tsunami

Tinggalkan Balasan