Pantai Tanjung Pasir

2244x dibaca

pantai tanjung pasir
Nama Pantai Tanjung Pasir
Lokasi Tj. Pasir, Teluknaga, Tangerang, Banten 15510, Indonesia
Ulasan (3.8 / 5)

Pantai Tanjung Pasir adalah destinasi wisata pantai di Banten yang layak untuk Anda kunjungi ketika Anda sedang berada di Tangerang, Banten. Pasalanya pesona pantai pasir yang disuguhkan memiliki pemandangan yang terbilang cukup menawan. Di kawasan pantai ini, pengunjung akan melewati jejeran pulau yang indah, dimana selain terdapat pulau yang dihuni manusia juga terdapat pulau yang masih kosong. Maka tak heran jika banyak wisatawan dari luar daerah yang ingin menyambangi Pantai Tanjung Pasir karena kondisinya yang masih alami.

Wisata Pantai Tanjung Pasir ini sendiri berada di Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang. Di Pantai ini, para wisatawan tak hanya menikmati pemandangan alam pantai yang masih alami, namun juga bisa melihat pesawat take off dan landing karena pantai ini hanya berjarak sekitar 5km dari bandara Soekarno Hatta.

Ada hal unik yang dijumpai pada tempat wisata pantai ini, karena pihak yang mengelola bukan dari dinas pariwisata, melainkan kawasan pantai ini dikelola oleh TNI AL. Maka jangan heran jika saat pertama kali masuk ke Pantai Tanjung Pasir terdapat tulisan Posal TNI AL.

Meskipun demikian, sebagai tujuan pariwsata tentunya keberadaan pantai selalu dibenahi dengan berbagai fasilitas. Pantai Tanjung Pasir memiliki fasilitas yang cukup memadai, mulai dari area parkir yang cukup luas, warung makan dengan menu hidangan laut, toiltet, mushola tepat dibibir pantai, transportasi kapal motor untuk menyebrang ke Kepulauan Seribu.

Harga Tiket Masuk

Bagi Anda yang ingin masuk ke kawasan wisata Pantai Tanjung Pasir, Anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, karena Anda hanya perlu membayar tiket masuk senilai Rp 15.000.

Rute Menuju Lokasi

Akses jalan menuju kawasan Pantai Tanjung Pasir bisa dimulai ke arah bandara Soekarno-Hatta (Soetta), repatnya dari pintu belakang ini terkenal dengan sebutan M1. Setelah itu, melanjutkan perjalanan  ke arah utara dan kira-kira 5 km menuju lokasi sudah ada petunjuk mengarah ke Tanjung Pasir. Namun jika berkunjung ke pantai ini, sebaiknya jangan terlalu sore ketika pulang, karena perjalanan dari Pulau Untung Jawa cukup lama.

Obyek Wisata

1. Mengunjungi Penangkaran Buaya

penangkaran buaya

Saat anda berlibur ke Pantai Tanjung Pasir, sebaiknya singgah terlebih dahulu di Penangkaran Buaya karena letaknya hanya sekitar 2 km dari pantai ini. Meskipun tidak adanya atraksi khusus dari satwa buaya, namun anda bisa melihat berbagai jenis buaya mulai dari ukuran sedang dan berukuran besar. Bahan jika anda beruntuntung, maka bisa melihat para pawang sedang memberi makan buaya. Menariknya anda dapat melihat buaya putih di lokasi penangkaran tersebut.

2. Menyeberang ke Pulau Untung Jawa

pulau untung jawa

Ketika tiba di lokasi wisata Pantai Tanjung Pasir anda akan dengan mudah menjumpai kapal penumpang untuk menyeberang ke Pulau Untung Jawa di kawasan Kepulauan Seribu.  Biaya untuk menyeberang ke Pulau Untung Jawa terbilang terjangkau, yaitu hanya Rp 50.000 per orang. Disinilah Anda menemukan pantai yang indah, lengkap dengan pasir putih dan air laut yang biru nan super jernih. Selain itu, pastikan anda akan merasakan kesejukan udara yang bebas dari polusi khas perkotaan.

Itulah Pesona Pantai Tanjung Pasir di Tangerang. Setidaknya Anda membawa makanan dan minuman sendiri, sebab harga makanan dan minuman di Pantai Tanjung Pasir sangat mahal.


Airul Halo, nama saya Airul. Seorang internet marketer yang hobi traveling. Melalui Pantanesia.com ini, saya ingin berbagai lokasi-lokasi wisata pantai menarik yang pernah dan ingin saya kunjungi.

13 ulasan untuk Pantai Tanjung Pasir

  1. Ini pertama kalinya saya ke pantai yang paling dekat dengan rumah saya. Siang saya melakukan penyebrangan ke pulau untung jawa dengan tarif 25rb per orang, harus jago nawar btw karna calo2nya memasang harga tinggi dulu. Saya sarankan pergi di weekend biar rame nyebrangnya. Sepulang dari untung jawa. Saya menikmati desiran ombak dan halusnya pasir pantai di senja hari. Sungguh indah. Saya tidak menyangka di dekat rumah saya ada pantai seindah seperti di Jogja. Pertama kali masuk kawasan ini akan banyak pungli. Tapi maklum saja karna disekitar lingkungan warga dan jalanannya agak rusak sedikit.

  2. Pasir hitam, air juga keruh.. memang begini khas pantai utara jawa. Bukan utk berenang. Bisa nyebrang ke pulau Untung

  3. Pantai di kota Tangerang, sekitar 30 menit dari Bandara Soekarno Hatta. Tiket masuk untuk 1 motor + 2 orang = 20rb. Pantai cukup bersih, jalan menuju lokasi harus diperbaiki banyak lubang parah, tersedia saung untuk beristirahat dan makan bersama keluarga, salah satu jalur penyebrangan untuk ke kepulauan seribu. Datang di sabtu pagi masih tidak terlalu ramai.

  4. tempat ny kotor n keruh…. banyak sampah nya… tuk pengelola tolong di rapihkan agar lebih indah n nyaman…..

  5. Pantai yang ada di Tangerang Utara, Kab. Tangerang. Tempatnya enak, apa lagi kalo malem. Tapi sayang tempatnya masih banyak sampah. Pengunjungnya agak kurang kesadarannya terhadap membuang sampah sembarangan. Tolong buat pengunjungnya jaga wisata alam yang kita kunjungi.

  6. Pantainya lumayan bagus, sayang masih byk sampah, pengamen yg mondar mandir. Seandainya dikelola dgn profesional pastinya akan menjadi tempat wisata yg recomendet

  7. Lumayan kumuh. Mungkin perlu kerjasama masyarakat dan pemerintah untuk menata ulang wilayahnya. Agar wisatawan makin tertarik untuk mengunjungi atau sekedar numpang lewat menuju kepulauan seribu.

  8. Pantainya bagus, namun sayang kurang bersih, kurang sepadan dengan besarnya tiket masuk/parkir. Fasilitas jg kurang terawat dan relatif mahal.

  9. Tempatnya sebenernya bagus, cuma banyak sampahnya, dan seperti tempat wisata lainnya di jawa barat Htm dllnya pasti mahal…

  10. Tanjung pasir kotor (banyak sampah).. Untung jawa seh ok.. Libur lebaran biaya naik penyebrangan dr tanjung pasir cuma 15rb. Anak2 gak bayar.. Tapi itu pas banyak orang yaa tatif segitu

  11. Sudah mulai ada perubahan waktu ke waktu..tinggal lebih ditingkatkan lg kerjasama antar pemerintah dgn masyarakat utk menjaga dan melestarikan pantainya,tak lupa utk pengunjung jg ikut berkontribusi dalam hal simple melestarikan seperti buang sampah pada tempatnya.

  12. Pantai nya kurang “friendly” utk anak2 bermain pasir..ada homestay dan banana boat untuk family/office gathering

  13. Sangat.indah pantainya aksesnya mudah abila kita ingin mengunjunginya area parkir sangat luas tiket masuk motor + orangnya Rp 20 000;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *