pantai tanjung pasir

Pantai Tanjung Pasir

Pantai Tanjung Pasir adalah destinasi wisata pantai di Banten yang layak untuk Anda kunjungi ketika Anda sedang berada di Tangerang, Banten. Pasalanya pesona pantai pasir yang disuguhkan memiliki pemandangan yang terbilang cukup menawan. Di kawasan pantai ini, pengunjung akan melewati jejeran pulau yang indah, dimana selain terdapat pulau yang dihuni manusia juga terdapat pulau yang masih kosong. Maka tak heran jika banyak wisatawan dari luar daerah yang ingin menyambangi Pantai Tanjung Pasir karena kondisinya yang masih alami.

Wisata Pantai Tanjung Pasir ini sendiri berada di Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang. Di Pantai ini, para wisatawan tak hanya menikmati pemandangan alam pantai yang masih alami, namun juga bisa melihat pesawat take off dan landing karena pantai ini hanya berjarak sekitar 5km dari bandara Soekarno Hatta.

Ada hal unik yang dijumpai pada tempat wisata pantai ini, karena pihak yang mengelola bukan dari dinas pariwisata, melainkan kawasan pantai ini dikelola oleh TNI AL. Maka jangan heran jika saat pertama kali masuk ke Pantai Tanjung Pasir terdapat tulisan Posal TNI AL.

Meskipun demikian, sebagai tujuan pariwsata tentunya keberadaan pantai selalu dibenahi dengan berbagai fasilitas. Pantai Tanjung Pasir memiliki fasilitas yang cukup memadai, mulai dari area parkir yang cukup luas, warung makan dengan menu hidangan laut, toiltet, mushola tepat dibibir pantai, transportasi kapal motor untuk menyebrang ke Kepulauan Seribu.

Harga Tiket Masuk

Bagi Anda yang ingin masuk ke kawasan wisata Pantai Tanjung Pasir, Anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, karena Anda hanya perlu membayar tiket masuk senilai Rp 15.000.

Rute Menuju Lokasi

Akses jalan menuju kawasan Pantai Tanjung Pasir bisa dimulai ke arah bandara Soekarno-Hatta (Soetta), repatnya dari pintu belakang ini terkenal dengan sebutan M1. Setelah itu, melanjutkan perjalanan  ke arah utara dan kira-kira 5 km menuju lokasi sudah ada petunjuk mengarah ke Tanjung Pasir. Namun jika berkunjung ke pantai ini, sebaiknya jangan terlalu sore ketika pulang, karena perjalanan dari Pulau Untung Jawa cukup lama.

Obyek Wisata

1. Mengunjungi Penangkaran Buaya

penangkaran buaya

Saat anda berlibur ke Pantai Tanjung Pasir, sebaiknya singgah terlebih dahulu di Penangkaran Buaya karena letaknya hanya sekitar 2 km dari pantai ini. Meskipun tidak adanya atraksi khusus dari satwa buaya, namun anda bisa melihat berbagai jenis buaya mulai dari ukuran sedang dan berukuran besar. Bahan jika anda beruntuntung, maka bisa melihat para pawang sedang memberi makan buaya. Menariknya anda dapat melihat buaya putih di lokasi penangkaran tersebut.

2. Menyeberang ke Pulau Untung Jawa

pulau untung jawa

Ketika tiba di lokasi wisata Pantai Tanjung Pasir anda akan dengan mudah menjumpai kapal penumpang untuk menyeberang ke Pulau Untung Jawa di kawasan Kepulauan Seribu.  Biaya untuk menyeberang ke Pulau Untung Jawa terbilang terjangkau, yaitu hanya Rp 50.000 per orang. Disinilah Anda menemukan pantai yang indah, lengkap dengan pasir putih dan air laut yang biru nan super jernih. Selain itu, pastikan anda akan merasakan kesejukan udara yang bebas dari polusi khas perkotaan.

Itulah Pesona Pantai Tanjung Pasir di Tangerang. Setidaknya Anda membawa makanan dan minuman sendiri, sebab harga makanan dan minuman di Pantai Tanjung Pasir sangat mahal.

Ulasan Pengunjung

  • kaffah rizqika
    sebulan yang lalu
    Banyak saung2 yg bisa disewa pengunjung Penyewa saung juga menyediakan makanan seafood.. Banyak sampah berserakan, toiletnya parah (kalau bisa diberitahu oleh pemilik toilet agar membersihkan sampah (pampers2 bekas) yang menyengat) soalnya pemilik WC ga nyedia in tempat sampah, etapi pengunjung jugasih yg ga jaga kebersihan.. ***Ohya, kalau mau berenang sm keluarga, siapkan kantong plastik dr rumah utk membawa pakaian yg basah Disana harga 1 kantong plastik 2rb, di toilet ga ada air keran yg mengalir melainkan kita harus membeli air/ember utk bersih2 . 1 ember 10rb utk kira 20 ltr , sedang 5rb utk 7ltr, 3rb utk 5 liter .. jgn lupa bawa perlengkapan mandi**** Di tanjung pasir ada masjid yang berdekatan dengan tepi pantai, jadi enak. Ada penjual baju2 etnik pantai, mainan anak, es krim monas, kelomang dan lainnya Akses jalan menuju pantai rusak parah Sayang, padahal pengunjung sangat ramai tapi sepertinya jalan belum diperbaiki. Harap pengelola tanjung pasir sering2 melakukan perbaikan
  • Pranoto Bawono
    dalam minggu terakhir
    Cukup baik terutama jika kita mau menginap dipinggir pantai, semua kebutuhan umum seperti tempat makan, musholla dan toilet ada cukup. Sedikit kekurangannya adalah lahan parkir kendaraan belum menggunakan conblock, jadi jika hujan turun, jalannya jadi sedikit berlumpur.. kelebihan lain, petugas penjaga pantai sering mengingatkan semua pengunjung, terutama pengunjung yang mandi di pantai untuk tidak melewati batas aman, juga mengingatkan para orang tua untuk selalu menjaga dan mengawasi anak anaknya yang masih dibawah umur 10 tahun.
  • Sotoy Ayam
    dalam minggu terakhir
    Tempat wisata pantai yang murah meriah, tempat parkir sangat luas, ombaknyapun bagus. Namun sayang sekali belum dikelola dengan baik, jalan menuju pantai masih terlalu kecil untuk dilalui dua arah kendaraan dengan lancar, pihak pengelola sampah sepertinya sangat-sangat kewalahan dengan ulah pengunjung yang membuang sampah seenaknya, sehingga pantai ini nampak sangat kotor. Boro-boro berenang dilaut, main pasir dipantaipun rasanya jorok sekali.
  • Dyah Kartika
    dalam minggu terakhir
    Pantainya bagus.. Tapi sayang ga di sediakan tempat mandi yang khusus Masa mau mandi air harus bayar 10rb per ember... Tolong donk pemerintah tanggerang di perhatikan lagi sarana dan pra sarana di pantai tanjung pasir ini..
  • Fitri R Marginingsih
    dalam minggu terakhir
    Pantainya kotor banget. Ini kan kl gasalah pangkalan utama militer AL ya harusnya lebih terjaga 😁 sekedar masukan aja. Soalnya ni deket banget dr tangerang gamusti ke banten kl nyari laut.