Pantai Tete Tonra

Pantai Tete Tonra

Desa Gulf of Boni, Kecamatan Tonra, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Indonesia.

15 Ulasan

Saat akhir pekan dan liburan akan segera tiba, sudah prepare-kah Anda untuk mengisi waktu liburan dengan mengunjungi destinasi obyek wisata? Apabila belum, simak sajian informasi berikut ini.

Soalnya, Pantainesia saat ini akan memberikan ulasan mengenai tempat wisata yang sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat berlibur.

Nah, kali ini akan mengulas mengenai pantai yang berada di Bone yaitu Pantai Tete Tonra yang terletak di Desa Gulf of Boni, Kecamatan Tonra, provinsi Sulawesi Selatan.

Pantai di Bone ini katanya memiliki keindahan yang berbeda dari pantai-pantai lainnya yang mungkin pernah Anda temui. Keindahan apa yang akan diberikan di pantai ini? Mari simak ulasan berikut untuk mengetahuinya.

Sejarah Pantai Tete Tonra

Pantai Tete adalah salah satu pantai yang banyak dikunjungi bagi para wisatawan karena memiliki keindahan yang memukau serta pasirnya yang putih dimana hal ini sangat memanjakan mata. Namun, dibalik hal itu semua pantai Tete ini mempunyai cerita menarik.

Konon katanya warga setempat, pantai Tete ini menjadi tempat pertemuan antara Panglima DI/TII Sulawesi Selatan yaitu Kahar Muzakkar dengan Panglima Kodam XIV Hasanuddin M. Jusuf di tahun 1962 pda saat itu.

Pertemuan ini berisi pernyataan-pernyataan mengenai penyerahan prajurit yang sebanyak 1200 di bawah pimpinan Kahar Muzakkar kepada Hasanuddin M. Jusuf. Oleh karena itu, Pantai pero tonra sering sebagai tempat untuk latihan-latihan dari para prajurit TNI.

Pantai ini akan dipenuhi oleh pengunjung dari lokal maupun pengunjung dari luar daerah yang memang menjadikan pantai pasir putih ini sebagai destinasi wisata saat berlibur.

Harga Tiket Masuk Pantai Tete Tonra

Tak semuanya tempat wisata memberikan ataupun menetapkan tarif yang mahal untuk bisa menikmati keindahan alam pantainya yang memukau.

Banyak pantai yang menawarkan harga tiket terjangkau bagi para pengunjung setempat maupun dari luar daerah, seperti halnya pantai Tete ini.

Karena pantai di Kabupaten Bone ini dikelola secara swadaya oleh warga setempat, sehingga sebenarnya tidak ada retribusi untuk tiket masuk.

Meskipun begitu, apabila Anda memasuki wilayah pantai ini akan dikenakan tarif parkir saja yaitu sebesar Rp 5000. Biaya ini biasanya ditarik oleh warga disitu, dimana ketika Anda akan memasuki kawasan pantai.

Rute Menuju Lokasi Pantai Tete Tonra

Alamat Pantai Tete Tonra ini berada di Desa Gulf of Boni, Kecamatan Tonra, Kota Watampone, Kabupaten Bone, Provensi Sulawesi Selatan.

Agar dapat sampai ke lokasi Pantai Tete Tonra ini, maka Anda harus menempuh jarak sekitar 61 kilometer dari sebelah selatan Kota Watampone.

Anda dapat menggunakan kendaraan umum yang tersedia seperti angkutan umum maupun taksi atau juga bisa dengan kendaraan pribadi yang membutuhkan waktu 1 jam 20 menit.

Namun, apabila dari Kota Makassar Anda harus mengendarai kendaraan menjauhi kota lalu ke arah timur laut dengan menempuh jarak sekitar 175 kilometer. Kemudian masuk ke wilayah pantai di jalan poros sinjai watampone, yaitu di Desa Gareccing.

Apabila Anda dari pusat Kota Watampone, masuk melalui desa gareccing yang jauhnya sekitar 3 km dari jalan poros Bone Sinjai. Nantinya akan ada papan petunjuk menuju arah pantai Tete di sisi kanan, maka Anda ikuti saja.

Nantinya Anda akan langsung disambut lengkun garis pantai nan alami beserta suara dari deburan ombak yang menabrak pasir dengan suasana sejuk juga damai.

Kondisi jalan menuju ke lokasi Pantai Tete ini pun sudah terbilang bagus juga rata dengan aspal.

Objek Wisata Pantai Tete Tonra

Berada di Pantai tete yang sangat popular ini, Anda bisa melakukan beberapa hal menarik selama di pantai ini agar liburan mengesankan juga menyenangkan.

1. Hamparan Pasir Putih

Saat pertama kali tiba di wisata di sinjai ini, maka langsung disuguhkan dengan hamparan pasir putih indah nan elok yang berada di sepanjang pantai Tete.

Bahkan julukan pantai Tete sendiri ialah pantai kesi pute yang dimana pantai di Bone ini terkenal akan pasirnya yang putih. Pasir putih Bone aman bagi anak-anak jadi tidak khawatir jika membawa anak.

Soalnya pasir putih dari pantai Tete ini tidak menyebabkan gatal-gatal dan iritasi pada kulit ataupun masuk kedalam tubuh anak.

Dengan begitu anak bisa bermain pasir putih dengan sepuasnya seperti membangun istana dari pasir, bermain bola dan lain sebagainya.

2. Berenang

Air laut dari pantai Tete ini terbilang cukup tenang dan ombaknya tidak terlalu besar, sehingga cocok digunakan untuk bermain air maupun berenang.

Air lautnya yang jernih pun membuat Anda bisa menyaksikan keadaan di dalam laut dengan melihat terumbuh karang maupun ikan-ikan yang berada di dalamnya.

Bagi orang dewasa bisa berenag lebih ketengah pantai untuk merasakan segarnya air pantai dan menikmati air lautnya yang berwarna biru dan bersih. Laut di tempat pantai ini dikenal dengan airnya yang jernih serta warnanya bergradasi kebiru-biruan.

3. Hunting Foto

Walaupun jaraknya terbilang cukup jauh dari pusat kota Makassar, tetapi wisata tonra ini sangat sepi saat berkunjung pada hari biasa. Maka dari itu, saat Anda kesini pada hari biasa seolah-olah pantai miliki sendiri.

Hal ini tentunya tak bagi masalah ketika Anda ingin berlibur untuk merefreshkan pikiran, melepaskan penat atupun sekedar mencari ketenangan. Selain kegiatan tersebut, Anda juga bisa memanfaatkan tempat wisata di bone untuk berfoto-foto.

Dengan begitu Anda bisa dengan bebas mengekspresikan gaya untuk dimasukkan ke akun social media seperti Instagram, twitter dan lain sebagainya.

Apabila ada yang masih bingung untuk mencari tempat foto prewedding, maka pantai ini sangat pas dan cocok di jadikan tempat pengambilan foto tersebut.

Soalnya pantai ini memiliki background seperti hamparan pasir putih yang menunjang di sepanjang bibir pantai dan puncak-puncak kelor.

4. Menyebrangi Pulau

Selain berenang dan bermain pasir, adapun obyek wisata yang banyak pengunjung lakukan salah satunya adalah menyebrangi pulau melalui pantai ini.

Pantai Tete ini terkenal memiliki pulau dengan keadaan pulau yang tidak berpenghuni serta jaraknya juga tak jauh dari bibir pantai. Pulau ini bernama Pulau Bulu Betta yang berada tepat di seberangnya pantai Tete ini.

Maka tak jarang banyak pengunjung yang menyebrang ke pulau tersebut saat air pantai sedang surut. Pasalnya saat air surut, pantai ini menjadi lahan dengan alas pasir putih yang sangat memukau nan mempesona.

5. Melihat Barak Miliki TNI

Kawasan pantai Tete ini dekat dengan camp pelatihan bagi Angakatan Darat oleh prajurt-prajurit TNI ini. Biasanya pantai ini Tete sebagai tempat latihan rimba laut dan lain sebagainya. Meskipun begitu pantai ini tetap ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dan dari luar daerah.

Selain dari menikmati suasana pantai Tete, Anda pun bisa berkunjung ke barak-barak dari para prajurit TNI AD yang tinggal disitu. Pada saat diluar masa pelatihan, barak-barak tersebut kosong ataupun tidak digunakan, jadi Anda bisa melihat kondisi barak dari para prajurit TNI AD.

Demikian ulasan mengenai wisata pantai Tete Tonra yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan destinasi wisata bersama keluarga saat akhir pekan maupun liburan.

15 Ulasan untuk Pantai Tete Tonra, Bone, Sulawesi Selatan

  1. Buat yang suka pantai bisalah kesini.. ada lapangan luas bisa main bola kali hahaha 😅

  2. Suasana nyaman, agak sedikit panas, tempatnya bagus untuk destinasi wisata tetapi belum ada penginapan… Sementara daerahnya bgt sangat terpencil…. Yg harus di datangi khusus karena tal memiliki jalur angkot

  3. Masih alami, tapi agak kotor wisatawan yang berkunjung buang sampahnya masih suka sembarangan,

  4. Pantainya kotor penuh sampah..tdk di urus dgn baik

  5. Pantai pasir putih ini terletak pada 61 kilometer selatan Ibu kota Kabupaten Bone, Watampone.  . . Tiga kilometer dari jalan poros Bone-Kabupaten Sinjai.. . Seberang timur pantai ini, terdapat pulau yang disebut warga setempat: Bulu Betta.. . Selain tempat rekreasi, Pantai Tete juga sering dijadikan pusat pelatihan prajurit baru TNI.. . Prajurit TNI juga menjadikan Pantai Tete pusat simulasi perang karena bisa meng-cover semua marga mulai dari laut, udara, dan darat. . . Pada masa lampau, tahun 60-an, Pantai Tete saksi bisu mediasi DI/TII Qahhar Mudzakkar dan TNI.. . Tiket masuk kawasan ini hitung kendaraan, mobil Rp 25 ribu berlaku untuk seluruh penumpang.. . Pengendara sepeda motor Rp 10 ribu atau untuk dua pengunjung.

  6. Suasana sejuk yang jarang ditemui di pantai lain dengan pemandangan pulau di depan pantai yang akan terhubung dengan jalan rahasia apabila air sedang surut

  7. Pantai pasir putih, sekitar 60 km dari kota makassar.. . Tempat terbaik untuk berakhir pekan.

  8. Pantai lokal yang tidak kalah dengan daerah lainnya dengan bibir pantai yang berumput halus dan luas namun masih perlu pembenahan

  9. Lumayan Menambah Keceriaan Bersama Keluarga..

  10. Pantainya indah, didepan pantai tersuguhii pemandangan sebuah pulau kecil yang pada saat air laut surut maka terdapat jalan menuju pulau tersebut. Dibelakang pantai ada gunung batu kapur yang ditumbuhi pepohonan yang cukup lebat. Tempat ini pula dijadikan tempat latihan oleh TNI Infantri

  11. Pantai Kurang terawat, kases jalan masuk rusak

  12. Pantai ini menyuguhkan pemandangan yg luar biasa indah

  13. Saya suka ksini bila sedang mengalami bosan drumah, pkoknya klo ksini lngsung trhibur deh suasana yng cukup puas yang kita nikmati🥰😍

  14. Pantai pasir putih… Tapi sdh agak kotor dan kurang terawat sbg tujuan wisata

  15. Rekomended jadi tujuan berlibur ….

Tinggalkan Balasan