Pantai Walengkabola

Alamat: Unnamed Road, 93662,, Tongkuno, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara 93662, Indonesia

(4.7/5) Baca ulasan

Kabupaten Muna di Sulawesi Tenggara memang menyimpan banyak sekali keindahan alam yang tidak terjamahkan oleh mata selama ini. Salah satu destinasi wisata di Muna yang sangat jarang terdengar namun menyimpan keindahan yang mampu mempesona mata adalah Pantai Walengkabola. Bagi sebagian traveler nama pantai ini memang terdengar asing dan bahkan sangat jarang terdengar.

Namun bagi masyarakat Muna dan Buton, pantai ini cukup populer dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi masyarakat lokal. Pantai Walengkabola tepatnya berada diJalan Tanjung,Desa Oempu, Kecamatan Tongkuno, Kabupaten Muna ini berada di sisi timur kepulauan Muna dan diapit oleh Selat Buton yang menghubungkan Pulau Muna dengan Pulau Buton sekaligus jalur penyeberangan kapal.

Harga Tiket Masuk Pantai Walengkabola

Untuk bisa menikmati pesona Pantai Walengkabola, pengunjung akan dikenakan tarif sebesar Rp 10.000-, per orang. Tarif tersebut tergantung pada hari kunjungan misalnya tarif weekdays (senin-jumat) berbeda dengan tarif weekend (sabtu-minggu). Namun ketentuan tarif tersebut tergantung pada kebijakan pengelola Pantai Walengkabola. Harga tiket masuk sudah termasuk biaya pemeliharaan pantai.

Rute Menuju Lokasi Pantai Walengkabola

Dari kota terdekat dengan Pantai Walengkabola di Pulau Muna yaitu Kota Raha, dibutuhkan perjalanan darat menempuh 72 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam dengan kecepatan rata-rata. Pengunjung yang datang dari arah Kota Raha hanya perlu melewati Jalan Sultan Syahrir lurus keselatan sampai menemukan kota kecil yaitu Kota Tombula. Dari Tombula lurus keselatan mengikuti jalan raya utama.

Sampai pada pertigaan yang menuju arah Jalan Tanjung, kemudian belok kiri kearah Jalan Tanjung. Ikuti arah Jalan Tanjung yang merupakan jalan utama menuju Pantai Walengkabola. Jika pengunjung datang dari arah Kota Bau-bau, pengunjung harus menggunakan kapal penyeberangan dari Bau-bau menuju Pulau Muna. Kapal yang ditumpangi akan melewati Pantai Walengkabola yang menjadi jalur kapal

Obyek Wisata Pantai Walengkabola

1. Pasir Putih

Pasir putih Pantai Walengkabola membentang sepanjang 1 kilometer di bibir pantai. Bila dilihat dari arah kejauhan, pasir pantai Walengkabola sangat indah bersanding dengan warna air laut yang biru. Pantai Walengkabola menjadi salah satu jalur kapal yang menyeberang dari Kota Bau-bau menuju Kota Raha maupun Kota Kendari. Pemandangan Pantai Walengkabola disela berlayar menjadi daya tarik tersendiri.

Dari dekat, pasir Pantai Wlengkabola memiliki tekstur yang halus dan bersih sehingga tidak menyebabkan iritasi pada kulit ketika bermain pasir. Pasirnya yang empuk serta landai membuat pengunjung sangat nyaman dan aman melakukan berbagai aktivitas di atas pasir Pantai Walengkabola seperti bermain istana pasir, voli pantai, bola pantai,bersantai di atas pasir dan aktivitas lainnya.

2. Air Pantai yang Jernih

Kelestarian Pantai Walengkabola masih terjaga dengan baik, dibuktikan dengan air pantai yang sangat jernih dan bersih. Karena berada jauh dari kota dan jauh dari pusat industri, Pantai Walengkabola memang tidak terjamah oleh limbah kota termasuk limbah rumah tangga. Air yang sangat jernih serta tenang ini sangat cocok bagi pengunjung yang membawa serta keluarga besar khususnya anak-anak.

Karena Pantai Walengkabola berada di selat antara Pulau Buton dengan Pulau Muna, maka Pantai Walengkabola sangat tenang dengan intensitas ombak kecil hingga sedang. Sehingga pantai ini aman bagi pengunjung dewasa maupun anak-anak. Airnya yang berwarna biru tenang inilah yang membuat mata pengunjung terpesona dan ingin segera berenang berbaur bersama segarnya air di Pantai Walengkabola.

3. Jajaran Pohon Kelapa yang Menjulang

Di bibir Pantai Walengkabola, terdapat pohon kelapa yang seolah menyambut kedatangan para pengunjung. Pohon kelapa yang menjulang tersebut tampak gagah menghadap ketengah laut. Selain itu, adanya pohon kelapa ini juga memberikan kesejukan pada Pantai Walengkabola. Beberapa pohon bahkan tumbuh menjorok kepantai seolah-olah ingin turut serta merasakan air Pantai Walengkabola.

4. Wisata Gua Alam

Di sekitar Pantai Walengkabola terdapat gua-gua yang terbentuk alami. Gua-gua ini merupakan daya tarik yang paling menarik di pantai Walengkabola. Gua-gua yang terbentuk alami baik oleh abrasi ombak maupun terbentuk dengan sendirinya. Gua ini mengeluarkan air tawar yang menjadi sumber air bagi warga sekitar Pantai Walengkabola.

Adanya gua-gua alami disekitar pantai ini memberikan kesan tersendiri bagi pengunjung. Pengunjung bisa menjelajahi gua dibantu oleh masyarakat sekitar yang sudah terbiasa mengambil air gua untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Air gua yang terasa tawar ini aman dikonsumsi langsung dan juga bisa digunakan untuk membilas diri bagi para pengunjung yang telah berenang di Pantai Walengkabola.

5. Danau Moko

Masih di sekitar Pantai Walengkabola, terdapat sebuah gua cantik nan sejuk yang bernama danau Moko. Danau yang terbentuk alami ini sangat cantik dengan warna air biru muda menyerupai warna air laut. Air danau yang sangat jernih dan bersih ini membuat siapa saja yang melihatnya selalu ingin terjun langsung kedalam air danau. Danau ini menjadi salah satu destinasi wisata pengunjung Walengkabola.

6. Wisata Kuliner yang Lezat

Pastikan jika mengunjungi Pantai Walengkabola, jangan sampai untuk tidak melewati kuliner yang disediakan di sepanjang pantai. Jenis kuliner yang ditawarkan yaitu makanan laut yang terdiri dari isi laut Walengkabola yang segar dan lezat. Ikan bakar Walengkabola yang disajikan hangat sangat lezat dinikmati bersama semilir angin dan hamparan pasir putih pantai yang dapat menambah nafsu makan.

7. Perbukitan Sekeliling Pantai

Bagi pengunjung yang ingin menyaksikan pantai Walengkabola dari ketinggian tertentu, disarankan untuk menaiki perbukitan di sekitar pantai.Dari ketinggian bukit, pengunjung akan dimanjakan dengan panorama pantai Walengkabola yang sangat menakjubkan. Gradasi warna pasir yang berpadu dengan air laut membuat mata betah menyaksikannya. Hati serta pikiran pun menjadi tenang dan damai.

Ulasan mengenai Pantai Walengkabola tersebut hanya sekilas saja, tentunya akan berbeda dan jauh lebih indah jika mengunjungi pantai Walengkabola secara langsung. Masyarakat Oempu yang berada di sekitar Pantai Walengkabola sangat ramah terhadap tamu sehingga dijamin pengunjung akan merasa nyaman dan aman ketika menikmati liburan di Pantai Walengkabola bersama keluarga tercinta.

9 Ulasan dari Pengunjung Pantai Walengkabola

  1. Saya sangat menyukai karna pantai walengkabola inda di pandang mata

    30 Maret 2018, 17:48 WIB

  2. Salah satu pantai terbaik di kab. Muna

    14 Juli 2018, 10:17 WIB

  3. Segarkan pikiran.. Segarkan jiwa..

    20 Juli 2018, 23:51 WIB

  4. Tempat ini menyuguhkan pemandangan yang sangat indah dengan pasir yang putih dan air yang jernih. Jangan lewatkan untuk mengunjungi tempat ini ketika kamu berada di pulau Muna

    8 Agustus 2018, 22:45 WIB

  5. Keren

    26 Agustus 2018, 03:32 WIB

  6. Jika teringat nama pantai walengkabola rasanya ingin selalu ada dipantai itu Karna selalu membawa ketenangan dan kesejukan

    3 Januari 2019, 12:03 WIB

  7. Mantap pantainya

    6 Januari 2019, 07:52 WIB

  8. Lumayan buat liburan

    11 Januari 2019, 08:10 WIB

  9. Tempat kenangan manis

    23 Januari 2019, 03:04 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Walengkabola

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *