Pantai Alam Indah

Pantai Alam Indah

Pantai Alam Indah, Mintaragen, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah 52121, Indonesia

16 Ulasan

Di musim pandemi seperti sekarang ini memang mengharuskan setiap orang untuk tidak banyak keluar rumah. Terlebih untuk hal-hal yang tidak begitu penting dan tidak urgent.

Akan tetapi, berdiam diri dirumah saja tanpa melakukan hal apapun pastinya akan menimbulkan sedikit rasa jenuh. Banyak orang yang kemudian memutuskan untuk tetap keluar rumah hanya sekedar untuk menyegarkan pikiran.

Nah, salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi dan mampu menyegarkan pikiran Anda adalah pantai. Selain menghindari kerumunan, di pantai Anda bisa lebih dekat dengan alam.

Ada banyak pantai yang bisa Anda datangi, salah satu yang menakjubkan adalah Pantai Alam Indah.

Pantai Alam Indah Tegal

Pantai Alam Indah Tegal Jawa Tengah

Pantai Alam Indah adalah salah satu pantai yang terletak di Kabupaten Tegal Jawa Tengah. Pantai satu ini juga kerap dijuluki sebagai surga-nya Kota Tegal, Anda dikatakan belum sah pergi ke Tegal apabila belum mengunjungi tempat ini.

Banyak wisatawan yang mengaku ketagihan datang ke pantai ini, sebab ada daya pikat tersendiri yang menjadi ciri khas pantai ini.

Anda akan menemukan sesuatu yang eksotik serta mengandung daya tarik yang membuat rasa rindu mengunjungi pantai Alam Indah selalu muncul.

Obyek wisata yang dikelola langsung oleh Pemerintah Kota Tegal memiliki membentangkan wilayahnya sepanjang 500 meter. Dimulai dari Pelabuhan Tegal hingga Universitas Pancasakti atau tepatnya berada di Mintaragen, Tegal Timur, Kota Tegal Jawa Tengah.

Harga Tiket Masuk Pantai Alam Indah

Harga tiket masuk Pantai Alam Indah di hari biasa dan hari libur sama, tidak seperti tempat wisata pada umumnya. Pada hari biasa maupun libur, Anda hanya diminta mengeluarkan uang Rp 5000 saja sebagai tiket menuju PAI atau Pantai Alam Indah.

Diluar harga tiket masuk tersebut, masih ada tambahan ongkos lagi seperti untuk biaya parkir. Biaya parkir untuk kendaraan roda empat sebesar Rp 5.000, sedangkan parkir untuk kendaraan bermotor sebesar Rp 3.000 saja.

Bayangkan saja, Anda cukup memiliki uang sekitar 10 ribu rupiah saja sudah bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa. Pikiran Anda yang selama ini jenuh dengan pekerjaan dan rutinitas lainnya  bisa segar kembali.

Rute Menuju Lokasi Pantai Alam Indah

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa Pantai Alam Indah ini terletak di kawasan Mintaragen, Tegal Timur, Kota Tegal Jawa Tengah. Apabila Anda hendak mengunjungi tempat ini, maka disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi.

Pasalnya, tidak ada angkutan umum yang mampu mengantarkan Anda untuk sampai di tempat ini. Anda akan membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit untuk sampai di tempat ini dari pusat kota Tegal.

Adapun rute yang harus ditempuh yakni melalui Jalan Tol Batang – Pemalang. Dari Jalan Kapten Sudibyo kemudian menuju arah selatan ke Gang Rama.

Selanjutnya, Anda bisa menuju ke Jalan Raya Pantura sampai dengan Jalan Sangir. Jika Anda sudah sampai sini, maka Anda sudah berada di Mintaragen dan langsung menuju kawasan pantai.

Obyek Wisata di Pantai Alam Indah

Di pantai ini banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan. Karena banyak obyek wisata yang dapat mengisi liburan Anda. Silahkan simak ulasannya berikut ini.

1. Spot Photo

Pantai Alam Indah Tegal

Pantai Alam Indah memang sangat tepat dikunjungi bersama dengan keluarga, sahabat dan juga teman-teman. Sebab, suasana di pantai ini memang mendukung untuk menikmati waktu bersama dengan keluarga.

Udara yang sejuk, bersih, tenang dan juga segala keindahan alamnya memang terawat.

Tidak jauh berbeda dengan pantai pada umumnya, ketika para wisatawan menginjakkan kaki maka akan langsung disuguhi dengan pemandangan seperti perahu nelayan yang berlalu lalang.

Bahkan pemandangan berupa kapal yang hendak bepergian ke berbagai tujuan pun sempat terlihat.

Pemandangan semacam itu, menjadi daya tarik tersendiri bagi komunitas fotografi. Karena bisa dijadikan sebagai spot foto yang menarik.

2. Pantai yang Luas

Wisata Pantai Alam Indah

Tidak semua pantai memiliki bibir pantai yang luas dan bisa dijadikan sebagai arena renang. Akan tetapi, pantai ini menjadi salah satu pantai yang memiliki hal tersebut.

Dengan bibir pantai yang luas semua pengunjung bisa bermain sepuas-nya berlarian kesana kemari.

Apalagi ditambah dengan angin sepoi-sepoi yang akan menyapu hati Anda sehingga terasa lebih syahdu. Kelebihan lain dari pantai ini adalah Anda bisa berenang di lautan lepas dengan aman.

Sebab, pantai ini tidak termasuk dalam kawasan pantai selatan, maka dari itu memiliki batas aman yang lebih tinggi. Meskipun tetap harus menjaga diri dan berhati-hati agar kemungkinan buruk tidak terjadi.

3. Melihat Sunset

Sunset Di Pantai Alam Indah

Ketika mengunjungi wisata pantai, satu pemandangan yang paling dicari dan tidak boleh ketinggalan adalah sunset atau matahari terbenam.

Sama halnya dengan pantai-pantai lain, disini Anda juga akan disuguhi pesona indah matahari saat terbenam.

Siluet yang muncul membuat pengunjung tidak ingin melewatkannya begitu saja. Ditambah lagi, keindahan kota tegal membuat pengunjung berdecak kagum dan memuji kebesaran Tuhannya.

4. Waterboom

Waterboom Pantai Alam Indah

Anda belum puas berenang? Tenang, Anda bisa melanjutkan wisata di waterboom yang terletak tidak jauh dari pantai. Disana, Anda akan disuguhi suasana yang seru dengan adanya wadah berbentuk poci yang memiliki ketinggian 15 meter.

Dari wadah tersebut akan muncul luapan air yang siap menerjang siapa saja yang berada di bawahnya.

Tidak hanya itu saja, ada juga papan perosot berbentuk spiral yang mempunyai panjang sekitar 30 meter. Tentunya, wahana itu akan memacu adrenalin Anda semua.

5. Museum  Bahari

Bagi Anda yang berkunjung bersama dengan keluarga dan membawa serta anak-anak tercinta, disana Anda juga bisa sekaligus berwisata edukasi. Karena di sekitaran pantai juga terdapat museum bahari yang didirikan tahun 2008.

Museum ini berisi beragam kendaraan yang digunakan perang oleh TNI. Misalnya saja seperti jangkar, rantai, torpedo dan masih banyak benda lainnya.

Selain sebagai bahan ilmu pengetahuan, benda-benda tersebut bisa dijadikan sebagai spot foto cantik.

6. Hutan Mangrove

Daya tarik lain dari Pantai Alam Indah adalah pengunjung bisa sekaligus menikmati teduh-nya hutan Mangrove. Apalagi saat teriknya matahari datang, maka berteduh di hutan Mangrove adalah solusi terbaik.

Udara sejuk nan bersih yang berlimpah ruah membuat pengunjung betah berada di kawasan hutan mangrove ini. Tidak jarang pula yang menyerbu tempat ini hanya sekedar untuk memburu spot foto yang instagramable.

7. Berkeliling Naik Perahu

Apabila Anda menginginkan pengalaman yang lebih lagi daripada apa yang sudah ditawarkan diatas. Anda bisa mencoba berkeliling menyusuri sudut pantai menggunakan perahu milik nelayan yang sudah disediakan di pantai.

Hanya saja, ketika Anda hendak menikmati wahana ini harus mengeluarkan ongkos lagi karena tidak termasuk dalam tiket masuk.

Biaya yang dibutuhkan sekitar 300 hingga 500 ribu rupiah setiap 10 orang. Bila menginginkan harga yang lebih murah, maka Anda bisa mengeluarkan jurus jago menawar yang Anda miliki.

8. Sajian Santap Lezat

Setelah menikmati berbagai wahana dan keindahan alam yang disediakan, rasanya perut mulai terasa lapar. Tidak usah khawatir, karena Anda bisa langsung menuju kedai yang berada tidak jauh dari pantai.

Kedai-kedai tersebut menyediakan berbagai macam sajian seafood yang memiliki rasa lezat. Apalagi berbagai makanan khas laut ini dijamin kesegarannya karena ditangkap langsung dari laut.

Berbagai sajian ini siap menggoyang lidah dan mengisi perut Anda yang sudah keroncongan. Hmm, rasanya sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.

9. Anjungan Pantai

Satu lagi tempat yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke Pantai Alam Indah yaitu Anjungan Pantai. Disini, Anda bisa memanjakan mata dengan menatap lepas ke arah hamparan laut.

Birunya laut yang membuat hati tentram membuat pengunjung menyempatkan waktunya datang ke tempat ini. Tetapi, hati-hati ya ketika berada di tempat ini diusahakan untuk jangan melamun. Nanti bisa-bisa Dewi Ramtasari masuk kedalam tubuh Anda.

Fasilitas di Pantai Alam Indah

1. Area Parkir

Saat berkunjung kesini memang disarankan menggunakan kendaraan pribadi karena angkutan umum tidak bisa mengantarkan pengunjung sampai sini.

Sejalan dengan hal tersebut, di wilayah pantai sudah disediakan area parkir yang cukup luas. Sehingga bisa menampung lebih banyak kendaraan pribadi pengunjung.

2. Mushola

Demi menjaga kenyamanan pengunjung, pengelola Pantai Alam Indah juga menyediakan fasilitas ibadah seperti mushola.

Sehingga ketika masuk waktu sholat, pengunjung tetap bisa melaksanakan ibadah dengan nyaman dan tepat waktu.

Meskipun musholanya tidak begitu luas tetapi bisa dipastikan bersih dan nyaman. Sehingga tidak mengurangi kekhusyukan nilai ibadah Anda.

3. Kamar Mandi

Pantai ini termasuk pantai yang memperhatikan kebutuhan para pengunjungnya dengan cara menyediakan berbagai fasilitas yang dibutuhkan. Salah satu fasilitas penting yang harus ada yakni WC atau toilet atau kamar mandi.

Letak kamar mandi pantai ini berada di sekitar area parkir. Meskipun tidak begitu luas akan tetapi lumayan bersih sehingga Anda akan bisa menggunakannya dengan nyaman.

Setelah mengetahui segala hal tentang Pantai Alam Indah, pasti Anda semakin tidak sabar untuk berkunjung ke pantai ini.

Segera buat agenda liburan Anda untuk sekedar menyegarkan pikiran dari jenuh-nya pekerjaan. Ingat, ketika Anda berkunjung ke pantai sebaiknya membawa barang seperlunya saja dan pastikan jangan melakukan hal-hal yang bisa merusak keindahan pantai tersebut.

Jangan lupa juga untuk senantiasa menjaga keamanan anggota keluarga Anda, khususnya anak-anak yang masih di bawah umur dan membutuhkan pendampingan dari orang tuanya.

Demikian ulasan mengenai wisata bahari pantai Alam Indah Tegal Jawa Tengah. Jika Anda berkunjung ke kota bahari Tegal, jangan lupa untuk singgah di pantai ini.

16 Ulasan untuk Pantai Alam Indah, Tegal, Jawa Tengah

  1. Pantai kebanggaan masyarakat Tegal. Salah satu tempat piknik favorit masyarakat Tegal, Brebes, Slawi, Pemalang. Dan sekitarnya. Tiket masuk perOrang Rp. 3500. Parkir mobil Rp 5000. || Sayang akhir – akhir ini pantai terlihat kotor, banyak sampah yang terdampar di bibir pantai. || Disini sportnya asik euy buat nonton sunset. Terlihat jelas saat matahari akan tenggelam dibalik jejeran kapal – kapal yang sedang berlabuh di pelabuhan yang terletak di sebelah barat kawasan pantai alam indah Tegal. Banyak pedagang di kawasan bibir pantai. Menjajakan makanan khas panturaan. Rujak dan lontong, gorengan, mi instan mie goreng dan masih banyak lagienu lainnya. Bagi yang kehausan juga banyak pilihan minuman dari soft drink sampai air mineral, dan yang pasti wajib dinikmati pas mantai yaitu young coconut ice (es kelapa muda) wuih mantap rek. Cukup 15 ribu udah bisa nikmati es kelapa muda segerrrrrr…..

  2. PAI , pantainya orang tegal. untuk berenang lumayan, tp kurang ombak. kalo untuk merenung dan nongkrong2 cukup baik karena ada ayunan jaring yg bisa juga untuk tidur2an. lingkungan juga asri dengan, banyaknya pohon2. tiket masuk juga murah.

  3. Pantainya bersih… enak buat berenang,apalagi anak2 smpe ga inget waktu klo berenang… tiket masuknya 1 motor 10ribu. Parkirnya 1motor 5ribu… bilas nya 3ribu 1 orang… harga makanannya terjangkau,pop mie 10ribu,kopi 5ribu,aqua botol 5ribuan.. klo mau hemat bawa makanan sendiri sm bawa tiker sndiri,klo duduk di tiker yg disediakan di PAI nya bisa2 dipaksa beli makanan yg punya tikernya hihi.. mudah2n kedepannya lebih ditingkatkan lg fasilitasnya bila perlu di adain kamar bilas umum yg ngga harus bayar lagi hehe…

  4. enggak terlalu bagus sih, tapi karena ini hometown gw jadi gw recomended. . sayang banget air bilas nya asin,. ada masjid nya, tapi sayang banget, masjid nya kurang terawat. juga kadang tutup kadang buka, jadi ga bisa selalu sholat di sini. di masjid nya juga airnya asin.. . di pantai nya banyak sampah, kayak kurang terawat gituh. karena tiket masuk nya murah kali ya.. . terus banyak tempat-tempat yang udah agak rusak.

  5. Pantainya indah dan nyaman. Cocok untuk liburan akhir pekan terutama bagi keluarga. Ada penyewaan kuda,atv dan sepeda. Tempat makan juga tersedia disini. Tetapi harus hati” jika ombak sedang tinggi/pasang.

  6. Buat tempat nyejuk dan kopdar bersama kawan atau melepas penat ketika touring sangat cocok. Dekat juga dari jalur Pantura. . . Walaupun air lautnya tidak terlihat biru seperti pantai2 yang lain. Tapi masih cocok buat dinikmati kesejukannya. . . Namun sangat disayangkan pula untuk pantai yang dikelola pemda harga tiketnya sedikit mahal. Tapi masih dalam batas wajar lah

  7. Lautnya bagus, terutama di malam hari karena ada bioluminescent, jadi air lautnya keliatan warna biru cerah gitu..

  8. Secara alam dan geografis bagus pemandangannya, sayang kebersihan jadi hal yg kurang, sampah berserakan, kotor dimana-mana, bagi kami yang sering wisata pantai tentu sangat jauh dari kenyamanan, perlu adanya tindakan yg nyata dari pengelola pantai terkait agar menjadi pilihan wisata no 1 di tegal.

  9. Pantai kebanggaan masyarakat Tegal. Salah satu tempat piknik favorit masyarakat Tegal, Brebes, Slawi, Pemalang. Dan sekitarnya. Tiket masuk perOrang Rp. 3500. Parkir mobil Rp 5000. Penataan pedagang dan Kebersihan harus di tingkatkan lagi, banyak sampah2 bergeletakan mengganggu kenyamanan

  10. Suasana pantai enak, banyak pohon pinus, jadi g gersang2 amat, bwt renang anak cocok, ombak bersahabat, juga kedalaman pantai cenderung selutut org dewasa, . Cuman air pantai aja keruh, mungkin karena jalur kapal tambang lewat kali ya hehhe.!!!! . . Masuk kawasan kemaren 4k/org, . . Kemaren pas hari raya ada air mancur mlm2, mantap, juga masih banyak yg lain nya, cuman saya bingung, kalo daerah sana penginapan nya daerah mana,

  11. Bagus juga.. Sayang masih banyak tempat kotor

  12. Destinasi wisata yg ada wajib dikunjungi ditegal

  13. Pas untuk keluarga, tiket masuk murah, kuliner tersedia lengkap

  14. Pantainya bagus lagi pula murah meriah jajananya

  15. Sukur sekarang PAI sudah tidak ada lagi penjual makanan di pinggir pantai.

  16. Mantap nih, mau kasih saran, sampahnya di kelola tolong ya

Tinggalkan Balasan