Pantai Muarareja

Pantai Muarareja

Desa Muarareja, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, Jawa Tengah 52117, Indonesia.

10 Ulasan

Sebagai negara kepulauan tentunya ada banyak sekali wisata laut atau pun pantai yang bisa Anda kunjungi. Bahkan untuk menikmati indahnya wisata pantai Anda tidak perlu pergi jauh-jauh dari tempat tinggal.

Misalnya saja bagi Anda yang tinggal di kawasan Tegal Jawa Tengah, ada salah satu objek wisata pantai yang tentunya juga bisa dijadikan pilihan berwisata. Pantai tersebut adalah Pantai Muarareja.

Muarareja sendiri termasuk daratan pesisir Pantura Tegal atau pantai utara Jawa. Pantai ini termasuk salah satu pantai yang baru karena belum cukup banyak orang yang tahu namun masalah keindahan tentunya tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya.

Pantai Muarareja Tegal

Nama Muarareja sendiri diambil dari lokasi wisata ini yakni berada di Kelurahan muarareja, Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal Jawa Tengah. Meskipun belum banyak pengunjung yang datang ke sini, ternyata ada juga yang menjadikannya sebagai rekomendasi wisata yang wajib untuk dikunjungi.

Berikut ada beberapa penjelasan dari kawasan Wisata Muarareja.

Pantai Muarareja Tegal Jawa Tengah

Pantai Muarareja adalah salah satu destinasi wisata yang ada di kawasan Tegal. Pantai ini memiliki keindahan yang tentunya tidak kalah menarik dari beberapa pantai pada umumnya.

Kini Suasana pantai menjadi lebih hidup karena ada bangunan serta dermaga. Bahkan hal tersebut juga jadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Perubahan wajah dari kawasan Muarareja sendiri ada karena kerjasama dari kelompok sadar wisata atau Pokdarwis Muara Indah serta Pacific Paint. Kolaborasi tersebut membuat cantik beberapa bangunan yang ada di Muarareja serta menghasilkan beberapa bangunan baru lainnya.

Selain menikmati ke Anda keindahan pantai para pengunjung juga bisa menikmati kuliner laut bersama keluarga dan rombongan di sepanjang pantai. Lokasi Pantai Muarareja sendiri berada di.

Harga Tiket Masuk Pantai Muarareja

Wisata Pantai Muarareja Indah Tegal

Masalah harga tiket masuk tentunya tidak menjadi hal yang memberatkan bagi Anda karena harga tiket masuk sendiri tergolong cukup murah. Ada dua tarif harga tiket masuk yang ditetapkan pada kawasan Wisata Muarareja. Ini berdasarkan hari wisatawan berkunjung.

Untuk hari-hari biasa yakni hari Senin hingga Jumat anda dan para pengunjung lainnya diharuskan membayar harga tiket masuk sebesar Rp 5000 per orang. Sedangkan untuk akhir pekan atau liburan anda akan dikenakan tarif yang tentunya masih cukup murah saja yakni Rp 6000 per orang.

Harga tersebut merupakan harga untuk masuk ke kawasan wisata saja dan belum termasuk untuk beberapa aktivitas lainnya.

Jika anda membawa kendaraan pribadi pada saat datang ke kawasan Muara Reja maka akan dikenakan biaya parkir. Biaya parkir sendiri sebenarnya sudah termasuk kedalam tiket masuk

Kendaraan roda dua akan dikenakan biaya sebesar Rp 2000 Sedangkan untuk kendaraan kendaraan roda empat atau mobil akan dikenakan tarif sebesar Rp 3000 saja. Bagaimana cukup murah bukan.

Rute Menuju Lokasi Pantai Muarareja

Lokasi dari Pantai Muarareja sendiri berada di Jalan Brawijaya kelurahan muarareja Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal Jawa Tengah. Berdasarkan alamat tersebut maka lokasi dari Muarareja ada di pesisir utara Pulau Jawa.

Jarak pantai sendiri cukup dekat yakni hanya sekitar 6,8 km dari arah utara. Anda pun bisa memakai kendaraan pribadi seperti mobil atau motor serta menggunakan transportasi umum untuk datang ke pantai ini.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi maka dari kawasan kota Tegal Anda bisa mengikuti beberapa petunjuk arah yang ada di sekitar jalan. Itu agar semakin mudah untuk menemukan Wisata Muarareja tanpa takut tersesat Anda bisa menggunakan Maps atau bertanya ke warga setempat.

Objek Wisata Pantai Muarareja

Tidak hanya melakukan aktivitas bermain air saja Anda juga bisa menikmati beberapa objek atau Spot menarik lainnya. Pihak pengelola pantai sendiri setidaknya sudah menyiapkan sekitar 15 pot untuk Foto yang mana cukup unik dan juga.

Selain Spot foto tersebut Anda juga bisa menikmati beberapa Spot lainnya seperti yang ada di bawah ini.

1. Menikmati Suasana Pantai

Pantai Muarareja Kota Tegal

Selama di pantai ini, Anda akan menikmati semilir angin pantai yang sepoi-sepoi datang dari arah laut. Anda dapat duduk di batu-batuan di pinggir pantai atau duduk-duduk di saung atau gazebo sambil menikmati makanan yang ada di sekitar pantai.

Anda juga dapat mengajak anak-anak Anda untuk bermain pasir di sekitar pantai. Pasir yang ada di sekitar pantai yaitu pasir hitam yang pasti anak-anak suka.

2. Menikmati Sunset

Sunset Di Pantai Muarareja

Jika Anda menunggu sampai waktu terbenam-nya matahari di ufuk barat, maka Anda dapat menikmati indahnya terjadinya sunset di pantai Muarareja ini.

Warna langit yang kuning keemasan dipadukan dengan warna jingga di sekitarnya akan menambah indahnya suasana sunset di pantai ini. Anda dapat mengabadikan momen ini menjadi background photo Anda.

3. Deretan Pinus

Pantai Muarareja Indah

Salah satu keunikan yang ada pada wisata Pantai Muarareja yakni jalan memanjang. Jalan memanjang pada kawasan pantai Muarareja cukup berbeda dengan lainnya karena dipenuhi dengan barisan pohon pinus.

Deretan pinus tentunya bisa dijadikan anda sebagai latar belakang untuk mengabadikan momen indah di Muarareja.

4. Ikon Bertuliskan Muarareja

Pantai Muarareja Indah Tegal

Untuk icon tulisan pada suatu tempat wisata tentunya sudah tidak asing lagi bagi para wisatawan. Sama halnya dengan objek wisata lainnya kawasan Muarareja juga menyajikan Icon dengan tulisan Muarareja.

Anda dan para pengunjung lainnya mengambil foto dengan latar belakang ikon tulisan ini. Meskipun tidak memberikan informasi tertulis melalui foto yang Anda ambil, orang lain bisa paham bahwa Anda sedang berada di Pantai Muarareja.

5. Dinding Mural

Wisata Pantai Muarareja Indah

Pantai muarareja menyediakan berbagai macam Spot foto yang tentunya sangat instagram-able yakni berupa lukisan mural dinding dengan tema kehidupan dari bawah laut.

Spot foto seperti ini Tentunya masuk untuk berbagai macam usia mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Fasilitas di Pantai Muarareja

Objek wisata memang baru ya namun masalah fasilitas tentunya tidak perlu Anda ragukan lagi. Dari beberapa spot wisata yang cukup lengkap tentunya fasilitas yang dihadirkan pun tidak kalah lengkap.

Pihak pengelola menghadirkan fasilitas yang lengkap untuk mendukung keamanan dan kenyamanan dari para pengunjung.

Pantai ini mengusung konsep dari pemberdayaan ekonomi lokal serta pelestarian lingkungan. Oleh sebab itu fasilitas yang ada di pantai ini cukup lengkap dan dikelola langsung oleh pengelola pantai yakni warga lokal.

Berikut beberapa fasilitas yang bisa anda nikmati di Pantai Muarareja.

1. Warung Kuliner

Pariwisata rasanya kurang lengkap jika tidak menikmati kuliner yang khas. Namun anda tidak perlu merasa khawatir ketika berada di kawasan pantai muarareja karena ada fasilitas berupa warung kuliner.

Ada cukup banyak pedagang lokal yang menjajakan aneka macam makanan cinderamata hingga pernak-pernik

2. Toilet

Sehabis berenang ataupun bermain air di pantai tentunya harus mandi dan berganti pakaian bukan? Pengelola sendiri menyediakan toilet yang bisa digunakan para wisatawan untuk mandi mau pun berganti pakaian.

3. Persewaan Pelampung

Untuk mendukung aktivitas berenang dan bermain air pihak pengelola menyediakan tempat persewaan pelampung. Para wisatawan bisa menyewa pelampung yang digunakan untuk berenang.

Pelampung ini juga memiliki bentuk yang cukup unik karena berasal dari ban bekas kemudian dicat warna-warni.

4. Tempat Bermain

Perhatian dari pihak pengelola sepertinya tidak sampai disitu saja. Warung lokal juga menyediakan arena untuk taman bermain yang bisa digunakan anak-anak. Taman bermain tersebut bisa digunakan secara gratis jika Anda membeli di warung.

Jika Anda tinggal di kawasan kota Tegal dan sekitarnya maka tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Pantai Muarareja ini.

Selain menghadirkan pantai yang indah tentunya ada bermacam-macam fasilitas yang lengkap untuk mendukung kenyamanan dan keamanan. Untuk mengabadikan foto sendiri juga telah disediakan berbagai macam sport yang menarik.

10 Ulasan untuk Pantai Muarareja, Tegal, Jawa Tengah

  1. Terakhir ke sini 7 thn yg lalu. Pantai kotor banyak sampah, panas tiada pohon, tiada tempat berteduh. Kini benar2 indah, sampah berkurang, banyak pohon, ada tempat berteduh, semakin sejuk menikmati semilir angin pantai, sambil mengawasi anak bermain di pantai. Namun sayangnya tempat bilas mandi kurang aman, belum permanen. Menggunakan sisa banner yg tdk terpakai. Hati2 buat anak gadis bilas di situ. Siapa tahu ada lubang2 kecil seperti sengaja disulut pakai rokok, sy pernah melihatnya. Semoga ke depan makin indah lagi fasilitasnya.

  2. Bagus airnya bening.. Tempatnya tertata. Untuk.pemda lebih di tingkatkan lagi pengelolaanya.. Bisa menjadi destinasi wisata unggulan.. Pendopo di tengah airnya di perpanjang lebih ked3pan pasti bagus.. Dan di perbanyak lagi

  3. Pantainya masih terlihat alami, belum begitu banyak ada sentuhan pembangunan prasarana, hanya banyak warung yang berjejer sekitaran pantai. Bisa menikmati sunset, hanya saja pas saya datang cuaca berawan jadi tidak begitu jelas terbenamnya matahari.

  4. Tempatnya bagus. Untuk lihat sunset view nya juga bagus. Namun bagian barat agak sedikit kotor krna sampah yg berserakan di pinggir pantai.. Untuk tempat rekreasinya saya harap bisa ditingkatkan lagi. Semangat ๐Ÿ˜

  5. Saran buat pengelola dan pemerintah kota Aksesnya di perbaiki,jalan menuju wisata terlalu sempit untuk pengunjung yg datang di akhir pekan bila perlu di beton dan di lebarkan,biaya tanda masuk cukup murah aman dan nyaman

  6. Tempatnya bagusa tiap pulkam ke TEGAL wajib kesini…makanannya juga Murmer…bersih tempatnya udah gak ada lagi sampah…
    Pokoke Tegal Keminclong Moncer Kotane…kesini yukkk…viralkan…

  7. Tempatnya bagus pantai nya enak buat santai adem g terlalau ramai nd g ada pungli top dah buat masyarakat sekitar

  8. Berdasarkan pengalaman saya dan teman-teman saya ,indah sekali panorama dan bentang laut nya ,mungkin perlu diperbaiki tentang pengelolaan sampah itu saja yang dapat saya sampaikan,mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan๐Ÿ™

  9. Lumayan buat santai kluarga.
    Ekonomis & tersedia makanan specifik yg sehat dan terjangkau.

  10. mengajak teman,keluarga ataupun pacar sembari menikmati angin sepoi-sepoi di pinggir pantai MUARAREJA INDAH bisa mengisi waktu liburan anda disini,saya merekomendasikan tempat ini untuk anda yang suka libuan di pantai ๐Ÿ™‚
    Tapi sayangnya masih ada sedikit sampah khususnya sampah plastik yang berserakan dipinggir pantai tersebut.

Tinggalkan Balasan