Pantai Cipta

Alamat: Jl. Kw. Cipta |||, Bandarharjo, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

(3.4/5) Baca ulasan

Pantai Cipta berlokasi di belakang Terminal Peti Kemas, Tanjung Emas, Semarang. Pantai Cipta terletak bersebelahan dengan Pantai Baruna, hanya saja pintu masuk kedua pantai ini berbeda. Pantai Cipta didominasi oleh banyaknya bebatuan dan hanya sedikit pasir. Namun Pantai Cipta sendiri memiliki ombak yang tenang, tidak seperti di Pantai Selatan yang lebih besar ombaknya.

Pantai Cipta sendiri juga dikenal dengan sebutan Pantai Peti Kemas karena lokasinya yang berdekatan. Karena kedekatan lokasi itu pula, di Pantai Cipta mudah ditemukan pemandangan lalu lalang kapal peti kemas. Selain pemandangan tersebut, daya tarik dari Pantai Cipta adalah lokasinya yang dijadikan sebagai tempat mancing favorit. Apabila tertarik mengunjunginya, berikut adalah tiket masuk, rute, hingga objek wisata di Pantai Cipta.

Harga Tiket Masuk di Pantai Cipta

Pada Pantai Cipta, terdapat daya tarik wisatawan yaitu adanya padang ilalang yang berdekatan dengan pantai. Lokasi tersebut biasa dijadikan spot foto. Apabila ingin merasakan pengalaman berfoto di ilalang Pantai Cipta, pengunjung hanya diharuskan membayar Rp 5.000,- sebagai tiket masuk. Namun pengunjung tentu akan ditarik biaya untuk parkir kendaraan.

Parkir kendaraan sendiri di Pantai Cipta terjangkau. Dimana untuk roda 2  dikenai biaya sekitar Rp 2.000,- sedangkan roda 4 Rp 5.000,-. Fasilitas yang disediakan di Pantai ini antara lain kamar mandi atau WC, tempat parkir, warung, serta gazebo. Hanya dengan bermodalkan Rp 5.000,- serta harga parkir, pengunjung sudah bisa menikmati keindahan dari pantai Cipta.

Rute Menuju Lokasi Pantai Cipta

Apabila anda mencari rute menuju Pantai Cipta, maka terdapat beberapa rute yang bisa menjadi pilihan. Rute pertama apabila melalui Jalan Hasanudin, maka lurus hingga menemui sungai. Kemudian ambil jalan yang berada di sebelah kiri sungai. Lurus terus hingga dijumpai jalan arteri. Apabila sudah maka akan bertemu Terminal Peti Kemas, dimana Pantai Cipta berada dibelakangnya.

Rute kedua adalah dari arah Bundaran Kalibanteng. Pergilah ke jalan arteri dari Bundaran Kalibanteng. Kemudian lurus saja, hingga ditemukan lampu merah yang ke-tiga. Kemudian jalan pelan-pelan saja hingga menemukan Terminal Peti Kemas yang terletak di sebelah kiri jalan. Apabila sudah menemukan Terminal Peti Kemas, maka Pantai Cipta sudah terletak dibelakanngnya.

Obyek Wisata di Pantai Cipta

1. Lokasi Memancing

Seperti Pantai Tirang, Pantai Cipta juga dijadikan salah satu spot yang menarik untuk memancing. Banyak orang yang hobi memancing datang ke Pantai Cipta. Karena tempatnya yang memang dipenuhi dengan batu kecil, maka ikan kecil-kecil maupun ikan kerapu banyak menjadikannya tempat tinggal. Pemancing biasanya akan memancing di batuan yang tersebar pada sekitar pantai.

Terdapat hal menarik lain mengenai memancing di Pantai Cipta. Orang-orang banyak yang memancing dengan teknik casting. Menggunakan teknik ini mereka menargetkan untuk mendapatkan ikan baraccuda. Apabila anda tertarik untuk mencobanya, datanglah ke Pantai Cipta  Semarang dan rasakan memancing disana dengan pemandangan indah yang tersaji pula.

2. Kuliner

Kawasan sekitar pantai umum menyajikan hidangan seafood. Begitupula di Pantai Cipta, terdapat banyak warung makan yang menawarkan seafood segar. Apabila ingin berwisata kuliner, cobalah berbagai hidangan segar yang berada di sekitar Pantai Cipta. Tersedia pula hidangan yang banyak ditemukan di sekitar Pantai Cipta, seperti olahan ikan Kerapu.

3. Pemandangan Padang Ilalang

Jarang pantai yang ditemukan bersebelahan dengan padang ilalang. Umumnya pantai akan ditemukan bersebelahan dengan pohon kelapa atau mangrove. Namun berbeda dengan Pantai Cipta, karena ditemukan banyak ilalang yang menjulang tinggi di dekat pantai. Karena kehadiran ilalang ini, Pantai Cipta kerap dijadikan lokasi foto yang cukup favorit oleh para wisatawan.

4. Pemandangan Sunset dan Sunrise

Apabila memang kondisi tengah cerah dan tidak berawan, maka anda bisa memiliki kesempatan untuk menikmati sunset. Banyaknya ilalang tinggi akan menambah Pantai Cipta semakin menarik untuk menikmati matahari terbenam. Oleh sebab itu disarankan untuk mengunjungi pantai Cipta pada musim kemarau, dimana kemungkinan langit cerah akan semakin tinggi.

5. Spot Selfie

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, keberadaan ilalang di sekitar Pantai Cipta sangatlah menarik. Wisatawan berlomba-lomba untuk mendapatkan foto terbaik di pantai Cipta. Sehingga pantai Cipta ini juga dikenal sebagai spot selfie. Pengunjung juga dapat mencoba foto dengan kapal peti emas yang berlalu lalang. Atau bisa saja selfie dengan latar belakang pemandangan pantai.

6. Pemandangan Kapal Peti Kemas

Lokasinya yang berada di belakang Terminal Peti Kemas tentu memungkinkan untuk menyaksikan kapal yang berseliweran. Tidak hanya pada siang hari, cobalah untuk mengunjungi pantai ini pada malam hari. Maka pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan kelap-kelip lampu dari kapal. Sehingga anda akan mendapatkan pengalaman romantis dari pantai Cipta.

Itulah lokasi, biaya masuk, rute, hingga berbagai objek wisata di tempat cipta. Pemandangan kapal peti emas yang berlalu lalang merupakan salah satu perbedaan mencolok pantai Cipta dengan yang lainnya. Banyaknya potensi wisata yang bisa dilakukan di pantai tersebut sebaiknya diimbangi dengan pengelolaan yang memadai. Karena di pantai Cipta sendiri masih ditemukan sampah-sampah berserakan.

12 Ulasan dari Pengunjung Pantai Cipta

  1. Pernah ni ke pantai cipta ketemu orang ngentod 2 kali di semak-semak -_-, di galakin dong biar gak ada yang ngentod disitu… nganggu banget apa lagi tempat wisata mini

    20 Mei 2018, 09:44 WIB

  2. Belum tahu, belum Pernah datang 🤣. Karena google tanya ya kujawab apa adanya, selain itu juga karena ngejar point. . Point menuju ke level 7. Ada yang tahu? Ada benefit apa jika dapat level 7?. Please jika ada yg tahu kasih jawabannya ya…. Omong omong kita sekarang memang selalu Dimata-matai google, buktinya ya ini, google selalu tahu kita dimana? Dan selalu minta ulasannya.. Coba data google di ambil oleh oknum tidak bertanggung jawab.. Seperti Facebook kemarin yg ternyata menjual data kita….

    25 Mei 2018, 08:01 WIB

  3. Akses masuk untuk motor cukup mudah. Hanya perlu bayar penjaga gerbang nya aja. Kalau lewat portal, lurus aja ikuti jalan setapak. Di dalam, area syurga buat pemancing dan fotografer pemburu sunrise /sunset. Sayang belum terjamah pemkot untuk pengelolaannya. So masih poorly managed.

    23 Juni 2018, 08:42 WIB

  4. seharusnya bisa jadi tempat wisata yang bagus

    10 Juli 2018, 07:56 WIB

  5. Tidak direkomendasikan untuk dikunjungi karena akses kesana jalannya masih tanah liat yg kalau musim hujan licin sekali, setau saya tidak ada fasilitas umum seperti toilet, dan pantai cenderung kotor banyak sampah penduduk..

    20 Juli 2018, 10:33 WIB

  6. jika kesini harus berhati hati sangat, disamping jalan nya yang bertanah pasir dan berbatu, musuh lewat sini adalah truk kontainer yang besar besar, not recommended lah.

    18 September 2018, 20:40 WIB

  7. Pantai dengan pinggiran batu batu, aman untuk anak kecil akses jalan mudah tapi kalau lagi hujan hati hati yah…

    22 September 2018, 16:25 WIB

  8. Yg suka mancing wajub berkunjung kesini, kalo untuk main air atau wisata tdk recom dN juga tdk ada tiket resmi, memang sbnrnya tmpat tsb hNy untuk penyimpanan peti kemas.

    8 Juni 2019, 04:12 WIB

  9. Pantai masih alami tp sayang kebersihan kurang terjaga, Msih banyak sampah dimana-mana.

    22 Juni 2019, 00:45 WIB

  10. Tempat mancing murmer dan asik buat seru”an.. ayo mancing gays..

    10 Juli 2019, 04:43 WIB

  11. Tempat mancing asik dgn bermacam-macam jenis ikan laut

    29 Agustus 2019, 01:26 WIB

  12. Gk sio sio mancing tekan bengi

    2 Oktober 2019, 22:06 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Cipta

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *