Pantai Maron

Alamat: Pantai Maron West Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

(3.6/5) Baca ulasan

Kota Semarang merupakan ibu kota provinsi jawa tengah. Kota ini merupakan salah satu kota yang bisa dibilang paling sibuk di jawa tengah, sebab kegiatan administrasi dan lain-lain dari provinsi jawa tengah berada di kota ini. Semarang sering didatangi oleh pengunjung dari kota lain akibat dari wisata yang ia miliki. Salah satunya adalah Pantai Maron, yang tidak kalah indah dengan Pantai-Pantai indah di Indonesia.

Sebab kota semarang adalah kota yang sibuk, maka orang-orang di dalamnya seringkali dilanda stress yang berlebihan. Salah satu cara untuk meredakan stress tersebut adalah dengan cara berlibur sementara atau jalan-jalan ke suatu tempat yang menyenangkan. Bagi Anda warga semarang, tak perlu jauh-jauh ke luar kota. Selain lelah juga akan mengeluarkan banyak biaya.

Di Pantai Maron sendiri ada sebuah Hutan Mangrove yang menjadidaya tarik tersendiri bagi pengunjung. Pada awalnya dulu, Hutang Mangrove ini adalah yang akan menjaga Pantai dari kerusakan. Lalu lama kelamaan, hutan tersebut menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat bagus. Wisata Hutan Mangrove dan Pantai sendiri terbilang masih baru, namun sudah sangat ramai dikunjungi oleh warga Semarang dan lain-lain.

Hutan Mangrove sendiri juga diupayakan sebagai wisata edukasi bagi anak-anak, tentang pentingnya menjaga Pantai dari abrasi. Udara yang sangat sejuk akan membuat pengunjung menjadi sangat betah di kawasan tersebut. Panasnya kota Semarang tidak akan terasa lagi bila berada di tempat yang sejuk seperti Pantai Maron.

Harga Tiket Masuk Pantai Maron

Jika Anda datang berkunjung ke Pantai ini, dijamin kantong Anda tidak akan terkuras habis. Kawasan wisata di semarang ini, memiliki penawaran biaya yang sangat terjangkau sekali. Para pengunjung yang hendak masuk ke kawasan ini hanya dikenakan biaya masuk sebesar 5000 rupiah saja. Lalu untuk ongkos parkir sebesar Rp 2.000,- saja. Tarif parkir tersebut berlaku untuk kendaraan mobil maupun motor.

Tentu biaya seperti itu termasu murah mengingat keindahan yang ditawarkan di dalamnya. Memang semua tarif wisata di semarang sendiri tidak ada yang mahal, hampir semuanya terjangkau dan murah saja. Jangan lewatkan kesempatan ke Pantai yang satu ini apabila sedang berada di semarang.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Maron

Di manakah lokasi Pantai Maron yang menari tersebut? Kalau Anda ingin menuju ke sana, Anda harus menuju ke bagian barat kota Semarang. Pada intinya, lokasi wisata yang satu ini tidak jauh dari pusat kota Semarang. Oleh karenanya, Pantai Maron menjadi salah satu rujukan wisata anak muda semarang.

Pantai ini bisa dicapai dengan 2 rute yang dapat Anda pilih, yang pertama dari bandara ahmad yani. Lalu yang kedua Anda bisa mengakses Pantai ini melalui perumahan graha krapyak. Jarak tempuh dari kedua lokasi tersebut hanya sejauh 3 km saja. Itu berarti hanya butuh sekitar 10 sampai 15 menit saja untuk dapat sampai di Pantai tersebut.

Waktu 10 menit tersebut adalah waktu tempuh dengan menggunakan kendaraan motor atau mobil. Namun bila Anda datang kesana dengan jalan kaki pelan-pelan melalui graha perumahan krapyak, maka waktu tempuhnya adalah sekitar 30 menit. Tentu saja waktu selama itu tidak akan terasa apabila dijalani dengan santai dan dalam kondisi hati yang baik.

Objek Wisata di Pantai Maron

1. Hutan Mangrove

Hutan Mangrove ini tidak dapat dipisahkan dari Pantai Maron. Sebab adanya Hutan Mangrove pada awalnya adalah untuk mengamankan tanah pada Pantai agar tidak mengalami abrasi. Namun seiring berjalannya waktu, ternyata Hutan Mangrove tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Kini Hutan Mangrove dan juga Pantai sama ramainya.

2. Budidaya Tambak Laut

Budidaya ini ada di sepanjang Pantai Maron. Para nelayan membudidayakan udang tambak untuk kemudian dijual kepada pengepul. Selanjutnya udang tambak tersebut kemudian dijadikan aneka macam olahan makanan. Misalnya dijadikan sebagaio olahan terasi. Anda dapat melihat secara langsung bagaimana petani bekerja dan juga melihat hasil tambaknya. Selain udang, ikan juga dibudidayakan di sana.

3. Jembatan Batu

Ada sebuah jembatan yang terbuat dari, di atas jembatan itu biasanya berlangsung acara Foto Prewedding dan lain-lain. Keindahan panorama dan juga angle yang digunakan sangat mendukung hasil jadi dari acara pemotretan tersebut.

4. Sunset

Pemandangan Sunset atau matahari tenggelam akan semakin indah apabila Anda datang pada bulan juli sampai dengan september. Pada sore hari khususnya, Pantai ini menjadi sangat ramai sekali oleh pengunjung

5. Spot Foto

Ada banyak sekali Spot Foto lainnya di Pantai Maron ini, Anda harus jeli dalam melihat spot yang bagus. Sebab bila tidak jeli, Anda akan menunggu lama akibat orang lain yang terlalu lama berfoto di tempat tersebut.

12 Ulasan dari Pengunjung Pantai Maron

  1. Semarang memang memiliki wisata alam yang lengkap dari wisata pegunungan juga pantainya. Pantai Maron merupakan salah satu destinasi wisata di Semarang yang menawarkan keindahan panorama pantainya. Pantai ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan khususnya pada akhir pekan. Maka jika anda ingin menikmati pantai dengan lebih khikmat bisa dipilih hari selain akhir pekan. Menenangkan diri di pantai memang menjadi pilihan sebagian orang dan pantai Maron merupakan salah satu pilihan yang tepat jika kebetulan kota yang anda kunjungi adalah Semarang. Keunikan lain yang dimiliki pantai ini adalah cerita-cerita asal nama yang disimpannya. Entah mana yang benar namun ada cerita yang menyebutkan bahwa nama pantai ini berasal dari warna merah maron khas baret penerbad karena konon pantai ini masih milik penerbangan TNI Angkatan darat (Penerbad). Cerita lain menyebutkan bahwa nama maron merupakan singkatan dari Marina Kulon. Coba saja kunjungi pantai ini, coba dengar mana cerita yang sampai ke telinga anda.

    28 Januari 2018, 04:30 WIB

  2. Pantai Maron yang terletak di sebelah barat Semarang, tepatnya di sekitar muara Sungai Silandak. Nama Maron sendiri konon karena pantai ini masih merupakan milik Penerbangan TNI Angkatan Darat (Penerbad), karena merah maron merupakan warna khas baret Penerbad, maka pantai ini disebut Pantai Maron. Nama Maron juga dapat diartikan sebagai singkatan dari Marina Kulon. Marina merupakan salah satu pantai yang berada di Semarang dan Maron berada di sebelah barat dari pantai marina. Kulon merupakan istilah Bahasa jawa yang berarti barat. Sehingga pantai Maron merupakan pantai yang lokasinya ada di barat (kulon) dari pantai marina.. Kondisi pantai maron kurang begitu terawat, bisa dibilang tidak terawat. Pantai yang harusnya indah tertutup oleh sebaran sampah yang berada di area pantai. . . Pantai Maron itu sendiri dapat diakses melalui 2 (dua) tempat utama yaitu dimulai dari Bandara Ahmad Yani atau dapat juga Anda akses melalui Perumahan Graha Krapyak. Jarak tempuh dari Bandara Ahmad Yani atau Perumahan Graha Krapyak tersebut menuju Pantai Maron ini kurang lebih sejauh 3 km saja dari jalan raya, Anda sudah dapat sampai ke lokasi pantai.. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, dapat ditempuh dalam kurun waktu kurang lebi 10 menit. Namun, jika Anda ingin sambil berjalan –jalan dan menikmati nuansa sekitar pantai, Anda dapat berjalan kaki dari ujung Perumahan Graha Krapyak yang dapat ditempuh kurang lebih selama 30 menit saja.

    10 Februari 2018, 19:46 WIB

  3. Akses menuju pantai masihh kurang bagus jalannya, jalannya masihh berdebu karrna banyak brbatuan klo musim hujan pasti motor akan kesusahan , bayarnya murah cukup 5rb, sampai di pantainya bagus sebenarya sayang banyak sampahnya, tapi ttp keren kok.

    9 April 2018, 00:35 WIB

  4. Andai kata pantaunya bersihh ituu lebihh indahh dari pada pantai marinaa . Tapi karna keada.an pantai yamg sangat kotor menjadi tempat ini tidak nyaman di datangii….

    11 April 2018, 20:40 WIB

  5. Lokasi di semarang, dekat dengan bandara. Mudah dijangkau. Cocok untuk wisata keluarga. . Kalau mau kesini pagi2 sekali, atau sore hari untuk mendapatkan suasana yang indah

    4 Mei 2018, 19:37 WIB

  6. Standar pantai di Semarang: pasir hitam, warna air kecokelatan

    28 Juli 2018, 23:08 WIB

  7. Tempat kurang terawat, akses jalan buruk, udara Sejuk, tidak merekomendasikan untuk main air dipantai ini.

    5 September 2018, 06:43 WIB

  8. Kalo mau lihat sunset tempatnya oke. Tapi jalan menuju kepantainya yg bikin males. Harus lewat jalan batuan debu sekitar 2 km belom lagi kalo ujan jadi becek.

    29 November 2018, 09:48 WIB

  9. Sampah doang isinya jijik . Jelek banget jalan masukny jelek lagi. Gak puas

    9 Desember 2018, 06:50 WIB

  10. Pantainya kurang perawatan

    24 Desember 2018, 00:59 WIB

  11. Hati2, kalau setelah hujan lebih baik tidak ke sini karena jalanan becek berlumpur

    14 Januari 2019, 20:15 WIB

  12. Ajib dah. 👍👍👍

    16 Januari 2019, 01:24 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Maron

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *