Pantai Tirang

Alamat: Tugurejo, Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah 50182, Indonesia

(3.5/5) Baca ulasan

Pantai Tirang merupakan salah satu pantai di Semarang, tepatnya di Desa Tambakrejo, Tugurejo, Tugu, Kota Semarang. Pantai Tirang cukup dekat dengan Pantai Maron dan hanya dibatasi oleh muara Sungai Silandak. Pantai Tirang letaknya cukup dekat dengan Bandara Ahmad Yani. Lokasinya yang dekat pusat keramaian menjadikan pantai ini sebagai tempat wisata yang cukup strategis.

Pantai Tirang sendiri memiliki sejarah, dimana dahulunya terdapat sebuah pulau kecil yang disebut Pulau Tirang. Pulau tersebut menjadi ikon Kota Semarang karena keindahan serta fauna dan flora yang ada didalamnya. Namun karena abrasi yang sangat hebat, pulau tersebut menghilang dan kini menyisakan garis pantai, yang kini disebut dengan Pantai Tirang.

Harga Tiket Masuk di Pantai Tirang

Pantai Tirang menjanjikan keindahan sunset dan juga pemandangan pesawat terbang yang berlalu lalang. Selain itu pantai ini memiliki banyak ikan yang berada di garis pantai, sehingga menjadikan pantai ini strategis untuk memancing. Hanya dengan membayar Rp 5.000,- maka anda sudah bisa memasuki pantai ini, untuk kemudian menikmati keindahan dan objek wisata yang lainnya.

Fasilitas yang tersedia di pantai ini antara lain area parkir, warung, serta gazebo. Namun tentunya masih dikenai tarif untuk parkir. Warung yang tersedia di pantai ini mempermudah wisatawan mendapatkan kebutuhan seperti makanan, minuman, tissue, dan sebagainya. Namun apabila ingin wisata yang berbiaya rendah, anda hanya perlu mengeluarkan Rp 5.000,- serta tarif parkir saja.

Rute Menuju Lokasi Pantai Tirang

Meskipun lokasinya strategis, namun akses menuju Pantai Tirang masih kurang memadai dimana jalan utamanya masih berbatu. Sehingga cukup susah apabila di tempuh menggunakan mobil. Lebih disarankan menggunakan sepeda motor. Apabila tetap ingin menggunakan mobil, wisatawan diharuskan berjalan kaki terlebih dahulu sekitar 500 meter untuk mencapai pantai tersebut.

Terdapat beberapa rute menuju pantai Tirang, tergantung dari lokasi awal. Apabila dari Bandar Udara Ahmad Yani, pertama adalah melalui Jalan Bandara Ahmad Yani, kemudian melewati jalan Pantura. Lalu melewati jalan Pantura Semarang-Kendal, setelah itu menuju ke Jalan Siliwangi. Kemudian melewati Jalan Hanoman Raya untuk menuju Kecamatan Tugurejo dimana pantai berada.

Apabila rute dari Semarang, mula-mula pilih arah dari Bundaran Kalibanteng. Selanjutnya lurus saja dan terdapat Kantor Samsat Online. Namun perjalanan masih terus lurus hingga bertemu Perumahan Graha Padma. Lewati jalan perumahan tersebut, dimana selanjutnya akan dilewati sungai serta tambak ikan warga. Tidak jauh dari lokasi tersebut, akan ditemukan Pantai Timang.

Obyek Wisata di Pantai Tirang

1. Lokasi Memancing yang Strategis

Apabila anda berkunjung di Pantai Tirang, bukan hal aneh apabila banyak pemancing yang memancing di bibir pantai. Hal tersebut dikarenakan banyak ikan yang dijumpai di garis Pantai Tirang. Bahkan banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini dengan tujuan untuk memancing ikan. Sembari menikmati pemandangan pantai, dapat pula menyalurkan hobi memancing anda.

Terdapat beberapa jenis ikan yang dapat ditemukan di Pantai Tirang. Jenis ikan tersebut antara lain ikan kakap putih, mujair, rusah-ruhas, sembilan, ikedokan, serta ikan blanak. Pada pantai tersebut juga terdapat udang dan ikan bandeng. Namun terdapat larangan untuk memancing kedua jenis hewan tersebut, dikarenakan udang dan bandeng telah ditanam pembibitan.

2. Pemandangan Sunset

Sangat disarankan untuk mengunjungi Pantai Tirang saat cuaca cerah. Sehingga pada sore hari anda bisa menikmati pemandangan matahari terbenam atau sunset. Selain itu juga terdapat landasan pacu yang terletak di dekat pantai. Sehingga pemandangan pesawat yang tengah berlalu lalang, baik landing atau take off menjadikan pemandangan dari pantai Tirang semakin baik.

3. Deretan Tambak dan mangrove

Pantai Tirang memiliki ombak tenangyang menjadikan lokasinya strategis untuk tambak. Oleh sebab itu banyak ditemukan pemandangan tambak warga di pantai tersebut. Pemerintah juga berusaha mengurangi dampak abrasi dengan menanam mangrove di sepanjang garis pantai. Sehingga wisatawan juga bisa menikmati keindahan pantai dengan tambak dan jajaran mangrove disekitarnya.

4. Pasir Lembut

Pantai Tirang memiliki pasir lembut tanpa bebatuan, sehingga wisatawan dapat menikmati sore sambil menyusuri garis pantai. sembari berjalan kaki menikmati pasir yang halus, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan serta berbagai aktivitas warga yang tengah berkutat di tambak. Anda juga bisa memancing di atas pantai berpasir halus, tanpa kerepotan menaiki kapal dan sebagainya.

Namun sangat disayangkan bahwa pantai Tirang kurang dilakukan pemeliharaan, kemungkinan karena jalan untuk menuju kesana masih cukup sulit. Pada sepanjang pantai, banyak ditemukan sampah yang bercampur dengan semak belukar sisa mangrove dan tambak. Sehingga sangat mengganggu wisatawan yang hendak menyusuri pantai melewati pasir halus.

5. Spot foto

Tentunya, ketika Anda pergiliburan dan tiba di Pantai Tirang, alangkahbaiknyauntukmengabadikandenganhasiljepretanfoto yang bagusbukan? Jangankhawatir! karenadisiniandabisamenemukan spot foto yang begitu indah.

Itulah harga tiket, rute, serta objek wisata yang dapat ditemukan di Pantai Tirang, Semarang. Pantai ini lebih dikenal oleh pemancing karena banyaknya keterdapatan ikan di garis pantai. Namun karena kondisinya yang  kotor dan kurang terawat, diharapkan kedepannya Pantai Tirang akan mendapatkan perawatan memadai. Sehingga pantai tersebut akan menarik pengunjung lebih banyak.

11 Ulasan dari Pengunjung Pantai Tirang

  1. Pantainya kotor dan akses jalan menuju tempat ini tidak memadai… Aksesnya hanya bisa dilewati menggunakan sepeda motor, jika menggunakan mobil kita harus berjalan kaki lagi sejauh 700mtr

    15 Juli 2018, 02:11 WIB

  2. Disini susah untuk akses mobil hanya khusus motor , kalau mau pake mobil harus lewat jalur bandara lama dan itu memakan waktu yang lumayan untuk Semarang kota panas dan padat

    21 Juli 2018, 05:43 WIB

  3. Pantai memang menjadi destinasi terbaik untuk akhir pekan, baik bersama keluarga maupun teman sejawat. Dengan suasana pantai yang sejuk nan santai, tentunya kita dapat leluasa meluapkan beban pikirian kita, sehingga setelah liburan kita akan merasa siap untuk menjalani hari hari kedepan nya.. . Namun, hal tersebut tidak berlaku pada salah satu pantai-pantai di Semarang ini, pantai Tirang namanya. Pantai tirang merupakan salah satu pantai yang dimiliki oleh kota Semarang, namun ada hal yang berbeda dari pantai ini, yaitu pantai ini dinilai snagat kotor, bau dan juga banyak sampah.

    25 Juli 2018, 21:33 WIB

  4. Kalo buat rute Jogging pagi2 hari Kerja cocok “jogging” yaa sama spedaan jg kece kok.. Masih perawan pemandangan hutan mangrove dr Bandara Lama terus ujung2nya ketemu di pantai dg ketenangannya. Tp kalo jalan menujunya ga rekomended bgttt soalnya berbatu dan “gelombang”.

    2 Agustus 2018, 12:58 WIB

  5. Tempat cukup bagus, jalan menuju lokasi rusak, pedagang ramah.. . Lebih seru lagi saat ada pesawat take-off atau landing terlihat sangat jelas. Karena, perjalanan menuju lokasi pantai melewati samping landasan pacu.

    8 Agustus 2018, 22:02 WIB

  6. Pantai ini kurang dikelola dengan serius, padahal kalau dibenahi apalagi dibuat wahana berdampingan dengan pantai maron yang dipisahkan dengan sebuah sungai, maka pantai akan nampak sangat menark

    1 September 2018, 11:38 WIB

  7. Anggin tak akan pernah habis disini. Nikmat di sunres maupun sunset. Jalan tidak bagus. Berhati-hatilah jika ban motor anda gak tubles.

    4 September 2018, 01:00 WIB

  8. Kurang terawat mungkin karena baru di buka,jalan menuju pantai nya sangat jelek di pantainya juga masih banyak sampah

    17 September 2018, 02:57 WIB

  9. Tiket masuk satu motor dua orang IDR 5000. Jalan masuk dari jembatan (tempat di mana ditarik biaya retribusi) hingga ke pantai sekitar 1 Km jauhnya. Jalan setapak berupa tanah dan tidak rata. Bisa jadi akan penuh lempung jika musim penghujan tiba.. . Pantainya kotor. Kesan kumuh jelas langsung terasa ketika pertama menginjakkan kaki di pasir. Tidak sesuai ekspektasi. Padahal sangat potensial dijadikan tujuan wisata seandainya dikelola dengan baik. Banyak-banyakin saja pohon cemara, palm dan kelapa. Jaga kebersihannya, dijamin pantai ini jadi primadona.

    19 September 2018, 05:08 WIB

  10. Tempatnya enak karna gak banyak orang kesini. Akses jalan masih sulit, hanya bisa dilalui kendaraan roda 2..jangan coba kesini pas musim hujan. Karna jalannya bakalan becek banget, berlumpur.

    29 September 2018, 15:32 WIB

  11. Tempat lumayan bagus tapi kotor banyak sampah, yang suka foto sunset tempat ini recomended. hanya saja akses jalan untuk kesana kurang bagus apalagi sesudah hujan.

    16 Oktober 2018, 16:35 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Tirang

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *