Pantai Ide

Pantai Ide

Desa Magani, Kecamatan Luha, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan 92983, Indonesia.

8 Ulasan

Sulawesi Selatan tak hanya memiliki objek wisata bahari dengan pasir putih, serta pemandangan laut yang khas. Namun, wilayah ini memiliki pantai yang cukup unik dan berbeda dengan deretan pantai lain.

Pantai ini bernama Pantai Ide yang memang memiliki daya tarik wisata yang berbeda namun tetap memiliki pesona keindahan yang indah.

Kira-kira apa saja ya keunikan yang dimiliki pantai ini? Simak ulasan berikut untuk mengetahuinya.

Sejarah Pantai Ide Sorowako

Pantai Ide

Pantai Ide yang berada di Kota Sorowako, Luwu Timur. Letak kota Sorowako sendiri berada di perbukitan dengan ketinggian kurang lebih 300 meter di atas permukaan air laut, sehingga cuaca di kota ini cukup dingin.

Terlebih lagi, kawasan ini banyak terdapat pepohonan hijau yang rimbun serta masih sangat terjaga, sehingga tetap segar dan juga sejuk.

Tahukah Anda mengapa salah satu pantai yang terletak di Sorowako ini dinamakan dengan Pantai Ide? Jadi kabarnya nama ini disebut sebagai nama pantai karena sering digunakan sebagai tempat mencari berbagai ide oleh warga atau karyawan PT Inco. Karena pantai ini terletak di kawasan PT Inco.

Oleh karena itu, untuk memudahkan dalam penyebutan nama maka diambilah nama Pantai Ide yang mudah diingat. Pantai ini juga cukup unik lho, tak seperti pantai pada umumnya, namun hal tersebut malah menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang.

Selain itu, dengan diberi nama Pantai Ide juga diharapkan dapat memberikan ide-ide positif saat berada di kawasan pantai ini. Karena pantai ini juga sering digunakan sebagai objek wisata para pegawai kantor untuk melakukan refreshing.

Harga Tiket Masuk Pantai Ide

Meskipun berada di kawasan perusahaan milik swasta, namun objek wisata ini cukup mudah dikunjungi dan bebas bagi wisatawan untuk mengisi kegiatan berlibur. 

Tidak ada biaya tiket masuk alias gratis. Oleh karena itu, Anda dapat mengajak keluarga maupun teman-teman untuk bersama-sama berlibur di pantai ini dengan wisata yang murah.

Rute Menuju Lokasi Pantai Ide

Pantai Ide Sorowako

Alamat pantai Ide ini tepatnya berada di Desa Magani, Kecamatan Luha, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan 92983, Indonesia.

Jarak menuju lokasi Pantai Ide jika dari Bandar Udara Sorowako hanyalah 3,1 kilometer. Jika dari pusat Kota Sorowako, maka akan diperlukan perjalanan dengan jarak 8,7 kilometer.

Jarak ini bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor dan dalam waktu tempuh kurang lebih 16 menit saja.

Akses jalan menuju Pantai Ide dari Kota Sorowako di daerah Danau Matano sudah baik. Rute-nya yaitu belok kanan menuju jalan Malili – Soroako dan melewati jalan Sumantri Brojonegoro. Ikuti saja jalan tersebut dengan menempuh jarak 6,3 kilometer.

Anda juga akan melewati kawasan Bandar Udara Sorowako dan tetaplah ikuti jalan tersebut. Kemudian belok kanan ke jalan Jawa dengan mengikuti akses jalan yang hanya sekitar 350 meter, alu Anda akan sampai berada di Pantai Ide.  

Objek Wisata Pantai Ide

Selama di pantai ini, anda dapat menikmati obyek menarik dan melakukan banyak aktivitas untuk mengisi liburan Anda. Aktivitas-aktivitas menarik itu diantarnya:

1. Menikmati Pemandangan Pantai Air Tawar

Wisata Pantai Ide

Tak seperti dengan pantai-pantai lain pada umumnya yang memiliki perairan air laut yang asin. Hal unik dapat Anda temukan di Pantai Ide ini adalah airnya tidak asin namun air tawar. Hal ini terjadi dikarenakan sumber air Pantai Ide berasal dari Danau Matano.

Oleh sebab itulah, perairan yang dimiliki tidak terasa asin dan tidak memiliki deburan ombak yang besar. Karena itu juga, Anda tidak menemukan pasir putih yang berada di hamparan pesisir.

Meskipun demikian, pantai ini tetap memiliki pemandangan yang tak kalah dengan pantai berpasir putih lainnya.

2. Berenang

Wisata Pantai Ide Sorowako

Perairan tawar yang dimiliki ini pun tidak memiliki ombak dan airnya cukup tenang. Apalagi perairan ini begitu bersih belum terkontaminasi dengan limbah dan sampah. 

Sehingga pantai ini dapat Anda gunakan untuk melakukan aktivitas berenang. Jadi, ketika hendak mengunjungi pantai ini jangan lupa membawa baju ganti untuk berenang ya.

Dikarenakan kondisi pantai ini malah berbentuk seperti kolam renang yang begitu luas dan memiliki air yang segar.

Ketika melakukan aktivitas berenang, tetaplah berhati-hati ya, karena beberapa area pantai ini cukup dalam dan pantai ini juga tidak memilih petugas penjagaan, sehingga disarankan agar tetap memperhatikan dan memperhatikan peringatan yang ada di depan pantai.

4. Menikmati Sunset

Pantai Ide

Jika Anda berkunjung ke pantai Ide ini, tunggu sampai waktu matahari mau tenggelam, maka Anda akan melihat keindahan panorama sunset yang indah.

Sunset di pantai Ide ini menjadi salah satu pemandangan yang indah yang dapat dijadikan background photo Anda. Warna langit kuning keemasan dipadukan dengan warna jingga dan biru akan menambah keindahan pemandangan saat itu.

Jadikan momen ini sebagai hadiah liburan Anda di pantai air tawar ini. Anda akan sangat senang menikmati momen sunset di pantai ini.

4. Permainan Wahana Air

Objek Wisata Pantai Ide 2

Dikarenakan memiliki perairan yang cukup tenang, beberapa masyarakat juga memilih untuk memanfaatkan kondisi dengan membuat permainan wahana air. Hal ini juga akan menambah perekonomian masyarakat.

Beberapa wahana air yang dapat ditemukan di pantai ini berupa balon air untuk anak-anak, banana boat untuk orang dewasa, kano  dan perahu bebek yang di kayuh secara manual.

Dengan adanya wahana ini, maka Anda dapat menyewa permainan tersebut untuk menikahinya saat berlibur di Pantai Ide.

5. Bersantai dan Hunting Foto

Pantai Ide Sorowako Sulawesi Selatan

Selain melakukan berbagai kegiatan-kegiatan yang begitu seru, Anda juga bisa menikmati keindahan pantai dengan duduk-duduk santai sambil menikmati camilan. 

Suasana pantai ini sangat tenang, sehingga jika berkunjung ke pantai ini jangan lupa membawa tikar ya sebagai alas duduk Anda.

Kegiatan lain yang bisa Anda lakukan saat berlibur di pantai ini adalah dengan melakukan hunting foto. Dikarenakan pemandangan pantai ini begitu menawan dengan adanya perairan yang luas yang dikelilingi dengan pegunungan yang hijau.

6. Memancing

Memancing Di Pantai Ide Sorowako

Tak hanya memiliki ombak yang tenang, namun air pantai ini cukuplah jernih. Anda pun dapat melihat ikan-ikan yang hidup berenang di laut ini meskipun berada di pinggir perairan.

Hal tersebut dapat Anda manfaatkan untuk melakukan kegiatan memancing ikan, selain karena ikan-nya cukup banyak terlihat dari atas perairan.

Namun Anda juga bisa menjadikan kegiatan memancing ini untuk mengisi aktivitas berlibur di Pantai Ide. Oleh karena itu, kegiatan berlibur Anda akan sangat terasa menarik.

Fasilitas di Pantai Ide

Pantai Ide ini juga memiliki fasilitas yang dapat mendukung dan memudahkan para pengunjung Fasilitas-fasilitas itu diantaranya:

1. Warung Makan

Sembari menikmati pemandangan laut yang dimiliki Pantai Ide dan melakukan beberapa kegiatan saat berlibur, Anda juga dapat menemukan beberapa rumah makan yang menjual cemilan dan minuman.

Anda dapat membeli makanan siap saji, gorengan dan juga sosis bakar serta berbagai pilihan minuman dengan harga yang cukup terjangkau.

2. Kamar Mandi dan Toilet

Anda juga bisa menggunakan fasilitas toilet yang berada di kawasan pantai ini. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah melakukan bilas atau mandi setelah melakukan berbagai rangkaian aktivitas di pantai ini.

3. Tempat Penyewaan Alat

Nah bagi Anda yang melakukan aktivitas berenang, Anda tak perlu takut tidak bisa berenang, karena pantai ini juga memiliki penyewaan tempat yang menyediakan ban renang. Sehingga Anda dapat bersantai dengan menaiki ban di perairan ini.

Bagaimana dengan ulasan mengenai Pantai Ide di atas? Sudah siapkah Anda untuk mengunjungi pantai ini?

Jika Anda sedang berada di Sorowako Sulawesi Selatan, jangan lupa untuk singgah ke pantai Ide ini. Anda juga dapat mengunjungi pantai lainnya seperti Pantai Lemo yang juga ada di Sulawesi Selatan.

Demikian ulasan mengenai wisata pantai Ide Sorowako di Sulawesi Selatan ini. Walaupun pantai Ide ini tidak memiliki ombak dan tidak memiliki hamparan pasir putih, tetapi keindahan pantai ini tak kalah dengan pantai-pantai eksotik lainnya.

8 Ulasan untuk Pantai Ide, Luwu Timur, Sulawesi Selatan

  1. pantai yg indah dan asyik untuk keluarga rekreasi sambil mandi dan khusus anak2 bermain wahana balon air,Banana Boot dll.

  2. Sekitar setahun yg lalu tempat ini sdh pernah kami kunjungi, berhubung kami ada suatu acara di Malili sehingga tempat tsb kami kunjungi lagi pa penghujung bln Juni 2018, dan sungguh tdk ada rasa bosan ataupun jenuh karena tempat tsb memang sangat layak untuk dikunjungi lagi. Semoga pd kesempatan yg akan dtg dan mudah2an Allah msh memberi umur yg yg panjang, kesehatan serta rezeki yg barokah sehingga pd kesempatan yg akan dtg kami bs dtg kembali, Aamiin Yarobbal Alamiin.

  3. airnya jernih pemandangan bagus parkiran luas lokasi mudah dijangkau mantaplah…

  4. Pemandaian alam yang sangat indah dikarenakan tempatnya bukan laut melainkan danau yang tentunya airnya tawar… Jadi bebas untuk berenang dan menyelam bagi yang tak suka di air asin..

  5. Bagus untuk wisata keluarga sejenak, banyak jajanan dan spot foto arah danau matano

  6. Ini sperti pantai, tapi ini termasuk 8 danau terdalam di dunia, danau Matano..Jernih airnya kelihatan ikannya

  7. Pantai bersih, pemandangan indah, dan air yang sangat jernih.. cantik sekali terlihat kemanapun mata memandang. Banyak orang yang berenang baik pagi maupun sore hari. Tapi waktu berenang terbaik menurut saya adalah pagi hari. Di udara yang dingin ternyata airnya hangat ketika berendam. Banyak juga ikan-ikan kecil disekitar dermaga.

  8. Tempat indah, dari rumah saya cuma 500 meter. Tiap pagi kesini, untuk melihat matahari terbit dan sorenya jika tidak sibuk, ke pantai ini untuk melihat sunset.

Tinggalkan Balasan