Pantai Kijing

Pantai Kijing

Desa, Sungai Kunyit Laut, Sungai Kunyit, Pontianak, Kalimantan Barat 78371, Indonesia

17 Ulasan

Pantai merupakan salah satu tujuan wisata dari sekian banyak wisata alam, dan dengan berlibur ke laut bisa membuat Anda lebih dekat dengan alam. Terutama untuk anak-anak yang dapat belajar secara langsung mengenal alam.

Anak-anak bisa belajar pengetahuan tentang dunia laut dengan melihat biota laut seperti ikan, terumbu karang, ubur-ubur dan lain sebagainya. Dengan datang langsung ke pantai, Anda akan lebih tergerak untuk peduli lingkungan dan menjaga kelestarian alam.

Banyak sekali aktivitas yang dapat kita lakukan selama berlibur ke pantai. Bukan hanya menikmati pemandangan alamnya saja namun Anda juga bisa berolahraga seperti berenang, snorkelling dan berbagai aktivitas lainnya.

Pantai Kijing Mempawah

Anda juga bisa mengambil foto untuk mengabadikan momen-momen istimewa untuk Anda bagikan di media sosial. Momen-momen yang tentunya sayang sekali untuk dilewatkan bersama keluarga dan orang-orang terkasih.

Pantai Kijing Mempawah

Kalimantan dikenal dengan hutan-hutan eksotis-nya yang menjadi habitat banyak hewan seperti orang hutan, macan dan lain sebagainya. Namun Kalimantan juga memiliki pantai-pantai indah yang telah menjadi pesona khas pulau ini.

Salah satu wisata pantai yang ada di Kalimantan adalah Pantai Kijing yang ada di Kabupaten Mempawah. Kawasan pantai ini tepatnya berada di Desa Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat.

Pantai Kijing merupakan salah satu destinasi wisata alternatif bagi warga Kalimantan Barat saat mengisi liburan mereka di akhir pekan. Jarak yang lumayan dekat dengan pusat Kota Mempawah membuat pantai ini menjadi pilihan terbaik bagi wisatawan untuk mengunjungi Pantai Pasir Panjang.

Nama Pantai Kijing sendiri berasal dari sejenis batu karang memanjang yang terdapat pada tepi pantai ini. Dan sebelum menjadi salah satu wisata pantai, Pantai Kijing merupakan kawasan hutan mangrove yang dipenuhi biota laut seperti kepiting dan juga karang.

Wisata Pantai Kijing

Pantai Kijing memiliki pesisir yang sangat indah, hamparan pasir putih serta dihiasi deretan pohon kelapa membuat pantai ini semakin indah dan menarik untuk dikunjungi.

Harga Tiket Masuk Pantai Kijing

Untuk dapat memasuki kawasan wisata Pantai Kijing ini maka Anda harus membeli tiket masuk dengan biaya tiket berdasarkan usia. Untuk orang dewasa maka Anda harus membayar tiket sebesar Rp 10.000 per-orang, dan untuk anak-anak dikenakan tiket sebesar Rp 5000.

Untuk tambahan biaya retribusi parkir adalah sebagai berikut, untuk kendaraan bermotor maka Anda dikenai biaya parkir sebesar Rp 5000, dan untuk mobil biaya parkir adalah Rp 10.000. Harga parkir untuk kendaraan bus adalah sebesar Rp 20.000.

Untuk jam operasional, pengelola wisata Pantai Kijing tidak menetapkan pembatasan, yang artinya pantai dibuka untuk umum selama 24 jam. Anda bisa dengan bebas berkunjung ke pantai ini kapanpun Anda mau.

Rute Menuju Lokasi Pantai Kijing

Untuk menuju ke Pantai Kijing ini lebih baik menggunakan kendaraan pribadi karena rute dari jalan utama menuju ke kawasan pantai berjarak lumayan jauh, dan angkutan umum disini hanya bisa melintasi jalanan utama.

Jika Anda memulai perjalanan dari Kota Pontianak maka Anda akan membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam untuk  sampai di lokasi Pantai Kijing. Akses jalannya juga sangat bagus, baik motor motor maupun mobil bisa masuk ke jalan tersebut.

Selama perjalanan menuju pantai, Anda akan melewati jalanan yang melewati persawahan dimana ada jalan yang diapit oleh 2 pantai. Menariknya, area sebelah kanan jalan ini adalah track untuk balapan motor yang sisinya dipenuhi oleh pohon kelapa.

Selain itu Anda juga dapat mengakses Pantai Kijing dari arah Singkawang yang berjarak kurang lebih 15 kilometer dari Mempawah arah Kota Singkawang. Dan pantai sudah dapat dilihat dari jalan raya.

Obyek Wisata Pantai Kijing

Pantai Kijing merupakan obyek wisata yang sudah lumayan lama, Pastinya memiliki fasilitas pendukung yang sudah cukup lengkap. Toilet, ruang bilas setelah berenang di laut telah tersedia di kawasan wisata ini.

Tersedia juga restoran, cafe hingga warung-warung kecil penjual makanan dan minuman, parkir kendaraan yang cukup luas, ATM Mandiri serta tempat peribadatan seperti musholla dan juga vihara.

Ada juga beberapa gazebo yang dapat dipergunakan pengunjung untuk bersantai dan berlindung dari sengatan matahari. Area taman juga tersedia disini, bahkan pengelola menyediakan panggung pertunjukan yang menampilkan berbagai acara hiburan di Pantai Kijing ini.

Sayangnya meskipun telah tersedia tempat sampah umum, kawasan ini tergolong pantai yang agak kotor karena ada banyak sampah yang berserakan. Harusnya pengunjung dapat bijak dalam hal kebersihan saat berkunjung di pantai ini.

Patung-patung yang terdapat pada pantai ini seperti patung kuda dan gajah didapati rusak dan tangga untuk menuju bukit juga telah ditumbuhi banyak rerumputan sehingga terkesan kusam dan tidak terawat.

Hal ini dikarenakan kurangnya perawatan pada Pantai Kijing ini oleh pemerintah setempat.

1. Menikmati Pemandangan Alam

Pantai Kijing Pontianak

Obyek Wisata pantai Kijing merupakan destinasi wisata tepi laut di Sungai Kunyit, Pontianak. Pantai dengan luas 20 hektar ini menyajikan panorama indahnya pesisir dan juga laut-nya .

Saat memasuki Pantai Kijing, Anda akan dapat melihat gugusan bukit di sebelah kiri, dan sejauh mata memandang tepat dihadapan terbentang hamparan pasir putih nan indah di sepanjang garis pantainya. Pengunjung dapat menikmati sajian keindahan pemandangan perairan laut dari Pantai Kijing ini.

Pohon-pohon kelapa yang berjejer rapi di area bibir pantai terlihat membentuk garis lurus menghijau menambah keelokan Pantai Kijing. Kita juga akan melihat banyak hamparan sawah penduduk sekitar yang membuat panorama tersendiri bagi Pantai Kijing ini.

2. Bermain Pasir Dan Pasir

Pantai Kijing cenderung memiliki ombak yang tenang sehingga relatif aman untuk anak-anak bermain air dan pasir. Anda bahkan bisa berenang di tepian Pantai ini. Bahkan tersedia pelampung yang dapat Anda sewa di kawasan ini.

3. Melihat Sunset

Sunset Di Pantai Kijing

Momen sunset adalah salah satu hal yang ditunggu bagi para wisatawan di Pantai Kijing ini. Anda akan bisa melihat panorama tenggelam-nya matahari di ufuk barat yang memberikan keindahan tersendiri bagi para pengunjung.

Warna langit yang dihiasi dengan warna kuning keemasan dan warna jingga membaur menjadi satu menjadi suatu keindahan yang sangat mempesona.

4. Snorkelling

Snorkeling Di Pantai Kijing

Anda dapat melakukan kegiatan snorkelling di Pantai Kijing ini. Dengan air laut-nya yang cukup jernih sehingga Anda dapat menjelajah berbagai biota laut seperti beragam jenis ikan serta terumbu karang-nya.

5. Berkemah

Berkemah Di Pantai Kijing

Anda dapat mendirikan tenda pada hamparan pasir di area datar yang cukup lapang di pantai ini.

Pada malam hari Anda akan menyaksikan keindahan laut di padukan dengan langit malam sehingga menambah nuansa malam Anda semakin eksotis.

6. Track Offroad

Kawasan wisata ini memiliki track offroad yakni di saat Anda memasuki area pantai dimana Anda akan jalan bercabang. Cabang jalan kiri mengarah pada track balap motor yang mana sering digunakan perlombaan se-Kalimantan Barat.

Area trek motor tersebut cukup teduh di karenakan ditumbuhi pohon kelapa di tepiannya. Anda dapat menyewa kendaraan bermotor di sini saat tidak sedang diadakan perlombaan.

Demikian beberapa ulasan wisata Pantai Kijing Pontianak yang merupakan salah satu wisata pantai yang terkenal di provinsi Kalimantan Barat. Jika Anda berkunjung kota Pontianak, jangan lupa untuk singgah di pantai ini.

17 Ulasan untuk Pantai Kijing, Kalimantan Barat

  1. Pantai yang indah pada masa jayanya itu kata orang2 tua dulu . Saat masih kecil bibir pantai masih panjang namun pemerintah daerah entah apa yang diurusnya air keruh sungai akibat tambang membawa lumpur ke laut bisa dilihat di google earth kipas parsial lumpur dari sungai dampaknya bisa dilihat sendiri lumpur menutupi pasir seluruh pantai . Menantikan pemimpin mempawah yang tegas untuk wisata tanah sendiri . Minusnya pasir dibawa dari luar saat kedatangan jokowi . Area pantai pengelolaan tidak jelas dll . Tak cukup rasanya kalau mau komen disini ­čÖü

  2. Wisata pantai Kijing sejak lama telah menjadi obyek wisata primadona di Kabupaten Pontianak. Pantai ini menarik wisatawan lantaran pesisir pantainya yang penuh pohon kelapa dan pasir putih yang landai. Pantai Kijing terletakdi Mempawah Kabupaten Pontianak, Kalimantan Barat. Pantai yang sangat indah dihiasi bukit serta pepohonan yang sejuk. Ada bukit yang menghadap ke pantai dan pepohonan kelapa yang berjajar rapi, ada juga lapangan gastrek menjadi unggulan berbanding pantai lainnya. Namun beberapa hal yang perlu dibenahi yaitu tangga untuk mendaki bukit perlu diperbaiki. Karena terlihat sudah tak terawat malah rumputnya yang panjang menandakan bahwa tidak pernah ada lagi yang mendaki bukit tersebut. Selain itu, patung kuda, gajah juga sudah terlihat kusam sehingga kurang.

  3. objek wisata pantai satu ini merupakan primadona bagi masyarakat kalbar terutama warga kota pontianak di karenakan letak lokasinya yang tidak begitu jauh bisa di tempuh pulang pergi dalam satu hari,fasilitas umum juga memadai,hanya saja untuk berenang di pantai ini kurang bagus karena pantai yang berlumpur.

  4. Pemandangan pantai yg indah. Cocok buat liburan keluarga. Tiket masuk murah. No rekomendasi buat mancing. Sbb air nya keruh. Pantai berpasir.. tetapi air nya tidak jernih. Memandang ke laut lepas dengan menghadap pulau temajok di hadapan . . All… kamu harus kesini..

  5. Sebenarnya pantai ini bagus, banyak pohon kelapa yang bikin atmosfernya di pantai banget. Apalagi ada jembatan panjang menuju dermaga kapal. Sayangnya, pantai ini tidak terawat, kotor, banyak sampah, tidak ada tempat sampah. Fasilitas umum seperti warung makan, toilet, gazebo pun hanya seadanya. Tiket masuk 10.000 dengan fasilitas seperti ini menurut saya mahal. Padahal view sunset di pantai ini bisa kita nikmati dengan sempurna karena pantainya menghadap ke arah matahari tenggelam.

  6. Pantai Kijing mempawah merupakan pantai yang sempat menjadi tempat favorit liburan keluarga terutama hari raya maupun hari libur lainnya sekitar belasan atau puluhan tahun silam, antara 1990an sempat ramai dengan ciri khas sebuah bangunan patung naga dari atas gunung/ bukit yang mengarah kebawah .kita dapat masuk melalui mulut patung naga tersebut menapaki tangga menuju keatas. namun seiring berjalannya waktu banguan patung ini perlahan2 rusak dan saat ini sudah tidak dapat digunakan sama sekali. namun masih terdapat anak tangga yg lain untuk menuju keatas.. beberapa patung gajah ,dan lain – lain juga sudah rusak . untuk pantainya sendiri bisa dibilang cukup indah dengan deretan pohon kelapa disepanjang pantai ,cocok bagi kalian yang hobi fotografi terutama pada saat moment sunset,anda akan di suguhkan keindahan alam yang sangat indah.

  7. Dulu saya saya sekolah smp.13 tahun yang lalu.panti kijing masih lumaya bersih.sekarang malah banyak sampah dimana mana.tolong pantai kita di jaga kebersihannya.dan untuk pengololah.vasilitas di perbaiki.biar tampak indah.

  8. Pantai kijing adalah pantai yg sgt indah di Pontianak. Suasananya nyaman dan menyenangkan. Selamat berekreasi bersama sekeluarga, teman 2, dll. Thanks ­čśŐ

  9. Destinasi wisata ini sudah tutup. Pt. Pelindo II sudah memulai kegiatan pengerjaan proyek pelabuhan kijing. Mulai dari pintu masuk utama hingga pintu masuk kijing 2, sebagian besar sudah rampung pembayaran ganti untung tanah oleh pihak Pelindo II. kedepannya semoga masyarakat mendapatkan nilai tambah yang lebih dari beroperasinya pelabuhan kijing. Amiin.

  10. Pantai yang indah, angin pantai yang segar. Cocok untuk melepas lelah sejenak.

  11. Lokasi wisata yg tinggal cerita Ôś║­čśÜ

  12. Sayang.. tempat ini sebentar lg akan menjadi pelabuhan … padahal t4 yg cukup dekat dr pontianak untik menikmati sunset… kemajuan infrastruktut tetap hatus ada yg dikorbankan

  13. Pantai ini meski udah gak ada pantainya lg pas aku ke sana, tp lumayan lah utk melihat2 laut. Tempat yang menyimpan kenangan

  14. Sekarang udah mulai di bangun pelabuhan

  15. Pantai lg pembangunan pelabuhan, penjaga gerbang masuk bilang ke sebelah kiri pantai bisa. Eh tau taunya pantai dikelilingi pagar besi, gbs liat lautan, udh kek kolam renang aja ukurannya :). Terima kasih pantai kijing telah mengecewakan kami

  16. Sekarang sudah menjadi pelabuhan internasional IPC PELINDO 2

  17. Pantai tempat wisata pinggir pantai dengan banyak pohon kelapa melambai. Ada pondok-pondol dan Gazebo tempat santai di pinggir pantai. Bisa pesan makanan, minuman atau kelapa muda khas dari pinggir pantai. Sayang pantainya tipikal tanah agak berlumpur tidak pasir seperti pantai kubu Pangkala bun dan pantai pasir panjang singkawang yang indah dan sorganya tempat mandi di bawah deburan ombak kecil laut.

Tinggalkan Balasan