Pantai Lakban

Pantai Lakban

Desa Ratatotok Timur, Kecamatan Ratatotok, Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara 95997, Indonesia.

18 Ulasan

Salah satu destinasi wisata di Minahasa Tenggara yang mungkin jarang terdengar dimasyarakat namun banyak menyimpan keindahan yang memiliki pesona tersendiri ialah Pantai Lakban.

Mungkin bagi sebagian penjelajah nama pantai satu ini terdengar elusive bahkan sangat jarang terdengar. Hanya masyarakat Minahasa Tenggara saja yang tau serta popular dan menjadi salah satu tujuan wisata andalan juga terfavorit bagi masyarakat lokal.

Pantai Lakban adalah pantai yang memberikan pesona alam tenang serta damai cocok sebagai healing-healing untuk lepas dari pekerjaan ataupun jauh dari ributnya perkotaan.

Pantai Lakban

Pantai Lakban Ratatotok

Masyarakat yang tinggal di Kabupaten Minahasa Tenggara wajib bangga akan wisata bahari yang sangat memanjakan mata. Salah satunya adalah Pantai Lakban yang memiliki keindahan dari pagar pohon kelapa yang membujur mengikuti garis pantai ini.

Pantai Lakban dikembangkan oleh PT. Newmont Minahasa Raya atau biasa disingkat PTNMR pada tahun 1999.

Tenang, damai, serta hening itulah suasana yang akan Anda dapatkan saat berkunjung ke Pantai Lakban ini.

Bahkan, tak jarang pengunjung yang dapat Anda temui tempat yang sangat cocok untuk menhilangkan stress dari pekerjaan serta jauh dari ramainya perkotaan.

Harga Tiket Masuk Pantai Lakban

Pantai Lakban Ratotok buka setiap hari dengan harga tiket masuk yang bervariasi dimana hal ini tergantung dari hari kunjungannya.

Pada saat hari biasa (senin-jumat), pengunjung yang datang ke destinasi wisata satu ini akan dikenakan tarif sebesar Rp 10.000, per orangnya.

Sedangkan pada hari sabtu minggu atau hari libur lainnya akan dikenakan tarif lebih tinggi, dikarenakan hal ini tergantung pada kebijakan pengelola pantai Lakban.

Rute Menuju Lokasi Pantai Lakban

Alamat pantai Lakban berlokasi di Desa Ratatotok Timur, Kecamatan Ratotok, Kabupaten Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Lokasinya berkisar 103 kilometer dari Kota Manado untuk menuju ke lokasi pantai yang tenang dan hening ini.

Jarak tempuh ini tentunya tak terlalu jauh, soalnya banyak akses dari pusat kota Manado yang bisa ditempuh dengan berbagai cara.

Anda dapat menggunakan pribadi atau variasi transportasi lainnya yang telah disediakan seperti taksi maupun angkutan umum.

Apabila dari pusat kota Manado Anda dapat langsung kearah selatan dengan waktu tempuh untuk mengunjungi pantai ini selama 3 jam perjalanan sekitar 103 kilometer.

Namun, selama di perjalanan Anda akan banyak disuguhkan oleh desa serta perkampungan yang masih asri dan alamiah.

Akses jalan yang dilalui untuk menuju ke lokasi Pantai Lakban sudah cukup baik, meskipun masih ada jalanan yang berbatu juga berpasir.

Tetapi, setelah melawati perjalanan yang melelahkan dan panjang, Anda akan langsung terobati oleh keindahan pantai dengan suasana tenang, sejuk dan adem.

Hal Menarik di Pantai Lakban

Selama berada di pantai Lakban ini, Anda dapat melakukan kegitan menarik diantaranya:

1. Menyusuri Hamparan Pasir Putih Pantai Lakban

Berkunjung ke destinasi wisata pantai pastinya Anda selalu menginginkan pantai yang memiliki pasir putih dan bersih. Pantai Lakban ialah tujuan wisata yang harus dikunjungi apabila mengingkan pasir putih.

Pasir putih dari Pantai Lakban ini membentang mengikuti bibir pantai. Warna putih serta bersih ditambah perpaduan indah dengan gradasi birunya air laut yang membuat memanjakkan mata.

Dikarenakan pantai Lakban memiliki dataran yang terbilang cukup landai jika dibandingkan dengan pantai-pantai umumnya.

Ditambah dengan pasir putih yang halus juga nyaman untuk melakukan aktivitas olahraga seperti bermain bola, bermain voli pantai, bermain pasir ataupun sekedar berjemur juga bisa dan lainnya.

Pasir pantai ini sangat ramah bagi anak sehingga tidak perlu khawatir dan direkomendasikan untuk membuat anak-anak bermain ke Pantai Lakban ini.

Soalnya pasir putih Pantai Lakban tidak menyebabkan gatal-gatal pada kulit ataupun masuk kedalam tubuh anak.

2. Jajaran Pohon Kelapa yang Memanjang

Pantai Lakban Minahasa

Saat Anda pertama kali menginjakkan kaki di pantai Lakban langsung disambut dengan pohon kelapa yang seperti pagar memanjang mengikut garis pantai ini.

Seolah-olah pohon kelapa menyambut kedatangan dari para wisatawan yang berkunjung di pantai Lakban ini. Pohon kelapa yang memanjang tersebut tampak gagah serta kokoh dengan posisi menghadap ketengah laut.

Tentunya dengan adanya pohon kelapa ini memberikan suasana sejuk pada pantai Lakban. Bahkan beberapa pohon pun tumbuh menjorok kepantai seakan-akan ingin ikut serta merasakan air pada Pantai Lakban.

3. Air Pantai yang Jernih

Kelestarian dari pantai Lakban ini masih alamiah dan terjaga dengan sangat baik, hal ini dibuktikan pada air pantai yang masih sangat jernih sekali juga bersih.

Dikarenakan pantai Lakban jauh dari perkotaan serta pusat industry yang dimana sama sekali tidak tersentuh oleh limbah rumah tangga dan limbah kota.

Air yang jernih dan tenang ini sangatlah cocok bagi para pengunjung untuk membawa keluarga besar khusunya anak-anak yang sangat senang bermain air. Ditambah ombaknya yang tidak begitu besar.

Sehingga membuat pantai ini aman dikunjungi oleh pengunjung anak maupun dewasa. Airnya yang berwarna biru dengan gradasi hijau membuat mata para wisatawan yang datang terpesona dan ingin buru-buru untuk menjeburkan diri serta berbaur dengan segarnya air di Pantai Lakban.

4. Menyelam

Dikarenakan pantai Lakban memiliki perairan yang bersih juga jernih, maka tidak ada salahnya Anda melakukan aktivitas menyelam di perairan pantai yang satu ini.

Anda dapat melakukan diving ataupun snorkeling untuk menikmati pemandangan indah dasar laut yang dimiliki dan masih tersimpan dengan alami.

Apabila Anda ingin melakukan snorkeling ataupun diving, ada baiknya menghubungi petugas pengelola sekitar agar dapat menyewa peralatan untuk menyelam, sehingga proses penyelaman Anda akan terasa aman juga nyaman.

5. Menikmati Sunrise

Panorama keindahan pantai yang ditunggu-tunggu adalah melihat matahari muncul yang sering disebut sunrise.

Pantai terlihat begitu mempesona dikarenakan Anda dapat menikmati panorama berupa proses munculnya matahari dari timur bawah air laut pantai ini.

Maka dari itu, dengan adanya panorama sunrise di pantai ini turut melengkapi daya tarik bagi para wisatawan untuk berkunjung melihat keindahan pantai walaupun di pagi-pagi buta.

Apalagi bagi Anda yang sanagt suka dengan panorama sunrise, maka akan tambah lengkap dengan menikmati serta melihat sunrise Pantai Lakban.

6. Bukit Harapan

Bukit harapan ataupun kerap disapa bukit kasih ini yaitu memiliki 2 tempat ibadaha yang berbeda agama namun jaraknya bersebalahan, ada gereja yang berseblahan dengan masjid.

Hal ini menandakan bahwa, masyrakat yang tinggal disitu sangat menjunjung tinggi toleransi serta menghormati adanya perbedaan agama yang ada dan tanpa mempermasalahkan hal perbedaan yang dimiliki.

Fasilitas Pantai Lakban

Karena destinasi wisata pantai Lakban masih tergolong asri serta natural sehingga tidak terjamah limbah pabrik maka disebut sebut sebagai pantai yang masih alami.

Maka dari itu, obyek wisata pantai ini kurang dikelola dengan baik oleh pemerintah, namun sangat dikelola dengan baik bagi warga setempat.

Adapun beberapa fasilitas yang tersedia dan bisa Anda nikmati saat berkunjung ke Pantai Lakban ini, diantaranya:

1. Penginapan

Walaupun pantai ini terbilang belum banyak memiliki fasilitas, namun pantai Lakban memiliki beberapa kamar penginapan yang ada di kawasan sekitar pantai.

Harganya yang ditawarkan pun tidak cukup mahal, untuk penginapannya Anda harus merogoh kocek sebesar Rp 250.000 per malamnya.

Dengan adanya penginapan ini maka bisa menjadi pilihan bagi para pengunjung untuk dapat bermalam setelah perjalanan panjang menuju kesini juga menikmati keindahan dari destinasi wisata Pantai Lakban lebih lama.

2. Toilet dan Kamar Mandi

Pantai Lakban ini tersedia toilet yang berada di sepanjang kawasan pantai ini. Namun, saat ini kondisinya kurang begitu terawat serta sedikit memprihatinkan.

Maka dari itu, sebaiknya pemerintah setempat diharapkan bisa lebih memperhatikan serta mengelola tempat tujuan wisata satu ini agar menjadi lebih baik dan nyaman. Mengingat Pantai Lakban termasuk ke dalam pantai yang natural juga eksotis.

Walaupun pantai ini masih belum banyak memiliki fasilitas yang mendukung. Tetapi Anda masih tetap bisa mengunjungi serta menikmati destinasi wisata bahari pantai satu ini dengan daya tarik yang dimilikinya.

Nah, untuk menutupi kekuranagan yang ada dari pantai ini maka semestinya Anda saat mau melakukan liburan di pantai Lakban tidak lupa tuk membawa segala perlengkapan juga perbekalan yang dibutuhkan selama liburan.

Hal ini untuk memudahkan Anda ketika Anda membutuhkan sesuati saat berlibur ke destinasi wisata pantai Lakban ini.

Jika Anda berada di Minahasa, sempatkan mampir juga ke pantai Mahembang yang juga terkenal dengan keindahan alamnya.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Lakban di Desa Ratatotok Timur yang sangat mempesona juga indah. Silahkan rencanakan liburan Anda untuk bisa mengunjungi destinasi wisata pantai ini.

18 Ulasan untuk Pantai Lakban, Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara

  1. Tempat parkirnya luas, bisa makan pisang goreng sambil menikmati indahnya pantai lakbanšŸ’¦šŸŠšŸ¬šŸ 

  2. Nongkrong di pondokan dan di temani secangkir kopi dengan semilir angin malam…weist mantap

  3. Lokasi untuk mengisi liburan di akhir pekan, tapi sayang fasilitas MCK nya harus lebih di perhatikan

  4. Nda da tmpa mkn nasi

  5. Pantai berpasir dan tenang. Tidak terlalu khawatir utk anak. Bbrp tempat banyak arang bekas orang buat api sehingga airnya agak kotor.. . untuk harga makanan dan minuman cukup standar atau murah dan ada tempat-tempat untuk duduk yang gratis.. . Untuk menuju kesini, melalui jalan khusus. google maps juga memberikan alternatif jalan melalui perkampungan, tapi ternyata jalan ini terputus.

  6. Tempat yang indah dengan pemandangan alam laut, hutan mangrove, dan bukit dll

  7. Wah bagus banget Pemandangan dan panorama Pantai Lakban Ratatotok…. Di sana bisa anak anak mandi dan harus di bimbing oleh orang tua… Ayo pergi ke pantai Lakban Ratatotok

  8. Kecamatan Ratatotok terkenal sebagai destinasi tujuan wisata diĀ Kabupaten Minahasa Tenggara.Ā Pantai LakbanĀ merupakan objek wisata andalanĀ Kabupaten Minahasa TenggaraĀ yang ada di Kecamatan Ratatotok. Terdapat beberapa titik penyelaman baru untukĀ Spot DiveĀ danĀ SnorkelingĀ di sekitar perairan kecamatan ini. Selain itu, terdapat juga objek wisata lain sepertiĀ :. . Bukit Harapan Damai. . Ekowisata Hutan Mangrove Ratatotok. . Pulau Racun. . Pulau Naga. . Pulau Dakokayu. . Pulau Hogow. . Pulau Tulang. . Pulau Hogow. . Tanjung Merah. . Danau Messel. . Kebun Raya Ratatotok

  9. Dulunya pernah berjaya sih nih pantai…

  10. Pantai Lakban Ratatotok merupakan Salah satu tempat tujuan wisata pantai yang menjadi tujuan turis lokal daerah kabupaten Minahasa Tenggara dan sekitarnya, terutama pada hari Sabtu atau hari libur. Pada hari raya biasanya pengunjung harus booking tempat beberapa hari sebelumnya, karena banyak pengunjung yang melakukan ibadah pantai bersama jemaat.

  11. Pemandangan yg luar biasa mantul…. Nyesel kalau ga berkunjung.disamping indah,ada juga pengetahuan ttg alatĀ² utk penghancur .batu tambang emasšŸ‘šŸ¼

  12. Sudah ada perubahan dibanding tahun 2014. Sekarang sudah ada area parkir, tempat jajanan makanan ringan dengan kursi-kursi di pinggir pantai. Faslitas MCK secara fisik bangunan ada tapi airnya tidak ada. Jadi jika ingin ke ‘belakang’ atau babaso, cari tempat lain.

  13. Air laut yang tenang dengan nyiur yang melambai, sungguh kedamaian hari akan mengikuti lembutnya sapaan air laut terhadap pasir. Boltim, negri seribu pantai yang eksotis romantis

  14. Fasilitas bilas sangat minim, mohon Pemda Mitra segera kondisikan fasilitas bilas yg memadai.

  15. baru sekali ke Pantai ini tapi pantainya indah dengan teluk yg melengkung sementara di sisi kanan terdapat bukit harapan yg memiliki 5 tempat ibadah dari 5 agama, terdapat banyak lapak dan penjual di sepanjang pantai.

  16. Udara sejuk , pemandangan yg indah & bnyak tenda” makanan jdi cocok bgt buat liburan keluargaa šŸ˜‰

  17. Tempat yg coco untuk liburan bersama keluarga

  18. Asik santai di sore hari.

Tinggalkan Balasan