Pantai Lekok

Pantai Lekok

Desa Jatirejo, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur 67186, Indonesia.

22 Ulasan

Jawa Timur tidak hanya terkenal dengan Jatim Park nya saja. Ternyata Jatim menyimpan potensi wisata bahari.

Objek wisata bahari di Jawa Timur tak hanya dimiliki oleh Surabaya atau Situbondo saja, di Pasuruan pun juga memiliki objek wisata pantai yang tak ala menarik. Salah satu pantai yang terletak di Pasuruan ini yaitu Pantai Lekok.

Pernahkah Anda mengunjungi Pantai Lekok? Ataukah malah baru mendengar nama pantai ini saat ini? Meskipun baru mendengarnya pun juga tak menjadi masalah kok.

Dikarenakan, kami akan memberikan informasi serta ulasan terkait dengan objek wisata ini. Maka dari itu, simaklah terlebih dahulu yuk mengenai pantai ini pada artikel berikut.

Sejarah Pantai Lekok

Pantai Lekok

Objek wisata Pantai Lekok adalah salah satu tempat wisata yang sedang naik daun di kabupaten Pasuruan.

Pantai ini dikenal dengan nama tersebut dikarenkan memang letak pantainya berada di Desa Lekok, sehingga agar mudah diingat dan mempermudah pencarian lokasinya, maka disebut lah sebagai Pantai Lekok.

Pantai ini memiliki pesona keindahan yang cukup menarik bagi wisatawan sehingga objek wisata ini akan semakin ramai dengan pengunjung pada saat hari libur tiba.

Adanya daya tarik yang dimiliki menjadi salah satu dari beberapa hal menarik yang dapat wisatawan rasakan ketika berada di pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Lekok

Berlibur dengan mengunjungi objek wisata pantai memang menjadi primadona bagi para wisatawan yang salah satunya yaitu karena tidak perlu mengeluarkan budget liburan yang terlalu besar.

Untuk mengunjungi Pantai Lekok ini, wisatawan juga hanya akan dikenakan biaya tiket masuk Rp 7.500 saja, murah bukan? 

Oleh karena itu, Anda pun bisa mengajak teman-teman, saudara maupun orang terkasih Anda untuk bisa bersama-sama berlibur di pantai ini.

Namun, pada saat hari libur atau akhir pekan, ada kemungkinan terjadi kenaikan harga tiket masuk.

Ya, meskipun kenaikannya tidak lebih dari 10 ribu namun sebaiknya juga harus tetap membawa uang lebih ya, mengingat tarif tersebut hanya sebagian tiket masuk saja.

Rute Menuju Lokasi Pantai Lekok

Rute Menuju Pantai Lekok

Nah untuk bisa sampai di objek wisata Pantai Lekok ini, Anda harus berada di Jawa Timur atau Pasuruan.

Alamat Pantai Lekok ioni tepatnya berada di Desa Jatirejo, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Dari Pasuruan maka tidak jauh kok, karena Anda hanya akan membutuhkan waktu sekitar 36 menit perjalanan saja dengan menempuh jarak 18 kilometer.

Untuk rute menuju lokasi Pantai Lekok ini pun cukup mudah, dari kota Pasuruan maka ambil saja ke arah tenggara dengan menuju Jalan Panglima Sudirman.

Selanjutnya belok kanan ke Jalan Hayam Wuruk. Maka Anda akan melewati PLN kota Pasuruan dan lanjutkan saja menuju Jalan WR Supratman.

Setelh itu, tersukan saja ke Jalan Veteran atau Jalan Raya Pantura dengan menyusurinya sejauh 12 kilometer. Kemudian menuju Jalan Raya Mangkrengan dan menuju Jalan Semeru.

Selanjutnya Anda tinggal menyusuri Jalan Raya Lekok yang memang jalan tersebut mengarah menuju kawasan Pantai Lekok.

Objek Wisata di Pantai Lekok

Objek Wisata Pantai Lekok

Pantai Lekok ini pun memiliki beberapa hal yang menjadi daya tariknya. Berikut beberapa daya tarik Pantai Lekok:

1. Perahu

Mata pencaharian masyarakat sekitar pantai ini yaitu nelayan, maka tak heran jika di kawasan pantai ini terdapat perahu-perahu yang bersandar yang hilir mudik di kawasan perairannya.

Uniknya, masyarakat sekitar membuat perahu ini dengan adanya berbagai hiasan dan mengecat dengan berbagai warna yang begitu menarik.

Hal tersebut membuat pandangan para wisatawan akan tertuju ke perahu-perahu nelayan tersebut.

Karena memang terlihat cantik dengan berbagai warna, maka wisatawan pun tak jarang yang memanfaatkan perahu-perahu yang sedang berlabuh sebagai spot foto yang cukup ciamik.

2. Pertunjukan

Tak hanya memiliki pantai sebagai objek wisata, namun di pantai ini tepatnya pada saat hari raya idul fitri terdapat banyaknya pertunjukan yang begitu meriah.

Pertunjukan ini merupakan budaya tradisional para masyarakat sekitar maupun nelayan setempat.

Pertunjukan ini lebih dikenal sebagai ski lot atau celot yaitu bermain ski diatas permukaan lumpur.

Jika pertunjukan ini akan dimulai, maka warga maupun wisatawan memadati kawasan Pantai Lekok ini untuk melihat pertunjukan tersebut, wah pasti akan terasa sangat seru ya?

3. Pelelangan Ikan

Dikarenakan memang banyaknya masyarakat yang menjadi nelayan untuk mencari ikan di Pantai Lekok ini, maka tak heran jika pantai ini memiliki tempat pelelangan ikan.

Para nelayan pun siap menjual berbagai hasil tangkapan melaut di tempat ini dengan beragam.

Oleh karena itu, Anda pun bisa membeli berbagai ikan hasil tangkapan nelayan yang tentunya masih begitu segar.

Namun sebaiknya datanglah lebih pagi ya agar masih banyak pilihan ika yang bisa Anda cari tentunya juga dengan harga yang lebih murah karena langsung dari nelayan.

4. Sunrise dan Sunset

Karena memang pantai ini dipenuhi dengan perahu-perahu nelayan, maka memang kurang pas dijadikan sebagai tempat untuk berenang apalagi tekstur perairannya berlumpur.

Meskipun demikian, Anda bisa menikmati keindahan yang begitu menawan di pantai ini yaitu dengan menikmati sunrise maupun sunset.

Dengan mendatangi pantai ini pagi hari saat cuaca cerah, maka wisatawan akan mendapatkan panorama sunrise matahari terbit.

Jika Anda tak bisa datang pagi hari pun juga tak masalah, karena Anda juga bisa melihat panorama sunset di pantai dengan pancaran cahaya matahari yang mulai tenggelam serta perahu-perahu yang mengubah warna.

Fasilitas Pantai Lekok

Fasilitas Pantai Lekok

Saat berwisata di Pantai Lekok ini, wisatawan pun dapat menemukan beberapa fasilitas berupa : 

1. Area Parkir

Jika Anda datang menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, maka Anda bisa langsung mengarahkan kendaraan menuju di sebelah pelelangan ikan kawasan pantai ini.

Dikarenakan di kawasan tersebutlah terdapat area parkir kendaraan yang menang diperuntukan bagi para pengunjung Pantai Lekok.

2. Toilet dan Kamar Mandi

Meskipun pantai ini kurang begitu cocok digunakan untuk berenang, namun jika Anda tetap melakukan bermain air pantai pun juga tak menjadi masalah.

Dikarenakan pantai ini juga sudah dilengkapi dengan adanya toilet dan kamar mandi yang cukup memadai.

3. Warung Makan

Apabila Anda tidak membawa cemilan ataupun bekal makanan ketika mengunjungi Pantai Lek5o ini pun data membeli makanan atau minuman di warung makan kawasan pantai.

Dikarenakan sudah terdapat beberapa warung makan yang menyediakan berbagai jajanan ataupun menu makanan khas hidangan laut.

Karena memang menjadi pantai yang digunakan sebagai tempat berlabuh perahu nelayan mencari ikan, apalagi terdapat juga tempat pelelangan ikan, maka pantai ini memiliki aroma bau ikan yang kurang sedap.

Sehingga, harapan kami agar adanya peran pemerintah untuk mensosialisasikan kebersihan dan kesehatan kawasan pantai, hal ini agar menjadi tempat yang lebih nyaman dan bersih lagi.

Meskipun demikian, pantai ini tetap menjadi kawasan wisata yang masih ramai dikunjungi oleh para wisatawan, jadi Ada pun tetap bisa mengunjungi pantai ini.

Nah, jika berkunjung ke Pantai Lekok, jangan lupa juga untuk sempatkan mengunjungi pantai sekitar seperti Pantai Remen yang juga berada di Jatim, yaitu Tuban. 

22 Ulasan untuk Pantai Lekok, Pasuruan, Jawa Timur

  1. pantai lekok terkenal dengan pantai nelayan.. ada juga pantai perawannya yang artinya belum terjamah oleh kegiatan penangkapan ikan.. penasaran yukkk datang ke tkp langsung

  2. Tempatnya kurang bersih tapi banyak jenis ikan laut dijual murah dan masih fresh

  3. Jadikan pantai lekok sebagai destinasi wisata pasaruan agar menjadi wahana bagus untuk di kunjungi ole wisatawan. Dan jangan di jadikan tempat pembuangan sampah agar indah dan terawat kalau bisa saya ada usul. :bagian sebelah di buat nelayan dan bagian sebelahnya di buat pantai wisata kan disitu belum ada pasir putih dan air yg warnanya biru jadi minta usaha rakyat untuk beli pasir putih dan di tidak buang sampah di situ agar airnya warna biru dan pasirnya terawat jadi munkin wisata ini adalah salah satu pantai yg pernah ada di pasuruan hanya ada satu yaitu lekok yg akan mengharumkan nama pasuruan munkin hasil upaya rakyat akan membuahkan hasil bagus dan uang yg cukup banyak untuk di jadikan wahana yg lain. Itu saja semoga bermanfaat dan semoga ini terjadi yg saya impikan amin……..

  4. Panas tp asikk. .. Rekomended bngt buat dijadiin tempat wisata !!!

  5. Mau cari ikan segar ?!! Datang saja ke pantai lekok ,ada berbagai jenis ikan segar tersedia

  6. Kotor… Panas sampah dimana-mana. Pokoknya gak asik malah menurutku itu pantai apa tempat pembuangan sampah ya…

  7. Lebih nyaman datang sore hari, bisa menikmati senja lebih leluasa

  8. Barangkali ada yg mau beli ikan laut segar bisa lamgsung datang

  9. Harap maklum karena bau ikan…he

  10. Lumayan asyik buat belanja ikan segar

  11. Bagus sih cuman kumuh coba d bersih kan sampah2nya pasti indah

  12. Gak ada apa apa cuma tempat sandar kapal nelayan mau turun becek kotor belum ada perbaikan sarana prasarana

  13. Ini pasar ikan atau tmpt wisata sih? Gersang bgt

  14. Pantai yabg kurabg terjaga.. Semoga kita bisa menjaga bersama dan menjadi pusat wisata dan perniagaan nusantara

  15. Seharusnya ini namanya dermaga, bukan pantai. Tapi saya suka sih, ada banyak wisata pembuangan, dan saya melihat flamingo lokal. Saya suka! 🥰

  16. Wisata pantai perikananan yang terletak di sisi utara kota pasuruan

  17. Tidak ada rumah makan seafood…. Jam 11 siang sudah sepi TPI nya. Tempat nya kotor….. Jalan menuju ke TPI terhalang pasar….tapi dibantu orang2 nya baik2

  18. Pantai utara jawa, dengan perkampungan nelayan. Sayang nya pantainya jorok, kurang di jaga kebersihannya, sebenar nya bisa di kelola dengan mamadukan wisata belanja ikan hasil laut dengan wisata pantai.

  19. Tempat kurang bagus & jalanan di pasar buruk gak ada perbaikan sama sekali…

  20. pertama kali dateng ke pantai ini, Subhanallah… beda banget sama pantai pantai pada umumnya. sempat kaget, karena belum pernah menemui pantai kayak gini sebelumnya. harus siap siap tahan nafas, hehehe dan jangan lupa pake masker biar gak parah parah amat baunya wkwk. sedih waktu liat pemandangan disini kok banyak banget sampahnya. dan kalo beruntung anda bisa menemukan harta karun tersembunyi. seminggu pasca lebaran, biasanya ada tradisi praon disini, kita naik perahu sambil menikmati pemandangan yang sangat indah. jadi pantainya rame banget meskipun kondisinya seperti ini. awalnya semangat banget pengen ikut praon tapi kalo melihat kondisi yang seperti ini yasudah skip saja.

  21. Kapan tempat ini bisa bersih dan indah? Sedap dipandang mata? Pantai lainnya berlomba-lomba mempercantik diri, pantai Lekok tetap saja dan kotor sekali. Its horrible.

  22. Meski di tempat ini kita dapat membeli berbagai macam ikan kering dg harga murah, tetapi tempat ini sangat kotor. Banyak tumpukan sampah diberbagai sudut dan pantainyapun jg dipenuhi sampah2…

Tinggalkan Balasan