Pantai Nirwana

Pantai Nirwana

Desa Sula, Kecamatan Betoambari, Kabupaten Bau-Bau, Sulawesi Tenggara 93721, Indonesia.

19 Ulasan

Pulau Sulawesi merupakan salah satu pulau terbesar yang ada di Indonesia. Bukan hanya dikenal dengan berbagai fauna seperti Burung Maleo, Anoa, Tarsius dan yang lainnya. Pulau Sulawesi juga dikenal dengan mempunyai wisata alam yang indah.

Wisata alam tersebut adalah wisata bahari dimana Pulau Sulawesi sangat kaya akan biota laut-nya yang eksotis, khususnya di wilayah Sulawesi Tenggara.

Dengan area lautan yang membentang sejauh 110.000 kilometer persegi, wisata bahari Sulawesi Tenggara menjadi rumah ratusan bahkan ribuan spesies hewan laut yang berhasil memikat para wisatawan lokal bahkan mancanegara.

Dan salah satu destinasi unggulan wisata bahari yang ada di Sulawesi Tenggara adalah Pantai Nirwana yang ada di Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara.

Pantai Nirwana Bau-Bau

Pantai Nirwana Baubau

Pantai Nirwana merupakan salah satu pantai yang keindahannya cukup dikenal dikalangan wisatawan, yang juga menjadi salah satu deret pantai terindah di Indonesia.

Pantai ini berada di Kelurahan Sula, Kecamatan Bantoambari, Bau-Bau, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara.

Nirwana sendiri berati surga, dan dinamakan Pantai Nirwana karena memiliki pemandangan yang sangat mempesona, sehingga membuat siapapun yang berkunjung ke tempat ini seperti berada di surga.

Kawasan wisata ini juga menjadi salah satu spot destinasi wisata yang kerap dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Dimana salah satu daya tarik yang paling terkenal dari pantai ini adalah hamparan pasir putihnya dan juga gradasi warna air lautnya yang sangat indah.

Harga Tiket Masuk Pantai Nirwana

Untuk dapat memasuki kawasan wisata unggulan tidak selalu dengan harga yang mahal contohnya adalah Pantai Nirwana  ini. Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk bisa berkunjung ke pantai ini, karena Pantai Nirwana merupakan salah satu wisata murah di kawasan Bau-Bau.

Anda hanya perlu membayar parkir sebesar Rp 2000 saja yang selanjutnya Anda dapat menikmati dengan puas semua keindahan dan fasilitas yang ada di Pantai Nirwana ini.

Rute Menuju Pantai Nirwana

Wisata Pantai Nirwana Baubau

Jarak Pantai Nirwana dari pusat Kota Bau-Bau adalah sekitar kurang lebih 9 kilometer, sementara Anda dapat mengakses menuju tempat ini dari jalur darat memakai kendaraan pribadi atau umum seperti ojek motor.

Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke lokasi pantai ini dari Kota Bau-Bau adalah sekitar 15 menit.

Sementara apabila dari bandara Bau-Bau, waktu tempuh perjalanan yang dibutuhkan adalah sekitar 5 sampai 10 menit. Ada banyak petunjuk arah di sepanjang perjalanan yang memberi informasi tentang lokasi pantai.

Apabila Anda menggunakan jasa ojek motor maka Anda harus membayar sebesar Rp 10.000 hingga Rp 20.000 untuk bisa sampai ke pantai ini.

Anda juga dapat mengambil rute perbukitan Bau-Bau untuk dapat mencapai lokasi pantai, karena jalan di rute ini sudah beraspal bagus. Selain itu Anda juga dapat menikmati pemandangan indah Pulau Muna dan Pulau Buton di sepanjang perjalanan.

Obyek Wisata Pantai Nirwana

Kawasan wisata Pantai Nirwana yang berada di bibir pantai barat Kota Bau-Bau ini memiliki keindahan yang sangat memukau.

Pantainya berpasir putih dan juga bersih dengan air laut yang berwarna biru dan pepohonan kelapa yang tumbuh di tepian pantai kian menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan.

Di hari-hari libur banyak wisatawan lokal yang datang ke obyek wisata Pantai Nirwana ini, bahkan tidak jarang turis mancanegara yang sekedar singgah dan menikmati pemandangan alam Pantai Nirwana ini.

Hal terbaik-nya adalah suasana Pantai Nirwana ini sangat tenang dan sunyi dan tempat ini merupakan tempat terbaik untuk melihat sunrise dan juga sunset yang tentunya menjadi unggulan wisata pantai dimanapun.

Selain segala fasilitas yang bisa Anda nikmati ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di Pantai Nirwana ini.

1. Menikmati Keindahan Pantai Nirwana

Pantai Nirwana Bau Bau Buton

Keindahan obyek wisata Pantai Nirwana sudah tidak diragukan lagi, salah satunya adalah gradasi warna air lautnya. Jika diliat dari kejauhan terlihat warna air Pantai Nirwana ini adalah perpaduan dari warna putih, hijau tosca dan biru laut yang terlihat memukau.

Ombak dipantai ini sangat tenang bahkan deburannya tidak terhalang batu karang. Pepohonan kelapa yang berjajar di tepian pantai serasa semakin membuat suasana pantai menjadi teduh dan juga sejuk.

2. Sunset dan Sunrise

Sunset Di Pantai Nirwana Baubau

Pantai Nirwana merupakan salah satu deret pantai dengan pemandangan sunset dan sunrise terbaik, didukung oleh kondisi pantai yang bersih dan juga batuan karang yang besar menjadikan semburat sinar matahari semakin indah.

Jangan lupa untuk membawa perlengakapan potografi untuk mengabadikan momen-momen indah saat senja hari dengan siluet sinar mataharinya yang menggoda. Bahkan wisatawan yang datang ke tempat ini seringkali menjadikan Pantai Nirwana sebagai area spot foto prewedding.

3. Diving

Diving Di Pantai Nirwana Bau Bau

Salah satu keindahan dari Pantai Nirwana adalah alam bawah laut-nya, bahkan wisatawan mancanegara sering melakukan aktivitas pemotretan keindahan bawah laut Nirwana Bau-Bau ini.

Jangan khawatir untuk Anda yang tidak memiliki perlengkapan menyelam, di Pantai Nirwana ini bahkan menyediakan jasa menyewa perlengkapan untuk hobi yang satu ini.

4. Berenang dan Bermain Pasir

Pantai Nirwana Buton

Belum lengkap rasanya apabila ke pantai namun tidak menikmati segarnya air laut. Begitu juga di obyek wisata Pantai Nirwana ini dimana Anda bisa dengan puas bermain air serta berenang di pinggiran pantainya.

Bahkan di pantai ini juga menyediakan jasa penyewaan pelampung bagi Anda atau anak-anak untuk menambah seru-nya permainan air di wisata Pantai Nirwana ini.

Pantai Nirwana memiliki hamparan pasir putih yang indah dengan tekstur yang lembut sehingga cocok untuk dijadikan tempat bermain pasir. Bermain istana pasir serta permainan pasir lainnya akan menjadi kegiatan yang menarik tentunya bagi anak-anak.

5. Terapi Penyembuhan

Wisata Pantai Nirwana Buton

Pantai Nirwana bukan hanya sekedar tempat rekreasi namun bagi beberapa warga memanfaatkan pantai ini sebagai terapi untuk mengobati berbagi jenis penyakit seperti asma dan gangguan pernafasan lainnya.

Hal ini dilakukan dengan cara berendam di dalam kesegaran air Pantai Nirwana ini. Meski belum diketahui kebenaran dari teori tersebut, bagi mereka yang sudah mencobanya percaya bahwa hal tersebut memang berkhasiat.

6. Hunting Foto

Keindahan Pantai Nirwana Bau Bau

Obyek wisata Pantai Nirwana banyak menawarkan banyak spot foto yang menarik untuk Anda yang hobi berfotografi.

Pemandangan laut dengan gradasi warnanya serta suguhan hamparan pasir yang yang cantik makin menambah ke eksotisan foto Anda.

7. Pembudidayaan Rumput Laut

Di sekitar Pantai Nirwana ini terdapat tempat pembudidayaan rumput laut yang dikelola oleh nelayan setempat. Lokasi kegiatan nelayan saat menanam bibit rumput laut atau di saat panen tidak jauh dari lokasi Pantai Nirwana ini.

8. Gua Moko

Tak jauh dari Panai Nirwana terdapat sebuah gua dengan pemandian air payau yang menmanjang sekitar 50 meter, dimana masyarakat setempat menyebutnya Gua Moko. Gua ini berada di sebelah sisi selatan kawasan Pantai Nirwana.

Fasilitas di Pantai Nirwana

Suasana tenang ini sangat cocok untuk Anda yang menghindari kebisingan kota. Anda juga tidak perlu khawatir tentang sarana dan prasarana disini karena fasilitas pendukung di pantai ini sudah cukup lengkap.

Ada fasilitas Gode-Gode yaitu sejenis gubuk yang bisa Anda gunakan untuk beristirahat dan melepas penat.

Ada juga beberapa warung makan dan juga restoran yang dapat Anda temukan di kawasan wisata ini, jadi Anda tidak perlu khawatir akan lapar dan haus saat berada kawasan wisata ini.

Anda juga dapat bermalam di pantai ini dengan menggunakan fasilitas pendukung penginapan, villa atau cottage yang telah tersedia di sekitar kawasan wisata Pantai Nirwana ini. Bahkan telah tersedia hotel berbintang  yang akan akan memanjakan Anda saat berkunjung di pantai ini.

Pantai Nirwana adalah paket lengkap bagi Anda yang sedang mencari referensi wisata budget terjangkau dengan pemandangan yang eksotis. Maka jangan lewatkan keseruan liburan Anda bersama keluarga dengan berkunjung ke Pantai Nirwana ini.

Demikian ulasan menarik dari salah satu obyek wisata Pantai Nirwana yang menjadi wisata unggulan di Kota Bau Bau, Sulawesi Tenggara.

19 Ulasan untuk Pantai Nirwana, Bau-Bau, Sulawesi Tenggara

  1. Pantainya bagussssss sekalii. Apalagi pas sunsett, cantik. Pasirnya bersih, putih. Airnya tdk dlm, warna lautnya menyegarkan. Hanya pantainya kurang bersih, akan lebih baik jika tempat penampungan sampah diperbanyak dan tempat parkir ditertibkan. Tidak ada penjaga pantai, syg sekali apalagi nirwana beach trmasuk salah satu obyek wisata paling utama dari bau-bau.

  2. Pantai NIRWANA di mana pantai ini memiliki pasir yang sangat luas . Pantai nirwana adalah tempat kelahiran ku dari kecil hingga sekarang

  3. Bersih dan indah, ombaknya keren (y)

  4. Sangat keren.. layak tuk dikunjungi

  5. Pantainya luas, pasir putih, parkiran jg banyak, hanya jln masuk keluar didalam area wisata harus diperbaiki dan diperlebar.. 🙂

  6. Indah pantainya tp tdk nyaman

  7. Pantai keren, airnya bersih pasirnya juga bersih

  8. Setiap hari libur, pasti ramai pengunjung

  9. Tiket masuk tidak dikasih jika kita hanya membayar, harusnya ada loket resmi supaya pengunjung tau retribusi untuk pemkot dan wajib diberikan karcis yang ada harganya misal 5rb per orang. Jalanan juga tidak bagus, perlu diaspal pintu masuknya. Pantainya indah jernih saat tiada ombaknya. Trims

  10. Mantabbb Sekali…Pantainya Cantik…..Tapi!!! Kebersihan Tolong lah ya…

  11. Bersih tapi sewa gazebo nya mahall ☺

  12. Pantaı nırwana merupakan tempat untuk refresıng dı harı lıbur atau dı akhır pekan bagı warga kota bau-bau

  13. Salah satu pantai di Baubau yang menarik hati

  14. Tempatnya baguss

  15. Pantai yang Bagus masih bersih dan alami. Pasir yang cukup halus

  16. Kurang tempat sampah

  17. putih pasir,bersih,jernih air lautya,cm msih kurng aman khususya unt wrga dr lain wilayah pantai.

  18. Pantainya bagus dengan pasir putihnya yang halus

  19. Tempat yg pas untuk bersantai

Tinggalkan Balasan