Pantai Paal

Pantai Paal

Desa Marinsow, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara 95375, Indonesia.

13 Ulasan

Salah satu dataran rendah yang menyimpan keindahan wisata bahari di Indonesia terdapat di Sulawesi Utara, tepatnya di Kabupaten Minahasa Utara. Di Sulawesi Utara terdapat salah satu pantai yang indah yaitu Pantai Paal.

Dan kali ini pantainesia akan mengajak Anda untuk mengulas destinasi wisata bahari dengan keindahan pantainya yang sangat memukau pantai di Minahasa utara ini.

Sejarah Pantai Paal

Pantai Paal Di Minahasa

Paal artinya dalam KBBI ialah tiang. Dimana dulu sebelum pantai Paal ini dibuka untuk umum pada tahun 2015, akses menuju ke pantai hanyalah jalan kebun dengan semak belukar disekelilingnya.

Soalnya dulu merupakan kebun masyarakat setempat dan pekerjaan sehari-hari warga disitu ialah berkebun. Makanya di pantai tersebut dulunya ditanami pal atau pembatas kampung. Hal inilah mengapa dinamakan Pantai Paal.

Walaupun begitu, kondisi pantai pasir putih di Manado ini sudah banyak sekali pengunjung wisatawan baik yang lokal maupun mancanegara.

Terkadang warga mendapati helicopter mengelilingingi pantai ini. Bahkan, sampai ada helicopter yang turun di Pantai Paal ini loh.

Harga Tiket Masuk Pantai Paal

Tidak semua tempat wisata menetapkan tarif yang mahal untuk dapat menikmati keindahan alam pantainya.

Pantai Paal buka selama 7 hari dengan harga masuk pantai Paal yang bervariasi tergantung Anda menggunakan kendaraan. Pantai Paal juga buka selama 24 jam, karena Anda bisa nerkemah di sekitar pantai.

Apabila Anda menggunakan kendaraan roda dua akan dikenakan tarif sebesar Rp 5.000, sedangkan untuk kendaraan roda empat biaya masuknya sebesar Rp 10.000.

Penambahan biaya bisa terjadi apabila Anda menyewa fasilitas yang terdapat di pantai tersebut seperti, penginapan ataupun menikmati bergaam kuliner.

Rute Menuju Lokasi Pantai Paal

Alamat pantai Paal berada di Desa Marinsow, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Agar dapat tiba ke lokasi pantai ini, maka Anda harus menempuh kurang lebih selama 2 jam perjalanan dari arah Kota Manado.

Jika Anda menggunakan kendaraan umum akan menempuh perjalanan selama 3 jam. Lalu, menggunakan ojek di sekitaran terminal Likupang untuk dpaat tiba menuju lokasi Pantai Paal.

Setelah itu, melewati Desa Marinsow, sejauh 300 meter Anda akan melihat papan petunjuk untuk ke lokasi pantai Paal. Setelah itu, tinggal belok ke kanan sejauh 2,5 kilometer dan langsung tiba ke lokasi pantai ini.

Selama di perjalanan Anda akan disuguhkan dengan pemandangan dari desa khas Minahasa di kiri dan kanan jalan.

Objek Wisata Pantai Paal

Keindahan pesisir pantai ini masih memiliki hal yang tidak dapat dijumpai oleh pantai-pantai lainnya. Keunikan pantai Paal diantaranya:

1. Hamparan Pasir Putih

Pantai Paal Minahasa

Objek wisata Pantai Paal terkenal dengan pasir putihnya yang luas nan indah serta memiliki tekstur nyaman, dimana hal ini membuat Anda bisa melakukan aktivitas seperti berjalan kaki disepanjang bibir pantai.

Selain berjalan kaki, Anda juga bisa menikmati suguhan pemandangan dari keindahan alam yang telah diberikan sambil sunbathing.

Apabila bersama keluarga, Anda juga bisa melakukan aktivitas bermain istana ataupun benteng dari pasir. Kegiatan yang menyenangkan di Pantai Paal ini.

2. Bersantai

Wisata Pantai Paal

Pantai Paal merupakan tempat yang paling nyaman serta masih sangat asri. Pada area pinggir banyak ditumbuhi pepohonan yang tinggi, jadi nyaman untuk tempat bersantai sembari menikmati pemandangan dari keindahan Pantai Paal.

Pantai ini sering sekali dilirik oleh bule dan banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal sampai mancanegara.

Para wisatawan ini datang biasanya datang untuk berjemur sambil menikmati pemandangan indah dengan pasir putih dari Pantai Paal ini.

3. Hunting Foto

Kegiatan satu ini tentunya tidak pernah terlewatkan dan sangat sayang sekali untuk dilewatkan ketika berkunjung ke tempat wisata yang instagramable.

Banyak sekali spot-spot menarik untuk diambil dengan latar belakang panorama indah Pantai Paal yang begitu memukau.

Warna gradasi biru lautnya serta pasir putih nan indah yang sangat cocok sebagai background sempurna saat di pantai. Ada pun spot foto berupa lukisan alam besar dari Pantai Paal juga banyak sekali spot-spot menarik lainnya.

4. Berenang

Pantai Paal Minahasa Utara

Rasanya ada yang kurang jika datang ke pantai namun tidak berenang dan menjejakkan diri untuk membasahi tubuh di Pantai Paal ini.

Permukaan air laut yang tenang dan kondisi pantai landau yang sangat landau menjadikan Pantai Paal sangat pas serta cocok untuk dijadikan berenang.

Airnya yang biru serta jernih juga segar akan membuat Anda betah walaupun itu sekedar bermain air maupun berenang di pantai tersebut.

Hamparan pasir putih yang membentang ialah salah satu daya tarik tersendiri bagi para wisatawan di Pantai Paal ini. Anda pun bisa melakukan beragam kegiatan seperti, bermain voli pantai, bersantai, ataupun berjemur di tepian pantainya.

5. Snorkeling

Keindahan bawah laut Sulawesi Utara sudah tidak perlu diragukan lagi, begitu pula keindahan di Pantai ini.

Anda bisa melakukan aktivitas snorkeling untuk dapat melihat keindahan dibawah laut, dengan berbagai macam terumbu karang, biota laut dan ikan-ikan lucu di perairan Pantai Paal.

Warna air laut yang hijau dan perpaduan gradasi biru yang cantik ditambah airnya yang jernih menandakan bahwa terdapat makhluk hidup ataupun hewan yang tinggal di habitat Pantau Paal ini.

6. Menikmati Sunset

Sunset Di Pantai Paal

Saat sore hari ialah pemandangan yang dinanti-nanti saat tenggelam-nya matahari di Pantai Paal ini sangat indah. Gradasi dari warna kuning dan jingga yang menghiasi suasana langit saat itu.

Pemandangan sunset akan memberikan rasa nyaman serta tenang bagi siapa saja yang melihatnya.

Momen-momen ini sangat penting untuk dijadikan background foto dan dimasukkan ke social media Anda.

Fasilitas di Pantai Paal

Untuk kanyamanan pengunjung, pantai Paal sudah memilki beberapa fasilitas, diantaranya:

  • Tempat Parkir yang luas
  • Tempat bilas atau Toilet
  • Tempat duduk di hamparan pasir
  • Gazebo yang bisa disewa
  • Kios dan warung makan yang berada di sekitar pantai
  • Penyewaan Banana Boat dan Ban untuk wisata air

Jadi Anda tidak akan kehilangan banyak momen ketika berada di wisata pantai Paal ini.

JIka Anda berkunjung ke Minahasa, jangan lupa untuk singgah ke pantai Paal ini. Anda juga dapat berkunjung ke pantai Likupang dan pantai Pulisan.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Paal di Sulawesi Utara yang memiliki pemandangan menakjubkan dan pasir putihnya yang indah.

13 Ulasan untuk Pantai Paal, Minahasa Utara, Sulawesi Utara

  1. Pantai Paal di Desa Marinsow, Likupang Timur, Minahasa Utara . . Dari kota manado menuju pantai paal dapat ditempuh selama satu setengah jam dgn kecepatan rata2.. . Dalam perjalanan mata anda akan dimanjakan dengan hijaunya pepohonan,biaya masuk untuk satu kendaraan adalah Rp.9.000.. Pondok berteduh dapat anda sewa Rp.300.000

  2. Salah satu pantai terindah di Sulawesi Utara. Pasirnya lembut dan warna lautnya indah. Cocok sebagai tempat piknik bersama keluarga maupun teman-teman

  3. Pantai yang sangat indah dan nyaman. Pasir putihnya yang lembut membuat kita nyaman duduk berlama-lama. Enak juga dipakai untuk tiduran sambil berjemur. Suasana pantai yang masih asri menambah kenyamanan di tempat ini. . Tersedia gasebo juga bagian kalian yang ingin bersantai. Dengan tarif yang lumayan terjangkau.. Lautnya yang biru kehijauan sangat memanjakan mata dan selalu asyik digunakan untuk berenang.. Tarif tiket masuk lokasi ini, mobil dikenakan biaya Rp. 10.000, sudah include parkiran. namun saya rasa itu sangat murah jika dibandingkan dengan pemandangan yang akan kita nikmati.. Tersedia juga layanan banana boat dan karet untuk berenang menikmati ombak.

  4. Tempat piknik ok 👌. Tempat rekreasi ok 👌. Tempat berenang …not recomended, berbahaya soalnya ombaknya tinggi-tinggi nggak cocok untuk berenang.. Banyak kejadian juga, jadi lebih baik berhati-hati apalagi yang membawa anak-anak.😊

  5. Salah satu tempat rekreasi pantai yang indah di sulawesi utara, tepatnya di desa Marinsow, Likupang.. Pasirnya putih lembut dan bersih. Tersedia jasa penyewaan wahana pantai seperti bananaboat menambah keseruan untuk melepas kepenatan menikmati indahnya pantai pal.. Cocok untuk piknik keluarga,,, disewakan saung, atau tenda2 kecil. Ombaknya cukup besar,,, jadi sprti saya yg tidak mahir berenang disarankan u jangan mencoba berenang disini😂

  6. Memang benar pantai paal ini, pasirnya putih dan halus, air lautnya hijau kebiruan namun ombaknya agak lumayan besar, jadi harus hati-hati bagi yang tidak bisa berenang dan anak-anak. Juga tersedia pondok untuk berteduh yang disewakan dan kamar bilas air tawar dengan biaya terjangkau. Namun sayangnya apabila kemalaman di tempat ini, belum ada penerangan listrik.

  7. Jalan kesana udah bagus, pasirnya pasir putih. Bamyak wahananya jugaa😍 seru seru banget. Kalo kesini wajib bawa baju ganti sih, ga seru kalo ga sekalian berenang. Kamar mandinya udah bersihh air di kamar mandinya jg bersih banget (bukan air laut). Biaya masuk 1 motor 5rb, 1 mobil 10rb.

  8. pantai yang masih asri dan bersih, ombaknya bening, dari jauh warnanya biru kehijauan. pasir putih, engga ada sampah,. tarif masuk 5000 rupiah aja, sewa tempat duduk yg ada tendanya 50 ribu, harga makanan terjangkau. . lokasi engga begitu jauh dari kota manado.. . di pantai ini bisa sewa banana boat juga..

  9. +)Positif : 1)Pantai bersih,2)Biaya murah,3)Jalanan sudah di aspal semua,4)Pemandangan bagus. -)Negatif : 1)Tidak ada tempat makan(Restoran),2)Tidak ada tempat inap(Hotel),3)Sinyal susah. . *Kesimpulan : Bagus untuk bermain air, disarankan bawa makanan dan minuman sendiri, dan langsung pulang saat selesai

  10. Pantai Pal yang terletak di desa Marinsow kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara Provinsi Sulawesi Utara menjadi lokasi destinasi pilihan masyarakat saat ini. Lokasi ini ramai di kunjungi warga di hari minggu atau hari-hari libur nasional. Pengunjung pantai ini warga kota Manado dan sekitarnya hingga wisatawan domestik dan mancanegara.. . Untuk sampai ke lokasi ini dari Manado, anda membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Anda boleh menggunakan kendaraan roda 2 atau roda empat mengikuti rute jalan Manado-Likupang. Setibanya anda di tugu rusa desa Marinsouw, pertigaan jalan Likupang-Girian  terus saja hingga anda melihat petunjuk jalan ke Pantai Pal. Untuk memasuki lokasi ini kita wajib membeli karcis retribusi, tapi aman Brio, karcis tanda masuknya gak mahal.. . Pantai Pal di juluki Surga Tersembunyi Di Minahasa Utara-Sulawesi Utara Sering pula disebut ” Bali-nya Sulawesi Utara”.Dikarenakan oleh hamparan pasir putih dan gulungan ombak yang menantang serta pemandangan laut lepas yang indah mempesona..

  11. Beautiful place❤️. Berjarak 2 jam dari pusat kota Manado, utk jalan menuju ke sini sudah aspal, utk yang mabuk darat siapkan penawarnya haha! Biaya masuk sangat murah, 5rb utk kendaraan roda dua/tiga dan 10rb utk roda empat. Utk MCK sudah bagus, pantainya juga bersih, bisa sewa saung/gazebo dengan harga terjangkau (bisa nego). Enaknya ke sini saat weekend, dihari biasa sepi dan pantai sudah tutup jam 4 karena tidak ada keamanan. Tidak direkomendasi utk anak anak mandi apalagi tanpa pengawasan, ombaknya cukup besar. Utk yang hobi foto/swafoto tempat ini instagramable kok✌️ Overall tempat ini keren, harus masuk list tempat yang wajib dikunjungi seumur hidup.

  12. Beautiful place❤️
    Berjarak 2 jam dari pusat kota Manado, utk jalan menuju ke sini sudah aspal, utk yang mabuk darat siapkan penawarnya haha! Biaya masuk sangat murah, 5rb utk kendaraan roda dua/tiga dan 10rb utk roda empat. Utk MCK sudah bagus, pantainya juga bersih, bisa sewa saung/gazebo dengan harga terjangkau (bisa nego). Enaknya ke sini saat weekend, dihari biasa sepi dan pantai sudah tutup jam 4 karena tidak ada keamanan. Tidak direkomendasi utk anak anak mandi apalagi tanpa pengawasan, ombaknya cukup besar. Utk yang hobi foto/swafoto tempat ini instagramable kok✌️ Overall tempat ini keren, harus masuk list tempat yang wajib dikunjungi seumur hidup.

  13. Tempat wisata pantai dengan hamparan pasir putih yang panjang, biaya untuk masuk kesini dikenakan tarif dari Rp. 5.000 – Rp. 10.000. Ketika sampai di pantainya berjejeran pondok-pondok yang bisa kita sewa mulai dari harga Rp. 50.000 – Rp. 150.000. Di pantainya juga sudah tersedia Toilet dan juga kamar mandi dengan harga air per ember Rp. 5.000. Tersedia juga warung-warung yang menyajikan makanan dan minuman

Tinggalkan Balasan