Pantai Likupang

Pantai Likupang

Desa Wineru, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara 95375, Indonesia.

15 Ulasan

Minahasa Utara adalah sebuah wilayah yang berada di Provinsi Sulawesi Utara. Lokasi ini tidak jauh dari Kota Manado, jadi jika Anda sedang berada di daerah ini, kami Akan memberikan rekomendasi wisata berlibur.

Dikarenakan, wilayah ini memiliki berbagai macam tempat yang bisa dikunjungi untuk berwisata. Salah satu objek wisata ini bernama Pantai Likupang.

Nah, kali ini kami akan membahas dan memberikan informasi terkait dengan Pantai Likupang. Untuk dapat mengetahuinya, simak ulasan dibawah ini ya.

Sejarah Pantai Likupang

Pantai Likupang

Kecamatan Likupang merupakan sebuah wilayah yang berada di Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara. Wilayah ini merupakan daerah yang memiliki luas kurang lebih 200 hektar yang terdiri dari daratan dan juga mempunyai bagian pesisir pantai.

Oleh karena itu, ketika berada di wilayah ini, maka akan menemukan deretan pantai serta beberapa pulau yang jaraknya tidaklah jauh. Hal inilah yang menyebabkan pantai-pantai yang berada di Likupang mempunyai ciri khas dan pemandangan yang indah.

Dengan begitu, maka kawasan ini menjadi dikagumi oleh banyak orang bahkan tidak hanya masyarakat sekitar saja. Sehingga, Pemerintah pun turut serta melirik wilayah ini dan sedang menyiapkan untuk menjadi suatu wilayah KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Pariwisata.

Harga Tiket Masuk Pantai Likupang

Untuk bisa mengunjungi pantai ini, maka tidak ada harga tiket masuk yang harus Anda bayarkan. Oleh karena itu, pantai ini menjadi destinasi wisata yang bisa Anda pilih ketika berada di Manado.

Namun, apabila Anda akan melakukan kegiatan dengan alat yang lengkap, maka Anda harus mengeluarkan biaya untuk menyewa peralatan tersebut ya.

Rute Menuju Lokasi Pantai Likupang

Pantai Likupang

Alamat Pantai Likupang tepatnya berada di Desa Wineru, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Jika Anda akan berkunjung ke Pantai Likupang, maka harus menempuh jarak sekitar 36 kilometer sebelah timur laut dari Kota Manado. Anda bisa menggunakan transportasi berupa kendaraan pribadi atau kendaraan umum untuk menuju ke lokasi pantai dengan perkiraan waktu perjalanan 62 menit.

Apabila Anda memilih menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju lokasi ini, Anda bisa memulai dari pusat Kota Manado, Dimembe Likupang.

Rute yang dilalui yaitu mengarah ke jalan Sukur-Likupang. Kemudian melalui jalan Airmadidi-Likupang, lalu jalan Dimembe-Likupang dan kemudian menuju jalan Likupang Girian.

Sesamapinya di jalan Likupang-Girian, Anda tinggal mengikuti saja jalan tersebut dengan memperhatikan papan petunjuk menuju ke arah Pantai Likupang. Dikarenakan memang pantai ini terletak tak jauh dari jalan Likupang-Girian.

Namun, apabila Anda memilih dengan menggunakan kendaraan umum untuk mencapai lokasi Pantai Likupang, maka Anda bisa menggunakan transportasi umum dengan menggunakan bus. Anda bisa menaiki bus umum tersebut dari Terminal Paal 2.

Tetapi, angkutan ini hanya akan membawa Anda hingga tiba ke Terminal Likupang saja. Selanjutnya, Anda harus menempuh perjalanan lagi dari Terminal Likupang, perjalanan yang bisa Anda pilih yaitu dengan  menyewa ojek motor atau angkutan umum lainnya sesuai dengan pilihan Anda.

Objek Wisata Pantai Likupang

Pantai Likupang ini memiliki daya tarik wisata dan juga kegiatan berlibur seperti:

1. Menikmati Pemandangan Pantai

Pantai Likupang Minahasa

Sesampainya Anda berada di pesisir pantai, maka Anda akan disambut dengan hembusan angin laut yang begitu segar. Suasana ini akan semakin tenang dengan adanya bukit yang berada di sisi pantai yang berwarna hijau.

Selain itu, sejauh mata memandang, Anda pun dapat melihat beberapa pulau di seberang pantai yang menambah panorama ketenangan ketika berada di pantai ini. Awan yang biru pada siang hari pun menambah cerah suasana pantai yang tenang.  

2. Snorkeling Dan Diving

Diving Di Pantai Likupang

Pantai ini juga memiliki air laut yang berwarna biru segar dengan ombak yang tidak terlalu besar. Sehingga, para wisatawan yang datang akan ingin merasakan kejernihan dan kesegaran air lautnya.

Untuk bisa merasakan hal tersebut, Anda bisa melakukan aktivitas dengan berenang dan menyelam perairan pantai ini. Hal yang bisa Anda  lakukan yaitu dengan snorkeling ataupun diving.

Dengan begitu, Anda akan merasakan kesegaran air laut yang bening ditambah lagi dengan adanya terumbu karang serta ikan yang berenang yang menjadikan sensasi menyelam Anda begitu asik.  Oleh karena itu, adanya aktivitas ini saat berlibur di Pantai Likupang menjadikan sebuah momen serta pengalaman baru yang Anda dapatkan.

3. Memancing

Rute Menuju Pantai Likupang

Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan saat berada di Pantai Likupang yaitu dengan melakukan memancing. Memancing merupakan aktivitas yang menyenangkan bagi orang yang menyukai kegiatan ini.

Memancing juga menjadikan salah satu cara melepas kepenatan dn juga refresh pikiran dari beban pekerjaan. Oleh karena itu, jika Anda memiliki hobi memancing tak ada salahnya untuk membawa peralatan pancing ketika akan berlibur di pantai ini.

Tak hanya sebagai penghilang kepenatan saja, namun juga bisa menjadi kegiatan yang menarik dan menyenangkan saat berada di Pantai Likupang. Anda pun bisa membawa peralatan pancing untuk mengajak teman atau keluarga bersama-sama melakukan kegiatan ini, pasti akan seru.

4. Menaiki Perahu Motor

Wisata Pantai Likupang

Saat berada di pantai ini, apabila Anda memandang ke arah depan, maka Anda akan melihat dengan keberadaan sebuah pulau, pulau tersebut bernama Pulau Bangka.

Meskipun diatasi dengan perairan, namun Anda bisa mencoba mendatangi pulau tersebut. Jadi, jika Anda penasaran dengan Pulau Bangka yang ada di depan Pantai Likupang ini tak perlu mencari cara untuk bersusah payah agar bisa mendatangi tempat tersebut.

Dikarenakan, Anda bisa menaiki perahu motor yang tersedia di Pantai Likupang untuk menyeberang ke Pulau Bangka.

Agar dapat sampai ke pulau ini, Anda harus menempuh perjalanan dalam waktu kurang lebih 20 menit saja. Hal ini menjadi suatu kegiatan yang menarik karena Anda dapat melihat pemandangan pantai secara dekat dan jelas bahkan hingga bisa mengunjungi pulau seberang juga. 

Fasilitas Pantai Likupang

Fasilitas Pantai Likupang 2

Pantai Likupang ini banyak dikunjungi oleh wisatawan terutama pada saat libur panjang atau pada akhir pekan. Tak tanggung-tanggung, para wisatawan yang datang pun tak hanya masyarakat sekitar saja dan dalam negeri saja, namun juga wisatawan mancanegara. 

Oleh karena itu, untuk menunjang kegiatan berlibur bagi wisatawan, pantai ini sudah memiliki fasilitas berupa:

1. Tempat Penyewaan Alat

Jika Anda ingin melihat keindahan bawah laut serta merasakan sensasi perairan Pantai Likupang, maka aktivitas yang dapat Anda lakukan adalah snorkeling dan diving. Meskipun demikian, Anda tak perlu repot untuk membawa peralatan tersebut dari rumah.

Dikarenakan, pantai ini sudah terdapat lokasi penyewaan alat, oleh karena itu Anda bisa memanfaatkannya untuk menyewa peralatan menyelam.

Dengan menggunakan peralatan menyelam untuk snorkeling dan diving maka proses penyelaman Anda Akan Cukup aman karena menggunakan peralatan yang sesuai dengan standar.

2. Toilet

Toilet sebagai sarana wajib bagi suatu objek wisata pun juga sudah tersedia di kawasan pantai ini. Dengan adanya toilet ini menjadi semakin lengkapnya fasilitas yang dibutuhkan wisatawan saat berkunjung di Pantai Likupang.

3. Warung Makan

Meskipun lokasi pantai ini harus ditempuh selama satu jam dari pusat kota, namun hal ini tidak akan menguras energi Anda. Dikarenakan, kawasan pantai ini sudah terdapat warung makan yang menyediakan menu makanan ringan dan berat serta minuman lainnya.

Sehingga, dengan adanya warung makan ini Anda dapat kembali mengisi energi yang sudah berkurang setelah melakukan berbagai kegiatan di pantai ini. 

4. Area Parkir

Lokasi pantai ini juga menyediakan fasilitas bagi pengunjung yang datang menggunakan kendaraan yaitu berupa area parkir.

Di area parkir ini, Anda bisa menaruh kendaraan Anda ketika sedang berlibur di pantai yang pastinya cukup aman. Sehingga liburan Anda terasa tenang dan nyaman. 

Karena wilayah ini memiliki objek wisata yang cukup banyak, Anda pun bisa mengunjungi objek wisata lainnya, seperti Pantai Pulisan, Pantai Malalayang yang juga memiliki keunikan tersendiri.

Begitulah kira-kira objek wisata Pantai Likupang serta informasi terbarunya. Semoga bacaan ini dapat memberikan informasi tambahan bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi Pantai Likupang.

15 Ulasan untuk Pantai Likupang, Minahasa Utara, Sulawesi Utara

  1. Dulu tempat ini ramai , sekarang sejak adanya pantai paal dan pulisan pantai surabaya jadi sepi, fasilitas umumnya sdh banyak yang rusak,

  2. Tempatnya di Winuri Likupang Timur, tapi tempat ini sudah jauh berbeda dengan dulu, masih bersih dan kios” kecil masih aktif berjualan di pinggir pantai, sekarang tinggal bekas” kios yg sudah rusak, kebersihan hanya di seputaran rumah tempat tinggal saja sementara gazebo” yg pernah jadi primadona pantai ini rusak tidak terurus ditinggal pemiliknya.

  3. Satu diantara beberapa objek wisata pantai di daerah Minahasa Utara,. Banyak pondok pondok yang di sewahkan, banyak penjual jajanan berupa pisang goreng, dll. Dan untuk pengunjung yg membawa keluarga tercinta/anak-anak sebaiknya selalu mengawasi anak-anaknya disaat sedang mandi, agar supaya tidak terjadi hal yg tidak kita inginkan. Tempat ini sangat ramai dikunjungi pada saat hari libur/ hari raya.

  4. kotor… fasilitas kurang. bnyak lalat karena dekat kandang ayam

  5. Aman untuk keluarga yang membawa anak-anak karena pantainya tidak curam dan dalam.. Bersih dan banyak jajanan pisang goreng dengan harga terjangkau.

  6. Airnya tenang dan suasana tidak ramai, banyak anak-anak yang bermain dipantai, berenang, bercanda dan lain sebagainya, bagusnya disini untuk mencari inspirasi karena sesuai dengan suasananya yang teduh, bisa naik speed boat untuk ke pulau seberang dan melihat suasana yang baru, jika ingin mengunjungi pulau wisata lainnya…

  7. Air mandi nya nimba sendiri plus diomel2in sama pemilik hehehe

  8. Pantainya sepi. Bisa diadakan promosi apalagi kegiatan lokal biar banyak tamu datang.

  9. Daerah pantai yang msih sangat alami… debgan airnya yg cukup jernih

  10. Sagat bagus

  11. Kotor pantai nya

  12. bagusss…
    Pantainy bersih..
    Warna pantany beda dari yg lain..
    Ini pasir hitam..
    Tp gk kalah bagus dari pantai yg lain

  13. Sudah tertata kembali, tapi prlu banyak tmbhan lagi

  14. Pantai yg bagus buat rekreasi keluarga.

  15. Lumayan aman mandi disini

Tinggalkan Balasan