Pantai Pasir Perawan

Pantai Pasir Perawan

Desa Pulau Pari, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta 14520, Indonesia.

1 Ulasan

Wisata alam terutama laut dan pantai memang menjadi salah satu destinasi favorit masyarakat. Pantai memiliki keindahan alam yang menakjubkan serta ragam faunanya juga turut menghiasi keindahan tersebut.

Misalnya saja, terumbu karang dan ikan-ikan cantik yang bermain di antara celahnya. Belum lagi rumput laut dan tanaman-tanaman yang berada di dalam laut.

Pantai juga dipilih sebagai destinasi wisata karena dinilai cocok untuk bersantai dan melepas rasa penat. Apalagi pemandangan laut lepas yang menyatu dengan samudera dapat membuat pikiran lebih tenang.

Hal yang perlu Anda lakukan di sini adalah menikmati waktu liburan untuk bersenang-senang tanpa harus memikirkan pekerjaan atau tugas di hari yang akan datang.

Jika Anda sedang berada di Jakarta, tak ada salahnya untuk mengunjungi salah satu pantai eksotis yang terletak di Kepulauan Seribu. Pantai ini diberi nama Pantai Pasir Perawan yang konon berasal dari sebuah cerita yang beredar di kalangan masyarakat Pulau Pari.

Pantai Pasir Perawan Pulau Pari

Pada dahulu kala, ada seorang gadis yang jatuh cinta kepada seseorang yang berprofesi sebagai nelayan di Pulau Pari. Keduanya pun menjadi pasangan yang menjalani kisah cintanya dengan bahagia.

Akan tetapi, kebahagiaan itu menjadi sirna ketika sang kekasihnya pergi melaut dan tak kunjung kembali. Wanita itu pun setia menunggu hingga akhirnya menjumpai ajalnya. Sehingga warga setempat memberi nama pantai ini dengan sebutan Pantai Pasir Perawan.

Selain kisahnya yang unik, pantai ini memiliki deretan keindahan alam yang menakjubkan. Agar tidak penasaran dengan keindahannya, simak ulasan kami mengenai Pantai Pasir Perawan berikut ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Pasir Perawan

Pantai Pulau Perawan terdapat di Pulau Pari, Kepulauan Seribu. Jadi biaya yang dikeluarkan tidak hanya untuk biaya tiket masuk ke kawasan pantai saja. Total biaya yang dikeluarkan juga dihitung dengan biaya menuju ke Pulau Pari.

Untuk biaya tiket masuk ke kawasan pantai Pulau Perawan hanya dikenakan sebesar 5 ribu rupiah saja.

Namun ditambah dengan biaya tiket kapal speedboat sebesar 150 ribu rupiah ke atas. Sedangkan biaya untuk ke pulau Pari dengan menggunakan kapal tradisional sebesar 100 ribu rupiah untuk setiap orangnya.

Rute Menuju Lokasi Pantai Pasir Perawan

Pantai Pasir Perawan Kepulauan Seribu

Alamat pantai Pulau Perawan berada di desa Pulau Pari, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Jalan-jalan ke ibu kota Jakarta bukan saja tentang mengelilingi Monumen Nasional, berkunjung ke Ancol, atau wisata di daerah perkotaan lainnya. Yang menariknya, Pantai Pasir Perawan ini terletak tidak jauh dari Jakarta, lebih tepatnya di Pulau Pari, Kepulauan Seribu.

Jarak yang ditempuh akan menghabiskan waktu sekitar dua jam dari Pelabuhan Muara Angke menggunakan speed boat. Pada umumnya, jadwal kapal berangkat setiap dua kali sehari pada pukul 7 pagi dan 2 siang. Harga tiket yang ditawarkan juga terjangkau, yaitu 40 ribu rupiah saja per orangnya.

Pilihan lainnya Anda bisa berangkat melalui Pelabuhan Marina, Pantai Ancol. Dari sini biasanya pengunjung bisa sampai lebih cepat setengah jam karena lokasinya yang lebih berdekatan. Namun, Anda harus rela membayar lebih sekitar 150 ribu hingga 170 ribu per orangnya.

Daya Tarik Pantai Pasir Perawan

Selama berada di pantai Pasir Perawan ini, Anda dapat menikmati obyek wisata menarik diantaranya:

1. Air Laut yang Jernih

Wisata Pantai Pasir Perawan

Hal pertama yang akan menyapa para pengunjung adalah air lautnya yang berwarna kebiruan dan jernih. Air lautnya akan memanjakan mata semenjak speed boat yang Anda tumpangi mendekat ke bibir pantai.

Tak jarang para pengunjung juga dapat melihat berbagai jenis ikan yang sedang bermain di sekeliling kapal. Selain itu, ombak yang tenang juga memungkinkan para wisatawan untuk berenang tanpa perlu khawatir terbawa arus.

Selama berenang, Anda juga bisa melihat keindahan terumbu karang yang dirawat oleh pihak terkait dan masyarakat sekitar. Jangan lupa persiapkan kamera waterproof atau anti air untuk mengabadikan momen Anda saat menikmati keindahan alam di Pantai Pasir Perawan ini.

2. Pasir Putih

Pantai Pasir Perawan Pulau Pari Kepulauan Seribu

Daya tarik selanjutnya terletak pada pasir putihnya yang terasa lembut saat Anda menginjakkan kaki. Tentunya, pasir yang lembut akan membuat wisatawan merasa nyaman dan aman saat bermain di sini.

Apalagi ketika liburan bersama keluarga dan membawa anak kecil, Anda bisa membiarkan mereka bermain sepuas hati.

Keindahannya juga terlihat dari gradasi pasir putih dengan air lautnya yang berwarna biru muda. Suasana pantai pun terasa tenang dan membuat perasaan menjadi tenteram sehingga cocok buat Anda yang ingin melakukan self-healing.

3. Berbagai Aktivitas Air

Wisata Pantai Pasir Perawan Pulau Pari

Bermain di pantai tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba wahana permainan yang ada. Sama halnya dengan pantai lainnya, di Pantai Pasir Perawan ini juga menawarkan berbagai aktivitas seperti snorkeling, banana boat, dan bersepeda mengelilingi Pulau Pari.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk menikmati pemandangan bawah laut dengan cara snorkeling adalah 30 ribu rupiah.

Sedangkan untuk Anda yang ingin menguji adrenalin dengan banana boat cukup merogoh saku juga sebesar 30 ribu rupiah. Untuk melakukan kegiatan ini, Anda perlu menyewa sebuah kapal dengan harga mulai dari 400 ribu sampai 600 ribu rupiah.

Selain menikmati pemandangan alamnya yang cantik, wisatawan juga dapat berolahraga sambil mendayung sebuah perahu mengelilingi pulau atau sekedar menjelajahi hutan bakau di tepian Pantai Pasit Perawan ini.

Beberapa jenis pepohonan yang tumbuh juga membuat suasana pantai ini menjadi sejuk di saat matahari terlalu terik.

4. Menikmati Matahari Terbenam

Sunset Di Pantai Pasir Perawan

Pantai Pasir Perawan juga menawarkan momen indah di mana wisatawan dapat menikmati matahari terbenam sambil bersantai di pasir nan halus.

Duduk-duduk di gazebo juga bisa menjadi pilihan aktivitas lainnya untuk berkumpul dan melihat matahari terbenam yang indah.

Di samping gazebo, terdapat sebuah ayunan yang dapat dimainkan oleh wisatawan sehingga bermain di pantai jadi semakin asyik.

Namun, jangan khawatir tidak kebagian, pihak pengelola sudah memasang ayunan ini di beberapa titik untuk memenuhi permintaan wisatawan.

Itulah ulasan seputar wisata Pantai Pasir Perawan yang terletak di Pulau Pari, Kepulauan Seribu. Pulau yang luasnya mencapai 40 hektar ini dapat Anda jelajahi sendiri atau tidak ada salahnya menggunakan agen perjalanan supaya lebih nyaman. Semoga bermanfaat!

1 Ulasan untuk Pantai Pasir Perawan, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

  1. Pantainya bersih, airnya juga jernih. Sangat puas bisa berkunjung ke wisata pantai Pasir Perawan ini. tempat yang sangat cocok untuk mengadakan acara outing bersama keluarga dan rombongan.

Tinggalkan Balasan