Pantai Punaga

Pantai Punaga

Desa Punaga, Kecamatan Mangara Bombang, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan 92261, Indonesia.

22 Ulasan

Berlibur dengan mengunjungi destinasi wisata pantai adalah pilihan yang tepat, apalagi jika mengunjungi-nya saat akhir pekan dan libur panjang. Tentunya aktivitas ini menjadi sebuah pilihan untuk menikmati panorama alam serta menghilangkan rasa penat yang ada dalam pikiran Anda.

Pulau Sulawesi merupakan pilihan yang tepat jika Anda mencari objek wisata pantai untuk dikunjungi. Dikarenakan pulau ini memiliki objek wisata bahari yang menawan untuk Anda kunjungi.

Anda dapat merencanakan berlibur dengan mengunjungi Pantai Punaga yang berada di Sulawesi Selatan. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai pantai ini, silahkan simak ulasannya di bawah ini.

Sejarah Pantai Punaga

Pantai Punaga

Pantai ini disebut sebagai Pantai Punaga karena pantai ini memang terletak di Desa Punaga Kecamatan Mangngarabombang. Desa Punaga sendiri berada dekat dengan Pusat Pendidikan dan Lingkungan Puntondo. 

Untuk memudahkan penyebutannya, pantai yang sedang populer dikenal dengan nama Pantai Punaga. Pantai ini cukup baru sebagai objek wisata yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Namun namanya semakin dikenal serta digunakan sebagai salah satu lokasi syuting sebuah film dengan judul “Tenggelam-nya Kapal Van der Wijck”.

Meskipun cukup dikenal, namun suasana pantai ini memang terbilang masih sepi pada hari-hari biasa. Walaupun demikian, pantai ini akan ramai pada saat akhir pekan dan musim liburan karena memiliki daya tarik dan keindahannya tersendiri.

Harga Tiket Masuk Pantai Punaga

Agar bisa menikmati keindahan pantai ini, sangatlah mudah dan murah. Kenapa demikian? Karena pantai ini sudah dikembangkan sebagai destinasi objek wisata dengan terdapat beberapa fasilitas pendukung.

Namun sayang sekali karena objek wisata ini belum diresmikan oleh pemerintah setempat. Sehingga, untuk memasuki Pantai Punaga hanya akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp 10.000 saja.

Namun, tak ada salahnya juga bila Anda tetap menyiapkan uang lebih apabila akan ditarik biaya tiket masuk bagi wisatawan yang berlibur pada saat hari libur atau hari besar dengan penambahan biaya.

Karena, biasanya suatu objek wisata akan mengalami kenaikan harga tiket masuk pada saat hari tertentu terutama saat hari libur dan tanggal merah.

Rute Menuju Lokasi Pantai Punaga

Pantai Punaga Takalar

Alamat pantai Punaga ini tepatnya berada di Desa Punaga, Kecamatan Mangara Bombang, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.

Apabila Anda tertarik untuk mengunjungi Pantai Punaga yang disebut-sebut sebagai Bali-nya Sulawesi ini, maka Anda harus membutuhkan waktu sekitar 120 menit atau 2 jam perjalanan jika dari Makassar.

Namun, jika Anda memulai perjalanan dari kota Takalar, maka hanya akan membutuhkan waktu tempuh perjalanan sekitar 53 menit saja. Karena jarak kota Takalar ke Pantai Punaga, hanyalah 27 kilometer saja.

Rute yang bisa Anda lalui dari Kabupaten Takalar yaitu ambil arah barat laut menuju jalan Nuruddin Bontocinde dengan menyusuri-nya sepanjang 7,4 kilometer.

Selanjutnya belok kanan menuju jalan Poros Takalar – Jeneponto dan kemudian belok kiri tetap di jalan Poros Takalar – Jeneponto. Kemudian belok kanan dengan menyusuri jalan 7 kilometer dan belok kanan lagi.

Setelah itu, Anda bisa mengikuti papan petunjuk jalan menuju lokasi Pantai Punaga yang indah.

Objek Wisata Pantai Punaga

Pantai ini cukup menarik para wisatawan saat akhir pekan maupun libur panjang. Sebab pantai ini dikatakan sebagai pantai yang mirip di Pulau Bali.

Selama di pantai ini, Anda dapat melakukan berbagai kegiatan menarik seperti:

1. Menikmati Pemandangan Pantai

Wisata Pantai Punaga Takalar

Selama di pantai ini, Anda dapat menyusuri pinggiran pantai yang kebanyakan dihiasi dengan batu-batuan. Anda dapat menikmati pemandangan pantai yang indah.

Meskipun pantai ini terdapat batu-batuan karang yang cukup banyak, namun Anda tetap bisa melakukan aktivitas berenang, bermain air atau hanya sekedar berendam menikmati kesegaran perairan Pantai Punaga saja.

Dikarenakan kondisi pantai ini tidak terlalu dalam atau cukup dangkal, sehingga cukup aman untuk melakukan kegiatan tersebut.

Meskipun memiliki kedalaman pantai yang tidak begitu seberapa, namun sebaiknya tetaplah perlu perlu berhati-hati, mengingat pantai ini memiliki banyak batuan karang.

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika berenang dengan menggunakan alas kaki seperti sepatu renang untuk melindungi kaki Anda dari terkena gesekan batuan karang pantai ini.

2. Bersantai

Wisata Pantai Punaga

Ketika memasuki kawasan Pantai Punaga, Anda akan disambut dengan adanya pepohonan yang daun-nya seperti menari-nari karena terkena angin laut pantai ini. Hal ini lah yang memberikan hawa sejuk saat berlibur di Pantai Punaga.

Dengan adanya pepohonan ini, maka dapat Anda manfaatkan sebagai tempat berteduh dengan menggelar tikar dibawah pohon untuk sekedar duduk-duduk sambil menikmati camilan bersama keluarga atau teman-teman.

Selain itu, Anda pun juga bisa membawa hammock untuk dipasang di antara pepohonan yang tumbuh kuat ini, yang kemudian bisa anda gunakan untuk sekedar bermalas-malasan dengan menikmati suasana pantai. 

4. Menikmati Sunset

Sunset Di Pantai Punaga Takalar

Jika Anda berkunjung ke pantai ini hingga sore hari, jangan langsung meninggalkan tempat ini. Masih ada momen panorama alam yang sayang jika Anda lewatkan begitu saja.

Panorama ini berupa proses matahari tenggelam yang seperti masuk di sisi barat lautan Pantai Punaga didukung dengan suara deburan ombak dan suasana yang hangat akan menambah nikmatnya pemandangan. 

Adanya pemandangan tersebut, dapat Anda abadikan dalam tangkapan lensa kamera Anda. Momen ini akan menambah momen berlibur di Pantai Punaga saat senja datang dengan langit berwarna kemerahan dan terlihat begitu indah menawan.

3. Hunting Foto

Objek Wisata Pantai Punaga 2

Pantai yang dikenal sebagai tempat lokasi syuting film Tenggelam-nya Kapal Van Der Wijck ini tak hanya memiliki keindahan pantai yang biasa saja.

Pantai ini juga memiliki kontur dengan jajaran tebing yang landai, pasir pantai yang lembut, dan juga  batuan karang di sisi pesisir.

Anda juga bisa memanfaatkan alam tersebut dengan melakukan hunting foto dengan gaya yang beragam sehingga menghasilkan jepretan gambar yang begitu menarik.

Karena keindahan yang dimiliki oleh pantai ini juga dimanfaatkan oleh beberapa pasangan sebagai pilihan spot foto prewedding.

Spot favorit para pengunjung untuk melakukan foto di pantai ini adalah dengan latar belakang suasana laut yang tampak  biru dan juga batuan  tebing yang begitu alami.

Fasilitas Pantai Punaga

Fasilitas Pantai Punaga

Tak hanya menawarkan keindahan alamnya saja, pengelola juga menyediakan fasilitas bagi para wisatawan yang berkunjung. Meskipun fasilitas ini belumlah lengkap, namun Anda tetap bisa menemukan fasilitas yang ada di pantai ini.

Fasilitas-fasilitas itu diantaranya:

1. Gazebo

Jika Anda tidak membawa tikar untuk bersantai pun tak apa, dikarenakan pantai ini sudah menyediakan beberapa gazebo yang disewakan bagi wisatawan.Namun, Anda harus menyewa terlebih dahulu untuk bisa menggunakan gazebo yang mampu menampung hingga 10 orang dewasa ini.

Dengan menggunakan gazebo ini, Anda dapat sekedar duduk manis bersama dengan keluarga maupun kerabat terdekat dengan menikmati suasana keindahan pantai ini. Apalagi letak gazebo ini berada dengan menghadap ke arah lautan yang memiliki panorama laut yang begitu khas.

2. Toilet

Fasilitas berupa toilet juga sudah tersedia di pantai ini. Namun, kondisinya seperti kurang terawat. Meskipun demikian, Anda tetap masih bisa menggunakannya dengan air yang bersih.

3. Area Parkir

Meskipun pantai ini memiliki area parkir yang sudah disediakan, namun sayangnya tidak ada petugas yang berjaga di area tersebut.

Sehingga, area parkir tersebut terkesan berantakan, bahkan banyak juga wisatawan yang melakukan parkir dengan bebas dimana saja.

Ketika berkunjung di Sulawesi Selatan rasanya belum lengkap jika hanya mengunjungi Pantai Punaga saja. Anda masih bisa melanjutkan dengan mengunjungi pantai-pantai yang tersebar dan memiliki daya tarik yang tak kalah indah lainnya seperti Pantai Baloiya.

Demikian ulasan mengenai objek wisata Pantai Punaga di Takalar, Sulawesi Selatan ini. Jangan lewatkan untuk berkunjung ke pantai ini jika Anda sedang berkunjun gke Takalar, Sulawesi Selatan.

22 Ulasan untuk Pantai Punaga, Takalar, Sulawesi Selatan

  1. Saya sarankan kalau kesini bawa makanan soalnya waktu saya kesini susah cari makanan disekitar wisatanya. Suasana Di pantai nya tenang, cocok buat kamu yang pengen prawedd. Tiket masuknya cuma 10 ribuan. Tapi parkirannya agak berantarakan. Soalnya pengunjung bebas parkir kendaraan dimana saja. Tapi untuk view keren dehh. Hampir mirip tanah lot di Bali.

  2. View pantainya bagus, dgn sarana yg cukup memadai hanya sayangnya belum dikelola dgn baik, sunsetnya terlihat sempurna ditempat ini. Recomended bgt utk menikmati sunset dsni.

  3. pantainya sebenarnya bagus, ada gugusan batu yang eksotik pula. hanya saja akses kesana sangat jauh dan jalanan sempit. masih kurang fasilitas sih

  4. Harga tiket paslah d kntong tmpt bersih dan pemandangan pantaix keren bnget

  5. Merupakan pantai yg pernah jadi lokasai syuting film Tenggelamnya Kapal Van der Wick kata teman saya.

  6. bukan pantai yg bagus. tp cocok buat penikmat sunset 🌅

  7. klw mau nyari tempat nyaman dan tenang. kesni aja. yg galau atau yg lg bxk maslah kesni aja nenengin diri..

  8. Udaranya sangat segar, pemandangan pantai dan laut yang indah serta suasana yang tenang

  9. Bagus buat hunting tp rada jauh masuknya :” dan lumayan susah dpt tmptnya smpt nyasar alhamdulillah ketemu

  10. Bagus buat holiday sekeluarga. Wisata lengkap. Parkir kendaraan pun luas. Dan toilet nya bersih. Dan sore hari disini sangat indah.

  11. salah satu destinasi favorit… t4 nya keren sx

  12. Pantai dengam pemandangan sunset yang kece. Pantai ini dapat dicapai selama kurang lebih 2 jam dengan menggunakan motor dari kota makassar. Pantai ini juga merupakan salah satu tempat shooting film “Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck”

  13. terima kasih

  14. aman dan nyaman

  15. Spot foto nya keren buat IG

  16. Lokasix mudah di jangkau tempatx bersih keren nih tempatx

  17. Pantai pasir putih nan indah dan elok tuk bersantai dipagi maupun petang

  18. Pemandangan yg sangat indah… hanya saja banyak rumput laut jd pinggiran lautnya agak kotor…

  19. Pemandangan yg sangat indah… hanya saja banyak rumput laut jd pinggiran lautnya agak kotor…

  20. Suasana pantai yg masih sangat alami bersih, suasana pantai yg sangat sejuk cocok utk tempat rilex dan santai

  21. Pantai alami dg kejernihan air dan keindahan batu kars,

  22. Panorama pantainya sangat indah. Terdapat tebing yang terbentuk dari batu karang serta pantainya memiliki air yang masih sangat jernih. Tempatnya juga rindang, udaranya sejuk, memiliki beberapa spot foto, dan harga tiketnya juga sangat terjangkau. Melihat senja di Pantai Barugaya Punaga akan memberikan kesan tak terlupakan.

Tinggalkan Balasan