Pantai Putri Serayi

Pantai Putri Serayi

Jawai Laut, Jawai Selatan, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat 79154, Indonesia

5 Ulasan

Berlibur melepaskan penat adalah kegiatan yang harus Anda lakukan di sela-sela kesibukan Anda. Jangan sampai waktu Anda habis untuk bekerja tanpa memenuhi kebutuhan rohani yang juga sangat penting untuk Anda.

Ada banyak tempat yang bisa menjadi tujuan Anda dari mall, taman wisata, gunung hingga pantai. Dan tempat liburan yang saat ini banyak di gemari para wisatawan salah satunya adalah wisata pantai.

Pantai merupakan salah satu tempat wisata dimana seseorang bisa menyatu dengan alam. Dimana dengan melihat biru laut, hamparan pasir putihnya bisa menjadi media terapi untuk mental dan pikiran untuk menjadi lebih sehat.

Ada banyak destinasi pantai favorit wisatawan yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Dan Pulau Kalimantan termasuk dari salah satu pulau di Indonesia yang memiliki pemandangan pantai yang indah.

Banyak pantai cantik di pulau Kalimantan ini. Misalnya saja pantai Pasir Panjang yang ada di Pontianak. Dan salah satu pantai yang terkenal di Kalimantan adalah pantai Putri Serayi.

Pantai Putri Serayi Jawai

Pantai Putri Serayi Jawai Kalimantan Barat

Kalimantan seperti tiada habisnya menyuguhkan beragam keindahan alamnya. Pulau yang kaya akan hutan-nya hingga disebut sebagai paru-paru dunia, namun yang tidak kalah menariknya Kalimantan juga memiliki pantai yang indah.

Salah satu pantai tersebut yaitu Pantai Putri Serayi atau biasa disebut juga Pantai Jawai. Pantai ini terletak di Desa Jawai Laut, Kecamatan Jawai Selatan, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat.

Pantai Putri Serayi pastinya tidak asing di kalangan masyarakat Kalimantan Barat dan masyarakat Sambas pada khususnya. Posisinya yang terletak di pesisir Laut China Selatan dengan total seluas 56 hektar ini memiliki hamparan pasir putihnya yang memanjang hingga 3 kilometer jauhnya.

Konon nama pantai ini diberi nama Pantai Putri Serayi karena berdasarkan cerita rakyat di desa tersebut . Pantai ini biasa ramai dikunjungi pada saat liburan, hari minggu serta hari-hari besar lainnya seperti hari lebaran.

Pantai ini juga biasa di kunjungi oleh anak-anak sekolah untuk mengisi waktu liburan sekolah mereka setelah menempuh ujian sekolah dan pantai ini cocok untuk kegiatan kemping.

Harga Tiket Masuk Pantai Serayi

Untuk masuk ke pantai Putri Serayi ini tidak dipungut biaya pada hari-hari biasa atau ketika tidak ada acara. Biasanya anak-anak sekolah pada datang ke pantai Putri Serayi ini untuk berkemah.

Namun pada waktu ada acara, pantai Putri Serayi ini dipenuhi para pengunjung. Biasanya untuk pengunjung di kenai biaya sebesar Rp 25.000.

Rute Menuju Lokasi Pantai Serayi

Pantai Jawai Sambas

Jika Anda berangkat dari Kota Pontianak menggunakan kendaraan bermotor, maka Anda akan membutuhkan waktu kurang lebih 5 jam untuk bisa sampai di Pantai Putri Serayi.

Anda dapat melakukan perjalanan hingga melewati Kota Singkawang dan juga Pemangkat. Dari Pemangkat Anda bisa menyeberang menggunakan kapal motor. Dan dari Penjajap ini (Penyeberangan di Pemangkat) hingga ke Jawai Selatan Anda akan membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit lamanya.

Lanjutkanlah perjalanan Anda menuju ke lokasi pantai yang membutuhkan waktu kira-kira 25 menit. Namun jika Anda menggunakan roda empat atau mobil, maka Anda akan membutuhkan waktu tempuh yang lebih lama dan jarak yang lebih jauh.

Dengan rute Kota Pontianak dilanjutkan ke Kota Singkawang kemudian Pemangkat lalu ke Tebas yang membutuhkan waktu kira-kira 5 jam.

Ini dikarenakan karena karena Anda diharuskan menyeberang dari Tebas menuju Jawai dengan menggunakan kapal ferry. Penyeberangan tersebut hanya bisa digunakan untuk yang menggunakan sepeda motor.

Dari pusat Kota Sambas sendiri menuju ke pantai ini akan menghabiskan waktu tempuh sekitar 1 jam 30 menit, ini dikarenakan kondisi jalan yang agak sulit. Namun bisa saja Anda akan menempuh waktu yang lebih cepat jika kondisi jalan telah diperbaiki.

Tapi tenang saja, meskipun rute menuju pantai ini memerlukan sedikit pengorbanan namun lelah Anda akan terbayar setelah sampai di pantai ini. Anda akan mendapati pemandangan pantai yang sangat menawan sehingga rasa capek Anda akan hilang dengan sekejap.

Obyek Wisata Pantai Serayi

Dan pada waktu-waktu tertentu seperti hari libur besar yakni lebaran adalah waktu favorit wisatawan mengunjungi tempat ini. Pada saat momen liburan tersebut biasanya Pantai Putri Serayi akan sangat dipadati wisatawan.

Ini dikarenakan pada saat lebaran pengelola pantai biasanya menghadirkan artis luar kota untuk menghibur para pengungjung yang sedang berada di pantai.

Namun ada juga wisatawan yang memilih hari libur lainnya untuk datang kesini bersama sanak keluarga atau teman-teman hanya untuk menikmati acara khusus yang mereka buat.

Di Pantai Putri Serayi ini juga merupakan lahan perikanan bagi penduduk sekitar pantai setempat yang bermata pencaharian sebagai nelayan.

1. Pemandangan Alam

Pantai Putri Serayi Jawai

Pantai Putri Serayi ini memiliki panorama alam yang sungguh indah dengan hamparan pasir putihnya yang luas dan halus. Ditambah dengan hiasan bukit serta bebatuan sehingga  membuat pesona pantai semakin menggoda untuk dipandang.

Tidak hanya memiliki pemandangan pantai yang cantik saja, Pantai Putri Serayi juga memiliki kebun kelapa yang rindang. Sehingga pemandangan tepi pantai dan hamparan laut yang luas akan memanjakan Anda ketika berada disana.

2. Melihat Sunset

Sunset Di Pantai Putri Serayi

Jangan lupa untuk menyaksikan keindahan sunset di pantai ini, yang merupakan momen yang tidak mungkin akan Anda lewatkan saat mengunjungi Pantai Putri Serayi .

Namun tetap waspada bagi Anda yang datang ke tempat ini dengan membawa anak-anak. Usahakan untuk selalu mengawasinya.

Hal ini karena terdapat lokasi yang mana sangat dalam kedalaman airnya meski berada di bibir pantai. Kedalaman pantai tersebut bahkan dapat dilihat jelas dengan mata Anda.

3. Batu Lapak dan Batu Cangar

Batu Lapak Pantai Putri Serayi

Ada yang menarik di Pantai Putri Serayi ini yaitu keberadaan batu-batuan unik dimana masyarakat setempat menamainya Batu Lapak (telapak kaki) dan Batu Cangar (batu yang menunjuk ke langit).

Batu Lapak tersebut memang merupakan bebatuan asli yang diatasnya terdapat bekas telapak kaki raksasa dimana pengunjung dapat dudut didalam bekas telapak kaki tersebut.

Batu Lapak ini menjulang sekitar 7 meter dari permukaan darat dan bekas telapak manusia tersebut memiliki ukuran hampir 25 kali lipat ukuran kaki manusia normal.

Banyak sekali batu-batu yang berada di atasnya dimana selain telapak kaki juga terdapat bekas tangan yang diperkirakan adalah jejak manusia purba.

Yang kedua adalah Batu Cangar, yakni batu yang menjulang menunjuk ke langit. Anda juga dapat berdiri diatas batu ini untuk memandangi lautan lepas Pantai Putri Serayi beserta pulau-pulau yang ada di dekatnya.

4. Memancing

Memancing Di Pantai Putri Serayi

Di pantai ini Anda juga dapat melakukan aktivitas memancing di bibir pantai. Anda tidak perlu membawa peralatan memancing dari rumah. Karena di sekitar pantai ini sudah ada penyewaan alat-alat pancing.

Dengan memancing akan menambah aktivitas Anda, sambil menunggu datangnya waktu matahari terbenam untuk menikmati sunset.

Fasilitas Pantai Putri Serayi

Terdapat beberapa fasilitas yang ada di kawasan pantai Jawai ini. Fasilitas-fasilitas itu diantaranya:

  • Bangunan pengelola sebagai bangunan penerima untuk pengunjung
  • Penginapan di sekitar pantai
  • Wahana permainan darat dan air
  • Mushola
  • Toilet atau kamar mandi
  • Permainan flying fox
  • Penyewaan kendaraan ATV

Pantai ini telah dilengkapi dengan beberapa kantin dimana para pengunjung dapat membeli makanan serta minuman disana.

Jadi Anda tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu merasakan haus serta lapar saat mengunjungi Pantai Putri Serayi ini. Disini juga terdapat penjual kelapa muda.

Keadaan ini akan menambah sensasi liburan Anda dengan duduk di tepi pantai menikmati pemandangan laut sambil menyeruput es kelapa muda.

Pantai Putri Serayi memang kurang di explore, padahal pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Bahkan disaat malam hari, tak jauh berbeda dengan pantai-pantai lainnya yang sudah terkenal di Indonesia.

Nah demikian ulasan mengenai wisata Pantai Putri Serayi Sambas Kalimantan Barat. Semoga bisa menjadi referensi Anda dalam mencari destinasi wisata untuk akhir pekan Anda bersama dengan keluarga.

5 Ulasan untuk Pantai Putri Serayi, Kalimantan Barat

  1. Pantai puteri serai memang bagus tapi kadang kala pantai nya berubah ubah karena ada nya abrasi. Sekarang pengurus pantai sedang mengadakan partisipasi. Bagi yg masuk di kenakan biaya 5k karena untuk membangun pantai. Mungkin nextime akan berubah lagi

  2. Tepat yang menyimpan 1001 Kenangan..😎😎🏍️🏍️🏍️

  3. Indah pantai nya

  4. Jalanya pertama masuk mantap pas di tengah batunya msh bsar cukup melelahkan,tapi pas dtng ke pantai bahari mantap jiwa

  5. pantai tidak terawat. parkir pun mahal

Tinggalkan Balasan