Pantai Tanjung Batu

Pantai Tanjung Batu

Pemangkat Kota, Pemangkat, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat 79154, Indonesia

17 Ulasan

Hari libur telah tiba, saatnya menentukan dimana Anda  akan berlibur di akhir pekan nanti. Jangan sampai melewatkan waktu-waktu terbaik Anda dengan keluarga  hanya untuk mengejar deadline pekerjaan yang menumpuk.

Ada banyak tempat yang bisa Anda jadikan destinasi liburan, dan saat ini wisata alam merupakan pilihan favorit yang banyak dicari wisatawan. Dan pantai adalah salah satu destinasi wisata yang sangat digemari banyak orang.

Banyak pilihan pantai yang bisa Anda kunjungi, dari ujung barat hingga ujung timur. Semua pantai tersebut memiliki keunikan dan keindahan masing-masing.

Dan Pulau Kalimantan adalah salah satu pulau yang menyimpan banyak keindahan alam termasuk pantainya. Banyak pantai indah di pulau Kalimantan, seperti pantai Pasir Panjang, pantai Kijing atau pantai Samudera Indah.

Namun ada salah satu pantai yang tidak kalah indahnya yaitu pantai Tanjung Batu. Pemandangan batu-batuan yang ada di bibir pantai sangat berbeda dengan pantai lainnya. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Pantai Tanjung Batu

Pantai Tanjung Batu Sambas

Kalimantan menyajikan banyak keindahan alam terutama hutan dan air terjun, tapi apakah anda tahu bahwa Pulau Kalimantan juga menyimpan keindahan wisata pantainya?

Terletak di Kecamatan Pemangkat, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat terdapat sebuah wisata pantai dengan pemandangan alamnya yang indah. Pantai Tanjung Batu adalah salah satu wisata populer yang ada di Kabupaten Sambas karena lokasinya yang dekat dengan jalan raya.

Berada di lokasi strategis membuat Pantai Tanjung Batu menjadi tempat persinggahan wisatawan yang sedang berkunjung ke Tanjung Batu. Bahkan banyak dari wisatawan yang sekedar singgah melepas lelah dengan menikmati pemandangan pantai dari atas bukit.

Wisata Pantai Tanjung Batu sendiri merupakan wisata tepi pantai yang berbentuk tanjung. Pinggiran pantai terdiri dari bukit yang berbatu dan menjorok ke laut dengan ketinggian sekitar lebih dari 80 meter.

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Batu

Untuk dapat memasuki lokasi wisata Pantai Tanjung Batu ini Anda akan dikenai biaya sebesar Rp 20.000. Harga tiket ini berlaku saat hari biasa atau saat hari libur.

Untuk jam operasional pantai, pengelola tidak menetapkan batasan waktu yang berarti Anda dapat berkunjung ke Pantai Tanjung Batu ini selama 24 jam.

Rute Menuju Lokasi Pantai Tanjung Batu

Untuk dapat mencapai ke Pantai Tanjung Batu ini Anda dapat menggunakan mobil pribadi atau travel perjalanan. Anda bisa memulai perjalanan dari Kota Pontianak dimana Anda akan membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam perjalanan untuk sampai di lokasi wisata.

Namun apabila Anda memulai perjalanan dari Kota Singkawang maka Anda akan lebih menghemat waktu yakni sekitar 1 jam perjalanan.

Lokasi pantainya dekat dengan Pasar Pemangkat. Jadi jika Anda telah sampai di Pasar Pemangkat berarti Anda sudah hampir sampai di Pantai Tanjung Batu.

Obyek Wisata Pantai Tanjung Batu

Sarana dan prasarana di Pantai Tanjung Batu ini sudah terbilang lengkap, tersedia tempat parkir dan juga toilet. Tersebar juga warung-warung yang menjual makanan serta minuman, cafe bahkan restoran juga telah tersedia di pantai ini.

Terdapat juga penginapan yang berada disekitar Pantai Tanjung Batu ini, jadi Anda tak perlu khawatir jika ingin bermalam di area lokasi wisata ini. Pantai Tanjung Batu berada sejauh 47 kilometer dari Kota Sambas, dan pantai ini juga dekat dengan pusat perbelanjaan Kota Pemangkat.

Pantai ini diberi nama Tanjung Batu karena karena letak pantainya yang terletak didaerah tanjung dan dikelilingi oleh batu-vatuan. Anda bisa melihat hamparan batuan yang terlihat seperti disusun dengan sengaja di tepi laut.

Untuk lebih lengkapnya berikut ulasan tentang apa saja yang bisa kita dapatkan di Pantai Tanjung Batu ini.

1. Menikmati Pamandangan Pantai

Pantai Tanjung Batu Kalimantan Barat

Pantai Tanjung Batu merupakan pantai berbentuk tanjung bentukan alam yang terdiri dari bukit yang menjorok ke laut dan memiliki ketinggian 80 meter. Di kaki bukit banyak terdapat batu-batu yang terdapat di laut yang bisa dilihat jika pantai sedang surut.

Obyek wisata Tanjung Batu dilengkapi dengan gunung yang berfungsi sebagai benteng alam. Wisatawan dapat menikmati panorama alam dari atas gunung ke berbagai arah pandangan.

Menikmati pemandangan Kecamatan Pemangkat, Gunung Gajah, Laut Cina Selatan dan berbagai pemandangan alam lainnya.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menikmati pemandangan alam Gunung Batu dengan dengan berjalan menyusuri jalan setapak yang seakan melingkari gunung.

Keindahan mencolok dari pantai ini adalah batu-batu yang ada di sepanjang bibir pantai. Banyak batu-batu yang seakan memagari kawasan wisata ini.

Di lokasi ini juga terdapat hamparan pasir dan juga deretan pohon cemara yang berderet di sepanjang jalan.

2. Pantai Tanjung Batu Dan Sejarah

Wisata Pantai Tanjung Batu

Tidak jauh dari Pantai Tanjung Batu terdapat Tugu kekejaman fasisme Jepang yang memakan korban tidak sedikit.

Tugu yang telah didirikan pada awal tahun 1974 ini dikelilingi oleh belasan makam prajurit Belanda yang gugur saat melaksanakan tugas pada waktu itu.

Di kaki Gunung Tanjung Batu terdapat dua buah meriam tembak yang usianya hampir 2 abad lamanya dan hingga sekarang masih ada keberadannya.

Anda dapat menemukan sebuah monumen yang memiliki bentuk bujur sangkar dengan puncaknya yang berbentuk limas dan terdapat tulisan 1850. Pada badan tugu juga terdapat tulisan nama F. Jsorg, Luit Kol Inf 1850 dan V. Wins Heim.

Pada masa pemerintahan Kolonial Hindia Belanda, Pemangkat merupakan benteng pertahanan yang sangat strategis. Tempat ini juga sebagai tempat pendaratan bala tentara pasukan Jepang saat pertama kali mereka tiba di Kalimantan pada tahun 1942.

Hingga saat ini masih terdapat makam dari Jendral Belanda yang bernama Van Den Bosch di atas bukit Tanjung Batu Pemangkat.

Penduduk setempat mengenalnya dengan nama Obos dan di makamnya terdapat tulisan 10/10 tahun 1850, namun kondisi terakhir makam tersebut kurang terawat.

Pada musim-musim tertentu banyak terdapat telur penyu di beberapa pulau yang tak jauh dari Pantai tanjung batu ini. Di daratan-nya terdapat bukit kecil, namun sayang sekali bukit ini sudah banyak di eksploitasi untuk diambil tanahnya yang digunakan sebagai tanah urukan.

Di kawasan pantai juga terdapat padang dua belas, hal ini merupakan hamparan pasir kwarsa dengan vegetasi hutan gelam , karimunting, kantong semar dan juga padang rumput.

Dengan mengunjungi Pantai Tanjung Batu maka Anda akan dapat menikmati dua panorama alam yang berbeda yakni pemandangan pantai sekaligus gunung. Itu semua akan Anda dapatkan di pantai Tanjung Batu.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Tanjung Batu Pamangkat, Sambas, Kalimantan Barat. Jika Anda berkunjung ke Sambas, jangan lupa singgah ke pantai ini.

17 Ulasan untuk Pantai Tanjung Batu, Kalimantan Barat

  1. Pantai yang bagus sebenarnya, apalagi ketika sunset dam sunrise yang menampilkan semburat jingga kemerahan.. Jadi teringat pernah menikmati sunset bersama abah disini. Dulu ketika aku masih kecil, masih ok & lumayan terawat. Tapi makin kesini makin tak terurus.. Tangga banyak yang rusak, begitu juga dengan jembatan-jembatan kecil yang sepintas dilihat bisa rubuh kapan saja. Suasana terasa tak begitu kondusif kalo mau jalan2 sendirian.. Batu jamban namanya, sangat indah. Tapi tidak direkomendasikan kalo air lagi pasang, karena butuh manjat2 Batu buat sampai kesitu..

  2. objek wisata ini lbh bagus jika lebih banyak di olah,seperti tempat2 santainya, jalan stapak di tepi tebingnya. soalnya sudah banyak rusak gara2 hancut kna ombak atau sbgainya. Terakhir ke sini sudah mulai pembangunannya yaitu seperti gerbang jodoh tanjung sari,hal ini menjadi kan daya tarik wisatawan lokal untuk berdatangan. Biaya masuk ke sini 10.000 blm biaya parkirnya

  3. Ini adalah salah satu tujuan wisata yang ada di sambas, Pemangkat. Tempat yg unik dengan pemandangan pantai batu yg banyak. Tempat yang layak untuk dikunjungi bersama keluarga.

  4. tempatnya recomended untuk liburan. sekarang tempatnya sudah dirawat dan di renovasi, pemandangan laut nya indah, apalagi disaat sunset.

  5. Bagus, bisa foto ala-ala bali, angin sepoi-sepoi

  6. Tempatnya sudah mulai ditata rapi dan dikelola dengan baik. Ada banyak spot foto yg lumayan bagus.

  7. Sudah mulai tertata cantik, hanya seperti blm terjaga atau kurang perawatan

  8. Tempat parkir mobil becek … Tidak ada perbaikan taman .tempat santai banyak yang rusah,roboh.

  9. semoga pemerintah setempat mencoba mengelola tempat ini, agar menjadi tempat wisata,. pemandangan di sini juga bagus.

  10. Keren tempat nya !!!

  11. Tempat ini sesungguhnya satu contoh keindahan alam ciptaan Allah. Wisata alam yang secara natural sudah menarik minat masyarakat, terlebih jika ada fasilitas pendukung yang memadai. Kondisi bulan Juni 2019, ada beberapa hal yang perlu dirapikan lagi. 1. Tempat parkir yang kurang tertata, becek di beberapa bagian. 3. Beberapa infrastruktur seperti jembatan setapak kurang terawat. 3. . Sampah banyak berceceran di jalan setapak, pantai, dan sekitarnya. Beberapa bangunan warung tepi tebing kurang terawat kondisinya.

  12. Wah, banyak kenangan terindah yang terjadi disana. Dulu saat masih kecil, naik ke atasnya harus melalui usaha yang membasahi baju, masih manjat/mendaki. skrg sudah gak terlalu ribet. maju terus Pantai Tanjung Batu Pemangkat

  13. Wisata pantai Tanjung batu merupakan objek wisata yang populer di kota Pemangkat. . Batas daratan yang berbatu karang dan laut. Bagian daratannya di hias dengan pepohonan alami dan taman buatan. Lumayanlah… . Wahana hiburan yang minim dan banyak yang rusak. Kafe, warung jajanan yang terkesan apa adanya dan seadanya.. . Di beberapa tempat terdapat bau air kencing pengunjung yang malas kencing di WC. Sampah bungkus Snack dan botol minuman berserakan di sudut-sudut batu. . . Andai objek wisata ini lebih serius dikelola, saya yakin pantai Tanjung batu bisa dibuat lebih asri dan bernilai jual internasional.

  14. Asik buat refresing , penghijauan yg bagus , tempatnya luas . Makanannya sedap .. Tp sayang air lautnya tercemar sama tambang minyak . Seandainya airnya jernih macam air aqua uhhh amazing !!!

  15. Masyarakat local harus bayar mahal,padahal itu tanah pemerintah yg menyuruh orang bayar itu penduduk yg tinggal di situ untuk keuntungan pribadi

  16. Tiket masuk: 10.000 per orang.
    Parkir: 2.000 (motor) dan 4.000 (mobil), bisa berubah pada musim liburan.
    Deskripsi wisata: Trekking tepi pantai, taman, kuliner.

    Karakteristik pantai: Pantai berbatasan langsung dengan daratan tanah dan batuan, tanpa hamparan pasir, air laut berwarna kecoklatan, tanpa ombak.

    Sesuai untuk: remaja, dewasa, keluarga, dan anak-anak (dengan pengawasan dari orang tua, karena medan trekking cukup menyulitkan untuk anak-anak).

    Fasilitas: Area parkir (terbatas), toilet (terbatas), kedai makan, restoran

    Didukung Google Map: Ya

    Kawasan wisata ini sepertinya perlu dihidupkan kembali. Tanjung Batu memiliki potensi yang sangat baik jika dibenahi dan ditata ulang.

    Jalur trekking mengelilingi bukit perlu perbaikan, agar lebih aman dilalui oleh pengunjung. Semoga saja dukungan dari pemerintah kota mampu mewujudkannya.

    Komunitas pegiat wisata setempat juga dapat mendukung promosi melalui media sosial.

  17. Pantai yang cukup indah, bisa menghilangkan kejenuhan dan kepenatan 🙂

Tinggalkan Balasan