Pantai Rongkang

Alamat: Kejawan, Kwanyar Bar., Kwanyar, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69163, Indonesia

(3.2/5) Baca ulasan

Pulau Madura memiliki banyak obyek wisata yang dapat dikunjungi para wisatawan. Dikarenakan letak geografis pulau madura yang berada di Laut jawa, membuatnya memiliki banyak obyek wisata Pantai. Salah satu keindahan di pulau Madura adalah Pantai Rongkang.

Pantai Rongkang berada di Desa Kwanyar, Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan, Pulau Madura, Jawa Timur. Letak Geografis Pantai rongkang berada di sebelah timur jembatan Suramadu. Jembatan Suramadu merupakan jembatan terpanjang se-Asia Tenggara yang berada di sekitar 25 kilometer dari kota Bangkalan.

Wisata Pantai Rongkang merupakan salah satu tempat wisata favorit yang dapat dikunjungi di Pulau Madura. Wisata Pantai ini memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Wisatawan berbondong – bondong untuk datang pada hari biasa maupun hari liburan. Pantainya yang masih alami, pohon – pohonnya yang rindang dan bebatuan besar berongga bertebaran di tepi Pantai.

Pantai RongkangBanyak wisatawan asing maupun wisatawan lokal yang datang ke Madura khusus untuk mengunjungi Pantai Rongkang Bangka lan ini bersama sanak keluarga, teman – teman, saudara – saudaranya dan juga pasangannya.

Keunikkan lainnya selain Pantai yang berbatu adalah sebelum mencapai Pantai ini, anda harus melewati sedikit bebatuan yang berbentuk tebing yang lumayan curam. Hal ini menjadi tantangan tersendiri untuk anda yang penasaran dengan Pantai Rongkang Bangkalan ini. Dikarenakan Pantai ini masih sangat alami dan banyaknya pohon – pohon rindang yang tumbuh subur di sekitar Pantai.

Harga Tiket di Pantai Rongkang

 Pantai Rongkang ini dulunya cukup terkenal dan kerap dikunjungi oleh para pencinta alam. Sayangnya Pantai ini belum dijadikan lokasi wisata resmi oleh pemerintah kabupaten Bangkalan sehingga pengunjung masih bebas keluar masuk untuk mendatangi Pantai ini kapanpun, saat pagi hari maupun malam hari.

Untuk menikmati keindahannya, penggunjung cukup membayar 5000 sampai 20.000 rupiah per orang saja untuk masuk ke area Pantai. Untuk dapat menikmati Pantai Rongkang ini anda tidak dikenakan biaya parkir. Dikarenakan tidak adanya penjagaan yang dapat menjamin maka diharapkan pengunjung dapat menjaga kendaraan pribadinya masing – masing.

Rute Menuju ke Lokasi Pantai Rongkang

Akses menuju Pantai Rongkang masih cukup sulit karena masih ada beberapa jalan yang belum beraspal dikarenakan minimnya fasilitas yang disediakan oleh pemerintah untuk memperbaiki jalan menuju Pantai. Jalannya masih ada yang berlubang dan beberapa jalan masih berupa tanah.

Dapat menjadi masukan untuk pemerintah dalam mengadakan perbaikan jalan guna meningkatkan wisata Pantai Rongkang. Hal tersebut dapat memberikan nilai lebih dan pengunjung akan tertarik serta berminat untuk datang dan menikmati pesona alami keindahan Pantai yang terdapat di Pantai Rongkang ini. Pengunjung yang berangkat melalui luar pulau Madura, terdapat dua akses yang dapat diikuti.

Pertama menyebrang ke pelabuhan Kamal dengan menggunakan perahu. Dibutuhkan waktu kira – kira 30 menit untuk sampai ke Pantai Rongkang. Jarak yang di tempuh kurang lebih 12 km. Akses kedua adalah jalur tersingkat yang dapat dipilih untuk menuju Pantai yaitu melalui jembatan Suramadu. Dibutuhkan waktu kira – kira 15 menit. Dan jarak yang di tempuh kurang lebih 5 km.

Kedua akses ini dapat di lalui dengan kendaraan pribadi ataupun menggunakan transportasi umum yang sudah banyak tersedia di Pulau Madura dan sekitarnya untuk menuju ke Pantai Rongkang. Ada sejenis bis mini dan bis yang siap mengantar anda. Untuk tarif yang biasa di pakai biasanya sekitar 5000 rupiah untuk bis mini dan 20.000 rupiah untuk bis.

Obyek Wisata di Pantai Rongkang

Pantai Rongkang merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi. Pesona keindahannya dan keramah – tamahan terhadap wisatawan lokal maupun asing merupakan daya tarik tersendiri untuk Pantai ini. Hal – hal yang dapat di temukan dan di lakukan di Pantai Rongkang antara lain :

1. Pantai berbatu

Pantai ini memiliki karateristik yang berbeda dari Pantai lainnya. Biasanya Pantai identik dengan pasir Pantainya, tetapi pada Pantai Rongkang sebagaian besar pasirnya di tutupi oleh batu – batu. Warga menamakan Pantai ini dengan sebutan “ Rongkang “ dikarenakan banyaknya batu – batuan dan karang yang berlubang – lubang di sepanjang bibir Pantai.

Batu – batu karang ini diakibatkan oleh proses alam yaitu abrasi air laut. Proses alam pada batu – batuan laut yang landai dan  membuatnya menjadi berlubang Keindahan Pantai Rongkang yaitu terdapat berjejernya batu – batuan kecil maupun besar di sepanjang Pantai dan juga terdapat bukit – bukit karang yang tingginya sekitar 20 hingga 25 meter di atas permukaan laut. Dikarenakan Pantainya yang memiliki bebatuan maka diharapkan pengunjung untuk berhati – hati saat berenang agar tidak terseret ombak dan terlempar ke bebatuan.

Bebatuan yang berada di sepanjang Pantai dapat melukai kaki anda jika tidak berhati – hati, maka gunakan alas kaki saat anda menyusuri Pantai. Hal ini tidak mengurangi keindahan dari Pantai Rongkang ini. Deburan ombak dan pemandangan Pantai biru menambah keindahan Pantai ini.

Jika mengunjungi Pantai Rongkang di siang hari maka anda dapat menikmati keindahan batu karang yang menghiasi di sepanjang bibir Pantai. Selain itu untuk melihat pemndangan Pantai dari atas atau hanya ingin mengabadikan momen dengan berfoto anda dapat memanfaatkan gundukan – gundukan bukit.

2. Pemandangan Jembatan Suramadu

Jaraknya yang masih sangat dekat dengan jembatan Suramadu yaitu sekitar 5 kilometer saja maka pengunjung jika mengunjungi Pantai ini saat malam hari akan dapat melihat indahnya gemerlap lampu – lampu yang berada di jembatan Suramadu yang memantulkan keindahannya dari permukaan air.

Pemandangan yang luar biasa di tambah dengan suasana yang dingin menjadi semakin romantis. Sinar lampu yang berasal dari kapal – kapal yang berlayar hilir mudik menambah pemandangan yang menarik dan eksotis juga. Disekitar Pantai terdapat bukit – bukit yang tidak begitu tinggi, yaitu sekitar 25 meter. Anda dapat naik ke sana yaitu atas bukit agar bisa dengan bebas menikmati pemandangan Pantai biru ini dan merasakan angin semilir Pantai.

3. Fasilitas Memadai

Beberapa fasilitas yang terdapat di sekitar Pantai seperti Mushola, Kamar mandi, tempat istirahat, Rumah makan dan masih banyak lagi. Rumah makan yang siap sedia menyediakan makanan dan minuman untuk para pengunjung dengan harga yang terjangkau ini dapat di beli pengunjung selagi menikmati pemandangan di Pantai ini.

Jika anda ingin menginap bersama sanak keluarga, teman – teman atau pun pasangan anda, tidak perlu khawatir karena sudah banyak hotel – hotel dengan berbagai macam harga sesuai dengan budget anda yang berada di sekitaran Surabaya dan juga di sekitar jembatan Suramadu yang tidak jauh dari obyek wisata Pantai Rongakang ini.

6 Ulasan dari Pengunjung Pantai Rongkang

  1. Pantai Rongkang adalah pantai yang bertebing dan berkarang, dalam bahasa Indonesia Rongkang itu ialah bebatuan yang berongga dan berlubang. Kwanyar Barat desa dimana saya dilahirkan dan dibesarkan, tak akan habis jika dikenang walau di ujung dunia saya tinggal.

    3 September 2017, 02:55 WIB

  2. Pantai Rongkang yang sesuai dengan namanya yang artinya adalah pantai karang. Berlokasi di daerah kwanyar, pantai ini ramai pada saat Hari Raya Idul Fitri yang mana puncak keramaian adalah 7 hari dari Hari Raya Idul Fitri yang disebut Hari Raya Ketupat. Banyak keluarga yang bertamasya kesini untuk menaiki perahu sampai tengah lalu kembali dilagi. Ditambah hiburan orkes dan Pasar Malam membuat Pantai Rongkang sangat hidup. Di jalan menuju Pantai ini banyak pohon yang membentuk lorong yang bagus untuk dijadikan foto prewed.

    29 Oktober 2017, 06:19 WIB

  3. Bagus banget

    14 Maret 2018, 22:37 WIB

  4. Belum jadi tempat wisata.. Hanya jadi jujugan buat para petualang😆. . Jika mengendarai mobil ke pantai ini, tidak ada parkiran, tidak ada loket masuk, tidak ada penanda nama pantai ini, belum ada apapun. Belum dikelola untuk dijadikan tempat wisata.. . Jika dikelola dijadikan tempat wisata, pasti apik, karena terlihat pemandangan jembatan tol Suromadu dari pantai ini di kejauhan sana.

    11 Mei 2018, 21:54 WIB

  5. tempatnya sepi, lumayan bagus, pantai karang, menurut informasi daerah agak rawan terutama pas sepi

    27 Juni 2018, 16:47 WIB

  6. Pantainya jelek, sudah di tutup sama warga

    28 Juni 2018, 18:43 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Rongkang

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *