Pantai Siring Kemuning

Alamat: Macajah, Tanjungbumi, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69156, Indonesia

(4.2/5) Baca ulasan

Salah satu pantai anadalan pulau Madura yang memiliki keindahan yang tidak kalah dengan pantai-pantai lain adalah Pantai Siring Kemuning. Pantai ini terletak di Desa Macajah, Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan.

Wisata Pantai Siring Kemuning sempat menjadi primadona wisata di Jawa Timur sekitar tahun 90an. Bahkan pantai ini mendapat julukan Kuta In Madura karena keindahan panoramanya yang mirip dengan pantai Kuta yang ada di Bali.

Harga Tiket Masuk di Pantai Siring Kemuning

Pulau Madura yang terkenal tandus ternyata memiliki tempat wisata yang indah dan murah. Dapat dilihat dari harga tiket masuk pantai ini sekarang berkisar Rp 3.000 per orang. Memang murah dan tidak semahal dulu, cerita dari masyarakat dulu waktu pantai ini menjadi primadona tiket masuknya pun sedikit leih mahal dari sekarang.

Biaya tiket masuk yang Anda bayarkan tidak semata-mata keuntungan untuk pengelola, melainkan untuk perawatan pantai juga. Pantai ini sekarang tidak seramai dulu, karena kurangnnya perhatian oleh masyarakat dan pemerintah setempat.

Potensi pantai tidak dimanfaatkan dengan baik, fasilitas dan kebersihan serta keindahan pantai yang tidak terawat membuat pengunjung makin lama makin berkurang. Bahkan menurut masyarakat setempat sebelum sepi seperti sekarang pantai ini pernah menjadi tujuan wisata turis mancanegara.

Terbanyak turis mancanegara yang berkunjung ke pantai ini adalah turis dari Australia. Bahkan turis-turis tersebut tidak hanya berkunjung sehari saja, melainkan sampai menginap hingga 3 hari untuk memuaskan keinginan mereka menikmati keindahan pantai. Sehingga dulu disekitar pantai juga sempat bermunculan penginapan-penginapan.

Sekarang kajayaan Pantai Siring hanya cerita masa lalu. Kondisi berbalik pada saat ini, namun apakah dengan spinya pengunjung berpengaruh pada keindahan panatai? Atau mengurangi nilai keeksotisannya?

Rute Menuju Lokasi Pantai Siring Kemuning

Secara administratif Pantai Siring Kemuning terletak di desa Macajah kabupaten Bangkalan Madura. Untuk menuju pulau Madura Anda dapat memilih 2 opsi rute, satu melalui jembatan Suramadu, dan yang kedua menyebrang menggunakan kapal laut melalui pelabuhan Tanjung Perak.

Perjalanan dari Surabaya menuju Bangkalan kurang lebih akan memakan waktu1,5-2 jam. Dari Bangkalan menuju ke lokasi wisatanya kuang lebih masih memakan waktu 2 jam karena jarak yg ditempuh masih sekitar 41 km dengan jalanan yang naik turun.

Jika Anda ingin menggunakan kendaraan umum cukup dengan budget 7000-10000 untuk moda transportasi bis sekali perjalanan. Namun jika Anda memilih menggunakan kendaraan umum  hendaklah untuk melihat dan bertanya pada crew bis kemana bis itu akan menuju.

Juga ketika sudah berada didalam bis hendaklah sering-sering menanyakan sudah sampai mana posisi Anda sekarang agar tidak kelewatan titik berhenti yang seharusnya. Perjalanan dari Bangkalan menuju ke pantainya memang masih lumayan jauh namun akan terobati karena sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan yang indah.

Ada beberapa spot yang menurut warga rawa bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi. Spot pertama yaitu setelah turun dari jembatan Suramadu arah Madura, disitu seringkali terjadi perampokan atau begal. Sudah sering memakan korban.

Hindari berkendara sendiri atau berkendara malam hari jika Anda memutuskan untuk lewat jembatan Suramadu. Selain itu selalu simpan nomor-nomor emergency agar jika terjadi sesuatu Anda siap dan siaga.

Obyek Wisata di Pantai Siring Kemuning

Kira-kira apa yang menarik dari Pantai Siring Kemuning?, dan mengapa pantai yang sempat hits namun sekarang tdaik seramai dulu lagi. Berikut ulasannya dibalik eksotisme Pantai Siring Kemuning

1. Pesona Pantai

Pantai Siring Kemuning merupakan pantai yang memiliki pasir putih kecoklatan, air laut yang biru kehijauan serta vegetasi pepohonan kelapa disekitar pantai yang masih rimbun. Pantai ini dulu memiliki lebar pantai sekitar 100 M dan garis pantai yang lumayan panjang.

Pantai yang luas membuat pengunjung nyaman untuk melakukan berbagai aktifitas ataupun hanya untuk sekedar bersantai. Ombaknya pun sangat bersahabat sehingga dapat dikategorikan menjadi pantai yang ramah keluarga. Banyak romobongan yang membawa keluarga untuk piknik disini.

2. Pantai Sunset dan Sunrise

Menikmati keindahan pantai ini belum lengkap apabila belum merasakan sensasi melihat sunset dan sunrise di pantai ini. Pantai Siring Kemuning memang menjadi spot yang pas untuk melihat sunrise maupun sunset.

3. Instagramabel

Pantai ini merupakan pantai yang sangat instagramable apalagi ketika sunrise maupun sunset menjelang

4. Menikmati Kuliner Khas Madura

Di Pantai Siring Kemuning juga dijual berbagai makanan khas Madura salah satunya Bebek Songkem. Songkem merupakan asal kata sungkem yang artinya berjabat tangan dengan hormat. Awal mula kuliner ini adalah untuk menghormati kyai yang ada di desa dengan bersungkem.

5. Kehangatan Masyarakat Madura

Masyarakat sekitar pantai yang bukan lain adalah etnis Madura merupakan masyarakat yang hangat terhadap pendatang. Meskipun kadang sulit untuk berkomunikasi namun masyarakat Madura asangat memuliakan keberadaan tamu atau pengunjung.

Namun jangan lupa juga bagi para pengunjung dimana kita berada disitu kita juga harus menghormati lingkungannya termasuk masyarakatnya.

6. Pantai dan Penambangan

Saying sekali keindahan Pantai Siring Kemuning perlahan terkikis karena adanya penambangan pasir pantai. Entah memang sudah diberi izin atau belum oleh pemerintah namun penambangan pasir pantai terus dilakukan sampai pasir Pantai Siring Kemuning yang awalnya lebar 100 M sekarang tersisa 25 M saja.

7. Pantai Siring Kemuning Sekarang

Setelah terjadi penambangan tersebut pelan-pelan pengunjung pantai mulai menyusut secara signifikan. Sehingga pantai semakin sepi dan perekonomian warga sedikit terhambat.

Namun disisi lain meskipun sudah mengalami perusakan pantai ini masih memiliki keindahan yang sayang dilewatkan ketika berkunjung di pulau Madura.

Berikut ulasan keindahan dan sejarah Pantai Siring Kemuning. Pastikan keamanan dan kenayamanan serta tjuan yang tepat untuk liburan Anda

5 Ulasan dari Pengunjung Pantai Siring Kemuning

  1. Pantainya bersih,wkt km dtg di bulan puasa jd sepi dan bersih.tdk ad penjual makanan hny warung disebelah pantai.ad 1 toko sovenir menjual baju,handuk,sandal,dsb dgn hrg relatif murah.. perjalanan dr suramadu ke bangkalan membutuhkan wkt 1.5jam tidak jauh.. akses jalan juga enak.anak2 senang bermain dipantai ini.. pd saat pulang ditagih 20rb utk 4 dewasa dgn 2 anak kecil + 1 mobil.cuma kl bisa jgn lupa sedia bekal sendiri.

    24 Juni 2018, 00:23 WIB

  2. Saran saya lebih baik bawa makan dari luar/bawa dari rumah, untuk HTM murah bgt, sedikit kotor untuk area pantai seperti gak dirawat/sampah2 gak pernah dibersihkan (karna susah cari tempat sampah, pengunjung pun buang sampah sembarangan)

    6 Juli 2018, 23:12 WIB

  3. Pantai terbersih se kabupaten bangkalan eh sampang eh gatau ya 😂 tapi pantai nya bersih lumayan pasirnya masih jarang di jumpai sampah

    17 Juli 2018, 18:20 WIB

  4. pantai ini tidak terlalu panjang bentangnya. tapi memiliki pasir putih yang bagus. hanyasaja infrastruktur sangat minim. bahkan kamar mandi masih menumpang di rumah warga. pantai ini cocok di gunakan untuk preweeding dikarenakan lokasinya yg sepi, sehingga tidak banyak gangguan dari pengnjung lain.

    22 Juli 2018, 08:04 WIB

  5. Tempat yang bagus untuk mengisi liburan bersama keluarga. Tapi masih banyak sampah dimana-mana dan kurang terawat.

    4 September 2018, 20:45 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Siring Kemuning

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pantai Keren Lainnya