Pantai Samudra Baru

Pantai Samudra Baru

Jl. Raya Sungai Buntu, Sungaibuntu, Pedes, Kabupaten Karawang

10 Ulasan

Liburan ini apakah Anda sudah menemukan tujuan berwisata. Kalau belum, baiknya Anda mulai membuat rencana dengan baik tentang destinasi manakah yang ingin Anda kunjungi.

Ada banyak tempat wisata yang bisa menjadi rujukan kemana Anda harus berlibur di minggu nanti. Dari wisata indoor atau outdoor, tentunya perlu persiapan yang matang.

Anda juga harus memikirkan kenyamanan saat perjalanan atau ketika sampai di tempat wisata. Nah, sampai saat  ini destinasi wisata alam, masih menjadi pilihan favorit bagi sebagian besar warga Indonesia, pantai misalnya.

Ada banyak pilihan pantai cantik di Indonesia yang bisa menjadi rujukan untuk Anda berlibur di akhir pekan. Diantaranya adalah pantai Samudra Baru yang ada di Karawang, Jawa Barat.

Pantai Samudra Baru

Pantai Samudra Baru Karawang

Pantai Samudra Baru adalah wisata pantai yang berada tepatnya di Desa Sungaibuntu, Kecamatan Pedes, Karawang, Jawa Barat. Pantai ini merupakan salah satu dari sejumlah pantai yang terdapat di Kabupaten Karawang selain Pantai Tanjung Baru dan Pantai Tanjung Pakis.

Usia pantai ini termasuk masih sangat muda di bandingkan dua pantai lainnya yang telah di sebutkan diatas. Namun begitu objek wisata ini sangat ramai dikunjungi saat hari libur ataupun hari biasa oleh para wisatawan.

Hal tersebut dikarenakan wisata Pantai Samudra Baru memiliki keindahan yang sangat menarik dan unik bagi para wisatawan.

Pantai Samudera Baru sendiri bisa dikatakan sebagai pengganti Pantai Pisangan Cibuaya, dimana pantai tersebut hampir hilang karena terkena abrasi.

Dengan adanya Pantai Samudra Baru yang cukup dekat dengan pusat Kabupaten Kerawang, membuat masyarakat setempat atau luar kota kerap menghabiskan waktu untuk bersantai di pantai ini.

Harga Tiket Pantai Samudra

Biaya retribusi yang di kenakan saat Anda memasuki pantai ini adalah dengan membayar sesuai kendaraan yang Anda bawa.

Jika Anda membawa motor, maka Anda cukup membayar tiket sebesar Rp 15.000. Sedangkan jika menggunakan mobil maka Anda harus membayar sebesar Rp 30.000, namun harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu.

Untuk jam operasional pantai ini, pengelola tidak menetapkan batasan, yang artinya Pantai Samudra di buka selama 24 jam, dimana Anda bisa datang kapan saja.

Rute Menuju Pantai Samudra

Jika Anda memulai perjalanan dari Karawang Kota atau Cikarang maka Anda bisa langsung menuju Jl. Proklamasi atau area Terminal Tanjungpura Rengasdengklok.

Setelah menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 20 km, Anda akan sampai di Pasar Rengasdengklok, kemudian Anda langsung lurus mengikuti jalan tersebut (Karangjati – Pedes). Sepanjang jalan dihiasi luasnya hamparan sawah nan hijau hingga Anda menemukan pertigaan Sungaibuntu.

Dari pertigaan Singaibuntu ambil arah kiri, dimana Anda akan menemukan jembatan besar dan tempat pelelangan ikan (TPI) Sungaibuntu. Dan lokasi Pantai Samudra Baru tidak jauh dari tempat pelelangan ikan tersebut, kurang lebih 500 meter jauhnya ke arah utara.

Akan tetapi jika Anda memilih untuk memakai kendaraan umum seperti bis atau angkutan umum lainnya, bukan masalah besar dimana Anda bisa berhenti di terminal bus kota atau desa tujuan Anda. Setelah itu Anda bisa menggunakan ojek menuju lokasi Objek Wisata Pantai Samudra Baru.

Untuk menuju ke lokasi wisata maka Anda harus masuk gang yang ada di sebelah kanan jalan berupa pintu gerbang dengan tanda selamat datang. Selanjutnya Anda akan tiba di loket untuk membeli tiket agar dapat masuk ke lokasi, baru Anda bisa menikmati keindahan alam pantai Karawang.

Objek Wisata Pantai Samudra Baru

Pantai Samudra Baru memiliki pasir yang hitam, airnya pun tidak terlalu jernih, hal ini dikarenakan pantai ini dekat dengan muara Pantai Utara atau yang kita kenal dengan PANTURA. Pantai ini  tergolong sepi namun cukup bersih dan juga tidak banyak sampah.

Pengelola pantai juga menyediakan tempat – tempat peristirahatan seperti saung atau gazebo. Tempat-tempat ini bisa Anda gunakan untuk lebih bisa bersantai dalam menikmati keindahan pantai serta deburan ombak Pantai Samudra Baru.

Selain itu pengelola pantai juga telah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas-fasilitas itu seperti area parkir kendaraan, mushola, kamar mandi bilas, toilet bahkan penginapan untuk Anda yang ingin bermalam.

Jangan khawatir akan merasa lapar saat berada di pantai ini, karena banyak warung-warung penyedia makanan dari yang ringan hingga berat seperti ikan bakar dan menu-menu seafood lainnya.

Selain itu, ada banyak hal menyenangkan yang bisa Anda lakukan di pantai ini, Silahkan simak aktivitas-aktivitas apa saja yang dapat Anda lakukan di Pantai ini.

1. Menikmati Pemandangan Pantai

Pemandangan Di Pantai Samudra Baru

Anda akan menemukan keindahan Pantai Samudra Baru yang masih alami. Hal ini dikarenakan di sekitar pantai tidak terdapat bangunan atau tanggul di pinggir laut sehingga suasana masih sangat terlihat alami.

Pada pagi hari biasanya sudah banyak wisatawan lokal maupun luar kota datang ke lokasi pantai untuk melihat keindahan Pantai Samudra Baru.

Selain itu Pantai Samudra Baru memiliki garis pantai yang sangat panjang, sehingga Anda akan lebih leluasa melakukan berbagai kegiatan menyenangkan.

Kegiatan itu seperti bermain volly atau lainnya meski pantai sedang ramai pengunjung. Banyak karang berwarna putih dengan pasir-nya yang hitam hingga menyajikan pemandangan layaknya coretan putih pada kertas hitam.

Meski terlihat keruh kecoklatan namun semakin ke tengah airnya terlihat jernih dan berwarna kebiruan di kejauhan yang membuat sejuk di pandang mata.

Semilir-nya angin laut dan ombak yang tenang menambah indahnya suasana relaksasi yang akan Anda rasakan.

Juga jangan lupa untuk mengabadikan momen-momen spesial kala sore hari di pantai ini. Dengan panorama langit yang berwarna jingga kemerahan di iringi matahari yang mulai bersembunyi di ufuk barat akan membuat liburan Anda akan semakin terasa romantis.

2. Berenang dan Bermain Pasir

Berenang Di Pantai Samudra Baru

Kedalaman pantai juga terbilang cukup dangkal, jadi tempat ini terbilang aman untuk berenang dan juga sangat cocok untuk anak-anak bermain air dan pasir.

Dan jika Anda masih merasa takut untuk berenang Anda bisa menyewa ban angin dengan berbagai bentuk unik yang di sediakan oleh pengelola di pinggiran Pantai Samudra Baru.

3. Naik Perahu

Anda bisa berkeliling ke tengah laut Samudra Baru dengan menyewa perahu-perahu milik nelayan setempat.

Ukuran perahu yang agak besar memungkinkan penumpang yang bisa naik ke atas perahu sekitar 5 sampai 10 orang, dimana bisa orang dewasa ataupun anak–anak.

4. Naik Delman

Selain berkeliling di tengah lautan, Anda juga dapat berkeliling menyusuri pinggiran Pantai Samudra Baru dengan naik delman yang disewakan. Anda bisa juga berwisata dengan menunggang kuda di tepian pantai yang pastinya dengan panduan pemiliknya.

Jangan lupa untuk mencicipi makanan tradisional yang di sediakan oleh warung-warung setempat dengan menu ikan laut khas pantai utara.

Tersedia juga panggung hiburan untuk menghibur wisatawan dengan Live Show musiknya di saat hari libur besar nasional yang akan semakin memanjakan Anda.

Demikian ulasan tentang wisata pantai Samudra Baru yang berada di Karawang, Jawa Barat ini. Semoga bisa menjadi rujukan bagi Anda yang masih bingung mencari tempat liburan untuk akhir pekan ini.

10 Ulasan untuk Pantai Samudra Baru, Karawang, Jawa Barat

  1. Pantai Samudera Baru​ berada di Desa Sungai Buntu, Pedes, Karawang, Jawa Barat​. . Pantai Samudera Baru merupakan wisata pantai yang ada di Desa Sungaibunti. Pantai ini terletak di Kabupaten Karawang selain Pantai Tanjung Pakis dan Pantai Tanjung Baru. . Keberadaan pantai ini bisa dikatakan sebagai pengganti Pantai Pisangan Cemarajaya Cibuaya yang tergolong hampir hilang keindahannya sebab tergerus abrasi. Selain karena keindahannya, anda akan dibuat nyaman berwisata dengan banyak warung makan di lokasi. Meskipun harganya relatif mahal, anda bisa menikmati makanan seafood dan ikan bakar lhas pantai.. Jika anda merupakan orang yang suka berlibur menikmati sejuknya angin sepoi di pantai, anda bisa juga mencoba wahana air yang disediakan. Pantai ini relatif sepi namun cukup bersih dan tidak banyak sampah. Memang, di muara air akan tampak kecoklatan namun makin ke tengah, airnya makin segar dan biru. Pasir pantainya bersih disertai banyak kerang yang bentuknya unik – unik.. Adanya Pantai Samudera Baru yang dekat dengan pusat Kabupaten Karawang membuat warga sekitar sering menghabiskan waktu untuk refreshing berkunjung ke pantai. Jaraknya hanya sekitar 40 KM saja. Akses wisatanya tergolong mudah, anda hanya perlu menikuti jalur utama Karawang Kota menuju Rengasdengklok saja.

  2. Pantainya kurang terurus, air nya keruh, banyak sampah popok bayi dipinggir pantai, makanan nya mahal, sebagai contoh udang goreng tepung sepiring aja 100 rb, perhatian buat pengelola pantai agar bisa dikontrol dan lebih baik lagi

  3. Tiket masuk dihitung perkendaraan untuk motor Rp.20.000, dan untuk mobil Rp.40.000. Tempat makannya lumayan banyak, tapi ikan disana udh beku semua jadi udh gak segar buat harga normal 30rb untuk ikan bandeng, 70rb ikan yg gak bertulang(gak tau namanya ikan apa). Banyak juga jasa penyewaan ban renang dari ukuran kecil sampai yg besar

  4. Saya setiap hari kesini untuk berdagang kolor,dan baju pantai, Al Hamdulillah sangat membantu incom harian keluarga, pengelola dan masyarakatnya sangatlah ramah -ramah, , kulinernya murmer dan pasilitas umumnya dan bermainnya sangat berkesan. Eksis terus Pantai Samudra Baru, tetap menjadi tujuan wisata paling nomor satu di pantura, salam santun urang karawang. ..

  5. Pantainya luas. Makananya enak. Baikya kesana pada saat hari biasa weekdays bukan hari libur (week end) karena sangat padat dan susah dpt tempat parkir.. Terdapat hewan burung langka juga seperti Elang, burung hantu, buring bangau dll

  6. lumayan.. spt biasa kebanyakan pantai utara airnya lautnya tdk ada yg bersih

  7. tempat membuang penat dan pusing sehabis aktivitas yg berat yah wlpn terbilang kurang bersih tpi lumayan sajalah

  8. 65km dari bekasi…… . . Rekreasi murah meriah puasssssssss. . Jananan murah enak pas dikantong. . Hari libur 10 ribuan masuk . Hari biasa lebih murah lagi. . Bawa duit 500 rb cuman abis 200 rb 1 mobil orang 10 PP + UANG MASUK + IKAN BAKAR, DAN SEMUA JAJANAN YG ADA DIBELI… 🍵☕🍵☕🍹☕🍶🍵🍹☕🍶🍔🍳🍮🍫🍰🍬🍪🍩🍴. . Tidak ada yg mahal…. Semua terjangkau enak . . Beda sama tempat pantai pantai lain bisa habis jutaan . . Pokoknya murah murah jos lah….

  9. Jajanannya sih lumayan murah sesuai buat kantong saya pribadi,he.he.he.. Cuma mungkin agak aneh orang2nya,ceritanya aku berkunjung kesana sampai bawa anak banyak, wkwkwkwk emang bener2 anakku loh katanya2 anaknya masih kecil2,,,repot amet,,emang bener repot bu… dirumah pada berantem trus

  10. Pantai Pelangi terletak di Desa Sungai Buntu Kecamatan Pedes sekitar 35 km dari pusat kota Karawang. Untuk menuju pantai indah ini, pengunjung hanya perlu melewati rute menuju Kecamatan Pedes. Selama sekitar 2 jam perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan ladang dan sawah yang hijau.. . Karena akses jalan cukup layak dan baik, pengunjung dapat menggunakan sepeda motor atau mobil jika ingin berwisata ke Pantai Pelangi. Untuk masuk ke tempat wisata di Karawang ini, Anda akan dikenai biaya Rp5.000.

Tinggalkan Balasan