Pantai Tanjung Baru

Pantai Tanjung Baru

Laut Jawa, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41384, Indonesia

22 Ulasan

Pentingnya untuk pergi berlibur di sela-sela kesibukan kita sehari-hari, agar pikiran dan tubuh kita merasakan rileks sejenak. Mengunjungi tempat-tempat menyenangkan yang dapat menentramkan pikiran adalah hal yang perlu dilakukan demi kebutuhan rohani .

Bukan hanya itu saja, disaat pergi berlibur semua orang pasti ingin mendapatkan pengalaman yang menarik dan juga mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu perencanaan dan persiapan matang akan sangat di butuhkan saat Anda pergi berlibur.

Perencanaan mulai dari kemana Anda akan pergi, tempat menginap, prasarana untuk sampai ke lokasi hingga menabung uang guna keperluan saat berlibur nanti.

Persiapan seperti bekal di perjalanan atau untuk disantap saat di lokasi wisata, hingga persiapan fisik yang bugar agar liburan Anda lebih optimal.

Nah kali ini pantainesia.com akan mengulas tentang salah satu wisata pantai di Karawang yaitu wisata di pantai Tanjung Baru yang indah. Silahkan simak ulasannya di bawah ini.

Pantai Tanjung Baru

Wilayah Pantai Utara Pulau Jawa yang juga dikenal dengan sebutan Pantura memiliki keindahan alam dan telah menjadi tempat tujuan wisata. Diantaranya adalah pesisir yang berada di wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Pantai Tanjung Baru Karawang

Karawang sebagai kota Industri dan padat pekerja, namun memiliki salah satu tujuan wisata yang indah yaitu Pantai Tanjung Baru.

Pantai Tanjung Baru terletak di ujung Utara sebelah timur, dan hampir tidak berbeda dengan pantai lainnya yang ada di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Sebelum menjadi pantai wisata yang memiliki banyak pengunjung, dulunya pantai ini terbentuk saat adanya pembabatan hutan bakau yang ada di sekitar pantai. Maka dari itu daripada jernih air Pantai Tanjung Baru ini cende

rung keruh dan banyak endapan lumpur.

Keindahan alam Pantai Tanjung Biru di abadikan melalui lantunan sebuah lagu yang diciptakan oleh seniman Pasundan yakni almarhum Darso dalam liriknya yang berjudul ‘Tanjung Baru’. Dalamlagu ini menggambarkan keindahan pantai Tanjung Baru.

Tanjung Baru sendiri dapat diartikan sebagai tanjung atau daratan yang menjorok ke laut dimana sisinya dikelilingi laut dengan pesona pemandangan laut luas yang tampak membiru.

Harga Tiket Pantai Tanjung Biru

Untuk memasuki kawasan wisata Tanjung Baru ini Anda di wajibkan untuk membeli tiket terlebih dahulu.

Perlu untuk diingat agar membeli tiket di tempat yang resmi dan juga harus ada bukti tertulis karena banyak oknum atau calo yang mengatasnamakan petugas tiket padahal bukan.

Tiket yang dijual cukup murah yakni sebesar Rp 10.000 per orang. Dan biaya tambahan yang dikenakan untuk parkir kendaraan bermotor adalah Rp 2.000, dan sebesar Rp 7.000 untuk mobil.

Pengelola juga tidak membatasi jam operasional di pantai ini yang artinya Anda dapat datang kapan saja saat berkunjung ke pantai ini.

Rute Menuju Pantai Tanjung Baru

Lokasi Pantai Tanjung Baru berada di Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cilamayu yang berjarak kurang lebih 45 kilometer dari pusat ibukota Kabupaten Karawang.

Rute yang bisa Anda tempuh jika perjalanan di mulai dari arah Subang adalah dengan melalui pertigaan Cikalong Jatisari, Cilamaya.

Anda akan menemukan Pasar Clamaya kemudian belok kiri dan lurus ke arah Tempuran. Kemudian Anda akan melihat petunjuk arah ke Pantai Tanjung Baru, belok ke arah kanan dimana Anda akan menjumpai Kantor Desa Pasir Jaya sebagai tempat pembelian tiket masuk kawasan wisata.

Apabila Anda melewati Karawang Kota, saat di perempatan Johar maka Anda hanya perlu lurus ke Jalan Syech Ouro hingga sampai di Pasar Telagasari.

Sesampai di pasar ini belok kiri menuju ke Tempuran dimana Anda akan melewati persawahan yang luas di Jalan Layapan.

Selanjutnya Anda akan menemukan Jembatan Pegadungan kemudian belok kanan dan susuri Jalan Tempuran hingga menemukan petunjuk arah Pantai Tanjung Baru kemudian belok kiri lurus menuju arah Desa Pasir Jaya.

Namun Anda akan menemukan sedikit kendala dengan akses jalan yang rusak berpasir dan berbatu  kurang lebih 2 kilometer jauhnya menuju kawasan wisata ini.

Kurangnya perhatian dari pemerintah daerah setempat membuat kawasan ini menjadi kurang terawat.

Objek Wisata Tanjung Baru

Meskipun Pantai Tanjung Baru memiliki potensi wisata yang dapat dikembangkan lebih baik lagi namun saat ini pengelolaan pantai belum maksimal.

Selain akses jalan yang sebagian masih rusak namun Pantai Tanjung Baru  juga butuh perhatian soal kebersihan pantai yang mana sampah-nya masih belum teratasi dengan baik.

Hal ini dikarenakan seiring pergantian kepemimpinan di Kabupaten Karawang yang mana lambat laun lokasi wisata ini kurang mendapat perhatian.

Padahal pada tahun 2007 yang lalu, Pantai Tanjung Baru menjadi penyumbang besar Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Karawang di bidang pariwisata.

Terlepas dari kekurangannya, kawasan Pantai Tanjung Baru cukup populer menjadi tempat hiburan melepas penat bagi warga Karawang.

Bahkan pengunjungnya datang dari luar kota seperti Subang, Purwakarta dan lainnya. Biasanya pada saat libur sekolah atau hari libur nasional pantai ini akan di padati para wisatawan.

Di kawasan Pantai Tanjung Baru juga tersedia fasilitas pendukung seperti toilet dan kamar bilas bagi para pengunjung yang ingin membersihkan diri setelah mandi air laut.

Cukup banyak warung yang menjual makanan jika Anda merasa lapar, seperti olahan ikan bakar, udang cumi bahkan hasil laut lainnya. Sebagian warung bahkan menyediakan kamar sederhana untuk pengunjung yang ingin menginap.

1. Pemandangan Alam

Wisata Pantai Tanjung Baru

Dari garis pantai, sejauh mata memandang maka akan terlihat airnya yang membiru dengan pantai yang bercampur serpihan kulit kerang serta lembutnya pasir membuat anda akan merasa betah.

Hembusan angin di sela-sela teriknya sinar matahari membuat udara pantai terasa hangat namun tidak terlalu menyengat.

Di sisi lain, tampak hijau-nya hutan mangrove yang telah menjadi habitan hewan serta burung-burung yang ada di sekitarnya.

Bukan hanya menambah keindahan alam pesisir, namun hutan mangrove juga berfungsi untuk mencegah abrasi pantai yang di sebabkan gelombang air laut.

Waktu terbaik mengunjungi pantai ini adalah saat pagi dan sore hari, dimana anda akan menikmati pemandangan yang lebih indah dengan sunset-nya. Jangan lupa untuk membawa kamera untuk berburu foto instragamable di Pantai Tanjung Baru ini.

2. Pelampung Air

Bila Anda menginginkan berenang di pantai ini, maka Anda bisa bermain dengan menyewa pelampung air yang banyak disewakan oleh pengelola setempat.

3. Pasar Tradisonal

Di kawasan pantai ini juga terdapat pasar tradisional, dimana Anda dapat belanja segala macam kebutuhan sehari-hari disini.

Selain itu di pasar ini juga menjual berbagai macam hasil laut seperti berbagai macam ikan, udang, cumi-cumi dan lainnya.

4. Naik Perahu

Naik Perahu Di Pantai Tanjung Baru

Anda bisa menikmati keindahan laut Pantai Tanjung Baru dengan menyewa perahu milik nelayan setempat. Dengan naik perahu, Anda bisa berkeliling menikmati pesona Pantai Tanjung Baru dengan hutan bakau-nya lebih dekat.

Saat libur panjang atau libur hari raya biasanya di Pantai Tanjung Baru ini kerap di adakan live musik seperti organ tunggal. Hal ini bertujuan untuk menghibur para wisatawan yang sedang berkunjung di pantai ini.

Itulah ulasan serta gambaran mengenai wisata Pantai Tanjung Baru Karawang. di samping keindahan alamnya yang masih alami diharapkan pemerintah lebih bisa memperhatikan dan mengembangkan potensi yang ada di pantai ini.

Karena jika di garap lebih serius Pantai Tanjung Baru akan bisa menjadi pusat perekonomian warga setempat.

Baca juga : Pantai Samudera Baru

Berminat untuk mengunjungi pantai ini?

Maka persiapkanlah diri Anda sebaik mungkin agar perjalanan dan liburan Anda akan terasa lebih maksimal dan menyenangkan.

22 Ulasan untuk Pantai Tanjung Baru, Karawang, Jawa Barat

  1. Sebenarnya blm sampai ke sana, karena pas hampir sampai ke sana jalannya sgt tidak layak. Nampaknya jg tempat itu tidak pernah dikunjungi sehingga banyk yg tidak tahu persis akses jln ke sana. Malah tahunya tanjung baru bekasi hihi…

  2. Lumayan buat kami orang yg jauh dari pusat kota,walau alakadarnya bisa melepas penat sesaat.. Memang sih prasarananya masih jauh dari kata layak,tapi sekali lagi lumayan.

  3. Akses jalan ke tempat wisata ini tidak terawat banyak lubang dengan kedalaman yang lumayan dalam. Jadi bagi kalian yg ingin berkunjung wajib punya keahlian berkendara yg mumpuni, agar tidak mogok ditengah jalan. Pantai ny cukup bersih tapi sayang sekarang hanya sedikit warung yg buka,toilet pun cm ada 1 dan harus bayar.

  4. Akses jalan buruk, biaya masuk 30k dengan mobil tp tidak di beri karcis, pantainya cirikhas pantai utara yang kecoklatan, untuk makanan harganya setandar

  5. Edisi nyasar maunya ke samudera baru malah ke tanjung baru… Sepi ramenya hanya special weekend

  6. Pantainya lumayan bagus (dengan catatan kalo diurus), soalnya kalo yg saya lihat sih banyak sampah berserakan dipinggiran pantai, entah itu sampah plastik dan lainnya, jadi agak mengganggu buat dilihat… Mungkin karena jarak tempuh yg cukup jauh dan jalan yg masih belum dibenahi jadi waktu saya datang kesana sepi pengunjung, mungkin ada juga warga sekitar… Semoga dapat perawatan yg selayaknya untuk tempat wisata yg nyaman..

  7. Nyeseeeel bangeett…..akses jalan ke pantainya parah abissss……ga ke urus tu jalan…..khusus buat kendaraan jenis Tank….boleh lah.

  8. Tempat wisata di Karawang yang pertama adalah pantai tanjung baru, pantai ini lokasinya ada di semenanjung antara Kab. Subang dan Kab. Karawang. . . Pantai ini layak anda jadikan sebagai destinasi wisata bersama keluarga kalau mengunjungi Kerawang. Di pinggir pantai ini anda juga dapat menikmati aneka kuliner di pinggir pantai ini. Aneka kuliner lezat bisa anda santap setelah bermain di pasir pantai atau setelah mandi-mandi di pantai.. . Pantai yang indah ini menjadi salah satu tujuan wisata di Karawang yang tidak boleh dilewatkan. Disekitar pantai ini juga ada banyak penginapan yang bisa anda jadikan tempat menginap, nyaman dan ber-AC.

  9. air laut nya coklat efek muara akhir citarum jauh banget sama pantai santolo garut yg pasir putih halus sama biru air laut nay

  10. Tempatnya lumayan bagus tapi sayangnya disini slalu banyak sampai yang menumpuk dan berserakan dimna mana dan tempatnya ada yang sama skali tidak dijaga

  11. Untuk akses menuju pantai tanjungbaru cukup sulit dikarenakan kondisi jalan berlumpur, siapkan moda transportasi yang cukup tangguh untuk melewati akses menuju pantai. disekitar pantai terdapat menu makanan laut dibuat oleh warga setempat yang rasanya enak. untuk kawasan wisata butuh perhatian lebih dari pengelola maupun pemda setempat. untuk kondisi warga setempat cukup ramah & saling membantu (foto ini diupdate tgl 26 Jan 2019, saat menuju lokasi menggunakan moda transportasi avanza 1300 cc) CMIIW

  12. Skrang tanjung baru udah sepi pengunjung.. Akibat medan jln sangat ektrim… Butuh perjuangan keras untuk menuju kesana…

  13. Berawal dari mencari tempat wisata untuk keluarga yaitu berupa pantai di wilayah pantura atau pantai utara. Tentunya dengan lokasi yang tidak jauh dari Bekasi Kota. Alhasil googling dan menemukan pantai ini yang masih berada di Karawang. . . Jarak tempuh yang cukup ditambah dengan kondisi tol japek yang sedang macet-macetnya. Lelah dan penat terbayar dengan hamparan pantai yang bagus namun minim perawatan dari pihak pemerintah. Banyak sampah di tepian pantai, air yang keruh, dan warung-warung yang kurang tertata dengan baik.

  14. pertama kali saya kesini aksesnya saangat sulit, karena jalan berlumpur dan berlubang, setelah sampai di tujuan pantai, saya melihat banyak sampah berserakan dan warung warung yg terlalu dekat dengan pantai, sehingga kurang bisa menikmati keindahan pantai. entah karena dekat dengan persawahan, yg membuat air pantai terlihat coklat dan baercampur sampah. untuk kedepannya dari pihak terkait untuk lebih memperhatikan. mungkin jika dikelola lebih baik, akan banyak mendatangkan wisatawan.

  15. Pantai nya coklat, banyak banget sampah, akses jalan sgt tdk mendukung

  16. Kalau dikelola dengan baik insaallah akan menambah pendapatan masyarakat sekitar dan pendapatan daerah,terutama akses menuju pantai,dan penataan pantai agar lebih nyaman,dan bisa dinikmati saat liburan.moga ada tindakan dari pihak terkait.

  17. Akses jalan buruk,ada preman minta uang mobil 50 000,motor 10-20 ribu,tapi ga ada tiket resmi masuk/parkir resmi…pantai kotor/keruh…klo sekedar untuk santai kuliner dan ngopi oke juga…

  18. Kotor ga ke urus , masuk aja di mintain uang dengan embel2 “tiket masuk” padahal masuk kantong pribadi

  19. Semoga kedepan nya pantai tanjung baru bisa lebih baik lagi, tempat2 bilas dan mandi bisa lebih layak lagi, dan semoga kedepan bs jadi tempat wisata yg dibanggakan

  20. Orang nya ramah², apa ajh ada, makanan sea food banyak, tempat wisata yang alami

  21. Pantai nya bagus, tapi sayang banyak sampah, warung jajanan sembarangan,jadi terkesan agak kurang rapi+ jua jalan menuju lokasi yang agak kurang bagus , masih belum di aspal/cor

  22. Lumayan bagus jalan menuju ke lokasi.nTapi di lokasi masih terkendala akan sampah.nSemoga kedepan nya makin banyak tempat sampah dan yang membuang sampah nya di buang di tempat yang semestinya. nTapi warung nya terlalu dekat dengan bibir pantai.nAda plus n minus nya sih pasti nya.nInti nya sih perlu di poles lagi agar banyak peminat nya yg mau berkunjung ke sini

Tinggalkan Balasan