Pantai Tanah Lot

Alamat: Jl. Tanah Lot, Beraban, Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali, Indonesia

(4.8/5) Baca ulasan

Semua wisatawan baik mancanegara maupun domestik selalu bermimpi untuk dapat mengunjungi Pulau Dewata Bali. Maka dari itu, wisatawan jangan sampai lupa untuk mengunjungi Pantai Tanah Lot yang merupakan salah satu ikon dari Bali.

Di tempat ini akan ada banyak sekali hal yang dapat dilakukan oleh para pengunjung. Namun sebelum memulai berkunjung, ada banyak sekali informasi yang sangat Anda perlukan. Misalnya saja mengenai harga tiket masuk, rute menuju ke lokasi, dan hal apa saja yang dapat dilakukan di tempat tersebut.

Selain Pantai Kuta, Pantai Pura Tanah Lot juga merupakan maskot dari Pulau Bali. Pantai ini tidak pernah sepi dari para pengunjung. Ciri khas dari Pantai ini adalah memiliki dua buah pura yang terletak pada bongkahan batu yag sangat besar dan tebing.Tebing tersebut berfungsi sebagai jembatan antara pura dengan daratan di Pantai Tanah Lot.

Harga Tiket Masuk dan Parkir

Setiap turis yang berkunjung ke Bali harus datang ke tempat yang satu ini, karena Pantai Tanah Lot adalah maskot dari Pulau Bali. Bagi turis yang hendak masuk ke area wisata diharuskan membayar tiket masuk yang berbeda – beda bergantung pada usia.

Untuk orang dewasa diharuskan untuk membayar Rp. 20.000 dan anak – anak akan dikenakan biaya sebesar Rp. 15.000. Selain dari harga tiket masuk, maka turis juga diharuskan membayar biaya parkir kendaraan.

Roda empat akan dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000 dan motor akan dikenakan biaya sebesar Rp. 2.000. Kemudian bus akan dikenakan biaya parkir sebesar RP. 10.000. 

Rute  Menuju ke Lokasi Wisata

Untuk dapat pergi menuju ke lokasi Pantai Tanah Lot dari Bandara Ngurah Rai, wisatawan diharuskan menempuh perjalanan sejauh 26,9 km dengan waktu selama 1 jam. Pantai ini terletak di bagian utara dari Pantai Batu Bolong.

Jika Anda menyewa kendaraan dan memutuskan untuk mengemudikannya, maka Anda sangat membutuhkan bantuan navigasi dari Google Maps. Mengenai rute dan jalan, semuanya dapat Anda liat secara terperinci melalui tempat tersebut.

Objek Wisata di Pantai Tanah Lot

1. Mengunjungi Pura Tanah Lot

Pura tersebut digunakan untuk memuja dewa yang menjaga laut. Di bawah pura terdapat goa kecil yang di dalamnya terdapat banyak ular laut. Di Pantai tersebut juga terdapat ular suci yang berwarna hitam dan belang-belang kuning.

Pura ini terletak menjorok ke luar Pantai dan pengunjung diharuskan untuk berhati – hati saat menyeberangi jalan yang menuju ke pura. Jalan tersebut memiliki ketinggian yang sangat mudah disapu oleh ombak, sehingga hal tersebut memberikan tantangan bagi pengunjung yang datang.

Setelah berhasil menyeberang, pengunjung akan dapat mencari berbagai macam souvenir juga di sekitar pura tersebut. Tempat ini juga sangat hits digunakan untuk berburu foto sunset, sehingga pada sore hari menjelang matahari terbenam akan ada banyak turis yang merapat ke daerah tersebut.

2. Menikmati Hidangan di Restoran Dewi Sinta

Restoran ini menyediakan makanan yang dapat dikatakan tasty dengan harga yang cukup murah. Restoran ini lebih menyediakan berbagai macam menu khas Indonesia, seperti nasi goreng, sate, mie goreng, ayam penyet, dan lain sebagainya.

Ada banyak sekali komentar positif yang dilontarkan oleh turis yang sudah pernah mencicipi hidangan di tempat ini. Turis tersebut ada yang berasal dari mancanegara ataupun dalam negeri. Jadi dengan kata lain, cita rasa yang ditawarkan oleh restoran ini cocok bagi lidah banyak orang dari berbagai belahan dunia.

3. Menginap di Natya Hotel Tanah Lot

Ada banyak sekali pengunjung yang bertanggapan positif setelah menginap dan mencoba makanan yang disediakan oleh hotel ini. Makanan yang disediakan ada banyak jenisnya dan cenderung lebih seperti western style. Hotel ini juga menyediakan hidangan pencuci mulut berupa cocktail.

Selain dari makanan yang enak, ada banyak tanggapan mengenai kamar dan kamar mandinya yang luas. Tak hanya itu, desain interior yang menarik semakin membuat para pengunjung yang menginap di hotel ini menjadi betah.

Hotel ini juga memiliki fasilitas kolam renang yang dapat dinikmati oleh pengunjung yang menginap. Kolam renang outdoor ini dikelilingi oleh tumbuh – tumbuhan hijau yang semakin menambah suasana yang asri.

Kamar dari hotel ini dapat dibanderol dengan harga mulai dari Rp 700.000 untuk setiap malamnya. Harga yang ditawarkan sangat setara dengan pelayanan yang diberikan oleh staf hotel. Mereka selalu ramah kepada pengunjung dan selalu tersenyum saat menyambut tamu.

4. Berkunjung ke Pura Enjung Galuh

Pura Enjung Galuh merupakan salah satu pura yang terletak di Pantai Tanah Lot. Pura ini didirikan di atas tebing, sehingga wisatawan yang datang dapat menikmati pemandangan alam sekitar dengan sangat nikmat.

Dari tempat ini, Anda dapat berburu banyak sekali panorama yang bisa dijadikan karya seni fotografi. Pura ini termasuk ramai dikunjungi oleh banyak turis baik domestik maupun mancanegara.

5. Melihat Sunset

Melihat dan mengabadikan sunset dari Pantai Tanah Lot merupakan salah satu momen yang paling ditunggu oleh semua turis yang datang ke tempat ini. Foto yang dihasilkan pada saat momen ini terjadi akan menjadi sangat menakjubkan dan instagrammable.

Anda dapat menikmati indahnya sunset sambil duduk di pasir ataupun di kursi Pantai yang disediakan di tempat tersebut. Anda juga bisa saja mencoba menikmati sunset dengan menyantap hidangan di tempat makan yang berada dekat dengan bibir Pantai.

6. Tempat Belanja Souvenir

Setiap kali berkunjung ke suatu tempat yang jauh dari rumah, sudah merupakan kebiasaan untuk mencari oleh – oleh yang dapat diberikan kepada orang lain yang Anda kenal. Tenang saja, Anda akan dapat menemukan dengan mudah tempat – tempat yang menjual souvenir di sekitar area Pantai Tanah Lot.

Ada banyak sekali tempat – tempat tersebut, seperti PT. Puri Mutiara Tanah Lot, Bagus Oleh – Oleh, dan Bali Enjoy. Semua tempat tersebut menyediakan berbagai macam pernak – pernik yang berkaitan dengan Bali.

Namun jika Anda lebih cenderung untuk membeli kaos yang bertuliskan embel – embel mengenai Pulau Bali, Anda bisa mencoba untuk pergi ke Bali Enjoy. Selain dari kaos, tempat ini juga menjual berbagai macam batik asal Bali dengan warna – warni yang sangat menarik.

5 Ulasan dari Pengunjung Pantai Tanah Lot

  1. Pura yang unik karena berada di pulau atau batu karang yaa, perjalanan sekitar sejam dari seminyak tempat saya nginep, tiket masuk 23rb udah sama parkir, pastikan liat2 dulu pasar nya ya barangnya bagus bagus. Saat saya masuk gapura didepan sedang renovasi, beberapa bagian juga sedang dibangun. Dan pas ke pura untungnya air lagi surut, jadi bisa ke pura walaupun ga naik keatasnya karena ada larangan naik. Bisa dilanjut ke pura batu bolong dan pantai melasti tanah lot

    2 Juni 2018, 21:46 WIB

  2. Bali memang ajib.. Bangga memiliki Bali di Indonesia. Budaya, masyarakat, keragaman yang menyatu menjadikan pulau ini surga dunia. Gag nyesel liburan ke sini apalagi ke pura tanah lot ini. Destinasi wajib ke Bali. 😍😍

    16 Juni 2018, 03:22 WIB

  3. Tempatnya Cukup Ramai,jadi saya sarankan agar anda dan keluarga selalu bersama agr tidak tersesat.Tempatnya cocok untuk dijadikan tempat berfoto lalu post di Instagram.Disini juga tersedia kantin jadi kita tak perlu merasa kelaparan dan juga ada banyak totko toko souvenir.Merupakan salah satu tempat yang indah di Bali

    18 Juni 2018, 03:57 WIB

  4. Sebuah objek wisat favorit di bali. Pura tanah lot ini merupakan bagian dari pura dah kayangan. Pura tanah lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa dewa penjaga laut. Tanah lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbenam..

    23 Juni 2018, 11:52 WIB

  5. Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbenam. Tempat ini juga menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan mancanegara maupun dalam negeri. Dan bagi yang hobby foto sunset bisa coba untuk mengabadikan keindahan sunset di tanah Lot. 😉

    28 Juni 2018, 07:32 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Tanah Lot

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *