Pantai Tanjung Layar

Pantai Tanjung Layar

Alamat: Pesona Sawarna, Komplek Tanjung Layar Blok Ciantir Desa Sawarna, Sawarna, Bayah, Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten 42393, Indonesia

(4.7/5) Baca ulasan

Akhir minggu merupakan waktu yang sangat tepat untuk liburan, baik dengan mencoba wahana wisata atau hanya bersantai menikmati pemandangan. Berwisata pun memerlukan persiapan, salah satunya yaitu memilih tujuan yang cocok untuk didatangi. Destinasi yang menjadi favorit para traveller yang menukai liburan santai yaitu pantai. Anda bisa berlibur di pantai yang satu ini, pantai Tanjung Layar Sawarna.

Pantai Tanjung Layar Sawarna ini terletak di wilayah Kecamatan Bayah, Lebak, provirnsi Banten. Adalah salah satu pantai alami dan disukai karena keunikannya, pantai ini banyak diminati sebagai tempat favorit. Letaknya sekitar 150 kilometer dari Rangkasbitung. Keunikan pantai Tajung Layar adalah adanya sebuah batu yang mirip dengan layar perahu yang konon adalah dari kapal milik Sangkuriang.

Harga Tiket Masuk di Pantai Tanjung Layar

Berapa biaya tiket masuk pantai Tanjung Layar ini? Anda cukup membayar tiket masuk wisata seharga  Rp 5.000,-/orang. harga yang murah untuk berbagai kegiatan liburan ala pantai bisa anda nikmati dan manfaatkan sekaligus menikmati keindahan alam serta memanfaatkan obyek wisata yang tersedia. Fasilitas sangat lengkap, dijamin anda tidak akan kehabisan stok spot di pantai Tanjung Layar ini.

Rute Menuju Lokasi Pantai Tanjung Layar

Pantai Tanjung Layar yang khas dengan pemandangan karang berbentuk layar yang berpadu dengan biru laut, tersembunyi di kawasan pantai Sawarna yang sangat terkenal. Letaknya sangat dekat dengan Pelabuhan Ratu. Jika anda dari luar kota, anda bisa menggunakan rute yang kami tawarkan di bawah ini sehingga anda tidak akan tersesat.

Tersedia beberapa rute berbeda yang bisa anda lalui yaitu timur, barat, dan yang ketiga adalah rute dari Bandung. Apabila anda melakukan perjalanan dari timu,  anda bisa melalui jalur dari kota Jakarta menuju jalur Cibadak, Cikidang maupun lewat jalur Cijeruk. Ketiga jalur ini nantinya menghubungkan anda menuju Pelabuhan Ratu. Lalu anda akan segera tiba di kota Cisolok hingga akhirnya sampai di Sawarna.

Rute mudah berikutnya yaitu dari Barat. Rute ini dimulai dari Jakarta untuk kemudian tiba di Pandeglang. Dari Pandeglang ini selanjutnya anda langsung lanjut ke Saketi hingga sampai di Malingping. Dari kota itu, kemudian ke kecamatan Bayah dan segera ke Sawarna. Alternatif lainnya, anda bisa memilih untuk melewati Rangkasbitung ke Gunung Kencana. Kemudian ikutilah penunjuk jalan ke desa Sawarna.

Di jalur Barat pun ada juga alternatif lain yang bisa anda gunakan seperti jalur dari Jakarta menuju Cilegon. Kemudian langsung ke Anyer. Silakan teruskan perjalanan anda hingga akhirnya tiba di Labuan kemudian Sawarna. Jika anda ingin berangkat dari Bandung, pertama anda ke Cianjur lalu Sukabumi. Kemudian melaju menuju Cibadak dan tiba di Pelabuhan Ratu, Cisolok, kemudian sampai di Sawarna.

Obyek Wisata di Pantai Tanjung Layar

Pantai yang dijadikan sebagai wisata alam andalan desa Sawarna Banten ini ternyata memiliki aneka pesona dan obyek wisata yang berbeda. Alamnya pun dikelola dengan baik sehingga anda akan menyaksikan pantai yang aman, bersih, dan nyaman. Sebelum anda pergi ke pantai ini untuk menikmati obyek wisata dan pemandangan, ketahui dulu apa saja yang ditawarkan oleh pantai Tanjung Layar.

1. Pemandangan Alami Khas Pantai

Bayangkan sebuah pantai yang menakjubkan mata dan jarang dijamah tangan manusia. Anda bisa menemukan pantai tersebut di pantai Tanjung Layar ini. Pantai Tanjung Layar menyuguhkan pesona unggulan kota Banten dengan aneka keindahan yang menawan. Pemandangannya yang alami menciptakan kenyamanan liburan.

2. Karang Raksasa yang Unik

Pantai Tanjung Layar

Adanya sebuah karang raksasa di tengah laut membuat pantai ini ramai wisatawan. Karang itu disebut-sebut sebagai layar sebuah kapal yang berubah menjadi batu. Di sisi lain dari pantai ini juga terdapat sebah karang unik yang oleh masyarakat disebut sebagai bekas pijakan kaki raksasa berukuran sekitar dua meter. Karang ini disebut sebagai jejak kaki Kabayan.

3. Camping Ground

Menikmati pemandangan unik berupa batuan karang raksasa yang dibalut cerita legenda akan lebih seru jika sambil bermalam di pantai tersebut. Ada lahan yang cukup untuk didirikan tenda-tenda perkemahan. Ajak teman-teman anda untuk menikmati indahnya pemandangan pantai seharian dengan berkemah di pantai Tanjung Layar ini sambil membuat barbequ atau api unggun, tentu membuat liburan jadi asyik.

4. Menikmati Sunset Pantai Tanjung Layar

Sunset Pantai Tanjung Layar

Pemandangan matahari tenggelam merupakan pesona alam yang indah dan menakjubkan. Terlebih lagi jika anda menikmatinya di pantai. Perpaduan dengan lautan dan karang-karang unik di pantai Tanjung Layar akan membuat parade sunset ini begitu menarik perhatian. Maka tak heran jika banyak wisatawan luar yang datang jauh-jauh ke wisata bahari Banten ini untuk menyaksikan pemandangan ini.

5. Spot Foto Menarik dan Melimpah

Liburan seru harus diabadikan dengan berfoto untuk diupload atau disimpan. Di pantai Tanjung Layar Sawarna ini anda dapat memotret gambar dan foto berlatar pemandangan yang unik di sana. Dijamin anda akan merasa puas dengan segala keindahan alam yang anda potret. Oleh karena itu, persiapkan peralatan berlibur sebelum menuju ke pantai ini.

 

Keindahan pesona alam serta obyek wisata seperti matahari tenggelam dan karang-karang unik di pantai Tanjung Layar Sawarna ini memang menarik perhatian. Harga tiket juga terbilang sangat murah dengan segala akses yang tidak susah. Menjadikan liburan anda bisa lebih seru dan wajib untuk diabadikan. Jangan ragu mengunjungi wisat bahari Pantai Tanjung Layar Sawarna ini bersama keluarga.

14 Ulasan dari Pengunjung Pantai Tanjung Layar

  1. Objek wisata paling eksotis di lebak selatan. Jalan cukup jauh dari jalan raya, meskipun cukup jauh sepanjang kiri dan kanan menuju objek wisata ini dipenuhi hijauan alam yg indah dan terdapat beberapa spot objek wisata seperti Pulau manuk, wisata goa, dan view tanjung layar dari atas bukit sebelum jalanan curam menurun. Setelah sampai anda akan memasuki area wisata melewati jembatan gantung atau bisa naik rakit. Cukup jauh dari tempat penjualan tiket menuju spot tanjung layar. Aksesnya bisa ditempuh dengan jalan kaki atau naik ojek (Rp. 10rbu-15rbu). Jika anda beruntung (air sedang surut) anda bisa naik ke bukit batu tanjung layar. Namun jika air pasang sebaiknya anda menunggu di saung jajan

    16 Juni 2018, 20:18 WIB

  2. Tempat wisata yang wajib di kunjungi jika ke Banten. Baik di kunjungi pada pagi hari…dan lebih baik lagi pada saat sore hari….. . Kelebihan : pemandangan bagus, cocok buat pemotretan, cocok buat anak-anak remaja yang alay yang suka foto foto hahahaha, ombak besar, angin kencang, wisata kekinian banget, bisa berenang.. . Kekurangan : tidak dapat di akses langsung oleh kendaraan roda 4 (parkir area ke lokasi wisata jauh) jadi harus jalan kaki, hanya motor roda 2 yang bisa langsung ke wisata, tidak ada penginapan yang kelas menengah ke atas.

    21 Juni 2018, 00:35 WIB

  3. Pantai yang indah namun saat musim libur lebaran dengan jumlah pengunjung yang membludak, lebih terkesan kotor dengan sampah berserakan di tepi pantai. Mungkin jika bukan dalam rangka cuti panjang lebaran akan lebih terawat. Harga tiket masuk yang sangat terjangkau 5000 rupiah saja kita dapat menikmati keindahan pantai dengan batu-batu karang yang menimbul. Akses jalan menuju ke pantai pun lumayan jauh dari parkiran mobil. Pengunjung diharuskan menggunakan ojek dengan tarif lumayan menguras kantong untuk perjalanan pulang dan pergi. Mungkin jika ingin ke daerah pantai sekitaran Sawarna lebih baik menggunakan sepeda motor agar mudah mencapai akses jalan dengan lebih mudah. So far, saya cukup menikmati pengalaman berkunjung ke pantai tanjung layar😄

    22 Juni 2018, 11:51 WIB

  4. Tanjung layar itu bagian dari wilayah sawarna.Identik dengan karang 2 di tengahnya.hamparan karang serta derusan ombak membuat banyaj wisatawan mengunjungi pantai ini bahkan banyak turis juga.sayangnya akses jalannya kecil hanya bisa masuk satu mobil.jadi kalau berpapasan harus pelan pelan.akses menuju sawarna sepanjang jalan aku ditemani oleh hutan belantara yang begitu rimbun bahkan pernah dipake akting sinetron nyi pelet duku kala.banyak juga penginapan jadi kalau mau nginap juga bisa dan kalau mau main hubungi saya saja soalnya saya orang sana ahaaha

    23 Juni 2018, 02:31 WIB

  5. Tempat wisata ini memang sudah ada dari dulu namun baru di resminya beberapa tahun yg lalu. Pantai ini memiliki banyak lokasi yg rekomen banget selain objek utamanya yg berupa dua karang yang membentuk karang, disini juga kita bisa menikmati pantai yg landai yang memiliki pasir putih buat yang suka mandi, ets tidak cuma itu jika kita menyusuri pinggir tebing yang tak jauh dari monumen Tanjung layar kita bisa melihat sebuah sejarah yang mungkin sekarang sudah sedikit orang yang tau. Namanya tapak kabayan, dimna pada sebuah karang terlihat jejak kaki besar yang keberadaan sudah semakin terkikis ombak, buat yang suka sejarah sambil traveling coba deh di jelajahi. Dan usahakan datang di waktu bulan Mei juli ya saat ombak kecil karena jika ombak besar dipastikan tidak akan di izinkan untuk ke sana. Dan sebaiknya tidak pergi sendiri ataupun tanpa petunjuk dari orang setempat.

    27 Juni 2018, 17:22 WIB

  6. Membuat ku bernostalgia tempat ini selalu padat dikunjungi pengunjung apalagi hari libur … Dikarenakan tempat ini sangan indah membuat siapa saja ingin kembali ke tempat ini ,tidak membuat bosan pengunjung yang datang ,di pinggir pantai nya banyak ikan2 kecil dan berbagai macam organisme laut … Mantap dah pokonya tempat ini cocok untuk keluarga ,acara club motor , acara kampus, acara seminar, acara sekolah. Atau untuk sekedar cari2 jodoh buat si jomblo 2 …. Silahkan kan datang ketempat ini

    29 Juni 2018, 15:21 WIB

  7. Akses jalannya sudah sangat memadai, untuk masuk ke dalam pantainya hanya bisa dilalui oleh motor/berjalan kaki, parkiran mobil disediakan sebelum jembatan penyebrangan. Banyak yg menawarkan penginapan jadi gausah khawatir yg mau nginep, depinggir pantai berjejer warung makan jadi gausah khawatir kelaperann, banyak juga yg camp di pinggir pantai asik seuasannya. Suasana malam disini ramai juga loo jd gausa khawatir kalo malammalam kesini.

    30 Juni 2018, 20:04 WIB

  8. Love this gorgeous beach. . Merupakan ikon pantai di sawarna. Belum ke sawarna kalau belum sampai ke pantai ini. Akses jalan yg sulit & mahal, akan terbayarkan dg keindahan alamnya. Selain batu karang berbentuk layar, yg menurut hikayat merupakan layar perahu sangkuriang, satu hal lagi yg membuat pantai ini berbeda adalah jajaran batu karangnya yg seperti benteng ombak & membentuk air terjun mini. Bagi penikmat sunset, pantai inilah yg disarankan untuk dikunjungi. Tak perlu kuatir, banyak warung bagi pengunjung yg ingin berlama-lama di pantai ini.

    4 Juli 2018, 15:52 WIB

  9. Tempat yang sangat indah. Perjalanan dari kota kabupaten Rangkasbitung menuju lokasi sekitar 4 jam. Jalan akses menuju lokasi sangat bagus, tapi setelah masuk persimpangan jalan masuk area menuju jalan kurang baik. Harap berhati” karena jalan sebagian rusak .. . Tapi itu akan terbayarkan oleh tempat wisata yang sangat indah. Harga tiket cukup 5rb saja. Dan beberapa homestay/penginapan menawarkan harga yang sangat murah seperti penginapan

    10 Juli 2018, 08:51 WIB

  10. Lokasinya di timur desa sawarna, jika sudah masuk kawasan desa sawarna jika ingin main ke tengah datanglah di pagi hari waktu air laut surut, kalau sore sudah pasang jadi susah untuk ketengah… banyak penjual makanan dan aneka minuman, jaraknya cukup jauh dari parkir mobil, alternatifnya adalah dengan ojek atau bawa motor sendiri… jangan buang sampah sembarangan yah.. banyak visitor datang cuma buat nyampah… . Makan ikan bakar per ekor berat 500 gram sekitar 100 ribu, belum termasuk nasi. Harga penginapan berkisar 150 hingga 350 ribu coba nego kalo beruntung . Informasi lebih lanjut intip di youtube channel Alfalegro Jalan Jalan

    25 Juli 2018, 07:01 WIB

  11. Sebenar nya pantai nya indah, krn msh alami, namun sayang bngt tdk tertata dg baik,,dr dulu ga ada perubahan, mobil ga bisa masuk, penginapan2 standar aja, ga ada yg istimewa, sngt berharap pengelolaan nya seperti pantai d pangandaran yg bnr2 sngt berubah d kelola dan d tata dg baik, padahal jln menuju k pantai sawarna udh bgs, walau ada beberapa titik yg msh jelek, sayang bngt ya pantai sawarna yg sangat indah tp lingkungan nya msh jauh dr kata nyaman,,

    12 September 2018, 06:41 WIB

  12. Pantai tanjung layar juga diceritakan dalam babad sunda dan legenda dongeng pesisir selatan, menurut dongeng dan cerita para terdahulu sesepuh banten pakidulan atau banten selatan, pada jaman dahulu kala, karang dua ini adalah jelmaan dari 2 buah kekuatan yang akan dijadikan layarnya perahu atau kapal si sangkuriang untuk berlayar mengarungi samudera selatan setelah melangsungkan pernikahannya dengan dayang sumbi/ atau ibunya sendiri, namun tuhan / sang hyang widi tidak mengabulkan dan mengijinkan kehendak sangkuriang, maka diamuklah semua peralatan perahu/kapal termasuk layarnya, konon menurut cerita kapal itupun ditendang kesebelah bagian utara dan berubahlah menjadi gunung besar atau sekarang disebut tangkuban perahu, nah kalau layar-layar yang besar dilempar kebagian selatan pulau jawa dan berubahlah menjadi karang yang kokoh dan tegar dipantai selatan, tepatnya diwilayah provinsi banten, tepatnya desa sawarna, kecamatan bayah.. . Menurut salah tokoh desa sawarna aki kundie dan ki yani, pada bulan mulud dimalam jum’at kliwon mengadakan ritual dan pemanggilan penjaga pantai selatan dan pantai tanjung layar, diibaratkan 2 karang tanjung layar itu adalah 2 buah gunungan emas yang mengkilap dan bercahaya yang diatasnya ada seekor naga yang menjaganya, dan disebelah barat kearah laut sekitar 10 meter dari karang tanjung layar ada sebuah batu permata emas yang sangat mengkilap dan bercahaya dengan berbagai warna yang memancar dari batunya, letak permata ini ada didalam karang, jika terjadi penampakan atau muncul kepermukaan, maka akan ada cahaya yang keluar dari dasar laut sekitar dengan cahaya yang sangat terang dan mengkilap.. . jika kita perhatikan atau kita photo dari atas dengan menggunakan drone, maka karang tanjung layar dilindungi oleh karang genteng dalam bahasa sunda atau karang yang membentang dari timur kebarat, menghadang dan menghalang pantai karang tanjung layar dari amukan dan terpaan ombak ganas samudera hindia yang besar, ada 2 jajar karang yang membentang menghadang karang tanjung layar ini.. . Untuk para wisatawan atau pengunjung yang datang kepantai tanjung layar pantai sawarna yang tidak mengindahkan larangan dari penjaga pantai atau warga setempat,sering naik ke karang genteng untuk sekedar berphoto atau selfie, padahal hal ini sangat dilarang dan berbahaya untuk keselamatan jiwa dan raga mereka, namun sayang tidak didengar dan diindahkan, dan tidak sedikit yang jatuh dan terluka parah dihantam ombak, bahkan ada juga yang terseret oleh ombak besar.. . Pantai tanjung layar seperti 2 buah istana yang dijaga dan didampingi oleh pengawalnya, pantai tanjung layar ini juga sangat wangsit dan angker, terlarang bagi orang jinah atau melakukan hubungan badan disekitar ini, jika hal-hal negatif dilakukan diarea ini, maka karang akan runtuh dan belah, dan hal ini sudah terjadi berkali-kali, karang tanjung layar sekarang tidak seutuh seperti 8 tahun yang lalu seperti pada jaman kami SMA, disebelah timur karang ini ada lingkaran cekungan karang yang berbentuk tapak kaki atau kami warga setempat menyebutnya tapak sikabayan.

    5 Oktober 2018, 00:21 WIB

  13. Pemandangan nya indah, hanya akses menuju pantai harus dgn ojek dari tempat parkiran, tawar tarif ojeknya semasuk akal mungkin, karna ojek akan menawarkan harga yg fantastis

    10 Oktober 2018, 00:09 WIB

  14. Keren.. ombaknya bikin pengen surving. Tapi gak bisa hahahaha. Jadi ngeliatin bule doang bawa papan selancar. Baiknya dateng pagi-pagi.. biar gak panas aja sih hihi. Kalo kesini jangan sebentar, sayang banget ih kalo bentaran doang 🙂

    13 Oktober 2018, 20:56 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Tanjung Layar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *