Pantai Batu Payung

Pantai Batu Payung

Pantai Batu Payung, Karimunting, Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat 79273, Indonesia

10 Ulasan

Menghabiskan waktu berjam-jam bekerja dalam keseharian terkadang terasa membosankan, apabila aktivitas tersebut terasa sangat melelahkan setiap harinya. Bukan hanya tubuh, terkadang mental serta fikiran juga perlu untuk di istirahatkan dari kejenuhan.

Mengunjungi ke tempat yang membuat seseorang bahagia terbukti bisa menjadikan jiwa dan pikiran nyaman. Maka dari itu penting halnya untuk selalu menjaga jasmani dan rohani untuk selalu dalam keadaan yang baik.

Ada banyak tempat yang bisa Anda jadikan referensi berlibur bersama dengan keluarga dan juga teman-teman. Destinasi wisata alam seperti gunung, taman dan juga pantai adalah tempat yang bisa Anda jadikan tempat untuk melepas penat.

Berbicara tentang pantai, ada banyak pantai yang memiliki view yang indah di Kalimantan Barat. Di sana terdapat Pantai Pasir Panjang, Pantai Samudra Indah dan salah satunya pantai Batu Payung.

Pantai Batu Payung merupakan salah satu pantai yang berada di Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Pantai Batu Payung

Pantai Batu Payung Singkawang Kalimantan Barat

Pulau Kalimantan adalah pulau terbesar di antara pulau-pulau lainnya yang ada di Indonesia. Pulau yang kaya akan hutan-nya bahkan disebut sebagai paru-paru dunia.

Ada banyak wisata alam yang dapat Anda temukan disini. Selain keindahan hutan dan air terjunnya, Kalimantan juga banyak menyimpan pantai yang indah.

Tepatnya di Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan terdapat suatu pantai yang selain memiliki alam yang indah namun juga memiliki banyak wahana yang bisa Anda nikmati.

Pantai tersebut adalah Pantai Batu Payung atau biasa dikenal dengan Mimiland Batu Payung.

Selain memiliki pemandangan yang indah, pantai ini juga memiliki banyak wahana permainan yang siap memanjakan para wisatawan lokal maupun turis asing. Mimi Land Pantai Batu Payung sendiri merupakan salah satu resort yang ada di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Lokasi wisata pantai ini tidak jauh dari Kota Singkawang, tepatnya wisata Pantai Batu Payung Mimiland ini berada di Teluk Suak, Desa Karimunting, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Tampat ini dinamakan Batu Payung karena dari Mimiland Anda akan bisa melihat satu pulau batu dengan pepohonan yang berbentuk menyerupai payung.

Harga Tiket Masuk Pantai Batu Payung

Untuk bisa memasuki kawasan wisata ini, maka Anda harus membayar biaya retribusi tiket sebesar Rp 20.000, harga ini belum termasuk wahana permainan. Tiket wahana yang dikenakanpun cukup beragam, mulai Rp 5.000 per wahana.

Untuk jam kunjungan pengelola menetapkan jam berkunjung dibuka mulai pukul 8 pagi hingga jam 5 sore.

Rute Menuju Lokasi Pantai Batu Payung

Mimi Land Batu Payung Singkawang

Pantai Batu Payung berada pada 30 kilometer jauhnya dari Kota Singkawang. Sedangkan dari Kota Pontianak, maka jaraknya kurang lebih 230 kilometer dimana Anda akan membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk sampai di pantai ini.

Lokasi wisata Pantai Batu Payung ini dapat di jangkau dengan mudah dikarenakan dari jalan besar hingga ke lokasi pantai sudah di aspal mulus. Jadi Anda tidak perlu khawatir mengenai permasalahan yang biasa ditemukan wisatawan dengan jalan bergelombang ketika menuju area pantai.

Obyek Wisata Pantai Batu Payung

Di Pantai Batu Payung ini terdapat fasilitas yang bernama Batu Payung Village. Tempat ini merupakan resort dengan pemandangan pantai yang dikelilingi oleh pulau-pulau kecil yang masih belum terjamah oleh manusia.

Jadi bisa Anda bayangkan betapa indah dan asri-nya panorama alamnya. Suasana pantai juga sangat tenang dan nyaman. Silahkan simak kegiatan apa saja yang dapat Anda lakukan di sini.

1. Menikmati Pemandangan Alam

Pantai Batu Payung Kalimantan Barat

Lokasi Pantai Batu Payung ini berada dalam wilayah kampung nelayan Batu Payung. Panjang pantainya kurang lebih 500 meter dengan area pantai yang bersih dengan pepohonan yang rindang dan juga teduh.

Pantai Batu Payung memiliki keindahan alam tersendiri dimana pantainya berhadapan dengan jajaran pulau-pulau yang tampak hijau dari kejauhan.

2. Menikmati Sunset

Sunset Di Pantai Batu Payung Singkawang

Anda dapat menyaksikan momen sunset yang mana akan memberikan perasaan tenang dan juga nyaman pada saat Anda mengunjungi kawasan wisata Batu Payung ini.

Keadaan warna langit kuning keemasan disertai warna jingga yang indah, membuat suasana semakin nyaman dan mempesona.

3. Menikmati Wahana Permainan

Di Mini Land pantai batu Payung ini, terdapat banyak sekali wahana permainan yang dapat Anda nikmati. Saking lengkapnya wahana yang ada di pantai ini, para wisatawan bahkan menyebut Mimi Land Pantai Batu Payung ini sebagai “Ancolnya Singkawang”.

Wahana-Wahana itu antara lain:

  • Flying Fox
Flying Fox Mimi Land Pantai Batu Payung

Anda beserta anak-anak dapat mencoba wahana permainan flying fox di kawasan wisata ini. Meluncur sepanjang 500 meter di ketinggian sambil menyaksikan keindahan alam Pantai Tanjung Payung akan menjadi sensasi tersendiri untuk Anda.

  • Kincir Angin
Kincir Angin Mimi Land Pantai Batu Payung

Ada juga wahana kincir angin yang dapat Anda nikmati saat berkunjung di pantai ini. Tentu saja anda akan menyaksikan pesona Mimiland Pantai Batu Payung saat berada di puncak wahana ini.

  • Komidi Putar

Komidi Putar adalah salah satu wahana permainan anak yang bersahabat bagi Anda juga anak-anak. Bagi Anda yang takut akan ketinggian maka menaiki komidi putar adalah salah satu pilihan terbaik.

  • Perahu Kora
Perahu Kora Mimi Land Pantai Batu Payung

Bagi Anda yang memiliki nyali besar dan juga mencari wahana dengan adrenalin tinggi maka Anda bisa mencoba sensasi naik perahu kora. Anda akan merasakan goncangan yang cukup besar ke arah depan dan belakang saat memainkan wahana ini.

  • Sepeda Angin
Mimi Land Pantai Batu Payung

Anda bisa berwisata sambil melakukan olahraga di pantai ini yakni dengan menaiki wahana sepeda angin. Sepeda angin ini adalah wahana yang cukup bersahabat bagi Anda yang tidak menyukai permainan dengan adrenalin tinggi.

  • Naik Mobil-Mobilan

Wahana inilah yang cukup digemari oleh anak-anak dan juga orang dewasa. Anda beserta anak-anak dapat melatih kemampuan mengemudikan mobil tanpa khawatir akan insiden yang berbahaya karena wahana permainan ini telah dilengkapi keselamatan yang sangat aman.

  • Ontang Anting
Mimi Land Singkawang

Salah satu wahana yang cukup memacu adrenalin, dan tidak dianjurkan bagi Anda yang takut ketinggian.

Karena di wahana ini Anda akan diputar dengan putaran yang cukup kencang diatas ketinggian, wahana ini hanya cocok bagi Anda yang memiliki nyali besar dan juga pemberani.

4. Kolam Renang

Terdapat kolam renang di Mimi Land Pantai Batu Payung ini bagi Anda yang tidak menyukai berenang di laut. Area renang dari usia anak-anak hingga dewasa pastinya tersedia di tempat ini.

5. Fishing area

Jika Anda merasa memancing di air laut terlalu ekstrim maka Anda bisa mencoba untuk memancing di fishing area di pantai ini.

6. Naik Perahu

Bosan dengan permainan yang memacu adrenalin, maka Anda bisa mencoba menyewa perahu untuk melihat-lihat keindahan alam Pantai Batu Payung ini.

Fasilitas Pantai Batu Payung

Mimi land Batu Payung merupakan salah satu pantai yang memiliki pemandangan indah yang ada di Kabupaten Bengkayang. Tempat ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap .

Di lokasi wisata ini juga menyediakan tempat arau yaitu area untuk pejalan kaki yang digunakan pengunjung yang ingin  menikmati keindahan Pantai Batu Payung.

Terdapat juga arena untuk bermain anak-anak (playground) seperti seluncuran, ayunan dan juga  tempat bermain pasir untuk bermain anak-anak.

Mimi land juga menyediakan restoran dengan pemandangan yang menghadap langsung ke arah laut. Suasana yang disajikan sangat romantis di waktu sore hingga malam hari.

Apabila siang hari serta hari libur banyak sekali penjual makanan dan minuman di area lokasi wisata ini. Masih banyak kegiatan menyenangkan lainnya yang bisa Anda lakukan di Pantai Batu payung ini.

Pantai yang dikenal dengan nama lain Mimi Land ini memiliki berbagai fasilitas yang akan menunjang liburan Anda. Fasilitas tersebut antara lain:

  • Hotel
  • Taman Bermain
  • Fishing Area
  • Penyewaan Perahu
  • Restoran & Cafe dan lainnya

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Batu Payung Singkawang Kalimantan Barat ini. Meskipun pantainya tidak panjang tetapi keunggulan dari pantai ini adalah tersedianya resort untuk menginap dengan kamar yang menghadap langsung ke arah pantai.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda bersama orang terkasih dalam menentukan destinasi wisata di akhir pekan nanti.

10 Ulasan untuk Pantai Batu Payung, Kalimantan Barat

  1. Mw libur

  2. Aku suka sekali.Setahun sekali aku pergi pas tahun baru sama 2 kali saat imlek

  3. Kalo wisata ke sini asik loh, deket ama kebun binatang juga. Gak cuma liburan doang edukasi ke anak adik bahkan diri sendiri juga baik loooh

  4. mantap ni dr sekian banyak.wisata di skw… hanya ni yg paling bagus

  5. lumayan bagus

  6. Salah satu destinasi wisata di kota Pontianak Kalimantan barat

  7. Destinasi wisata terbaik untuk bersantai bersama keluarga

  8. Pantainya masih lumayan bersih

  9. untuk menuju kesini butuh perjuangan yang ekstra,kalo mau jalanpintas dengan menyewa boat isinya bisa 6 orang agar murah harganya. Sewa boat kalo lagi sepi hanya kisaran 250 – 300 rb, tp klo ramai minimal 400 rb PP dengan tujuan yaitu Batu Payung, Bukit Merese dan pantai pasir putih. Di batu payung banyak yang menawarkan kelap muda kalo mo beli ditawar paling mahal 10 rb. Kalo mau forto-foto bisa minta tolongsama yang menjual kelapa muda mereka sudah ahli dalam fotografi mengharahkan gaya foto untuk mendapatkan foto yang bagus

  10. Jauh dari tempat makan malam. Jika nginap disini, makan malam nya harus ke kota Singkawang, butuh setengah jam perjalanan ke kota Singkawang.. . Harusnya disediakan restoran demi kenyamanan pengunjung.. Pengelolaan nya masih kurang maksimal.. . Pertama kalinya kami ke pantai. Tapi gak betah. Boring selama disini. . Semoga bisa ditangani lebih baik lagi

Tinggalkan Balasan