Pantai Caruban

Pantai Caruban

Desa Gedong Mulyo, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah 59271, Indonesia

24 Ulasan

Sambil menunggu musim panas tiba, boleh-lah rasanya berandai-andai pandemi ini telah pergi dan segera merencanakan liburan. Memang-nya ada orang di dunia ini yang tidak butuh liburan?

Memangnya ada yang sanggup hidup tanpa pantai? Sepertinya tidak, tapi bicara soal pantai. Pernahkah Anda berlibur di Pantai Caruban?

Pantai Caruban Rembang

Pantai Caruban Lasem

Pantai Caruban merupakan sebuah pantai yang ada di kota santri Rembang. Meski dikenal sebagai kota santri, tapi objek wisata kota Rembang juga tak kalah menarik.

Tepatnya pantai Caruban berada di Desa Gedong Mulyo, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Salah satu pantai berpasir putih yang dimiliki oleh Indonesia. Pasir-nya yang lembut serta tidak memiliki karang tajam membuatnya cocok sebagai tempat bermain anak.

Terletak di pusat kota Lasem kabupaten Rembang, pantai ini dikenal sebagai alternatif bagi pantai Karang Jahe. Seperti yang Anda ketahui pantai Karang Jahe terkadang sudah terlalu ramai.

Hal itu tentu sangat kurang nyaman jika Anda berlibur ke tempat yang terlalu ramai. Mau lihat pantai, eh kok malah jadi lihat orang berkerumun.

Pantai ini masih bersih serta pastinya nyaman digunakan sebagai pilihan tempat liburan keluarga. Anda dan keluarga tak akan menyesal bila memasukkan Pantai Caruban sebagai salah satu tujuan liburan.

Pantai ini masih memiliki suasana yang asri menjadi nilai plus bagi Pantai Caruban. Pokoknya Anda akan dimanjakan dengan suasana yang nyaman dan menyenangkan.

Harga Tiket Masuk Pantai Caruban

Terkadang kalau sudah menyangkut harga, Anda harus berbisik-bisik supaya tidak terdengar menegangkan. Namun, itu hal yang tak perlu dilakukan di pantai yang satu ini. Pantai Caruban memiliki harga tiket masuk yang sangat murah yakni Rp 10.000 saja.

Dengan harga tiket yang dipatok per kendaraan, membuat pantai ini jauh lebih ekonomis dibandingkan pantai lainnya. Satu hal lagi pemandangan yang indah itu tidak hanya menguntungkan, namun juga terlalu murah untuk harga Rp. 10.000.

Jika Anda memiliki keluarga yang cukup banyak, maka harga tiket ini menjadi faktor krusial dalam setiap liburan. Maka dari itu sangat disarankan untuk mencari tempat dengan harga tiket yang terjangkau demi menjaga pengeluaran berlebih.

Rute Menuju Lokasi Pantai Caruban

Cara paling mudah untuk menuju Pantai Caruban adalah temukan dari SMPN 1 Lasem. Dari SMP tersebut Anda hanya tinggal lurus kemudian belok kanan menuju ke jalan Pantai Caruban.

Di sana juga terdapat penunjuk jalan yang akan menunjukkan Anda arah yang tepat menuju pantai tersebut. Soal rute Anda tidak perlu khawatir sebab kini sudah hadir Google Maps serta Waze yang akan memandu Anda sampai ke tempat tujuan.

Apabila Anda tidak dapat menemukan pantai tersebut Anda bisa bertanya kepada warga sekitar yang akan dengan senang hati membantu Anda menemukan jalan ke pantai.

Akses menuju ke Pantai tjaruban tergolong mudah. Sebab jalan yang dapat dilalui melalui jalan utama dan sudah dapat Anda lihat pada aplikasi Gmaps ataupun Waze. Dengan kemudahan semacam ini membuat Pantai Caruban semakin menjadi pilihan destinasi bagi para pelancong.

Meski jalan menuju ke Pantai belum terlalu bagus, tetap saja jalan menuju pantai ini dapat terbilang mudah dan tidak menyulitkan. Sebab ada beberapa pantai yang mengharuskan Anda untuk berjalan kaki untuk menuju ke pantai.

Di Pantai Caruban ini mobil Anda dapat langsung masuk menuju ke area pantai. Dengan begitu Anda dan keluarga Anda tidak perlu capek-capek jalan kaki menuju area wisata pantai.

Objek Wisata di Pantai Caruban

Di Pantai Caruban ada beberapa hal yang dapat Anda temukan. Mulai dari berteduh di bawah pohon hingga berfoto-foto dengan suasana pantai yang indah.

Tapi, Pantai Caruban ini masih terkenal sangat asli. Jika Anda mencari spot foto berbentuk love kemungkinan Anda tidak akan menemukannya di pantai ini.

1. Menikmati Sunset

Menikmati Sunset Di Pantai Caruban

Pantai Cirebon merupakan salah satu pantai yang memiliki suasana sunset yang indah nan cantik. suasana ini sangat cocok untuk dinikmati sendirian sambil berpikir soal masa depan atau mengenang masa lalu yang sudah lewat.

Suasana menikmati matahari tenggelam di ufuk barat atau sunset ini sangatlah syahdu, apalagi jika Anda seorang musisi indie ditambah segelas kopi.

2. Barisan Pohon Cemara

Pantai Caruban Rembang

Salah satu yang pembeda dari pantai lainnya adalah bagian pohon cemara yang ada di Pantai Caruban. Jajaran pohon cemara ini dapat menjadi tempat berteduh yang nyaman untuk Anda.

Terlebih lagi jika Anda dan keluarga ingin menikmati sejuknya pantai tanpa terpanggang oleh terik matahari maka.

Kini jajaran pohon cemara yang ditata rapi itu sudah cukup besar dan bisa dijadikan tempat berteduh untuk beberapa orang. Selain menambah kesejukan, pohon cemara yang ada di pantai ini juga menambah cantik-nya Pantai Caruban jika dijadikan sebagai spot foto.

3. Hamparan Pasir

Pasir Putih Pantai Caruban

Satu hal lagi yang tidak bisa dilupakan dari sebuah pantai adalah hamparan pasir-nya. Di pantai ini Anda akan temukan hamparan pasir yang luas dan tidak terdapat batu karang.

Tentu saja hamparan pasir ini akan sangat nyaman untuk anak-anak berlarian kesana kemari dan tertawa. Maka dari itulah Pantai Caruban adalah pantai yang sangat cocok untuk liburan keluarga.

Fasilitas di Pantai Caruban

Di Pantai ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menyenangkan para pengunjung pantai. Fasilitas-fasilitas itu antara lain adalah:

1. Gazebo 

Salah satu fasilitas yang ada di pantai ini adalah gazebo. Selain dapat digunakan untuk bersantai gazebo juga dapat digunakan untuk beristirahat setelah bermain di Pantai.

Tempat yang tidak jauh dari pantai membuat gazebo ini menjadi tempat rehat terdekat dari pantai.

2. Penjaga Pantai

Terkadang Anda akan membutuhkan bantuan menjaga pantai apabila mobil Anda terjebak dalam pasir. Tugas penjaga pantai ini tidak hanya mengawasi bagaimana masyarakat menikmati pantai, tapi juga membantu apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Yang jelas penjaga pantai di pantai tjaruban ini cukup sigap dalam menghadapi sebuah situasi. Sebagai contoh adalah ketika mobil pengunjung terjebak pasir maka mereka akan segera pergi menolong.

3. Rumah Makan

Di pantai ini Anda akan dapat menemukan rumah makan dengan mudah. Di area pantai misalnya, Anda dapat membeli makanan ringan seperti mie instan atau minuman ringan yang dapat melepas dahaga.

Akses rumah makan yang tidak terlalu jauh akan membuat sebuah pantai terasa lebih nyaman.

Anda bisa bayangkan ketika jarak antara pantai dan Rumah makan itu terlalu jauh. Maka yang terjadi Anda tidak bisa berlama-lama di pantai karena harus mondar-mandir membeli makanan.

4. Kamar Mandi

Salah satu fasilitas yang paling penting dalam objek wisata seperti pantai adalah kamar mandi. Di Pantai Caruban sudah tersedia kamar mandi yang tidak jauh dari bibir pantai.

Hal tersebut semakin memudahkan Anda untuk membersihkan diri setelah bermain di pasir Pantai.

Dengan tambahan fasilitas yang akan membuat Anda lebih nyaman tentu pantai ini sangat cocok dijadikan salah satu pilihan untuk liburan.

Pantai Caruban sangatlah cocok digunakan sebagai tempat liburan bersama keluarga. Ditambah akses yang mudah, dapat dipastikan Anda tidak akan menyesal ketika berkunjung ke Pantai Caruban Lasem Rembang ini.

24 Ulasan untuk Pantai Caruban, Rembang, Jawa Tengah

  1. Lokasi pantai dekat pusat kota Lasem. Ada petunjuk jalan masuk ke pantai, dan ada petugas yang mengarahkan jalan masuk ke pantai. Jalan masuk ke pantai agak sempit cukup untuk 1 mobil, tp ada yang mengatur jalan masuk dan keluar yg berbeda jd tidak berpapasan antara mobil keluar dan masuk. Biaya masuk untuk motor 5000 dan mobil 10.000. Pantai masih alami dan luas. Ada persewaan ban dan pelampung bagi yang ingin bermain air, dan ada persewaan atv untuk keliling pantai. Sepanjang pantai ada banyak warung makan yang harganya lumayan murah untuk ukuran tempat wisata.

  2. Tidak jauh dari Karang Jahe Beach, pantai ini bisa jadi alternatif jika Karang Jahe terlalu ramai, fasilitas pun cukup lengkap, bermain atv juga ada, atau menyebrang ke pulau karang untuk snorkeling, pemandangan sunrisenya Indah dan kayak untuk ditunggu, bisa camping juga dengan biaya yang murah sekali. Pasir putih lembutnya cocok buat bahan bermain anak dan acara santai keluarga.

  3. Pantainya cukup bersih dan lengkap,sudah dikelola dengan baik…mungkin hanya akses ke pantainya saja yang sedikit mengecewakan karena jalanannya masih belum bagus dan hanya muat satu mobil. . Saat sore banyak ubur ubur . Pantai bersih dan nyaman sehingga betah berlama lama disana.. Datang ketika libur akan sangat padat.

  4. Lumayan pantainya. Sayang sekarang malah dibatasi median2 dipinggir jalan pantai. Kalau bisa tandon air di kamar mandi dohuat diatas jadi ga perlu nimba air

  5. Pantai caruban pantai yang berada di daerah lasem pantai ini memiliki keindahan yang bagus dan bagus nya lagi buat para pecinta motor atau kendaraaan yang lain kendaraan anda dapat masuk ke pantai

  6. Mungkin disaat ada sedikit perawatan dan perhatian dari pemerintah akan menambah daya pikat para wisatawan luar untuk berkunjung di pantai ini. Sebenarnya pantai nya bersih dan cukup ramai dengan masyarakat lokal. Over all is good πŸ‘

  7. walau minim fasilitas, pantai ini sungguh indah…. dg pantai pasirnya yg luas, landai…. bisa lari2 an kesani sini…. parkir mobil bisa langsung di pantai, bahkan bisa langsung ke laut sekalipun…. penjaga yg sigap jk mobil kita terjebak pasir…. tiket murah…

  8. Lumayan untuk liburan di rembang.. Masih banyak yang perlu dibenahi mulai dari penataan lingkungan, penataan toko/warung, penataan taman dan fasilitas hiburan.

  9. Pantai Caruban terletak di kecamatan Lasem kab.Rembang . Tidak jauh beda sama pantai karang jahe karena pantai ini cukup dekat bersebelahan . Jika anda ingin merasakan pantai yang tenang dan tidak terlalu ramai, pantai ini sangat cocok . . Dengan tarif murah meriah sangat pas di kantong pelajar . Yuk mampir dan rasakan ke istimewaanya .

  10. Ombak yang indah, pasir laut yang membentang luas, serta para penghuni di sekitar daerah pantai yang ramah.

  11. Tempat yang nyaman, tiket masuk cuma Rp. 3000, fasilitas cukup memadai terdapat pondok pondok buat berteduh dan istirahat, warung penjual makanan cukup banyak, akses menuju lokasi kurang terlihat jika dari jalan raya, tapi jika berpedoman dengan google maps lokasi akurat, akses masuk ke pantai bisa di lewati oleh satu mobil saja, pantainya cukup sepi padahal di musim liburan mungkin tidak banyak orang yang tau, dari pengamatan yang saya lihat pengelolaan sampah kurang begitu baik, . Jadi pantai ini sangat direkomendasikan untuk di kunjungi

  12. Pantai yg cocok buat liburan keluarga, pasangan, atau lagi galau sendirian bisa menikmati sunset di sore hari buat yg lagi ada di rembang-lasem wajib mampir gak kalah keren dari pantai yg lain kok. Nyaman banget dan masih cukup bersih pantainya.

  13. Pantai landai dengan adanya pohon cemara dibagian pinggirnya terus banyak warung-warung yang bikin tambah betah disana. Buat biaya masuknya biasanya mobil 10 ribu terus sepeda motor 5ribu, terus buat jalan kesana itu ada 3 jalan yang dapet ditempuh, rute pendek,sedang sama panjang. Jalan kesana gabakalan kerasa jauh soalnya banyak tambak garam dikanan kiri jalan

  14. caruban 10 tahun yg lalu,kamera msh vga.hehehehe. jln2 sore ma tmn2 SMA dulu bersama temanku agus foto berlima dia yg paling pinggir yg skrng sdh almarhum,smg dia dpt tmpt yg terbaik disisiNya. Jalan kesana dulu msh kcl,pantainya bersih dan indh bgt. Stlh dibangun blm smpt lg kesana,pngn rasanya nostalgia lg….

  15. Sudah lama tidak kesini, seperti dulu pantainya luas pohon cemara banyak bisa ngadem. Suara ombaknya bisa bikin kita melupakan sejenak rutinitas sehari-hari. Tolong yang kesini kalo buang sampah jangan sembarangan ya. Tempat bagus harus kita rawat

  16. Hay traveler, pantai ini g begitu rame, masih agak asri, pas surut juga pasirnya panjng, cocok bagi kamu yg ingin menyendiri menikmati deburan ombak dan angin sepoi-sepoi serta mengenang masalalu πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†.

  17. jalan menuju pantai rusak dan sempit untuk mobil kalo papasan dg kendaraan yg berlawanan arah.. mungkin ke depannya bisa lebih di perbaiki untuk akses jalan menuju pantai nya…

  18. Pantai sepi nan syahdu, asik sekali untuk quality time. Pntainya juga bersih. Cemara yg di tanam rapi sudah rimbun dgn saung saung asik d tepi pantai😍

  19. Pantai sepi nan syahdu, asik sekali untuk quality time. Pntainya juga bersih. Cemara yg di tanam rapi sudah rimbun dgn saung saung asik d tepi pantai😍

  20. Untuk viewnya sendiri, disini enak dan asik. Biaya masuknya pun dihitung per kendaraan bukan per kepala. Untuk penjualnya disini ramah ramah

  21. Lumayan bagus pantainya … teduh dan landai. Banyak gazebo2 . . Hanya sampahnya mulai menganggu …. tolong berikan masukan utk pihak pengurus mulai mengelola sampah2 yg ada , mulai mengedukasi pengunjungmya juga utk tdk buang sampah sembarangan …krn sudah semakin banyak pengunjungnya dari awal sepi …mulai ramai skrg . . Segala sampah mulai dari popok disposible bekas, bungkus rokok dan puntung2nya , bungkus snack dll…. Minim tempat sampah . . Mungkin boleh juga dibangun tempat bilas yg proper … disini kesulitan air shg pihak2 yg menyediakan tempat bilas -pun harus membeli air bersih dan akibatnya kl bilas cuma dijatah seember saja.

  22. Hehe , sukaa sekali . tidak ada harga tiket masuk , hanya dikenakan biaya parkir sepeda . tempatnya bersih , indah dan jauh dari polusi . waktu saya berkunjung memang belum banyak yg menyewakan motor motoran . jadi udara masih dijamin bersih . sayangnya tempat masuk menuju pantainya cukup jauh , tidak ada ojek atau kendaraan yg dapat disewa untuk menuju ke tempat wisatanya . penyewaan pelampung dan motor pun harganya cukup melambung dibandingakan pantai di kota rembang lainnya . tempat parkir pun tidak disediakan khusus . kamar mandi menurut saya kurang memadai. Karna Melihat banyaknya pengunjung yang datang , semoga besok sudah mulai di tambah .

  23. Pantai caruban memiliki panorama yang bagus, akan tetapi objek wisata yang disediakan kurang banyak dan kurang memanfaatkan potensi alam yang digunakan. Alangkah lebih baiknya agar disediakan tempat pembuangan sampah yang memadai, karena masih terlihat banyak sampah berserakan di pantai. Lokasi yang dituju kurang strategis karena harus masuk perkampungan warga, alangkah lebih baiknya jika akses untuk ke pantai caruban dipermudah agar banyak peminat yang datang ke pantai

  24. Pantai pasir yg indah….di penuhi pohon cemara yg membuat udara jadi sejuk…

Tinggalkan Balasan