Pantai Ciantir Sawarna

18x dibaca

pantai ciantir sawarna
Nama Pantai Ciantir Sawarna
Lokasi Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten 42393, Indonesia
Ulasan (4.4 / 5)

Indoensia dikenal sebagai negara dengan wisata alam berupa pantai yang banyak, beragam, sekaligus memiliki daya tarik yang berbeda dan tidak ditemukan di tempat lain. Salah satunya di Banten, berbagai macam pantai dengan pesona alam tersendiri menjadikan Banten sebagai destinasi wisata oleh para wisatawan dari berbagai tempat dan daerah. Berbicara tentang pantai Banten, Anda tentu mengenal pantai Ciantir.

Pantai yang terletak di kawasan pantai Sarwana ini memiliki pesona yang tak kalah dengan pantai Kuta di Bali. Sebuah pantai dengan hamparan horizon yang luas dan bentuk goegrafis pantai yang cenderung datar ini terletak tak jauh dari pusat kota Banten. Lebih tepatnya, posisi Pantai Ciantir ini ada di kampung Gendol, sebuah kampung yang ada di desa Sawarna Kecamatan Bayah, Banten.

Harga Tiket Masuk

Menuju ke pantai ini Anda cukup membayar biaya tiket masuk yang sangat cocok di kantong. Hanya sebesar Rp 5.000,- saja Anda sudah bisa menikmati aneka pesona pantai Ciatir Sawarna ini. Untuk parkir kendaraan, Anda cukup membayar Rp 2.000,- untuk kendaraan bermotor. Sedangkan untuk kendaraan mobil dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000,- saja.

Rute Menuju Lokasi

Beberapa orang bisa saja bingung menentukan pilihan tempat wisata. Anda pun bisa jadi mengalaminya juga karena mempertimbangkan akses, rute, maupun obyek wisata yang ada di tempat wisata yang akan Anda kunjungi. Untuk pantai Ciantir ini, Anda tidak perlu khawatir bahkan bingung. Karena akses menuju pantai sangat mudah, lancar, dan jalan yang dilewati sudah bagus.

Selain itu rute yang bisa Anda lalui pun sangat gampang. Jika Anda berasal dari luar Banten cobalah memulai perjalanan dari Jakarta. Kemudian silakan melanjutkan perjalanan menuju Cibadak dengan melewati rute Ciawi. Anda kemudian akan tiba di pelabuhan Ratu. Dari pelabuhan ratu ini silakan menuju ke Bayah. Di desa Bayah ini ikuti saja penunjuk arah pantai Ciantir maka Anda akan segera tiba di sana.

Perjalanan menggunakan rute diatas bisa Anda lalui dalam waktu 7 jam saja, tergantung macet atau tidaknya jalur tersebut. Jalur alternatif yang bisa Anda tempuh adalah melewati rute Serang dengan lama perjalanan lebih lama yaitu selama 9 jam perjalanan.
Jika melewatir rute ini, Anda akan mengarah ke Pandeglang, Banten. Kemudian menuju ke daerah Malingping. Dari sini Anda akan segera sampai di desa pantai Ciantir yaitu desa Bayah. Kemudian Anda tinggal mengikuti papan penunjuk arah atau bertanya dengan warga sekitar.

Obyek Wisata

Banten terkenal sebagai daerah dengan pariwisata yang memukau seperti air terjun, gunung, danau, juga pantai khususnya. Salah satu pantai yang saat ini tengah digemari kalangan traveller pencinta pantai adalah pantai Ciantir. Berkat sosial media, nama pantai ini semakin merebak, hingga tingginya jumlah pengunjung setiap tahunnya.

Salah satu pantai di kawasan pantai Sawarna Banten ini menjadi perbincangan masyarakat. Tak heran hal itu terjadi karena obyek wisata yang menakjubkan. Pantai Ciantir menjadi salah satu pantai yang mempunyai iklim pantai yang tenang dan menyenangkan. Anda pun pastinya penasaran apa saja obyek pariwisata yang ada di pantai Ciantir Sawarna ini. Berikut ini beragam rupa obyek wisata yang bisa Anda nikmati.

1. Panorama Matahari Tenggelam

Pemandangan matahari tenggelam selalu memiliki kesan indah yang berbeda. Terutama jika dinikmati bersama deburan ombak dan horizon pantai dan langit yang cerah. Semua itu bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi pantai Ciantir Sawarna ini. Anda bisa mengabadikan momen yang sebentar ini dengan berfoto ala siluet berlatar langit senja dan sunset, juga bayangan ombak yang menggulung di pantai.

2. Susur Pantai

Menyusuri pantai merupakan kegiatan yang menyenangkan apalagi dilakukan bersama orang terkasih. Pantai Ciantir merupakan pantai pasir putih yang sangat bersih, membuat jalan-jalan di pinggir pantai menjadi lebih santai dan nyaman. Apalagi sambil menunggu sunset tiba.

3. Wisata Kuliner

Merasa lapar setelah berpuas ria bermain di pantai Ciantir dan menikmati segala macam obyek wisatanya? Tidak perlu khawatir, Anda bisa menikmati sajian kuliner khas pantai Banten seperti seafood atau makanan hangat lainnya. Sensasi makan di pinggir pantai selalu menghadirkan rasa yang berbeda.

4. Area Berkemah

Tak hanya menikmati pemandangan pantai dari pagi hingga sore. Anda pun bisa bermalam di pinggir pantai dengan mendirikan tenda camp. Tentunya akan menambah kesan seru dalam liburan panjang Anda bersama teman-teman. Saat malam tahun baru, juga saat langit cerah, berkemah di pantai ini sangat menyenangkan. Menikmati keindahan pantai saat siang hari dan keindahan bintang di langit saat malam hari.

5. Berenang di Pantai

Pantai Ciantir Sawarna memiliki bibir pantai yang tidak terlalu menjorok langsung ke laut, ombaknya pun bersahabat. Anda bisa bermain air di pinggiran pantai yang luas ini. Kegiatan ini tentunya sangat menarik dan bermanfaat bagi anak-anak. Meskipun ombak pantai Ciantir tenang, namun Anda tetap harus mengawasi anak Anda dan berhati-hati untuk diri sendiri agar tidak terlalu jauh dari pantai.

Setelah mengetahui apa saja dan bagaimana keseruan berlibur di pantai Ciantir Sawarna Banten ini, tentunya Anda juga harus menyaksikan dan merasakan langsung keseruannya. Jangan ragu untuk mengunjungi pantai penuh keseruan ini apalagi bersama keluarga, teman, maupun orang terkasih Anda. Pastikan Anda sudah menyiapkan apa yang perlu Anda bawa sebelum pergi ke pantai indah ini.


Airul Halo, nama saya Airul. Seorang internet marketer yang hobi traveling. Melalui Pantanesia.com ini, saya ingin berbagai lokasi-lokasi wisata pantai menarik yang pernah dan ingin saya kunjungi.

5 ulasan untuk Pantai Ciantir Sawarna

  1. Pantai dengan pasir yang lembut. Namun jangan berenang terlalu ke tengah, karena bisa terseret ombak. Bersebelahan dengan pantai nelayan Sawarna. Disekitar pantai ini terdapat banyak penginapan dengan harga yg cukup terjangkau

  2. Keren.. Letaknya gak jauh dari pantai sawarna hanya tinggal jalan kaki, apalagi di sebrang pantai nya ada sungai. So amazing ❤

  3. Jarak tempuh yg jauh dari cibubur, pantai nya lumayan bagus, pasir nya putih, ombak nya besar, tp banyak sampah…

  4. Salah satu wisata yang ada d Sawarna . Tempat ini menjadi salah satu tempat nyantai sambil menikmati pemandangan yang menghamparkan pasir putih yang lumayan luas. Tempat ini bisa menampung kisaran 50 rb pengunjung cukup nyaman buat renang,main pasir,surfing dll

  5. Tempatnya bagus, indah, biaya masuk sekitar 10-15rb, cocog buat wisata keluarga, yang jualan juga banyak jadi tidak khawatir untuk kelaparan heheheh, akses jalannya lumayan bagus,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *