Pantai Congot

40x dibaca

Pantai Congot
Nama Pantai Congot
Lokasi Pantai Ngrenehan, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Ulasan (4.5 / 5)

Pantai Congot adalah pantai yang terletak di Kulonprogo, Yogyakarta. Seperti yang diketahui banyak orang bahwa sebagian pantai yang ada di wilayah Yogyakarta berada di Gunungkidul, namun dengan adanya pantai ini membuktikan bahwa Kulonprogo juga memiliki pantai yang sangat indah. Pantai ini dianggap oleh warga sekitar dan wisatawan sebagai pantai yang sangat kental sebagai kawasan nelayan.

Lokasi pantai ini terletak di Dusun Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kulonprogo, Yogyakarta. Pantai ini berdekatan dengan kawasan hutan Mangrove yang hanya dapat ditempuh selama 15 menit. Pantai Congot dikenal oleh wisatawan berawal dari dikenalnya Mangrove di Kulonprogo ini sehingga pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata baru bagi pengunjung terutama anak-anak milenial zaman sekarang. Selain berdekatan dengan hutan mangrove, pantai ini juga berada tepat bagian barat dari Sungai Bogowonto.

Harga Tiket Masuk

Untuk mengakses ke pantai sekaligus kawasan konservasi yang terletak di Pasir Mendit ini hanya dikenakan biaya sebesar Rp 5.000,- per orang saja. Sedangkan jika sudah sampai di lokasi dikenakan biaya parkir Rp 2.000,- untuk kendaraan roda dua. Banyak pengunjung yang memanfaatkan kawasan ini bukan hanya untuk menikmati pemandangan saja, namun juga digunakan unuk memancing karena kawasan ini memiliki banyak ikan dari aliran sungai Bogowonto.

Namun bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke Pantai Congot sebaiknya datang pukul 08.00, untuk batas waktu berkunjung hingga pukul 17.00 WIB. Tempat ini seringkali dipilih sebagai tempat untuk hunting sunset, oleh karena itu banyak pengunjung yang datang di waktu mendekati matahari tenggelam.

Rute

Rute Pantai Congot

Menuju ke Pantai Congot dapat ditempuh dengan kendaraan darat menuju ke Kulonprogo. Sampai saat ini pantai di Kulonprogo yang banyak dikenal hanya lah Pantai Glagah dan Pantai Trisik, namun dengan banyaknya wisatawan baru yang mengeskpose keindahan Pantai Congot ini menjadikan tempat ini sebagai pilihan berwisata baru bagi para traveller.

Rute yang bisa dilalui untuk mencapai lokasi yaitu dari pusat kota Yogyakarta menuju Jalan Wates. Apabila sampai di Patung Nyi Ageng Serang, Anda dapat mengambil arah menuju Purworejo yang akan melewati terminal Wates. Jarak yang ditempuh kurang lebih 10 kilometer hingga menemukan jalan yang membentuk huruf Y. Lalu Anda ambil jalan ke kiri hingga bertemu jembatan Congot, dari situ akan ditemukan petunjuk jalan yang menunjukan Dusun Pasir Mendit. Karena kawasan Pantai Congot menjadi satu dengan Hutan Mangrove, jadi perjalanan Anda dalam menemukan pantai ini akan lebih mudah.

Objek Wisata

Berbeda dengan kebanyakan pantai yang ada di Yogyakarta, Pantai Congot sedikit memberikan keunikan dan keindahan lainnya. Biasanya mayoritas pantai hanya memberikan sajian pasir putih, ombak dan air biru dari kejauhan, dan pemandangan tebing, namun pantai ini menyatu dengan hutan bakau yang dapat dinikmati dan membuat Anda lebih dekat dengan alam.

Selain hutan bakau, disana juga terdapat pohon cemara. Walaupun pantainya masih berpasir hitam, tidak mengurangi keindahan alam yang diberikan oleh Pantai Congot. Berikut beberapa hal yang wajib dipertimbangkan agar Anda memilih pantai ini sebagai salah satu destinasi wisata :

1. Keindahan Hutan Mangrove

Mangrove Pantai Congot

Keindahan alam di pantai ini memang tidak ada duanya, karena membuat pengunjung seakan lebih dekat dengan alam dan bisa menikmati hawa sejuk dari berbagai pepohonan. Beberapa tanaman mangrove di sepanjang jembatan bamboo menjadi kawasan ini terlihat lebih indah.

Padahal penanaman bakau di area ini sebenarnya untuk mencegah adanya abrasi sejak tahun 1989 lalu, namun semakin berkembangnya pembudidayaan bakau di kawasan pantai ini justru lebih mempercantik pantai pasir hitam ini. Dengan banyaknya minat pengunjung tentang tanaman bakau ini, sekarang pengelola kawasan lebih giat lagi dalam melestarikan tanaman bakau di sekitar pantai.

2. Fasilitas yang Didapatkan

Walaupun namanya kurang sering didengar diantara pantai-pantai yang lainnya di Kota Gudeg ini, namun pantai ini sudah memiliki berbagai fasilitas yang dapat menunjang perjalanan berwisata Anda. Seperti dengan adanya area parkir yang luas, kamar mandi yang memadai, mushola, dan tentunya beberapa warung makan. Sampai saat ini fasilitas di area pantai masih terus ditingkatkan agar wisatawan lebih terasa puas dan tidak menyesal berkunjung ke lokasi tersebut.

Kuliner

Tidak sepadan dengan keindahan alam dan panorama yang disuguhkan di Pantai Congot, sayangnya belum ada warung yang menyedikan pilihan kuliner makanan. Berbeda dengan beberapa pantai lainnya yang banyak menyediakan pilihan menu olahan laut. Di area Pasir Mendit ini warung hanya menjual makanan ringan atau pengganjal perut saja seperti pop mie, roti-rotian, dan minuman botol. Jadi sebaiknya Anda harus membawa perbekalan yang cukup, namun tetap harus menjaga kebersihan pantai.

Namun berkembangnya fasilitas yang terus ditingkatkan oleh pihak pengelola kawasan Hutan Mangrove dan Pantai Congot ini, kuliner menjadi salah satu yang sedang dipikirkan karena kuliner adalah salah satu komponen yang dapat menarik jumlah wisatawan bahkan menjadi ciri khas dari suatu destinasi wisata.

Terlepas dari kekurangan baik dari kurangnya pilihan kuliner atau pun kawasan yang belum terlalu luas, Pantai Congot ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin berwisata air namun tidak ingin yang terlalu jauh. Untuk menuju ke kawasan ini, Anda hanya menempuh perjalanan kurang dari 1 jam. Untuk Anda yang ingin merasakan sensasi dekat dengan alam, dan ingin bermain di area air laut, kawasan ini tentu pilihan yang tepat. Selamat berlibur dan menikmati alam sekitarmu!


Manarul Hakim Hai, saya Manarul. Saya suka melihat dan menikmati keindahan alam, salah satunya yaitu pantai. Melalui Pantainesia.com saya ingin berbagi mengenai pantai menarik yang ada di Indonesia

2 ulasan untuk Pantai Congot

  1. Pertama kali menginjakkan kaki dsini speachless pokoknya..!!! . Over all the best.. . “Disini ku datang bersama janji”. Yg mgkin t’lah menjadi sejarah… dg seorang sahabat yg hilang. . detik ini ku injakkan kakiQ di tanahmu, . nmun tak tau hrus kmana aq melangkah mencarimu. . . jst for ERWIN. fm me EKKY . . BANTUL.

  2. Pertama kali menginjakkan kaki dsini speachless pokoknya..!!! . Over all the best.. . “Disini ku datang bersama janji”. Yg mgkin t’lah menjadi sejarah… dg seorang sahabat yg hilang. . detik ini ku injakkan kakiQ di tanahmu, . nmun tak tau hrus kmana aq melangkah mencarimu. . . jst for ERWIN. fm me EKKY . . BANTUL.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *