Pantai-Bugel

Pantai Bugel

Walaupun namanya masih terdengar sangat asing di telinga para wisatawan, nama ‘Pantai Bugel’ ternyata menyimpan banyak keindahan dan keunggulan yang tidak disangka-sangka oleh pemburu tempat wisata. Tidak seperti Pantai Wediombo, Pantai Indrayanti, maupun Pantai Pok Tunggal yang berada di Gunungkidul dan tentunya sudah banyak fotonya sudah berlalu lalang di berbagai sosial media, salah satunya Instagram.

Di dalam area pantai ini memiliki banyak pohon cemara yang menjadi daya tarik sekaligus penambah unsur keindahan pantai. Pantai yang berlokasi di Kulonprogo ini walaupun belum banyak dijamah oleh wisatawan, pantai ini justru memberikan pesonanya yang tidak kalah dengan pantai di Jogja lainnya. Lokasi tepatnya berdekatan dengan Pantai Trisik dan Pantai Glagah.

Harga Tiket Masuk

Pantai yang masih sangat terlihat asri ini sering dimanfaatkan pengunjung untuk mencari ketenangan karena suasananya yang masih sangat sepi dan minim pengunjung. Apabila Anda ingin mengadakan acara seperti camping, tentu Anda dapat memilih pantai ini untuk menikmati kebersamaan bersama teman-teman maupun keluarga.

Agar bisa mengakses Pantai Bugel, Anda tidak perlu mengeluarkan sepeser pun karena masuk ke pantai ini tidak dikenakan biaya masuk, cukup membayar parkir sebesar Rp 2.500,- saja untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000,- untuk kendaraan roda empat. Namun yang perlu diperhatikan adalah ombak di pantai ini dapat terbilang besar, jadi Anda yang membawa buah hati harap untuk memberikan perhatian yang ekstra karena di pantai berpasir hitam ini tidak memiliki tim SAR yang dengan siaga menolong.

Rute

Untuk menuju Pantai Bugel ini Anda dapat melalui rute menuju ke Pantai Glagah karena lokasinya sangat berdekatan. Pantai ini terletak di Desa Bugel, Kecamatan Panjatan, Kulonprogo, Jogja dan membutuhkan perjalanan selama 1,5 jam dari pusat kota. Sebaiknya untuk menempuh perjalanan ke Pantai Bugel disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua.

Berikut rute yang dapat dipilih jika Anda ingin menuju ke pantai ini :

1. Melewati Jalan Bantul

Jalan Bantul-Palbapang Bantul-belok arah ke kanan-Jembatan Srandakan-lampu merah ke kiri-ambil arah ke Desa Bugel (satu arah menuju Pantai Glagah)-Pantai Bugel

2. Melewati Jalan Wates

Jalan Wates-Sentolo-Wates pusat -Purworejo-belok ke kiri-ikuti arah menuju Pantai Glagah-ambil ke arah Desa Bugel-Pantai Bugel

Walaupun dengan melewati kedua alternatif rute tersebut perjalanan Anda akan sampai dengan durasi yang kurang lebih sama, namun Anda akan menemukan sedikit kesulitan sewaktu perjalanan. Untuk menuju ke titik lokasi sangat sedikit petunjuk arah atau petunjuk jalan untuk mengarahkan wisatawan mencari Desa Bugel. Namun jika Anda merasa kesulitan, sebaiknya bertanya dengan warga setempat karena terkadang google maps sangat berbeda.

Objek Wisata

Unsur yang menjadi pembeda Pantai Bugel dengan pantai pasir hitam lainnya seperti Pantai Parangtritis, Pantai Depok, Pantai Goa Cemara, bahkan Pantai Glagah yang berlokasi berdekatan, adalah suasana private pantai ini yang tidak akan didapatkan di pantai lainnya. Berbeda dengan Pantai Parangtritis dan Pantai Glagah yang sudah dikenal banyak wisatawan dengan pilihan kuliner dan tawaran fasilitasnya yang beragam, Pantai Bugel hanya menawarkan sebuah ketenangan yang bisa dinikmati di sebuah area ombak pantai.

Bahkan pantai ini seringkali dipilih oleh pengunjung yang memang ingin benar-benar menikmati suasana pantai yang sepi dan bebas dari keramaian. Salah satu keunggulan pantai di pesisir Kulongprogo ini tidak banyak orang berjualan, tidak banyak orang berebutan untuk selfie, dan juga area pantai yang tidak kotor karena sampah makanan yang dibuang sembarangan.

Berikut beberapa kelebihan lainnya yang bisa ditawarkan di pantai ini :

1. Suasana Perkampungan yang Membuat Betah

Pantai-Bugel-Kulonprogo

Untuk menuju ke area pantai setelah melewati tempat parkir, Anda akan melewati sebuah jalan setapak yang akan melewati rumah warga, sawah, dan bebatuan. Disitu Anda akan mencium aroma trasi yang sangat sedap dan seolah sedang berjalan ke kampung halaman Anda. Jika sudah berada di kawasan pantai, akan ditemukan banyak pohon cemara udang yang mengelilingi Anda.

2. Fasilitas yang Cukup Memadai

Walaupun terbilang pantai baru dan pantai yang kurang dijamah pengunjung, namun di tempat ini sudah memberikan fasilitas yang cukup seperti parkir yang luas, toilet, mushola, penginapan, kamar mandi, maupun tempat makan. Untuk menggunakan fasilitas mandi dan buang air kecil dikenakan biaya Rp 2.000,- dan Rp 1.000,- saja untuk cuci kaki.

Pantai Bugel Jogja

3. Kuliner

Kuliner di Pantai Bugel ini sedikit berbeda dengan pantai kebanyakan yang menjual aneka olahan masakan laut. Di pantai ini tidak begitu lengkap, hanya menyediakan masakan-masakan lokal saja seperti sayuran, dan beberapa masakan ikan. Jadi untuk Anda yang ingin berwisata ke pantai ini dianjurkan untuk membawa bekal pribadi.

Disamping kelebihannya, bagi Anda yang ingin mengakses ke lokasi ini menggunakan kendaraan roda empat harus berhati-hati karena medan untuk menuju pantai cukup terjal dan harus berhati-hati. Selain itu, tidak disarankan untuk para pengunjung untuk berenang di pantai karena tidak ada tim medis yang siap siaga berjaga di pantai ini.

Kebutuhan untuk berlibur setiap orang memang berbeda-beda, ada yang hanya mengikuti trend agar dinilai sudah mengunjungi sebuah tempat wisata, namun tidak mendapatkan definisi ‘wisata’ yang sebenarnya. Jadi untuk Anda yang menginginkan berwisata yang sebenarnya dan ingin mencari ketenangan, dianjurkan untuk berkunjung ke Pantai Bugel. Tentunya Anda harus tetap berhati-hati dan waspada dimanapun Anda berada. Selamat berlibur dan menikmati waktu akhir pekan Anda!

Ulasan Pengunjung

  • pras dark
    dalam minggu terakhir
    Bagus banget tempat nya.... Buat yg pengen nenangin diri atau bener2 pengen suasana private beach cocok ni tempat.... Jalan aja ke ujung timur sepi sunyi viewnya bagus udara bagus.... Ga kebanyakan orang jd sepi tenang... Tp ati2 klo mau renang lebih baik jangan ombaknya gede
  • yaipe yiyien
    dalam minggu terakhir
    Lumayan, buat liat pemandangan mah. Nlm ada fasilitas, paling toilet, warung, gedung lelang ikan, parkir. Dan tdk boleh berenang karena bahaya
  • akhmad musyarif
    sebulan yang lalu
    Lumayan tempatnya, ada pelelangan ikan juga trus ada yg jualan. Tiketnya 2k buat motor, kalo naek sepeda ngga bayar. Tapi jangan sekali-kali nyebur ke air ya soalnya ombaknya gede dan berbahaya
  • Ing Inging
    sebulan yang lalu
    Tempatnya bagus sudaah ada tulisan Pantai Bugel, sayangnya masih adansampah berserakan dan juga tidak ada penjaga pantai atau petugas jaga disitu. Juga pantainya tidak boleh buat berendam karena ombaknya keras. Jangan pernah berenang disitu pokoknya
  • llyod花子
    sebulan yang lalu
    Buat yang suka sepi dan lagi cari inspirasi. Atau yang pengen refreshing setelah jenuh dalam kerjaan 😂😂