Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara

Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta 55763, Indonesia.

15 Ulasan

Kota Yogyakarta merupakan salah satu tujuan wisata favorit bagi para wisatawan. Keanekaragaman budaya yang masih begitu kental didukung dengan adanya masyarakat yang ramah menjadikan karakteristik unik dari kota pelajar ini.

Sehingga tak heran, jika saat musim liburan tiba, kota ini cukup dipadati oleh pengunjung dari luar kota.

Mereka tak hanya mengunjungi di pusat kota nya saja, namun juga ingin menikmati keindahan objek wisata alami atau pantainya.

Salah satu pantai jujukan para wisatawan yang cukup mudah diakses yaitu Pantai Goa Cemara yang berada di Bantul Yogyakarta.

Pantai Goa Cemara Kabupaten Bantul

Selain memiliki keunikan tersendiri, pantai ini dianggap sebagai destinasi yang cocok dikunjungi oleh keluarga.

Kenapa bisa dikatakan cocok bagi keluarga ya? Untuk mengetahui jawabannya ada di artikel ini. Simak terus sampai habis ya! 

Sejarah Pantai Goa Cemara

Apa yang terbesit di pikiran Anda setelah mendengar nama Goa Cemara? Pasti Anda berfikiran bahwa ada gua yang terdapat pohon cemara ya?

Nah, sebenarnya yang Anda pikirkan ada benarnya. Namun pantai ini tidak memiliki goa yang terbuat dari bangunan, tetapi adanya pohon cemara yang tumbuh di kawasan ini berbentuk seperti mulut goa.

Sehingga dari sinilah disebut sebagai Pantai Goa Cemara. Pohon cemara yang tumbuh di lingkungan ini pun berjenis cemara udang dengan dedaunan yang berwarna hijau segar.

Adanya pohon ini juga digunakan sebagai usaha pencegahan terjadinya abrasi yang disebabkan air laut.

Namun, keberadaan pantai ini yang memang berada di pantai selatan, kerap kali dihubung-hubungkan dengan keberadaan Ratu Pantai Selatan, sehingga pantai ini tak lepas dari mitos mistis.  

Mitos ini pun semakin kental karena pantai ini memang dijadikan sebagai salah satu pantai yang dipergunakan sebagai tradisi labuhan pada setiap tanggal 1 Hijriah.

Tradisi ini adalah dengan kegiatan larung kambing kendit, yaitu kambing yang berbulu hitam dan motif lingkaran putih.

Kambing yang dilarung itu merupakan kambing yang terbuat dari kayu dan dibentuk sama persis dengan aslinya. Oleh karena itu, kambing kendit menjadi simbol dari keberadaan Pantai Goa Cemara.

Prosesi tersebut dimulai dari rumah kepala dusun yang kemudian kirab membawa arak-arakan dengan membawa hasil bumi, ubarampe, tumpeng, ingkung dengan berjalan kaki menuju pendopo budaya.

Sesampainya berada di pendopo budaya, akan ada pertunjukan tari yang menceritakan asal-usul tradisi labuhan di pantai ini.

Selanjutnya, arak-arakan tersebut dibawa menuju pantai dan berdoa dengan tak lupa memberi salam pada penguasa pantai selatan.Kemudian melakukan prosesi larung dan berebut gunungan hasil bumi.

Harga Tiket Masuk Pantai Goa Cemara

Objek wisata yang berada di sebelah selatan kota Yogyakarta ini dianggap cocok sebagai destinasi wisata keluarga atau rombongan. Karena memang merupakan destinasi wisata yang murah.

Pengunjung hanya akan membayar tiket masuk Rp 5.000 saja dan biaya parkir Rp 3.000 hingga Rp 15.000, sesuai dengan jenis kendaraan. Murah sekali bukan?

Rute Menuju Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara Di Bantul

Jika Anda sedang berada di Yogyakarta, tak ada salahnya untuk mampir berlibur di Pantai Goa Cemara ini.

Selain pantai Goa Cemara ini, Anda dapat langsung mengunjungi Pantai Depok dan Pantai parangtritis yang berada dekat dengan pantai ini.

Anda pun hanya akan membutuh waktu perjalanan selama 48 menit saja dari pusat kota. Perjalanan yang akan ditempuh pun cukup mudah, karena jalannya landai dan sudah beraspal.

Dari Jl. Malioboro, arahkan saja kendaraan ke Jl. KH. Ahmad Dahlan, kemudian belok kiri ke Jl. KH Wahid Hasyim. Selanjutnya belok kiri ke Jl. Sugeng Jeroni dan arahkan menuju Jl. Bantul.

Dengan menyusuri Jl. Bantul, sudah banyak papan penunjuk jalan dengan pilihan berbagai destinasi wisata pantai, karena memang letak pantai ini berderet dengan pantai-pantai lainnya.

Nah, Anda bisa memilih petunjuk jalan dengan rute Jl. Samas, kemudian Anda pun akan  melewati TPR Pantai Samas, yang artinya perjalanan sudah dekat.

Sehingga, Anda tinggal belok kiri ke JL. Rajiman, dan kemudian Anda pun akan sampai berada di lokasi Pantai Goa Cemara.

Objek Wisata Pantai Goa Cemara

Meskipun keberadaan pantai ini sudah mulai dibuka sebagai objek wisata sekitar tahun 2010 silam, namun hingga kini patai ini tetap dikunjungi oleh para wisatawan sebagai tujuan berlibur, dikarenakan memiliki daya tarik :

1. Pohon Cemara

Pantai Goa Cemara Bantul Yogyakarta

Sesuai dengan nama pantai ini, ketika sampai berada di kawasan ini, wisatawan akan melewati terlebih dahulu di rimbunnya pohon cemara yang tumbuh begitu subur. Hal ini menjadikan kawasan pantai ini begitu sejuk dan segar.

Adanya pohon cemara ini juga biasa digunakan oleh wisatawan untuk berteduh dengan duduk-duduk di bawahnya. Selain itu, pepohonan cemara ini juga dimanfaatkan sebagai spot foto, yang tentunya akan tampak begitu natural dan indah.

2. Pasir Hitam

Pantai Goa Cemara Bantul

Pantai Goa Cemara ini juga memiliki karakteristik dengan hamparan pasir hitam yang begitu halus. Bahkan saking halusnya, pasir ini berkilauan saat terkena biasan cahaya matahari.

Oleh karena itu, hamparan pasir hitam yang lembut ini tak jarang digunakan sebagai tempat untuk bermain pasir.

Jika Anda dang pun bisa mengajak anak-anak dan kemudian mengajaknya untuk bermain diatas pasir dengan menggambar atau membuat istana pasir di area ini.

3. Mercusuar

Di kawasan pantai ini juga terdapat sebuah mercusuar yang cukup tinggi. Serunya lagi, mercusuar ini bisa dinaiki oleh wisatawan lho.

Nah jika Anda ingin melihat pemandangan dari atas, maka And abia menaiki mercusuar ini. Namun, wisatawan harus membayar Rp. 5.000 terlebih dahulu untuk bisa menaikinya.

4. Bermain Layang-Layang

Tak cukup hanya beraktivitas di pantainya saja, di kawasan pantai ini wisatawan dapat melakukan kegiatan dengan bermain layang-layang.

Tak perlu membawa layang-layang dari rumah, karena di kawasan pantai ini banyak terdapat penjual layang-layang dengan berbagai bentuk dan juga warna yang begitu indah.

Oleh karena itu, Anda bisa membelinya di pedagang tersebut lengkap dengan benangnya. Sehingga, Anda tinggal menaikkannya ke atas dengan bantuan angin pantai yang cukup kencang. Wah, pasti seru ya!

5. Keliling Pantai dengan Naik ATV

Karena memang Pantai Goa Cemara ini lokasinya begitu luas dan memanjang, jika disusui oleh wisatawan dengan berjalan kaki akan terasa begitu jauh.

Namun, hal ini bisa tetap Anda lakukan yaitu dengan mengendarai ATV untuk mengelilingi pantai.

Sehingga, Anda Tak perlu bersusah payah berjalan kaki menyusuri pantai jika ingin mengelilingi kawasan pantai ini. Anda pun cukup menyewa kendaraan ini sebesar Rp. 50.000 saja dengan waktu sewa 30 menit. 

Fasilitas Pantai Goa Cemara

Wisata Pantai Goa Cemara

Pantai memang sudah dikelola oleh Dinas Pariwisata serta masyarakat wilayah ini, sehingga pantai ini sudah memiliki berbagai fasilitas pendukung seperti :

1. Area Parkir

Pantai ini memang layang digunakan sebagai objek wisata, salah satunya karena memiliki area parkir yang begitu luas.

Bahkan sanggup menampung hingga ratusan bus dan kendaraan pribadi wisatawan.

2. Rumah Makan

Berada di pinggir pantai ini dan ketika akan berjalan menuju pantai, pasti wisatawan melihat jajaran warung makan yang begitu banyak.

Hal ini merupakan salah satu upaya memberikan kenyamanan bagi para pengunjung jika merasa lapar ketika berlibur.

Sehingga, wisatawan pun dapat membeli dan memilih menu-menu seafood yang begitu lengkap dengan nasi dan sambal. Untuk harganya pun juga relatif murah tergantung pada makanan apa yang Anda pesan.

Anda pun juga bisa membeli ikan di nelayan pantai dan kemudian menitipkan untuk memasak di warung makan ini sesuai dengan kemauan Anda.

3. Kamar Mandi dan Toilet

Fasilitas lain yang mudah ditemui di pantai ini yaitu toilet, karena memang toilet sudah tersebar di kawasan pantai.

Wisatawan pun tinggal memilih dimanakah toilet yang akan digunakan untuk buang air kecil maupun sebagai tempat bilas.

Jika akan menggunakan toilet, jangan lupa juga ya untuk membawa uang pecahan Rp 2000 hingga Rp 5000 untuk membayar karena telah menggunakannya. 

4. Kolam Renang

Saat berada di kawasan pantai, memang terdapat adanya larangan untuk mandi atau berenang di laut. Dikarenakan kondisi ombak pantai selatan ini sedikit sulit diprediksi dan dominan besar. 

Oleh karena itu, pengelola juga menyediakan fasilitas berupa kolam renang dengan bola warna-warni dan juga pelampung dan bahkan juga perosotan.

Meskipun dalam kapasitas yang mini, namun dengan adanya kolam renang air tawar ini cukup membuat anak-anak senang, karena memang lebih diperuntukkan bagi anak-anak.

5. Mushola

Fasilitas pendukung lainnya yaitu adanya musholla. Musholla ini bisa dipergunakan oleh wisatawan yang datang dan akan melakukan ibadah sholat.

Mengingat mushola ini dipergunakan secara umum, maka sebaiknya Anda membawa peralatan beribadah sendiri ya, agar lebih bersih.

Yap, itulah tadi informasi Pantai Goa Cemara yang cukup menarik. Pantai ini akan terasa begitu ramai pada akhir pekan atau liburan tiba.

Oleh karena itu, persiapkan yuk mulai dari sekarang untuk merencanakan berlibur di Pantai Goa Cemara ini.

Nah, jika Anda berniat mengunjungi Pantai Goa Cemara, Anda pun bisa sekalian mengunjungi pantai-pantai lain di deretan pantai ini, salah satunya yaitu Pantai Parangtritis yang cukup ikonik dan terkenal di Yogyakarta.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Goa Cemara di Bantul Yogyakarta. Selamat berlibur bersama saudara, teman atau keluarga Anda.

15 Ulasan untuk Pantai Goa Cemara, Bantul, Yogyakarta

  1. Duluuu, saat pertama pantai ini di buka, saya pernah berkunjung. Saat itu baru ada 1 atau 2 warung, dengan listrik masih menggunakan genset kecil. Pohon cemara udang yg jadi andalan masih sgt rimbun, dan benar2 jadi seperti gua saat kita berjalan di sela2nya menuju ke arah pantai. Area pepohonan masih luas hingga bibir pantai. Sangat natural. Tapi itu duluu… Sekarang, area sudah dibangun sangat luas. Sdh ada puluhan warung dan pendopo yg dibangun. Bahkan ada kolam renang mini disediakan. Banyak sekali pohon yg sudah ditebang utk perluasan area wisata. Cemara yg jadi andalan sudah tak seperti semula. Bahkan deret cemara di bibir pantai makin mundur dan banyak yg ditebang dan berkesan tak dirawat (pepohonannya).sayang sekali untuk sebuah wisata alam.. Memang area wisatanya jd lebih nyaman utk wisata keluarga dan rombongan, krn semua sdh lengkap. Tp kebersihan yg dijagapun hanya di area depan. Begitu masuk deretan cemara menuju pantai, sampah2 sisa wisatawan berserakan dimana2. Tempt sampah minim sekali. Sangat jauuh dibanding saat awal dulu… . Meskipun begitu, sebagai tmpt wisata masih cukup menyenangkan.

  2. Sepanjang pantai berisi banyak pohon Cemara udang. Fungsi penanaman Cemara udang adalah mencegah terjadinya abrasi. Banyaknya pohon Cemara udang di pinggir pantai membuat sekitar menjadi seperti layaknya sebuah goa. Pohon jenis ini media hidupnya pada pasir. Cukup efektif sebagai benteng paling ujung untuk meminimalisir abrasi di area pantai selatan. Beberapa waktu yang lalu pantai selatan terjadi fenomena ombak besar. Adanya beteng alam berupa pohon menjadi tameng bagi lahan pertanian pinggir pantai. Banyak varietas tanaman di sekitar pantai yang mengandalkan media tanam berupa pasir. Beberapa varietas tersebut adalah cabai, bawang merah, melon, pepaya, bahkan beberapa waktu terakhir sempat ada beberapa tempat menanam pohon bunga matahari dan beberapa bunga warna-warni. Spot bunga matahari ketika musim bunga oleh beberapa pengelola sekaligus petani di jadikan sebagai salah satu destinasi foto dengan background alami dengan sentuhan kekinian.

  3. 4 years ago at this place. Air di pinggir pantai naik sudah tidak seperti dulu jadi takut mau main di tepian. . Ombak juga lumayan besar.. Berwisata tetapi tetap jaga keamanan.. Salam anak fantai 🏖

  4. Pantainya bagus banget, ada banyak sekali pohon cemara di sini. Dari Jogjakarta kota jaraknya tergolong cukup dekat. Sekitar satu jam perjalanan sudah sampai ke pantai ini. Tiket masuk pantai ini juga tergolong murah. Cocok banget untuk refreshing. Namun tempatnya cukup rame

  5. Ada kita dan cerita yang belum usai. Terimakasih Tuhan telah menganugerahkan maha karya yg sempurna walaupun kisahku tak berakhir bahagia. Buat temen” yang mau cari pantai Recommended di bantul… cuss langsung ke goa cemara.. selain pantai disana juga ada banyak pohon cemara yg bisa dijadiin spot photo.. banyak penjual makanan.. jdi gausah khawatir kelaparan.. toilet, mushola, parkir semua ada.. masuknya gratis cm bayar parkir aja 3k.. cuus laaahh sanaaa… uhuuyyy

  6. Seperti namanya, pantai ini banyak di tumbuhi pohon Cemara. Namun sangat di sayangkan. Gugusan pohon Cemara yg membentuk seperti goa Cemara sudah tidak ada lagi.. . Menurut informasi dari petugas yang kami tanyakan, hilangnya gugusan pohon Cemara yg membentuk seperti gua dikarenakan adanya abrasi.. . Seperti halnya pantai laut selatan lain yang berhubungan langsung dengan samudera Hindia. Ombak di pantai goa Cemara juga sangat besar dan berbahaya bagi yg mencoba untuk berenang.. . Jadi sangat di larang bagi pengunjung yang ingin berenang. Cukup menikmati saja deburan ombak yang sangat mempesona sambil berselfi.. . Oh ya bagi yang gemar berselfi. Sudah di sediakan lokasi lokasi yang sangat menarik.. . Dan bagi anak anak yg suka bermain air, telah di sediakan kolam kolam mini

  7. Pantai pasir hitam ini menarik karena banyak pepohonan semacam cemara yg bisa digunakan untuk berteduh saat berkunjung dengan menggelar tikar di bawahnya atau untung berswafoto. Fasilitas parkir, mushola dan kamar kecil tersedia cukup banyak (beberapa bertarif). Terdapat kolam renang untuk anak2. Selain itu jua ada pendopo yg dapat digunakan untuk pertemuan/acara. Semoga membantu🙏 Per Juli 2019.

  8. Pantai ini bnyk ditumbuhi Cemara, JD dipinggir pantai bisa untuk acara game seru dg team tanpa kepanasan. Tersedia penyewaan Motorpantai 50k, penyewaan kuda untuk sekedar photo atau dinaiki klo berani, ada odong2 jg utk balita, souvenir2 pantai, pedagang makanan dan minuman. Pas kesana langsung deh nyari peyek undur2, peyek ikan ad jg udang. Ad jg bbrp rmh makan dsana. Ada mushola jg BS utk sholat Jum’at selama nggu bapak2 sholat Jum’at bundanya SM balita BS diajak renang di kolam renang khusus anak. No

  9. Mungkin gara gara kayak rombongan bis/keluarga jadii banyak sampah 🙁 banyak kardus bekas nasi kotak gituu, tapi pemandangan tetep bagus kok, apalagi sunset nya 😁

  10. Datang kesini untuk acara rapat akhir tahun & sekaligus malam tahun baru 2020. Ada beberapa pendopo yang boleh disewa & digunakan untuk tempat pertemuan. Di sana juga banyak terdapat rumah makan & restoran khas. Tanyakan dulu harganya agar anda dapat memilih menu yang tepat. Untuk pantai sendiri tergolong baik, meski masih ada beberapa sampah yang berserakan di beberapa titik. Untuk sekertariat sendiri para karyawan disana sangat ramah dan sigap membantu & mengarahkan para pengunjung jika para pengunjung perlu bantuan. Secara keseluruhan, pantai ini saya rekomendasikan bila ingin berwisata pantai.

  11. Salah satu objek wisata pantai yang cukup menarik di Bantul. Pantainya berpasir hitam dan mempunyai bentangan sangat panjang. Banyak warung2 penjual seafood di sini. Ada persewaan motor ATV dan Kuda. Tempat ini cukup populer untuk mengadakan event2 out door yang melibatkan orang dengan jumlah yang banyak. Dinamakan Pantai Goa Cemara karena di sepanjang bibir pantai tumbuh pohon cemara yang dulu sangat lebat hingga membentuk semacam goa, tapi kini agak berkurang tidak serimbun dulu, meski begitu masih cukup bagus untuk bermain2 & untuk foto2 masih cukup artistik.

  12. Mlm thn baru ngecamp dsni sma kelg kecil q, seruu sekali,, pengalaman ngecamp pertama buat anak2 q, 11thn & 2thn. Gak ada yg perlu d kuatirkan, krn bnyk sekali org yg ngecamp dsni juga, toilet gak jauh, butuh kayu bakar unt api unggun tinggal nyari dr ranting2 kering yg jatuh. So perfect place. Ohh ya,, ak n fam smpe sni j6an, jd msh lenggang, gak macet & bs pilih lokasi ngecamp. Btw klu mw ngecamp jgn lupa laporan dlu k sekretariat yaa

  13. Tempat rekreasi diwilayah selatan Bantul
    Yogyakarta. Lebih tepatnya dibarat Pantai Samas.
    Pd thn 2018 akhir, saya rekreasi kesini bareng teman saya dan hanya pemandangan itu” saja. Tp setelah tahun 2020 mulai banyak perubahan, banyak hiburan seperti drama, tempat makan dll. Semuanya makin komplit deh. Gak kecewa saya kesini walaupun sdh pernah. Khusus kalian yg punya pacar ni sangat rekomendasi untuk main kesini sore hari, menikmati senja romantis kalian.

  14. “Like dulu baru baca hehe, nulis banyak kok ga dilike”
    1. Pantai goa cemara merupakan pantai yang sejuk karna dipenuhi dengan cemara yang indah, bagus buat video cinematic. Pasir disini bewarna hitam
    2. Tidak bisa buat berenang, pantai yang menjorok kedalam akan sulit untuk berenang disekitar pantai hanya dapat bermain air dipinggir saja.
    3. Tempat yang luas, tempat yang luas disini cocok buat outbond atau sekedar santai dengan keluarga, dengan bercerita menikmati makanan ataupun minuman
    4. Terdapat ATV, anak” bisa bermain dengan kendaraan beroda 4 ini
    5. Terdapat panggung yang bisa dimanfaatkan untuk acara” aniversary yang mendukung tempat yang luas.
    6. Saya masih melihat beberapa sampah dipinggiran sungai, aku tidak tahu sampah itu terbawa ombak atau dari people +62, untuk segi kebersihan mungkin bisa dipernaiki seperti menyediakan tong sampah atau pun petugas kebersihan.

  15. Pantai goa cemara, Salah satu pantai di yogyakarta, Letaknya tidak jauh dari pantai parangtritis, pantai parangkusumo. Sebelahan sama pantai Samas. Di sebut pantai cemara ya karena banyak pohon rindang cemaranya, Ada pula penangkaran penyu di sinj. Akses jalan enak. Tempat-tempat enakn. Pokoknya oke banget jika Anda ingin berlibur ke pantai Goa Cemara ini.

Tinggalkan Balasan