Pantai Pandansimo

Pantai Pandansimo

Alamat: Unnamed Road,, Ngentak, Poncosari, Srandakan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55762, Indonesia

(4/5) Baca ulasan

Bingung menentukan destinasi wisata di akhir pekan atau untuk liburan panjang? Pantai Pandansimo adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Terletak di desa Poncosari, Bantul, Yogyakarta, Pantai ini memiliki panorama yang dijamin akan membuat liburan Anda semakin berkesan. Pantai ini sangat dekat dengan kota Yogyakarta yakni hanya berjarak 20 kilometer. Pantai ini berada berdekatan dengan sebuah muara sungai Progo yang menghubungkan gunung Merapi dan Pantai bagian selatan.

Nama Pantai Pandansimo dahulu berasal dari bahasa daerah “pandan” yang artinya daun pandan, dan “simo” yang berarti macan. Pantai ini menjadi populer karena pemandangan dan obyek wisata yang tidak kalah menarik dengan Pantai di Yogyakarta lainnya. Selain itu, Pantai ini dikenal mistis karena seringkali dijadikan sebagai tempat  untuk melakukan tirakat sejak zaman Raja Hamngeku Buwono ke VIII. Biasanya acara dilakukan saat malam jumat kliwon.

Harga Tiket Masuk

Mendapatkan liburan yang seru dan menyenangkan tidak harus berlibur ke tempat yang mahal dan sangat jauh. Pantai Pandansimo bisa menjadi salah satu pilihan terutama bagi Anda yang menyukai Pantai dan ingin melihat sunset. Berbagai obyek wisata yang tak kalah menarikpun bisa Anda nikmati di Pantai Pandansimo ini.

Untuk menikmati segala macam obyek wisata dan fasilitas di Pantai Pandansimo, Anda cukup membayar tiket berdasarkan kendaraan yang Anda bawa. Untuk sepeda motor dikenai tiket seharga Rp 5.000,- dan untuk kendaraan mobil maupun roda empat lain dikenakan biaya Rp 10.000,-. Harga yang sangat murah untuk tempat wisata alam yang menarik seperti ini.

Rute

Menuju ke wisata alam Pantai Pandansimo di Bantul ini sangat mudah dengan akses yang tidak merepotkan. Jalan menuju tempat wisata bahari ini juga bagus dan lancar. Anda pun bisa menaiki kendaraan pribadi seperti mobil maupun motor atau menggunakan bus umum.

Setidaknya terdapat tidak rute yang berbeda untuk dapat menuju ke Pantai yang dikenal mistis ini. Anda bisa memulai perjalanan dari kota Bantul. Arahkan kendaraan Anda menuju arah selatan kemudian Anda akan tiba di perempatan bernama Palbapang Bantul. Anda akan melewati jalan Srandakan. Lanjutkan perjalanan hingga ke bunderan Srandakan.

Jika sudah tiba di bunderan Srandakan, Anda bisa belok ke arah kiri melewati Jalan Pandansimo. Ikut terus jalan tersebut hingga Anda bertemu dengan Pantai Pandansimo. Rute ini merupakan rute termudah sekali tercepat yang bisa Anda tempuh untuk menuju ke Pantai Pandansimo yang terkenal ini.

Obyek Wisata

Pantai Pandansimo memiliki banyak obyek wisata yang berbeda dari Pantai-Pantai pada umumnya. Obyek wisata ini dapat Anda nikmati sepuasnya dan tentunya menambah sesasi liburan di Pantai yang menakjubkan. Ini beberapa obyek wisata di Pantai Pandansimo yang bisa Anda nikmati.

1. Area untuk Outbound

Outbound Pantai Pandansimo

Di Pantai Pandansimo Anda tak hanya menikmati keindahan Pantai namun juga bisa melakukan kegiatan asyik dan bermanfaat seperti outbound. Tersedia berbagai macam paket yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

2. Camping Ground

Bermalam sambil berkemah di pinggir Pantai pasti menjadi kegiatan yang seru dan menyenangkan. Anda bisa melakukan kegiatan ini di Pantai Pandansimo karena di sana tersedia area khusus untuk berkemah atau camping.

3. Kolam Renang

Selain obyek wisata di atas, ternyata Pantai yang terletak di Bantul, Yogyakarta ini memiliki wahana kolam renang. Di kolam ini Anda bisa mengajak anak Anda atau kerabat untuk berenang sambil bermain bola-bola plastik. Liburan Anda akan menjadi liburan yang seru dan menyenangkan.

4. Pemandangan Kincir Angin

Kincir Angin Pantai Pandansimo

Salah satu keunikan dan pembeda antara Pantai Pandansimo dengan Pantai pada umumnya adalah adanya kincir angin. Kincir angin yang merupakan hasil kerjasama antara UGM dengan Kemenristek ini digunakan sebagai alat pembangkit listrik. Kekuatan yang bisa dihasilkan dari 2,5 kilowatt hingga 10 kilowatt. Listrik yang dihasilkan digunakan untuk penerangan untuk warga sekitar.

5. Tempat Makan

Tak perlu khawatir jika perut keroncongan karena asyik menikmati dan bermain di Pantai Pandansimo, karena Anda bisa menikmati hidangan pinggir Pantai yang lezat. Beberapa warung dan tempat makan dengan beraneka menu hadir di sana untuk menyelamatkan rasa lapar Anda.

6. Panorama yang Indah

sunset di pantai pandansimo

Jika Anda pernah menemukan berbagai foto Pantai dengan banyak pepohonan cemara yang rindang, bisa jadi itu adalah Pantai Pandansimo. Di Pantai ini pepohonan cemara dirawat dan dijaga sehingga membuat Pantai terasa sejuk, rindang, dan tidak panas. Sangat cocok sekali untuk dijadikan sebagai tempat berfoto.

Selain itu, berkunjung di Pantai ini direkomendasikan saat sore hari. Karena di Pantai Pandansimo Anda dapat menikmati pemandangan matahari tenggelam (sunset) yang indah. Siapkan kamera dan pose terbaik untuk mendapatkan foto yang menarik dengan sunset Pantai Pandansimo.

7. Wahana All Terrain Vehicle

Berwisata ke Pantai Pandansimo tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba wahana permainan yang seru dan cukup menantang ini. Adalah ATV atau All Terrain Vehicle, kendaraan off traill yang bisa digunakan untuk menjelajah bibir Pantai. Anda bisa menyewa kendaraan ini dan mulai merasakan tantangan mengendarai ATV di area berpasir.

Begitu banyak obyek wisata yang menyenangkan yang ditawarkan oleh Pantai Pandansimo. Tak hanya pemandangan yang indah berupa Pantai dan sunset, tapi juga wahana ATV, spot foto bagus, dan obyek menarik lainnya. Liburan di Pantai Pandansimo pun akan semakin seru jika Anda mengajak keluarga dan para kerabat

6 Ulasan dari Pengunjung Pantai Pandansimo

  1. Pantai Pandansimo merupakan pantai berpasir hitam , yang langsung menghadap ke Samudera Indonesia merupakan pantai terbarat di wilayah kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta.Mengambil nama dari napak tilas perjalanan sejarah kerajaan Mataram Islam ketika Panembahan Senopati bertafakur mencari wahyu kraton ( wahyu kelapa madu) ditempat pertapaan ini bertemu dengan macan hitam (macan: dalam bahasa daerah Jawa disebut Simo)

    14 Januari 2018, 21:18 WIB

  2. Pantai pandan simo seakan lenyap tiada kabarnya lagi kalah ngetren dengan pantai-pantai ayar yang bermunculan seperti pantai baru, pantai kwaru, pantai goa cemara dan pantai- pantai lain di selatan DIY. Padahal dulu di bantul tiga pantai yang terkenal yaitu pantai parang tritis, pantai samas, dan pantai pandan simo. Seiring waktu tak laku lagi trayek bus yang menuju pantai pandan simo dan pantai samas.

    2 Februari 2018, 05:39 WIB

  3. Pantai pandan simo seakan lenyap tiada kabarnya lagi kalah ngetren dengan pantai-pantai ayar yang bermunculan seperti pantai baru, pantai kwaru, pantai goa cemara dan pantai- pantai lain di selatan DIY. Padahal dulu di bantul tiga pantai yang terkenal yaitu pantai parang tritis, pantai samas, dan pantai pandan simo. Seiring waktu tak laku lagi trayek bus yang menuju pantai pandan simo dan pantai samas.

    2 Februari 2018, 05:39 WIB

  4. Anda suka memancing, adventure, camping, fotografi, atau ingin kesemuanya dalam satu tempat? Muara Sungai Progo jawabannya. Terletak di pojok barat daya Bantul, Yogyakarta, tepatnya di wilayah Srandakan. Ujung sungai ini menawarkan pemandangan eksotis dan up to date. Pergeseran sungai yang selalu berubah tiap tahun setelah musim penghujan membuat pemandangan muara Sungai Progo menjadi tempat yang tidak pernah membosankan dari waktu ke waktu.. Di sisi timur adalah barisan persawahan dan tambak udang tradisional Pandansimo, serta di kejauhan nampak pula ujung-ujung kincir angin Pantai Baru ritmik berputar senada dengan sepoi angin laut Samudra Hindia. Sisi barat muara Progo adalah pantai Trisik di wilayah Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.. . Hamparan gumuk pasir tersambung dengan hijau nyiur yang menandakan perkampungan, menambah nuansa warna muara Progo, apalagi ketika matahari terbenam jingga langit sore leluasa menguasai cakrawala.. . Mahkota terpendam di atas kepala naga pembelah Jawa. . Kali besar dengan ujung melebar bertemu dengan samudra terluas dengan ombak yang tertinggi pula. Menyuguhkan tarian air yang beragam pola, berpadu dengan tetumbuhan tropis dan fauna khas daerah payau.. Unik dan eksklusif, habitat terbatas dari beberapa satwa yang tidak akan Anda temukan di wilayah topografi lain di Indonesia. Ratusan jenis penghuni air tawar dan air laut, serta payau pada pertemuannya. Camar laut, pelikan, serta burung-burung laut lainnya meramaikan muara Progo yang memang sudah riuh dengan burung daratan.. . Habitat Muara Progo. Tempat ini seperti surga bagi para pemancing. Ikan air tawar di muara Sungai progo sangat beragam. Mulai dari ikan-ikan air tawar, payau, hingga lautan jika berjalan sedikit saja ke arah selatan. Di musim migrasi bahkan dapat kita temukan pula burung-burung sub tropis yang singgah di delta Progo. Pemandangan ini tentu saja menjadi target fotografi yang menarik.. Eksotisme muara Progo memang belum banyak terekspos, karena memang jalur masuk dari jalan raya hanya bisa mengikuti jalan truk pertambangan pasir. Disambung bebatuan labil di pinggiran kali. Berjalan kaki mungkin terlalu jauh, namun bagi Anda yang menggunakan trail atau mobil 4×4, medan di pinggiran Progo menjadi tantangan menarik, dan yakin bahwa akan cukup tertebus dengan suasana alam yang tiada duanya.

    21 Maret 2018, 06:45 WIB

  5. Terletak di sebelah barat Pantai Baru. Pemandangan indah, tempatnya sepi. Kurang cocok untuk wisata karena fasilitas sedikit. Tidak ada tempat parkir, toilet, warung dan wahana lainnya. Mungkin pantai ini khusus untuk para nelayan mencari ikan.

    26 April 2018, 03:03 WIB

  6. Pantai pandansimo merupakan pantai pasir hitam dengan banyak pohon di pinggir pantai. Jarak antara pohon2 dengan pantao sekitar 50 meter. Ombak di pantai pandansimo cukup kencang so berhati2 kalau main di pantai. Enaknya disana gak begitu ramai dan gak banyak toko2. Parkirknya bisa dekat sampai bibir pantai.

    27 Mei 2018, 04:46 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Pandansimo

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *