Pantai Depok

89x dibaca

pantai depok
Nama Pantai Depok
Lokasi Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Ulasan (4.2 / 5)

Berbicara tentang tempat wisata di Yogyakarta tidak akan ada habisnya untuk dibahas. Yogyakarta atau ‘Jogja’ sebagai sapaan akrabnya, memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Bukan hanya pengunjung dari negara sendiri, pengunjung dari luar negeri pun seringkali memilih Jogja sebagai tempat berwisata sembari untuk melepas penat.

Beberapa tempat wisata di Kota Gudeg ini sebagian besar mengandalkan unsur alam dan panorama indahnya seperti pantai dan candi. Saat ini pantai memang menjadi destinasi wisata yang paling banyak dipilih oleh para wisatawan. Jogja sendiri memiliki puluhan pantai baik pantai dengan hamparan pasir putih atau pun pasir hitam.

Salah satu daerah di Jogja yang memiliki pantai adalah Bantul. Bagian selatan dari kota Jogja ini memiliki beberapa pantai yang dapat dikunjungi, tentunya tidak kalah dengan keindahan pantai di Gunungkidul, Yogyakarta, yang mayoritas berpasir putih. Beberapa pantai di daerah Bantul ini memang mayoritas masih berpasir hitam, seperti Pantai Parangtritis, Pantai Depok, dan Pantai Goa Cemara.

Harga Tiket Masuk

Untuk mengunjungi ke area Pantai Depok tidak perlu takut untuk menghabiskan uang, karena untuk masuk kawasan ini hanya merogoh kocek Rp 10.000,- saja setiap orang. Tiket ini sudah termasuk akses ke berbagai pantai dan kawasan wisata lainnya di area ini. Sedangkan untuk parkir dikenakan biaya Rp 2.000,- untuk roda dua, dan Rp 5.000,- untuk roda empat.

Rute Menuju Lokasi

Lokasi Pantai Depok terletak di Jalan Pantai Depok, Parangtritis, Kec. Bantul, Yogyakarta sekaligus berdekatan dengan Pantai Parangtritis. Untuk menempuh ke pantai ini, Anda cukup mengendarai kendaraan selama 45 menit dari pusat Kota Yogyakarta. Rute yang dapat ditempuh antara lain melewati Jalan Mataram-Jalan Mayor Suryotom-Jalan Brigadir Jenderal Katamso-Jalan Parangtritis-ambil ke arah Jalan Pantai Depok.

Ikuti saja rute yang sudah dijelaskan di papan jalan, karena rute untuk menuju Pantai Depok merupakan rute yang sangat mudah ditemukan dan mudah ditempuh, berbeda dengan rute menuju ke Pantai Gunungkidul yang bisa melalui berbagai alternatif jalan dan tentunya sedikit membingungkan bagi wisawatan yang baru pertama kali mengunjungi pantai ini.

Objek Wisata

Walaupun Pantai Depok masih memiliki pasir hitam, pantai ini seringkali dianggap sebagai pantai yang masih perawan karena dianggap jarang terjamah oleh pengunjung. Pantai juga masih belum terlalu terekspose banyak orang, berbeda dengan pantai yang terletak di Gunungkidul yang mayoritas memang sudah difokuskan untuk meningkatkan perekonomian warga setempat. Seperti adanya homestay, warung makan, persewaan tenda, dan lain-lain.

Berbeda dengan Pantai Depok, yang masih sangat minim digunakan untuk usaha warga setempatnya. Namun justru hal itu yang membuat pantai ini masih menjadi destinasi yang wajib dikunjungi karena pantainya yang masih asri dan layak digunakan untuk tempat berwisata bersama kerabat maupun keluarga. Di pantai ini juga dilengkapi dengan LifeGuard dari tugas keamanan pantai agar keamanan dan kenyamanan pengunjung tetap terjaga.

Bagi wisatawan yang gemar travelling diwajibkan untuk mengunjungi Pantai Depok di Jogja karena memiliki banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi dan sajian kulinernya yang saying untuk dilewatkan.

Beberapa destinasi wisata di area Pantai Depok antara lain:

  • Pantai Parangtritis

Pantai ini disebut-sebut saudara seibu dari Pantai Depok. Pantai berpasir hitam ini terletak bersebelahan dengan Pantai Depok. Selain terletak di satu kawasan, pantai ini juga menjadi icon wisata kota Jogja sampai saat ini.

  • Pantai Goa Cemara

Selain Pantai Parangtritis, Pantai Goa Cemara juga dapat dipilih sebagai destinasi baru saat berkunjung ke Jogja. Pantai ini memiliki pasir hitam seperti Pantai Depok dan Parangtritis, dan yang lebih indah lagi pintu masuk kawasan pantai ini penuh dengan pepohonan seperti pohon cemara di kanan kiri jalan sehingga bisa digunakan untuk spot foto yang cantik.

  • Gumuk Pasir

Gumuk pasir adalah kawasan segunduk pasir yang berdekatan dengan Pantai Goa Cemara. Tempat ini juga sangat fenomenal di kalangan anak muda jaman sekarang yang biasanya digunakan untuk berfoto. Di tempat ini para pengunjung biasanya memanfaatkan untuk bermain sand boarding dimana papan seluncurnya bisa menyewa di tempat ini.

Selain itu, gumuk pasir juga memiliki beberapa spot untuk berfoto seperti ayunan dari kayu dan semacam lifeguard dari kayu juga yang dapat digunakan pengunjung berfoto di atas.

  • Landasan Pacu Pesawat

Walaupun hanya sebuah landasan pacu pesawat, tempat ini juga seringkali diincar oleh para pengunjung untuk sekedar berfoto atau bermain sepeda. Hamparan tempat dengan aspal yang luas, biasanya pengunjung memanfaatkan untuk berburu siluet di kawasan ini.

  • Kuliner

Bukan hanya memberikan suguhan keindahan pantai yang masih perawan di Pantai Depok dan berbagai spot dalam destinasi wisata lainnya di kawasan ini, Pantai Depok juga memiliki pasar ikan yang menjual berbagai hasil tangkapan laut seperti kepiting, cumi, atau pun udang. Harga yang ditawarkan pun terbilang lebih murah disbanding jika membelinya di pasar.

Untuk satu kilo kepiting hanya dibandrol seharga Rp 100.000,-, satu kilo cumi dan udang seharga Rp 40.000,-. Lalu Anda dapat membawanya ke warung di Pantai Depok untuk mengolah ikan yang sudah Anda beli sebelumnya. Kelebihan jika membeli ikan di pasar ikan, Anda dapat memilih sendiri ikan yang segar. Namun jika tidak memungkinkan untuk memilih dan membeli ikan, cukup dengan mencari warung di sekitar area pantai karena beberapa dari mereka juga menjual menu olahan laut dengan berbagai bumbu seperti pedas manis, asam manis, dan saus tiram.

Beberapa wisatawan yang datang ke Pantai Depok, selain  untuk mencari keindahan alamnya, mereka juga ingin berburu ikan segar, es kelapa muda, sambal dimanjakan dengan deru ombak di depan mata. Bagi Anda yang berkunjung ke Pantai Depok dan ingin bermalam disana, tidak perlu khawatir karena di area pantai sudah memiliki berbagai jasa penginapan. Namun jasa penginapan yang terletak di area pantai hanya berupa mini homestay saja dari rumah warga. Harganya beragam, dari puluhan ribu hingga ratusan ribu per malamnya dengan fasilitas yang beragam.

Namun jika Anda datang dengan jumlah anggota yang lumayan banyak, dapat memilih hotel yang bisa dijadikan alternatif menginap seperti Greenhost Hotel, The Cube Hotel, dan Ki Agung Prestise Hotel. Dari beberapa hotel tersebut harus menempuh perjalanan kurang lebih 30 menit untuk menuju ke pantai lagi. Apabila ingin menginap di area pantai bersama teman-teman, Pantai Depok juga dapat digunakan untuk camping dengan mendirikan tenda di area pantai. Tentunya harus sesuai persetujuan keamanan setempat agar semuanya dapat aman dan tetap dapat menikmati keindahan pantai.

Jika Anda sedang berkunjung ke Kota Gudeg ini, jangan lupa untuk meluangkan waktu berkunjung ke Pantai Depok di selatan kota Jogja. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang, namun tetap bisa membawa pulang cerita menyenangkan dan kenangan manis.

Selamat berlibur!


Airul Halo, nama saya Airul. Seorang internet marketer yang hobi traveling. Melalui Pantanesia.com ini, saya ingin berbagai lokasi-lokasi wisata pantai menarik yang pernah dan ingin saya kunjungi.

10 ulasan untuk Pantai Depok

  1. Banyak spot untuk berfoto. Tersedia juga photo booth dibeberapa lokasi, bisa cetak langsung jadi. Hasil foto cukup memuaskan dan murah ukuran 5R dan 10 R. Ada wahana motor roda 4 untuk menjelajahi sepanjang pantai Depok. Pulangnya bisa mampir beli ikan segar yang ditawarkan pak nelayan yang habis melaut dengan bermacam2 jenis ikan. Waktu itu harganya cukup murah, 2,5 kg hanya 20ribu rupiah saja. Ongkos goreng dan membersihkan ikan 15rb. Cukup murah bukan..tapi sediakan juga uang yang cukup karena ditempat wisata semuanya bayar. Berteduh pun bayar, dibawah payung besar yang disediakan disepanjang pantai. Waktu itu 20rb. Cocok untuk piknik keluarga.

  2. Pantai Depok merupakan objek wisata alam yang terletak di Kabupaten Bantul, Provinsi DIY, sekitar tiga puluh kilometer di sebelah selatan kota Yogyakarta. Pantai ini juga berdampingan dengan Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo.Pengunjung dapat menikmati pantai selatan Pulau Jawa dengan ombak yang besar. Pantai Depok dapat dijangkau dengan kendaraan roda empat dari kota Yogyakarta atau Bantul. Pantai ini juga dapat dijangkau dengan berjalan kaki dari terminal Parangtritis sembari menelusuri pantai atau gumuk pasir.. Pantai depok juga memiliki petugas pantai (lifeguard) maupun Satuan Polisi. Keberadaan mereka cukup menenangkan apabila ada peringatan gelombang laut yang tidak bersahabat dengan wisatawan. Sedangkan bagi wisatawan yang ingin menginap, mereka dapat menginap di losmen maupun penginapan yang ada di kawasan Pantai Parangtritis maupun Parangkusumo (Wikipedia, 2018)

  3. Salah satu tempat wisata kuliner di selatan jogja, dengan membeli serta memilih sendiri hasil laut dipasar ikan lokal setempat dengan harga terjangkau, kita bisa memilih tmpt warung makan sendiri sesuai selera kita krn banyak warung makan sepanjang pantai tersebut serta relatif murah…

  4. Pantai Depok cocok untuk wisata kuliner seafood. Ada berbagai tempat makan di pinggir pantai. Menu nya berbagai macam seafood. Seperti berbagai macam ikan.. cakalang.. pari.. hiu.. udang. Kepiting dll. Bagi yang tidak mau repot langsung menuju warung yang tersedia. Yang ingin cara hemat. Bisa berbelanja di pasar ikan nya saja.. bisa di tawar.. mungkin selisih 5 RB An lebih murah.. tetapi tanpa ditawar pun sudah murah.. dan yang tidak masak biasa nya resto menawarkan jasa memasak . 15 RB per menu.. jadi super praktis.. kondisi pantai biasa .. Ombak cukup besar..

  5. Lebih rame sekarang pantainya.tp jangan lupa klo mau makan tanya harga nya dlu .dari harga ikan sampai minumannya sampai harga nasinya.td saya merasa kecewa harga nasi 1 bakul sedang gtu harganya 30 rb.hargany ikan juga beda waktu bayar dgn yg di katakan diawal pesen….saran saya lebih teliti aj klo beli2… Haapy weeken

  6. Jika Anda berkunjung ke kawasan pantai di Yogyakarta, biasanya akan kesulitan menemukan lapak makanan laut (seafood) yang segar. Karena umumnya pantai di Yogyakarta hanya menyuguhkan pemandangan dan eksotisme laut selatannya saja.. . Kecuali untuk kawasan Pantai Depok, Kretek, Bantul. Di sini Anda dapat menemui kuliner seafood di setiap warung. Namun tempat-tempat kuliner di sini masih sangat sederhana, baik yang dikonsep seperti cafe, maupun yang dibuat seperti resto.. . Begitu Anda sampai di lokasi Pantai Depok, biasanya Anda akan didatangi seorang pedagang, yang menawarkan kuliner seafood. Di bangunan warung sederhana yang rata-rata atapnya berbentuk limasan ini pengunjung bisa duduk secara lesehan menggunakan tikar, dan di depannya meja-meja kecil. Meski sederhana, warung makan di sepanjang pantai ini tampak bersih dan nyaman.. . Beragam hidangan seafood bisa dicicipi di sini. Hidangan ikan yang paling populer dan murah ialah ikan cakalang. Jenis ikan lain yang bisa dinikmati ialah kakap putih dan kakap merah. Ikan bawal menjadi jenis ikan yang paling mahal di Pantai Depok. Selain ikan, ada juga kepiting, udang, cumi-cumi, dan pare.. . Hidangan seafood biasanya dimasak dengan dibakar atau digoreng. Semua tergantung selera Anda. Asyiknya lagi, jika Anda datang bersama rombongan, di sini Anda bisa barbecue alias bakar sendiri ikannya di tepi pantai.

  7. Menambah jajaran pantai Jogja. Wisata Pantai Depok Jogja, bukan hanya dikenal sebagai lokasi dengan keindahan pantainya. Lebih dari itu, pantai ini lebih terkenal akan rancangan wisata kuliner yang berberbeda dengan Pantai Slili yang terkenal akan snorkeling pantai Slili Jogja yang sama-sama menggoda. Bila anda menginjakkan kaki di sana, pasti akan anda temui sederetan warung atau rumah makan yang menyediakan berbagai macam makanan aneka seafood.. Rumah makan tersebut sengaja dihadapkan selatan, selain agar pengunjung menikmati makanannya, mereka juga tetap dapat menikmati keindahan panaroma pantai depok.. Untuk sampai ke obyek wisata ini mudah kok dengan tersebarnya peta Pantai Depok Bantul Jogja.. Tiket masuk Pantai Depok Jogjakarta ini sangatlah murah meriah. Cukup dengan uang Rp. 5000 kamu dapat berkeliling sepuasnya menikmati keindahan kuliner Pantai Depok Yogyakarta itu.. Harga ikan di Pantai Depok pun sangat murah. Dijamin mata anda akan dimelekkan oleh bermacam hidangan seafood yang dapat kamu cicipi semaumu. Hidangan yang paling popular juga murah ialah ikan cakalang, harganya sekitar Rp 28.000 per kilogram nya, biasanya dapat 5 sampai 6 ekor ikan. Jenis ikan lainnya yang dapat kamu nikmati adalah kakap putih hhmm..yummy, ada juga kakap merah dengan harga sekitar Rp 27.000 – Rp 65.000 per kilogram. Harga ikan cenderung berubah menurut musim.

  8. Kalau ada yg nawarin dimasakin, hati hati. Harus pinter milih. Pernah aku ditawarin ibuk ibuk jasa masak di pasar, pas ketempatnya, warung deket mesjid, g kliatan laut (pdhal si ibu ngomong pinggir pantai), masak kerang sama ikan. Ikan masih amis, kerang lgsg dimasak tanpa dicuci, masih berpasir dan kerang masih menutup. Jadi tanpa direbus lgsg dimasak kerang asem manis.. Jadi lebih baik kalo ke pasar blanja, untuk masaknya milih sendiri saja tempatnya, jasa masak 15rb sekilo, ada harga ada kualitas.. Resto buat masak rekomen tuh warung makan mba yanti. Pinggir pantai persis. Dari parkiran motor paling kiri pojokan dari arah masuk parkir (Pokonya terjauh dr mesjid) tinggal lurus. Sebelah kiri. Ibuk nya yg punya ramah. Pernah goreng ikan keasinan, ama ibuknya diganti kuah kuning tanpa tambahan biaya. Tapi harus ibuk nya langsung, pegawainya ada yang suka ngedumel ga jelas tuh, kedengeran pas aku ke wc 😀 haha

  9. Tempat makan seafood terenak di jogja… selain karena langsung mendapatkan pemandangan laut, juga karena belum bisa menemukan tempat lain di jogja yg bisa makan seafood sekalap ini dengan harga yg tidak terlalu mahal… biasanya kal kesini pasti seringnya pas habis jam makan siang karena sebelumnya kita main ketempat lain dulu, seperti parangtritis, gumuk pasir, atau tempat lain. Sampai pantai depok biasanya kita langsung beli ikan dipasarnya (jangan lupa nawar kalau beli 😊). Serahkan ke tempat makan yg ada di pinggir pantai. Sembari nunggu seafoodnya di masak yg butuh waktu tidak sebentar, kita bisa mainan kepantai, jadi nggak bete nunggunya

  10. Pantai yang dekat dengan parangkusumo, sejauh ini sih cukup bagus. Tiket masuk 7500 perorang. Buka 24 jam setiap hari. Belum termasuk tiket parkir 3000. Foto yg saya ambil termasuk di landasan pacu adisucipto pantai depok, dari pintu masuk belok kiri. Nanti ada tanda. Sayangnya kebersihan pantai di landasan pacunya kurang, padahal sebelum masuk kita di tagih uang kebersihan motor 3000 belum tau kalau mobil. Bagus untuk background pre wedd atau foto profil hehehhe. Dr ringroad kurang lebih 30-40 menit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *