pantai depok

Pantai Depok

Alamat: Parangtritis, Pantai, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

(4.4/5) Baca ulasan

Berbicara tentang tempat wisata di Yogyakarta tidak akan ada habisnya untuk dibahas. Yogyakarta atau ‘Jogja’ sebagai sapaan akrabnya, memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Bukan hanya pengunjung dari negara sendiri, pengunjung dari luar negeri pun seringkali memilih Jogja sebagai tempat berwisata sembari untuk melepas penat.

Beberapa tempat wisata di Kota Gudeg ini sebagian besar mengandalkan unsur alam dan panorama indahnya seperti pantai dan candi. Saat ini pantai memang menjadi destinasi wisata yang paling banyak dipilih oleh para wisatawan. Jogja sendiri memiliki puluhan pantai baik pantai dengan hamparan pasir putih atau pun pasir hitam.

Salah satu daerah di Jogja yang memiliki pantai adalah Bantul. Bagian selatan dari kota Jogja ini memiliki beberapa pantai yang dapat dikunjungi, tentunya tidak kalah dengan keindahan pantai di Gunungkidul, Yogyakarta, yang mayoritas berpasir putih. Beberapa pantai di daerah Bantul ini memang mayoritas masih berpasir hitam, seperti Pantai Parangtritis, Pantai Depok, dan Pantai Goa Cemara.

Harga Tiket Masuk

Untuk mengunjungi ke area Pantai Depok tidak perlu takut untuk menghabiskan uang, karena untuk masuk kawasan ini hanya merogoh kocek Rp 10.000,- saja setiap orang. Tiket ini sudah termasuk akses ke berbagai pantai dan kawasan wisata lainnya di area ini. Sedangkan untuk parkir dikenakan biaya Rp 2.000,- untuk roda dua, dan Rp 5.000,- untuk roda empat.

Rute Menuju Lokasi

Lokasi Pantai Depok terletak di Jalan Pantai Depok, Parangtritis, Kec. Bantul, Yogyakarta sekaligus berdekatan dengan Pantai Parangtritis. Untuk menempuh ke pantai ini, Anda cukup mengendarai kendaraan selama 45 menit dari pusat Kota Yogyakarta. Rute yang dapat ditempuh antara lain melewati Jalan Mataram-Jalan Mayor Suryotom-Jalan Brigadir Jenderal Katamso-Jalan Parangtritis-ambil ke arah Jalan Pantai Depok.

Ikuti saja rute yang sudah dijelaskan di papan jalan, karena rute untuk menuju Pantai Depok merupakan rute yang sangat mudah ditemukan dan mudah ditempuh, berbeda dengan rute menuju ke Pantai Gunungkidul yang bisa melalui berbagai alternatif jalan dan tentunya sedikit membingungkan bagi wisawatan yang baru pertama kali mengunjungi pantai ini.

Objek Wisata

Walaupun Pantai Depok masih memiliki pasir hitam, pantai ini seringkali dianggap sebagai pantai yang masih perawan karena dianggap jarang terjamah oleh pengunjung. Pantai juga masih belum terlalu terekspose banyak orang, berbeda dengan pantai yang terletak di Gunungkidul yang mayoritas memang sudah difokuskan untuk meningkatkan perekonomian warga setempat. Seperti adanya homestay, warung makan, persewaan tenda, dan lain-lain.

Berbeda dengan Pantai Depok, yang masih sangat minim digunakan untuk usaha warga setempatnya. Namun justru hal itu yang membuat pantai ini masih menjadi destinasi yang wajib dikunjungi karena pantainya yang masih asri dan layak digunakan untuk tempat berwisata bersama kerabat maupun keluarga. Di pantai ini juga dilengkapi dengan LifeGuard dari tugas keamanan pantai agar keamanan dan kenyamanan pengunjung tetap terjaga.

Bagi wisatawan yang gemar travelling diwajibkan untuk mengunjungi Pantai Depok di Jogja karena memiliki banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi dan sajian kulinernya yang saying untuk dilewatkan.

Beberapa destinasi wisata di area Pantai Depok antara lain:

  • Pantai Parangtritis

Pantai ini disebut-sebut saudara seibu dari Pantai Depok. Pantai berpasir hitam ini terletak bersebelahan dengan Pantai Depok. Selain terletak di satu kawasan, pantai ini juga menjadi icon wisata kota Jogja sampai saat ini.

  • Pantai Goa Cemara

Selain Pantai Parangtritis, Pantai Goa Cemara juga dapat dipilih sebagai destinasi baru saat berkunjung ke Jogja. Pantai ini memiliki pasir hitam seperti Pantai Depok dan Parangtritis, dan yang lebih indah lagi pintu masuk kawasan pantai ini penuh dengan pepohonan seperti pohon cemara di kanan kiri jalan sehingga bisa digunakan untuk spot foto yang cantik.

  • Gumuk Pasir

Gumuk pasir adalah kawasan segunduk pasir yang berdekatan dengan Pantai Goa Cemara. Tempat ini juga sangat fenomenal di kalangan anak muda jaman sekarang yang biasanya digunakan untuk berfoto. Di tempat ini para pengunjung biasanya memanfaatkan untuk bermain sand boarding dimana papan seluncurnya bisa menyewa di tempat ini.

Selain itu, gumuk pasir juga memiliki beberapa spot untuk berfoto seperti ayunan dari kayu dan semacam lifeguard dari kayu juga yang dapat digunakan pengunjung berfoto di atas.

  • Landasan Pacu Pesawat

Walaupun hanya sebuah landasan pacu pesawat, tempat ini juga seringkali diincar oleh para pengunjung untuk sekedar berfoto atau bermain sepeda. Hamparan tempat dengan aspal yang luas, biasanya pengunjung memanfaatkan untuk berburu siluet di kawasan ini.

  • Kuliner

Bukan hanya memberikan suguhan keindahan pantai yang masih perawan di Pantai Depok dan berbagai spot dalam destinasi wisata lainnya di kawasan ini, Pantai Depok juga memiliki pasar ikan yang menjual berbagai hasil tangkapan laut seperti kepiting, cumi, atau pun udang. Harga yang ditawarkan pun terbilang lebih murah disbanding jika membelinya di pasar.

Untuk satu kilo kepiting hanya dibandrol seharga Rp 100.000,-, satu kilo cumi dan udang seharga Rp 40.000,-. Lalu Anda dapat membawanya ke warung di Pantai Depok untuk mengolah ikan yang sudah Anda beli sebelumnya. Kelebihan jika membeli ikan di pasar ikan, Anda dapat memilih sendiri ikan yang segar. Namun jika tidak memungkinkan untuk memilih dan membeli ikan, cukup dengan mencari warung di sekitar area pantai karena beberapa dari mereka juga menjual menu olahan laut dengan berbagai bumbu seperti pedas manis, asam manis, dan saus tiram.

Beberapa wisatawan yang datang ke Pantai Depok, selain  untuk mencari keindahan alamnya, mereka juga ingin berburu ikan segar, es kelapa muda, sambal dimanjakan dengan deru ombak di depan mata. Bagi Anda yang berkunjung ke Pantai Depok dan ingin bermalam disana, tidak perlu khawatir karena di area pantai sudah memiliki berbagai jasa penginapan. Namun jasa penginapan yang terletak di area pantai hanya berupa mini homestay saja dari rumah warga. Harganya beragam, dari puluhan ribu hingga ratusan ribu per malamnya dengan fasilitas yang beragam.

Namun jika Anda datang dengan jumlah anggota yang lumayan banyak, dapat memilih hotel yang bisa dijadikan alternatif menginap seperti Greenhost Hotel, The Cube Hotel, dan Ki Agung Prestise Hotel. Dari beberapa hotel tersebut harus menempuh perjalanan kurang lebih 30 menit untuk menuju ke pantai lagi. Apabila ingin menginap di area pantai bersama teman-teman, Pantai Depok juga dapat digunakan untuk camping dengan mendirikan tenda di area pantai. Tentunya harus sesuai persetujuan keamanan setempat agar semuanya dapat aman dan tetap dapat menikmati keindahan pantai.

Jika Anda sedang berkunjung ke Kota Gudeg ini, jangan lupa untuk meluangkan waktu berkunjung ke Pantai Depok di selatan kota Jogja. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang, namun tetap bisa membawa pulang cerita menyenangkan dan kenangan manis.

Selamat berlibur!

11 Ulasan dari Pengunjung Pantai Depok

  1. Pantai dengan fasilitas lengkap. Mulai dari tempat pelelangan ikan, warung makan yang berjajar di sekitar kawasan pantai, hingga pemandangan yang indah dari pantai yang juga menjadi pangkalan nelayan laut Selatan ini. Berbagai makanan murah dapat dipesan di sini, bahkan anda bisa pesan ikan, cumi-cumi dan udang di pasar lantas minta dimasakkan untuk dimakan di tempat maupun dibawa pulang. Ingat untuk awasi anak dan jangan berenang. Jika masih memiliki tiket ke parangtritis hari yang sama jangan dibuang, karena kedua pantai ini sepaket.

    17 Juni 2018, 17:19 WIB

  2. Bnyk kapal yg bw ikan. Disitu ada bnyk tukng jualan ikan, cocok klo bwt belanja ikan&hasil laut lainnya. Tempt parkir luas krna emg pasar ikan. Ada yg dijual mentah, mateng, mentah dimasakin ditempt jg bs, makn ditempat jg bs. Biasany ntr ditawari sm orng situ trs digiring ke tempt makannya. Bayar ikan sm bayar masak beda. Pas aq ksana dapet tukng masakny kurg enak (mnurutq) jd ya agak kcewa.

    21 Juni 2018, 00:12 WIB

  3. Makanan laut nya fresh, murah meriah….kmrn mkn bertiga gak smpe 250k. Udh trmsuk nasi, cumi bakar 1/2kg (4 ptong bsar), kerang dara 1kg, ikan tuna kuah kuning 1kg, tumis kangkung, sambal, dan jeruk hgt 3 glas……ga dpt bginian di Jkt. Mknan Ancol kalah braayyy….dijamin enak krn fresh bahan2nya….👍👍👍👍

    22 Juni 2018, 00:54 WIB

  4. Banyak aneka ikan, penduduk setempat kreatif buat properti utk selfi dg by 3k utk 1 org & 5k utk 2 org sepuasnya…. . Ada juga foto langsung jadi uk. 10R hanya 20k. Angin sangat kencang ya hasilnya pasir bertebaran.. Utk akses jalan sudah mulus dan asri dg pohon cemara dikanan dan kiri. Namun harap waspada ditengah jalan ada bbrp abg yg hunting foto (spt jalan milik sendiri) . Utk parkir 3k. Ada masjid lumayan besar dan bersih

    22 Juni 2018, 05:25 WIB

  5. ..just 4 for fun together..pantai depok, pesonanya tdk akan pernah luntur. Buat pecinta seafood bisa merapat kesini, banyak pilihan ikan, udang, kerang, kepiting dan tentunya berbagai jenis ikan tersedia disini. Anda bisa pesan langsung diberbagai tempat makan yg tersebar disepanjang pantai atau bisa belanja terlebih dahulu di pasar ikan yg sdh disediakan disini. Kuncinya adalah pintar2lah menawar agar mendapatkan harga yg terbaik sebelum anda bawa ketempat makan untuk diolah. Pada intinya, nikmatilah liburan anda senyaman mungkin..😊

    24 Juni 2018, 02:27 WIB

  6. Hayy buat kamu yang gemar banget sma yang nmanya seafood lagi cari surganya seafood pantai depok recomended bgt nih kamu bisa pilih seafood yang kamu mau dengan cara membeli di pasar atau datang ke rumah makan yang ada di sana dan langsung memesanya, sambil menunggu seafood selesai di olah kamu juga bisa lo bermain di pantai, apalagi waktu sore hari sunset begitu kental terasa,wah pokoknya ngk ada duanya deh

    24 Juni 2018, 17:17 WIB

  7. Wisata pantai yang murah meriah. Selain bisa menikmati indahnya pantai disini juga ada hiasan2 buat yang suka foto… Cukup sewa hiasan sekitar 5-10rb hasil foto qm dijamin fantastis…. Disini juga ada penyewaan atv…. Yang paling saya suka dari pantai depok ini adalah kulinernya disini ada pasar ikan yang menyediakan beragam ikan segar mulai dari cumi, udang, kerang, kepiting, ikan cakalang, daln beragam ikan lainnya…. Setelah belanja ikan dipasar itu juga ada orang yang menyediakan jasa untuk memsak tarif nya pun relatif murah….

    2 Juli 2018, 01:03 WIB

  8. Seruuu… angin kenceng, pasir bersih, ombak cukup bersahabat. . Beli ikan segar di pasar ikan mulai dari cumi, barokah, kakap, tengiri, kurang jg ada… Cari yg masak tanya aja rumah makan sekitaran situ banyak.. jasa masak 15K per kilo.. Masaknya cepat gak lama dan tarraaa… 20 menit makanan plus es teh datang.. Selesai makan lanjut maen air sampai puas. Pengen balik lagi..aminn. . *Lebaran 1439 H*

    6 Juli 2018, 03:36 WIB

  9. Pantaiiii yg Luarrr biasaaaa … terletak di selatan kota bantul .. tempat ny mudah di jangkau .. jajanan seafood dan menu makan seafood yg lengkap ..pasti ny harga yg terjangkau .. tidak di saran kan untuk berenang di pantai ini ..karena ombak yg lumayan tinggi ..oia gaes klu yg ingin berburu ikan mentah ada disini jga .karena ada nelayan yg selalu menangkap ikan stiap hari ny .. bisa kita beli dan di olah di warung2 pinggir pantai ..yg menyediakan jasa memasak … pokok ny di jaminnn ketagihan …😍😍😍😍

    10 Juli 2018, 01:56 WIB

  10. Pantai di selatan yogyakarta atau lebih tepatnya di dekat Parangtritis. Namun karakteristik pantai disini agak berbeda dengan pantai2 sebelahnya, karena disini ada pusat pelelangan hasil nelayan langsung dari pantai depok. Karena hal inilah pantai depok bsa menjadi salah satu destinasi wisata kuliner bahari yang wajib dikunjungi jika ke jogja. Selain karena komplitnya hasil bahari yg bsa dinikmati, harganya juga sangattt murahh dibanding tempT lain. Cuuzzz mampiirr

    11 Juli 2018, 18:22 WIB

  11. Tempat yang sangat cocok bagi Anda penggemar seafood. Ada tempat pelelangan ikan yang menyediakan banyak ikan segar berbagai macam jenis. Jika beruntung Anda juga bisa langsung membeli ke nelayan yang baru pulang dari laut. Biasanya mereka tiba di pantai sore hari. Warung makan yang ada di Pantai Depok menyediakan jasa memasak dengan beragam rasa. Harganya per Kg apapun jenis seafoodnya. Bisa saus tiram, asam manis dan menu lainya. Anda tinggal membeli nasi dan minum. TPI nya buka hingga sore. Pilihlah ikan yang masih segar dan dalam kondisi baik.

    11 Juli 2018, 23:06 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Depok

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *