Pantai Samas

48x dibaca

Pantai Samas
Nama Pantai Samas
Lokasi Srigading, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55763, Indonesia
Ulasan (3.9 / 5)

Pantai Samas, sebuah pantai di Bantul yang sedang populer di kalangan anak muda. Pantai ini sangat dekat dengan pusat kota Yogyakarta, hanya berjarak 35 kilometer. Berlibur ke pantai Samas adalah pilihan yang cocok untuk anda terutama para traveller yang menyukai wisata alam pantai. Keindahan alamnya juga obyek wisata pantai Samas yang berbeda dari pantai lain yang ada di Yogyakarta membuat pantai ini diburu saat liburan datang.

Meskipun dahulu pantai Samas sempat terkena bencana, namun sekarang panorama pantai tetap bisa dinikmati dan dijaga. Pantai berpasir hitam ini memiliki ombak yang besar serta angin yang cukup kencang sehingga tidak diperbolehkan bagi pengunjung untuk mandi di pantai. Selain itu pantai di Bantul ini terkenal dengan lagunanya juga pesona lainnya yang akan dibahas dalam obyek wisata pantai Samas berikut.

Harga Tiket Masuk

Semua obyek wisata dan keindahan alam di Pantai Samas bisa anda manfaatkan sekaligus nikmati dengan hanya membayar harga tiket masuk yang sangat terjangkau untuk ukuran tempat wisata terkenal dan menarik. Harga tiket untuk masuk ke wisata alam pantai Samas yaitu Rp 4.000,-/orang sedangkan biaya parkir yaitu Rp 2.000,- untuk motor dan Rp 5.000,- untuk parkir mobil. Biaya yang sangat murah untuk mendapatkan liburan menyenangkan.

Rute Munuju Lokasi

Pantai Samas merupakan sebuah pantai khas di Jogja yang berlokasikan di daerah Srigading, Sanden, Kecamatan Srigading, kabupaten Bantul, Yogyakarta. Anda tentu sering mendengar nama pantai ini khususnya di media sosial. Kepopulerannya tak lain kerena pemandangan yang indah dan lokasinya yang tidak terlalu jauh dari kota Yogyakarta. Anda cukup melakukan perjalanan selama kurang lebih 1 jam saja dengan akses jalan yang sangat mudah.

Jika anda ingin berlibur ke pantai Samas, anda bisa melewati jalur yang direkomendasikan berikut. Di mulai dari kota Yogyakarta, silakan menuju ke Jalan Bantul melewati Jembatan Janti. Sampai di Jalan Bantul anda masuk ke arah menuju simpang empat di Palbapang. Dari simpang empat Palbapang anda lanjutkan perjalanan menuju Jalan Samas. Jika sudah tiba di pantai Samas, anda hanya tinggal mengikuti jalur. Anda pun akan segera tiba di pantai Samas, tujuan anda.

Obyek Wisata

Karena pantai Samas dikenal sebagai pantai yang populer di Yogyakarta, tentunya anda ingin tahu keunikan dan obyek wisata yang ditawarkan di pantai Samas ini kepada pengunjung. Dengan adanya berbagai obyek wisata ini tentunya tidak akan membuat liburan terasa membosankan, malah bahkan membuat anda ingin berwisata ke tempat ini kembali. Oleh karena itu, berikut ini beberapa obyek wisata di pantai Samas yang harus anda coba.

1. Wisata Konservasi Penyu

Sebagian besar daerah pasir di pantai Samas ini ternyata dijadikan sebagai lokasi untuk penyu bertelur. Bahkan penyu-penyu yang ada di pantai populer ini merupakan penyu jenis langka yaitu penyu sisik, penyu hijau, bimbing, maupun penyu langka jenis lekang. Berburu telur penyu di sini memang mudah namun kesadaran perlu diterapkan karena penyu adalah hewan yang dilindungi.

pantai samas

Di pantai Samas sendiri ada forum yang melakukan konservasi penyu tersebut. Mereka membantu dalam penetasan telur penyu dengan metode semi alami sehingga banyak penyu yang selamat. Selain itu di waktu-waktu tertentu mereka akan melepaskan anak penyu ke laut pantai Samas. Anda bisa menyaksikan kegiatan menakjubkan ini sambil belajar cara konservasi penyu. Selain itu bagi anda yang beruntung, anda juga bisa ikut melepaskan penyu ke laut.

2. Wisata Alam Pengklik Samas

pantai-samas

Pengklik menjadi obyek wisata yang mampu menarik banyak pengunjung. Obyek wisata di pantai Samas ini merupakan tempat bertemunya 2 sungai atau disebut dengan laguna. Tempat ini terkenal dengan keindahan alamnya dan terletak di sebelah timur dari pantai Samas. Di Laguna ini terdapat berbagai fasilitas yang bisa anda dapatkan. Seperti perahu, wisata kuliner terapung, gardu pandang, wahana bermain anak, dan juga tempat untuk memancing.

3. Mercusuar Patehan

Selain obyek wisata di atas, di pantai Samas juga terdapat sebuah mercusuar yang diberi nama Patehan ini. Melihat panorama pantai dari sekelilingnya dari atas mercusuar merupakan sensasi tersendiri dalam berlibur. Anda bisa menikmati pemandangan yang indah di pantai Samas dari puncak mercusuar ini. Namun disarankan agar tetap berhati-hati terutama bagi anda yang takut ketinggian.

4. Taman Bunga Matahari

Menikmati pantai belum lengkap rasanya kalau belum mengunjungi taman bunga matahari. Lokasinya tak jauh dari pantai Samas. Anda bisa sepuasnya berfoto di taman bunga matahari ini dengan membayar tiket masuk yang terjangkau. Ada banyak bunga yang memenuhi taman, bahkan dari kajauhan seperti hamparan bunga matahari yang sangat elok.

5. Wisata Kuliner

Berkunjung ke pantai yang satu ini memang menarik dan menyenangkan. Setelah asyik menikmati berbagai sajian pemandangan dan obyek wisata pantai Samas, anda bisa mencoba wisata kuliner di pantai ini. Harga yang diberikan pun terjangkau dengan kualitas rasa yang enak. Tentunya menikmati kuliner di dekat pantai akan berbeda sekali rasanya.

Dari sekian banyak obyek wisata alam di pantai Samas yang sudah dipaparkan, tentunya anda harus melihat dan merasakan langsung dengan liburan ke sana. Tidak perlu khawatir akan akses jalan, karena jalur ke pantai Samas sangat mudah dan bagus. Liburan akan semakin menyenangkan di wisata alam pantai Samas dengan mengajak teman-teman. Siapkan juga kamera dan keperluan liburan lainnya agar berwisata semakin berkesan.


Airul Halo, nama saya Airul. Seorang internet marketer yang hobi traveling. Melalui Pantanesia.com ini, saya ingin berbagai lokasi-lokasi wisata pantai menarik yang pernah dan ingin saya kunjungi.

10 ulasan untuk Pantai Samas

  1. Pada awalnya Pesona Pengklik merupakan areal persawahan yang berbatasan langsung dengan muara sungai Opak lama, yang karena pengaruh arus sungai serta desakan ombak pantai selatan akhirnya tercipta delta kecil yang memisahkan lautan dengan ujung sungai, karena memang muara terus bergeser ke timur mengarah ke sekitar Depok. . Jalur ke arah Pengklik mudah dikenal dan dilalui dengan mudah dengan berbagai macam kendaraan, karena memang merupakan hook dari jalur jalan raya Jogja- Samas, serta memang mempunyai keunikan view tersendiri. Hamparan luas pandangan ke arah samudra tersekat sedikit oleh danau memanjang sejajar garis pantai hasil dari perpindahan muara yang buntu tertutup pasir dari desakan ombak laut.. Selain wisata alam dan kuliner, di Pesona Pengklik kita dapat bermain air ataupun menyusuri dengan menumpang perahu wisata dengan harga sekitar sepuluh ribu per orang. Meskipun pantai selatan terkenal dengan ombak ganasnya, bermain air di Pesona Pengklik cenderung aman karena sama sekali tidak berhubungan langsung dengan lautan luas. Terhalang delta segaris yang terutama pada musim kemarau akan cukup menghalang laju hempasan ombak dari samudra Hindia ke daratan.. Bagi yang ingin menikmati sensasi petualangan, GumukPasir Offroad menyediakan paket Country Road yang melewati spot ini. Berangkat dari base office KebonCemara, perjalanan ke tempat ini menempuh waktu sekitar 40 menit dengan kendaraan 4×4 sembari menikmati pemandangan alam melewati trek gumuk pasir dan pesisir pantai.

  2. Disini dijual makanan seafood, trus ada saungnya gitu. Cmn pemandangannya ya kurang asik sih, tp kalo buat ngobrol santai sama keluarga bisalah ya.. Trus dibuka lapak mainan anak2 dan ada kereta buat keliling samas.

  3. Foto salah satu senja di Pantai Samas. Sebenarnya ini sudah agak gelap saat kami sampai, sekitaran jam setengah 7 malam karena ad bbrapa hal yg terjadi saat di perjalanan. Jadinya kami ketinggalan momen2 saat matahari turun secara perlahan. Tapi tak apa kami masih dapat ini dan lumayan juga. . Pantai Samas hampir sama tipenya dengan pantai2 selatan lainnya, ombaknya besar dan berpasir hitam. Untuk masuk ke tempat ini hanya perlu membayar parkir sebesar Rp. 2000, aksesnya mudah dan hanya berkisar 1 jam lebih dari pusat kota Yogyakarta jika tidak macet. Sayangnya mungkin karena pengelolaannya masih kurang, jadinya kurang menarik dan pantainya agak kotor karena sampah. But untuk senjanya, oke.

  4. Tempat yang bisa menjadi alternatif ketika sudah mengunjungi hampir semua pantai di Jogja. Saya punya pengalaman ketika ada acara pelepasan penyu di pantai ini.

  5. Sedikit tidak nyaman untuk yang untuk hermano air karena sampah yang sedikit mengganggu, untuk yang untuk mandi di pantai saya sarankan untuk ke parangtritis saja karena selain ombaknya yang besar disini juga kurang nyaman karena adanya sampah tadi. Kedepan untuk semua yang berkunjung diharap agar bisa menjaga lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya.

  6. Satu dari banyaknya jajaran pantai selatan di provinsi daerah istimewa yogyakarta. Menikmati sunset yang indah ditepi pantai dengan keluarga maupun dengan pujaan hati xixi. Rasakan naik perahu nelayan yang hanya merogoh kocek sebesar literan bensin yang akan membuat liburanmu menyenangkan

  7. Anda akan mendapatkan momen terbaik, dengan kenyamanan, ketenangan, dan keheningan hiruk pikuk manusia saat pagi hari. . Kalau tidak akhir pekan, di pagi hari pantai Samas ini sepi. Cocok untuk merenung dengan alunan ombak yang beradu dengan bayu

  8. Karena saya sudah pernah ke tempat ini dan ternyata tempatnya bagus. Terutama saat sore hari karena kita bisa melihat sunset di tempat ini

  9. Beberapa kali ke pantai ini. karena anak saya suka jajanannya kue laba2. Tempatnya sebelah pantai samas. Teduh terdapat perindang pohon pohon Cemara. Permainan untuk anak seperti ayunan. Dan tempat duduk duduk dari batu. Juga bisa naik perahu, per orang Rp 5 ribu

  10. Tempat untuk terapi gangguan nafas dan wisata pantai untuk anak2 dan dewasa,tapi ada kekurangan tentang kebersihan pantai,sering kita temukan banyak sampah di sana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *