Pantai Pandansari

Pantai Pandansari

Alamat: Wonoroto, Gadingsari, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55763, Indonesia

(4.1/5) Baca ulasan

Membicarakan wisata alam di kota Gudeg, Yogyakarta, memang tidak ada habisnya. Salah satu wisata yang ditawarkan adalah pantai. Anda pasti lebih dahulu mengenal pantai Parangtritis. Namun, jangan salah, ternyata wisata pantai di Yogyakarta sangat melimpah, seperti pantai Pandansari misalnya. Sebuah pantai dengan tower tinggi dan besar dan panorama yang sangat berbeda dengan pantai-pantai di Yogyakarta lainnya.

Dahulu pantai Pandansari ini dikenal dengan sebutan Pantai Patehan. Merupakan sebuah pantai yang berada di Kabupaten Bantul dan masih jarang sekali dikunjungi orang. Kemudian akhirnya dibangun sebuah mercusuar yang berfungsi untuk mengarahkan kapal. Pengunjung pun mulai berdatangan sehingga nama pantai yang satu ini menjadi semakin terkenal.

Harga Tiket Masuk di Pantai Pandansari

Pantai Pandansari ini terletak di kecamatan Saden, tepatnya di sebuah desa bernama desa Gadingsari di Bantul. Pantai yang terbilang unik karena keberadaan menara mercusuar setinggi 50 meter ini memiliki pesona yang berbeda. Untuk bisa menikmati keindahan alam di sana sambil berlibur dari kepenatan, Anda cukup membayar tiket masuk pantai dengan harga sangat terjangkau yakni hanya sebesar Rp 3.000,-/orang.

Rute Menuju Lokasi ke Pantai Pandansari

Bagaimana rute jika ingin pergi mengunjungi pantai Pandansari? Rute yang bisa Anda lewati ini sangat mudah sekaligus cepat. Pertama-tama rute dimulai dari kota Yogyakarta. Dari kota Yogyakarta, silakan menuju Kota Bantul melewati Jalan Bantul. Setelah tiba di kota Bantul, kemudian perjalanan dilanjutkan ke arah selatan menuju ke arah Jalan Samas Bantul.

Setelah kurang lebih menempuh perjalanan berjarak 12 km, Anda akan tiba di tempat penaratikan retribusi. Di sana merupakan kawasan pantai Samas. Jadi retribusi ini berlaku untuk seluruh pantai di kawasan tersebut termasuk pantai Pandansari. Setelah membayar retribusi Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju pantai Pandansari.

Dari tempat retribusi tadi, Anda kemudian akan melewati sebuah jembatan hingga tiba di sebuah simpang tiga. Di simpang tiga tersebut ambil arah lurus atau arah barat menuju ke pantai Pandansari. Jalan menuju pantai mercusuar ini sudah sangat bagus dan lancar, jadi tidak Anda tidak perlu khawatir.

Obyek Wisata di Pantai Pandansari

Merefresh otak yang padat dan penat karena rutinitas yang menumpuk sangat cocok bila dilakukan di pantai. Terlebih lagi jika pemandangannya sangat nyaman dan juga indah. Di pantai Pandansari, Anda bisa mendapatkannya sekaligus bisa mencoba sensasi berdiri di pucuk menara mercusuar yang sangat tinggi di sana. Lalu apa saja obyek wisata yang bisa didapatkan di pantai Pandansari ini?

1. Mercusuar Kalajivamasti

Wisata Pantai Pandansari

Sebuah mercusuar berdiri tegap di pinggir pantai Pandansari. Mercusuar yang berwarna putih ini dijadikan spot terbaik untuk menikmati landscape birunya lautan, pantai, juga matahari tenggelam di kala senja. Menara mercusuar ini awal dibangun di tahun 1996 kemudian operasi diresmikan di tahun 1997.

Untuk dapat menaikinya Anda diharuskan membayar tiket sebesar Rp 5.000,-/orang kemudian Anda menaiki tangga spiral di dalam mercusuar menuju ke puncaknya. Selain itu, jumlah pengunjung yang menaiki mercusuar hingga puncak dibatasi tidak lebih dari 10 orang. Hal ini untuk menjaga keamanan dan agar tidak berdesakan saat naik maupun turun tangga terutama ketika berfoto di puncak mercusuar.

2. Agro Wisata Buah Naga

Pernahkah Anda melihat pohon buah naga? Atau pernahkah Anda memetik buah naga langsung dari pohonnya? Di pantai Pandansari, Anda tak hanya melihat persona pantai dan matahari tenggelam dari mercusuar Kalajivamasti, namun juga bisa melakukan agro wisata yang seru di kebun buah naga yang dikelola dengan sangat baik.

Kebun buah naga ini menanam jenis buah naga merah, jenis yang memiliki rasa sangat manis dengan warna yang menarik. Anda tentu saja bisa memetik buah naga langsung dari pohonnya. Atau bisa juga menyantap buah naga langsung di kebun. Tentunya rasanya akan sangat berbeda dengan membeli di pasar.

3. Spot Foto Keren

Berkunjung ke pantai untuk berlibur tak akan lengkap rasanya jika tidak mengambil foto untuk mengabadikan momen. Apalagi jika pemandangannya sangat cantik dan menawan. Siapkan kamera Anda sebelum pergi ke pantai Pandansari karena Anda akan disuguhi spot foto terbaik di sana.

Beberapa spot foto terbaik yang bisa Anda dapatkan seperti di atas menara mercusuar. Sambil melihat sunset dan landscape lautan yang luas, ambil beberapa foto untuk dipajang di akun media sosial Anda. Selain itu Anda juga bisa berfoto di dalam menara dengan tangga-tangga spiral. Spot ini sangat unik dan berbeda dari yang lainnya. Selain itu berfoto di pinggiran pantai yang dipenuhi cemara akan sangat menarik hati.

Berlibur di Pantai Pandasari ini akan snagat menyenangkan jika beramai-ramai dengan keluarga maupun sahabat Anda. Pastikan kamera Anda siap agar semakin banyak foto bagus yang bisa Anda dapatkan. Dengan begitu, liburan pun akan semakin berkesan untuk dikenang dan menyenangkan.

9 Ulasan dari Pengunjung Pantai Pandansari

  1. Lumayan buat melepas penat sambil liatin debur ombak di bawah rimbunan pohon pinus. Sayangnya banyak sampah. Botol sirup salah satunya. Di seberang pantai ada juga kebun buah naga. Ke sini cocoknya pagi2… Pasirnya belum panas2 banget hehehehe.

    23 Mei 2018, 05:10 WIB

  2. Merupakan satu dari rangkaian pantai di Kabupaten Bantul. Keunggulan pantai ini selain akses jalan yang sudah mulus dan cukup memadai dengan dukungan sarana perparkiran dan pemandangannya yang indah adalah adanya mercu suar sebagai penanda untuk kapal yg berlayar di pantai selatan

    29 Mei 2018, 01:12 WIB

  3. Pantainya kurang bagus, karna kotor banyak sampah seperti kurang terawat, ombaknya juga kenyang, serem untuk berenang atau pun main dengan ombak di pinggir laut.. Kalo kalian berkunjung ke sini jangan lupa naik mercusuar biar bisa menikmati pemandangan yang indah dari ketinggian dan menikmati angin yang kencang yang di temani suara deburan ombak.

    1 Juni 2018, 21:09 WIB

  4. Pantai di perkampungan, krn nyampe sini sekitar jam 2 malam. Jd ciut nyali buat nge camp, terlalu sepi dan serem. Tp pagian dikit udh banyak warga yg datang utk main2 di pantai.

    19 Juni 2018, 05:47 WIB

  5. saya kenal pantai ini sebelum dipugar.. kembali lg kesini..jauh lbh baik dan banyak fasilitas utk pengunjung

    28 Juni 2018, 03:49 WIB

  6. Pantai yg cocok buat refreshing. Terdapat menara suar yg dapat dinaiki… Jalan menuju pantai ini cukup bagus dan mulus, jarak tidak terlalu jauh dari pusat kota Yogyakarta, perjalanan tidak sampai 1 jam pake bus.. Sebelum masuk pantai akan disambut dengan kebun bunga matahari dan celosia.. Sudah terdapat toilet, mushola dan warung… Hanya saja sampah di pantai ini masih cukup banyak dan berserakan, mungkin bisa jadi perhatian lebih oleh pemerintah dan pihak terkait..

    15 September 2018, 02:40 WIB

  7. Pantainya masih lebih bersih dibandingkan pantai parangtritis, kendaraan roda dua masih bisa masuk sampai ke tepi pantai. Lokasi masih belum banyak yang dikapling-kapling seperti di parangtritis. Ayo, masyarakat di pantai Samas, rawat dan kembangkan potensi wisata kalian dengan baik, bersih dan transparan.

    16 September 2018, 19:03 WIB

  8. Pantainya kotor banyak sampah plastik biasa aja..ada mercusuarnya kalo mau naik bayar 5rb perorang..lumayan menguras tenaga tapi pemandangan dari atas bagus..ati2 anginnya kencang kalo mau selfie hpnya dipegang yang kenceng ya…

    20 September 2018, 21:07 WIB

  9. Pantai yang indah. Kalau ke sini pas ga hari libur (Senin-Jumat) pantai sepi, berasa seperti pantai milik sendiri.. Parkir gratis, penjual makanan hanya ada 1 di dekat kebun BUAH NAGA. Harganya juga murah kalau pas weekday. Harga standar.

    30 September 2018, 18:24 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Pandansari

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *